15 Cara Cek HP Xiaomi Asli Atau Palsu dengan Mudah 2022

Cara Cek HP Xiaomi Asli Atau Palsu dengan Mudah 2022 – Ingin beli hp tipe bagus dengan harga murah? Jangan sekali kali tergiur, karena bisa jadi hp yang kamu beli lebih murah dari harga dibawah pasaran itu ternyata palsu. Banyak kok casing hampir 100 persen sama tapi onderdil beda. Nah untuk lebih lengkapnya akan kami ulas satu persatu.

Cara Cek HP Xiaomi Asli Atau Palsu dengan Mudah 2022

Sejarah Perkembangan HP Xiaomi di Indonesia

Xiaomi merupakan sebuah merek smartphone canggih buatan Lei Jun yang berasal dari China pada pertengahan tahun 2010. Xiaomi diambil dari bahasa Budha dari kata xiao yang memiliki makna sebiji nasi Budha yang memiliki kebesaran layaknya gunung dan mi merupakan sinonim dari ponsel internet atau sebuah misi yang tidak terselesaikan.

Banyak orang besar China yang bergabung dengan xiaomi untuk mengorbitkan merek ini seperti:

  1. Wang Chuan programmer terkenal di China
  2. Lin Bin yang merupakan wakil presiden Institut teknik Google China
  3. Hong Feng manajer produksi Google China
  4. Wong Kong-Kat manajer pengembangan
  5. Liu De kepala departemen desain industri di Universitas Sains dan Teknologi Beijing
  6. Dr Zhou Guangping direktur senior pusat R&D Motorola Beijing
  7. Li Wanqiang manajer umum Kingsoft Dictionary

Xiaomi mulai bergabung di dunia smartphone pada tahun 2010, meskipun saat itu produknya kurang diminati. Namun, xiaomi terus mengembangkan produknya dan melakukan perbaikan masalah yang penggunanya rasakan.

Di tahun 2011 xiaomi kembali meluncurkan ponsel pintar seri terbaru yaitu Xiaomi Mi 1 yang dilengkapi OS MIUI yang mirip TouchWiz Samsung dan iOS dan berhasil menarik minat masyarakat dunia khusunya Indonesia. Sejak mulai dimunculkannya Xiaomi Mi 1 membuat peringkat xiaomi di Indonesia naik drastis bahkan mampu mengalahkan samsung dan oppo kala itu.

Tidak puas dengan pencapaian itu xiaomi kembali meluncurkan ponsel pintar pada tahun 2012 dengan memperbarui Xiaomi Mi 1 yaitu dengan nama Xiaomi Mi 2 dan berhasil terjual laris hampir 10 juta unit pada 24 September 2013. Dan pada saat itu juga xiaomi dinobatkan sebagai ponsel terlaris di China dengan total terjual 18,7 unit pada akhir tahun 2013.

Setiap tahunnya xiaomi pasti selalu memperbarui produk yang mereka keluarkan. Perkembangan xiaomi di Indonesia memang sangat pesat dan cepat berkembang, hanya membutuhkan waktu 2 tahun xiaomi sudah bisa menjadi raja ponsel pintar di pasar Indonesia.

Tidak hanya ponsel pintar xiaomi juga meluncurkan produk elektronik lainnya seperti DVD, skuter listrik, smart TV, dan headphone.

Perkembangan yang pesat ini didasari dedikasi yang sangat konsisten dari pihak intern xiaomi. Strategi marketing yang digunakan xiaomi juga sangat kekinian dan sangat menarik hati masyarakat misal, xiaomi memasang iklan kreatif di TV atau menggunakan artist dan tokoh terkenal sebagai brand ambassador.

