Cara Cek BPOM Lewat Barcode Untuk Mengetahui Keamanan Produk

Cara Cek BPOM

Cara Cek BPOM Lewat Barcode Untuk Mengetahui Keamanan Produk – BPOM merupakan salah satu lembaga penting, yang bertugas mengawasi makanan, obat, serta produk kebutuhan sehari-hari. Produk yang sudah mempunyai izin BPOM artinya aman, serta layak dikonsumsi. Untuk mengecek izin tersebut, pengguna bisa memeriksanya melalui barcode di kemasan produk. Berikut cara cek BPOM lewat barcode yang mudah serta tidak ribet:

Cara Mengecek BPOM dengan Barcode

Cara mengecek BPOM lewat barcode biasa dipakai buat mengecek keaslian suatu produk. Jadi, produk yang asli mempunyai barcode yang bisa di scan oleh pengguna. Jika barcode itu tidak bisa di scan, maka bisa jadi itu merupakan produk palsu. Berikut cara cek BPOM lewat barcode:

1. Unduh Aplikasi BPOM

Cara Cek BPOM

Pertama pengguna harus mengunduh aplikasi yang dikeluarkan BPOM. Perlu diketahui bahwa aplikasi tersebut bisa dipakai untuk mengecek seluruh produk, tidak hanya makeup saja. Pengguna bisa mengunduh nya di playstore, ataupun di web dalam internet.

2. Mulai Jalankan Aplikasi BPOM

Cara Cek BPOM

Setelah aplikasi BPOM terunduh, pengguna bisa langsung menjalankan aplikasinya. Pengguna bisa melakukan daftar lebih dulu. Tujuannya agar aplikasinya bisa digunakan lebih nyaman serta leluasa.

3. Masuk ke Menu Scan Produk

Masuk ke menu scan produk untuk mulai memeriksa nomor BPOM produk. Menu scan produk ini ada di halaman utama, bersama tiga menu lainnya. Letaknya di urutan pertama, jadi pengguna pasti bisa langsung menemukannya.

4. Arahkan Kamera Hp ke Barcode Produk

Kamera akan otomatis terbuka, begitu pengguna memencet opsi Scan Produk. Arahkan kamera Hp ke barcode, yang biasanya terletak di kotak atau kardus kemasan. Pastikan arah kamera sudah benar, supaya aplikasi bisa memindai barcode dengan benar.

5. Lihat Hasilnya

Berikutnya pengguna cuma perlu menunggu hasilnya keluar. Biasanya hasil ini akan memakan waktu sebentar, jadi pengguna harus bersabar sedikit. Jika asli, maka hasil yang keluar adalah nomor sertifikasi, serta keterangan bahwa produk itu asli serta aman. Bila palsu, maka hasilnya akan kosong alias tidak memuat informasi apapun.

Cek BPOM Lewat Cara Lain

Tidak hanya menggunakan aplikasi scan barcode, ada beberapa cara lain untuk mengecek BPOM suatu produk. Mulai dari cara manual, hingga mengeceknya di laman BPOM. Berikut cara lain buat mengecek BPOM produk:

1. Cara Manual

Cara Cek BPOM

Pengguna bisa mengecek BPOM sebuah produk, dengan menggunakan cara manual. Cara ini memerlukan kecermatan pengguna, ketika mengamati produknya. Terdapat empat hal yang harus diperiksa dari suatu produk. Pertama kemasannya, apakah bagus atau sudah rusak. Kedua adalah memeriksa label, yang isinya berupa informasi produk.

Ketiga adalah mengecek izin edar, berupa nomor BPOM atau izin edar lainnya. Terakhir adalah memeriksa tanggal kadaluarsa produk, apakah masih jauh atau sudah lewat. Pengguna harus memperhatikan keempat hal itu, guna memastikan keamanan produk. Jika tidak memenuhi standar, maka pengguna wajib waspada dengan produk itu.

2. Cara Cek BPOM , Melalui Web BPOM

Berikutnya pengguna bisa mengecek BPOM suatu produk, melalui web resmi BPOM. Cukup ketikkan BPOM di kotak pencarian peramban, lalu pilih web yang muncul. Masukkan nomor registrasi, nama produk, merk, atau hal lain yang tercantum di produk.

Setelahnya klik cari, dan tunggu sampai hasil keluar. Bila ada izin BPOM, maka nama produk akan keluar beserta infonya. Jika tidak ada izinnya, hasil di web BPOM akan bertuliskan Produk Tidak Ditemukan.

Itulah cara cek BPOM lewat barcode, beserta beberapa cara lain. Pengguna harus selalu memeriksa keamanan suatu produk. Jangan sampai memakai produk bahaya yang tidak punya ijin BPOM, karena bisa berdampak ke kesehatan pengguna.

Baca Juga : Mengenal Cara Cek Tilang Elektronik yang Pengendara Wajib Tahu!

5/5 - (368 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × three =