Fakta Menarik Perusahaan Xiaomi

Xiaomi merupakan perusahaan elektronik yang tengah naik daun saat ini hal ini tidak lepas dari produk yang dikeluarkan xiaomi sangat trending serta xiaomi sudah memiliki nama di dunia teknologi dunia. Kenapa xiaomi bisa dikenal dengan cepat? Berikut penjelasan tentang fakta yang menyebabkan xiaomi menjadi merek terkenal di dunia:

1. Konsep Menarik Yang Hampir Sama Dengan Apple

Xiaomi digadang-gadang mempunyai desain dan fitur yang mirip dengan merek fenomenal yaitu apple, hal ini dapat dilihat dari desain dan juga sistem yang dipakai perangkat xiaomi. Di China xiaomi mendapat julukan sebagai Apple China ponsel dengan logo kelinci ini merupakan salah satu produk kebanggan China yang berhasil mendunia.

2. Maskot Keren

Xiaomi menggunakan kelinci sebagai maskot produk dan perusahaan kelinci ini bernama Mitu, Mitu ini adalah seekor kelinci yang mengenakan topi bernama Ushanka. Logo kelinci dan latar belakang merah merupakan 2 karakter yang sering digunakan masyarakat China, yang dimana kelinci sebagai hewan peliharaa rumahan dan warna merah merupakan warna keberanian yang dipakai militer China.

3. Berbasis Online

Mungkin ini yang menyebabkan xiaomi berbeda dengan merek hp yang lain, pasalnya xiaomi tidak memiliki toko atau store besar untuk produk mereka pada awal merek ini berdiri.

Xiaomi lebih mengandalkan promosi secara online dengan menggunakan sistem store mini atau toko kecil. Namun, saat ini xiaomi sudah memiliki toko besar yang resmi.

4. Produk Non Iklan

Awal pemasaran produk xiaomi jarang menggunakan iklan di media atau TV karena pada dasarnya xiaomi sudah di pegang oleh orang-orang besar China yang menyebabkan produk ini cepat berkembang di negaranya.

Berbeda halnya jika di luar China, tentunya sebuah produk tidak akan berkembang jika tanpa pemasaran atau iklan. Untuk mensiasati ini xiaomi menggunakan artist ternama untuk menjadi brand ambassador produk mereka.

5. Produk Cepat Terjual

Xiaomi merupakan produk yang sangat fenomenal dan bisa dibilang limited edition, produk yang dikeluarkan xiaomi sangat cepat terjual dan digunakan hampir semua kalangan dari anak-anak bahkan sampai orang dewasa. Hal ini disebabkan karena produk xiaomi sangat terjangkau dan sangat friendly dalam penggunaannya.

6. Logo Unik

Fakta berikutnya adalah logo yang unik, pernahkah kamu memperhatikan logi xiaomi? Coba balik smartphone xiaomi kamu dan baca kembali logo tersebut, berbeda bacaan bukan? Logo xiaomi bisa dibaca dari 2 sisi yaitu dengan posisi normal dan di balik secara vertikal antara mi dan wi menarik bukan?

Kelebihan Hp Xiaomi

Dalam perjalan karier produk xiaomi tentunya memiliki keunggulan atau kelebihan yang menjadi daya tarik tersendiri. Keunggulan ini menyebabkan xiaomi pernah menjadi raja pasaran smartphone dunia khususnya Indonesia. Apa saja kelebihan hp xiaomi? Berikut penjelasannya:

1. Harga Terjangkau

Kecepatan xiaomi dalam membaca kebutuhan masyarakat dunia akan smartphone memang sangat cepat dan tepat hampir setiap produk atau seri smartphone yang dikeluarkan xiaomi dibandrol dengan harga yang sangat terjangkau dan dengan spesifikasi barang yang bagus.

Hal ini berhasil menggeser produk dari merek ternama sekelas samsung dan oppo pasalnya harga yang ditawarkan xiaomi lebih terjangkau dan mampu menjangkau masyarakat dengan ekonomi menengah ke bawah

2. Di Pegang Oleh Perusahaan Tinggi China

Tidak heran jika xiaomi jarang memakai iklan di media sosial atau media massa tentang produknya, hal ini karena xiaomi sudah digandeng oleh orang-orang dan perusahaan China yang tentunya mempunyai relasi yang sangat luas di pasaran smartphone dunia.

3. Update Produk Sangat Cepat

Xiaomi juga sangat tanggap dalam mengatasi masalah yang dirasakan pengguna setianya, seperti contoh xiaomi pernah mengeluarkan produk xiaomi 5 namun karena produk ini dinilai mempunyai bug yang sangat besar maka diperbarui menjadi xiaomi 5A yang berhasil menarik hati masyarakat untuk menggunakan seri terbaru dari xiaomi.

4. Mempunyai OS Sendiri

Karena banyak dipegang oleh petinggi China tentunya xiaomi memiliki OS mandiri yang dinamakan MIUI atau firmware yang bisa dibilang sebagai OS dengan basis Android. Sebelum nama xiaomi terkenal ternyata yang lebih dulu dikenal adalah OS yang dikeluarkan xiaomi, OS ini dikembangkan berdasarkan sumber Android 2.2.X Froyo dan CyanogenMod 6.

5. Merek Dengan Banyak Inovasi

Tidak puas dengan satu produk yang terkenal xiaomi terus meluncurkan inovasi terbaru yang merupakan pembaruan dari seri sebelumnya. Xiaomi juga berhasil masuk sebagai salah satu perusahaan paling inovatif di dunia pada tahun 2016 (posisi 35).

Dengan pencapaian tersebut xiaomi berhasil mengungguli perusahaan besar semacam Dell, Honda, Intel, dan Huawei.

6. Garansi Menarik

Semua produk yang ditawarkan xiaomi mempunyai garansi menarik dan mempunyai payung hukum yang jelas. Jika kamu belanja di store xiaomi namun barang yang kamu dapatkan tidak sesuai, kamu bisa menukarnya kembali dengan mudah tanpa harus isi embel-embel yang lain.

Produk hp xiaomi memberikan garansi hampir 2 tahun untuk beberapa tipe HP dari Xiaomi. Sedangkan jika dibandingkan merek lain yang hanya menyediakan garansi 1 tahun.

Ciri HP Xiaomi bergaransi resmi biasanya berisi stiker logo bertuliskan “Garansi Resmi Xiaomi, Kami Buatan Indonesia”

Kekurangan Hp Xiaomi

Meskipun xiaomi digandeng perusahaan terkenal China sudah pasti memiliki kekurangan dalam setiap produk yang dikeluarkan, kekurangan inilah yang menjadi salah satu inovasi xiaomi untuk mengeluarkan produk yang lebih sempurna. Apa saja kekurangan hp Xiaomi? Berikut Penjelasannya:

1. Banyak Bug

Hal yang paling dikeluhkan oleh pengguna xiaomi adalah banyaknya bug yang sangat mengganggu dan menghabiskan banyak ruang di dalam penyimpanan dan sistem perangkat. Hal ini menyebabkan aplikasi tidak bisa berjalan dan hp lemot

2. Penyimpanan Kecil

Penyimpanan yang digunakan produk xiaomi masih sangat rendah dan belum bisa mencukupi untuk spesifiikasi hp pelajar. Hal tersebut menyebabka penyimpanan Xiaomi akan penuh jika banyak diisikan aplikasi besar seperti WA, IG, dan FB.

3. Tidak Ada Fitur Clear History

Penyebab bug dan penyimpanan cepat penuh walau tidak isi apa-apa adalah karena xiaomi belum menyediakan fitur hapus sampah atau data yang tidak digunakan secara otomatis. Berbeda halnya dengan apple, penyimpanan apple lebih bertahan lama karena disamping lebih besar juga mempunyai clear history secara otomatis

4. Terlalu Banyak Brand

Produk yang dikeluarkan xiaomi kadang membuat masyarakat bingung, hal ini dikarenakan xiaomi terlalu banyak mengeluarkan brand seperti redmi dan poco. Tentunya masyarakat yang menggunakan xiaomi akan mengira redmi dan poco atau produk tiruan xiaomi.

Redmi ini seri xiaomi untuk harga produk kelas harga murah. Namun, Xiaomi memutuskan agar Redmi jadi brand sendiri dibawah pengawasan Xiaomi.

Sedangkan poco merupakan sebuah sub-brand yang dikeluarkan xiaomi yang fokus pada ponsel dengan performa bagus tapi dibanderol dengan harga yang lebih murah. Kemudian xiaomi sendiri fokus dengan seri sendiri yaitu MI yang menghadirkan fitur premium dan menyasar segmen ponsel kelas atas. Sejak 2021, seri atas ini disederhanakan namanya. Dan mulai trending ketika Xiaomi 11T dan Xiaomi 11T Pro meluncur.

Selain Redmi dan POCO, xiaomi juga mengeluarkan sub-brand Black Shark. Black Shark ini adalah brand yang terpisah yang tidak secara langsung diawasi xiaomi. Mungkin sub-brand xiaomi yang populer di Indonesia adalah redmi dan poco dengan harga yang terjangkau.

5. Produk Banyak Iklan

Yang menyebabkan xiaomi belum bisa menandingi perusahaan sekelas apple adalah dengan adanya iklan yang mengganggu dalam setiap proses online di hp xiaomi. Iklan memang sangat menguntungkan perusahaan internal xiaomi namun hal ini justru menjadi alasan xiaomi mulai ditinggalkan.

Iklan-iklan ini banyak disisipkan pihak xiaomi di berbagai fitur menarik mereka seperti saat kita membuka aplikasi bawaan xiaomi, pasti akan ada iklan yang muncul dan sangat mengganggu.

6. Android Jarang Diperbarui

Meskipun xiaomi sering melakukan inovasi dan update, namun itu hanya sebatas untuk program aplikasi dan fitur bawaan saja, sistem interna xiaomi jarang sekali di update dan sering mengalami lag dan menimbulkan banyak bug.

7. Menggunakan Flash Sale Sebagai Metode Penjualan

Xiaomi menggunakan harga promosi atau harga awal (Flash sale) yang menyebabkan produk xiaomi selalu terjual habis dengan harga yang sangat terjangkau. Namun ternyata metode ini hanya digunakan xiaomi untuk memancing masyarakat untuk menggunakan produknya, kian lama metode ini mulai tidak digunakan dan harga smartphone xiaomi terus naik.

8. Harga Hp Second Xiaomi Anjlok Drastis

Produk second xiaomi kurang diminati masyarakat yang menyebabkan harganya sangat merosot meskipun baru digunakan sebentar. Harga ini tidak berlaku di masyarakat saja, namun harga xiaomi anjlok di toko atau store xiaomi sendiri. Hal ini menyebabkan xiaomi di tingalkan masyarakat dan memilih menggunakan produk apple karena harga jual apple masih tinggi.

Cara Mengetahui Hp Xiaomi Asli atau Palsu

Karena xiaomi banyak diminati dan sedang trending saat ini, kemungkinan akan ada banyak tindakan imitasi yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Kamu harus teliti dalam membeli setiap produk yang dikeluarkan xiaomi, bisa saja barang yang kamu beli merupakan barang hasil imitasi. Berikut cara yang dapat kamu gunakan untuk mengetahui hp xiaomi asli atau palsu:

1. Cek Bentuk Luar atau Fisik Hp Xiaomi

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan cek bagian luar xiaomi atau bagian fisik xiaomi. Misalnya kamu melihat casing yang digunakan xiaomi, biasanya xiaomi terlihat bagian sertifikasi replacement, garansi, serta kode keamanan. Namun pada Xiaomi palsu, bagian belakang terlihat blur dan kosong

2. Cek Perbandingan Harga

Harga merupakan objek yang paling sering dimainkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, biasanya produk imitasi dijual dengan harga yang jauh lebih murah dari produk aslinya. Untuk menghindari hal itu kamu bisa cek pasaran harga di situs resmi xiaomi di browser kamu.

3. Cek Secara Online

Selain fisik kamu juga bisa cek keaslian hp xiaomi dengan cara online yaitu menggunakan situs Mi Verification kamu bisa akses situs ini melalui hp atau desktop dengan mudah. Atau kamu bisa juga langsung menginstall dengan download terlebih dahulu, jika sudah terpasang akses kembali Mi Verification, sebaiknya Anda mengakses melalui laptop atau PC Desktop. Lakukan scan kode QR di situs tersebut. Maka secara langsung akan muncul informasi produk secara detail

4. Cek Menggunakan Factory Reset

Selain itu kamu bisa juga cek keaslian produk dengan menggunakan cara Factory Reset atau mulai ulang sistem perangkat seperti semula. Biasanya setelah melakukan Factory Reset akan langsung kembali ke tampilan awal dan bisa kita ketahui keaslian produk melalui tampilan. Kamu bisa buka tampilan asli produk xiaomi di situs resmi xiaomi

5. Cek OS Yang Digunakan

Selanjutnya adalah dengan cek OS atau sistem operasi, xiaomi menggunakan sistem operasi sendiri yang dinamakan MIUI yang bisa kamu cek saat mematikan dan menghidupkan daya hp. biasanya HP Xiaomi yang asli akan mendapatkan MIUI versi stabil namun jika berisi embel-embel lain bisa dipastikan merupakan produk imitasi

6. Cek Spesifikasi Baterai

Baterai merupakan salah satu komponen yang sering dipalsukan, warna baterai xiaomi biasanya adalah orange. Karena warna merah atau orange merupakan warna dasar yang menjadi ciri khas merek ini.

Jika baterai hp xiaomi kamu berwarna lain, kemungkinan itu adalah produk tiruan atau imitasi.

7. Cek IMEI dan Serial Number

Selanjutnya adalah dengan cek serial number dan IMEI hp xiaomi, cek serial number dan IMEI di hp dan di bungkus apakah sudah sesuai atau beda. Biasanya IMEI dan serial number hp akan menempel di bagian belakang HP.

Cara cek nomor serial dan IMEI dengan mengetik *#06# di HP Xiaomi. Kamu juga bisa cek di bagian pengaturan. Caranya masuk ke menu pengaturan, tekan cek about phone dan pilih IMEI. Atau dengan melakukan verifikasi serial IMEI di situs Xiaomi.

8. Perhatikan Bagian Layar

Perbedaan yang sangat jelas antara xiaomi palsu dan asli biasanya terlihat di bagian operator layar. Xiaomi asli, mempunyai layar cerah dan jernih. Sementara layar HP Xiaomi yang palsu biasanya warnanya jernih kekuning-kuningan.

9. Cek Hasil Jepret Kamera

Kamera yang ditawarkan hp xiaomi juga sangat bagus. Oleh karena itu kamu bisa memastikan keaslian produk dengan cek gambar hasil jepret atau bisa langsung cek spesifikasi kamera yang digunakan. Kamu bisa mencocokan spesifikasi resmi yang digunakan tipe tersebut.

10. Cek Akses Mi Recovery

Xiaomi memiliki akses keamanan di Akses Mi Recovery, Akses ke Mi Recovery bisa dilakukan saat HP sedang mati dengan cara tekan volume up dan power secara bersamaan. Ketika sedang fitur ini, akan muncul tampilan kelinci Mi yang tampak terlihat mengoperasikan maskot robot Android. Dibarengi dengan pilihan bahasa Inggris dan China.

11. Beli Xiaomi di Store Resmi

Untuk menghindari penipuan dan barang imitasi, kamu bisa membeli hp xiaomi asli langsung dari store atau toko resmi xiaomi. Meskipun terbatas tapi inilah cara yang paling aman dilakukan untuk menghindari produk imitasi yang banyak beredar.

Baca Juga: 10 Cara Cek HP OPPO Asli Atau Palsu Terbaru 2022

Kesimpulan: Xiaomi merupakan merek hp baru yang tengah naik daun banyak sekali kelebihan yang ditawarkan untuk menarik minat masyarakat. Jika kamu ingin membeli produk xiaomi coba lakukann cara diatas untuk menghindari produk imitasi yang akan merugikan kamu.

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: yasin badarudin