10 Cara Cek HP OPPO Asli Atau Palsu Terbaru 2022

Cara Cek HP Oppo Asli Atau Palsu Paling Gampang Terbaru 2022 – Membedakan hp merk atau tipe Oppo asli dan palsu bukan perkara mudah. Dari segi fisik antara yang asli dan palsu 99 persen sama. Jika kita tidak teliti kemungkinan akan tertipu semakin besar. Nah untuk menghindari agar tidak tertipu, maka anda harus tahu ciri-cirinya.

Cara Cek HP Oppo Asli Atau Palsu Paling Gampang Terbaru 2022

Sejarah Perkembangan HP Oppo

Saat ini banyak sekali jenis smartphone yang berkembang dan beredar luas di pasaran, smartphone canggih dengan berbagai tipe dan merek membuat kita semakin bingung untuk membeli smartphone yang tentunya sesuai dengan budget yang kita punya.

Di Indonesia sudah banyak sekali keluaran hp dengan berbagai merek berkembang luas di pasaran seperti samsung, xiaomi, realme, vivo, asus, lenovo, dan hp yang tengah booming saat ini adalah oppo.

Perkembangan dunia teknologi menyebabkan oppo harus berbuat cepat dan segera memperbarui produknya. Produk Tiongkok ini sudah berkiprah besar di Indonesia sejak tahun 2013 awal.

Perusahaan oppo pertama kali berdiri pada awal tahun 2004 dan sudah berusia 18 tahun hingga saat ini. Sebelumnya oppo terjun untuk memproduksi hp terlebih dahulu perusahaan ini memproduksi beragam perangkat teknologi, di antaranya seperti MP3 Player, DVD, Disc Player, Portable Media Player, eBook, hingga LCD TV. Dan akhirnya ikut berkecimpung untuk meramaikan dunia smartphone di dunia dan sampai saat ini sudah semakin populer dan banyak digunakan.

Oppo bergabung membuat smartphone untuk pertama kalinya pada tahun 2008, pada tahun itu oppo hanya mendistribusikan barangnya ke negara tetangga saja seperti Hongkong, China, Rusia, Vietnam, Amerika, Thailand, dan juga Qatar.

Oppo menggunakan media sosial sebagai senjata utama untuk melakukan promosi barang sampai saat ini dan membuatnya berkembang dengan produk smartphone unggulan. Saking tenarnya banyak pengguna smartphone lain yang berpaling menggunakan oppo sebagai smartphone kesayangan mereka.

Perkembangan Terbaru Produk Oppo di Indonesia

Produk unggulan Oppo di Indonesia saat ini adalah Oppo Find 5 yang setahun belakangan ini berhasil menembus pasar Indonesia. Tidak puas dengan itu Oppo kembali memperbarui produknya dengan mengeluarkan seri terbaru yang merupakan smartphone hasil update dari Oppo Find 5.

Produk update ini adalah Oppo N1. Oppo N1 sengaja dirancang untuk menjawab tantangan global khususnya Indonesia mengenai kekurangan seri lama yaitu Oppo Find 5. Oppo N1 merupakan produk premium dengan tampilan yang sangat megah. Smartphone N1 premium ini dijual dengan harga yang cukup mahal. kamu perlu menyiapkan bujet sekitar Rp 7 jutaan untuk bisa mendapatkan produk yang satu ini.

Meskipun harganya tergolong mahal namun dapat dipastikan kamu akan merasakan pengalaman baru menggunakan hp premium keluaran oppo ini. Oppo N1 pada saat itu dilengkapi dengan kamera depan atau kamera selfie. Mengingat saat itu belum banyak perangkat yang dilengkapi dengan kamera depan atau selfie, Oppo N1 premium sukses mencuri perhatian dengan sangat mudah. Dengan adanya kamera selfie ini, pengguna smartphone pada saat itu sudah bisa mengunggah foto selfie mereka dengan penuh suka cita dan berhasil sukses kuasai pasar Indonesia pada tahun 2019.

Namun hal itu hanya bertahan sekejap saja pasalnya oppo terlalu meremehkan pesaing-pesaingnya seperti xiaomi dan realme. Saat ini produk oppo sudah mulai luntur di pasaran karena banyak pengguna di Indonesia beralih menggunakan xiaomi dan realme. Kenapa demikian? Hal ini dikarenakan hp selain oppo mempunyai tampilan dan spesifikasi yang menarik dan dengan harga yang lebih terjangkau.

Kelebihan Hp Oppo

Hp Oppo pernah menjadi raja di pasar smartphone di Indonesia pada tahun 2019 silam. Banyak sekali keunggulan atau kelebihan yang ditawarkan hp ini hingga berhasil menarik hati pembeli. Apa saja kelebihan hp oppo? Berikut penjelasannya:

1. Mempunyai Fitur Unggulan

Banyak sekali fitur unggulan yang dikeluarkan oppo untuk menarik hati pembelinya, misalnya saja dengan menyediakan fitur kamera depan atau selfie yang sukses menarik hati masyarakat yang menggunakan hp di Indonesia. Adanya kamera depan kemudian banyak ditiru produk lain yang menyebabkan produk oppo mulai ditinggalkan.

Selain kamera depan oppo juga menyediakan fitur Ram besar dan spesifikasi hp kencang. Adapun beberapa seri oppo yang pernah populer di Indonesia antara lain: OPPO F4, OPPO F5, OPPO F7, OPPO F9, dan OPPO F11 dan masih banyak lagi seri lainnya.

2. Keluaran Oppo Sesuai Dengan Selera Pasar Internasional

Pihak oppo sangat cerdas dalam membaca peluang dan kebutuhan masyarakat global tentunya masalah smartphone. Misalnya saja tahun 2019 oppo melirik kebutuhan dunia yaitu dengan kamera depan atau selfie yang berhasil membuat oppo booming dan menjadi contoh merek hp lain.

Contoh yang kedua adalah saat populernya trend 5G pihak oppo merespon dengan cepat dan langsung update dengan produk mereka yang belum sesuai. Saat itu oppo mengeluarkan seri terbaru dengan harga yang sangat terjangkau, adapun seri yang dikeluarkan yaitu OPPO Find X, Find X2 Pro, Find X3 Pro, dan Find X5 Pro.

3. Dilengkapi Teknologi Pengisian VOOC Flash Charge

Oppo juga mengeluarkan sebuah terobosan yang dinamakan litbang (R & D) yang memungkinkan kamu untuk charger hp dengan waktu yang sangat singkat. Teknologi ini sangat direspon baik oleh pengguna setia oppo di seluruh dunia, selain memudahkan teknologi ini juga mensukseskan program hemat listrik.

Teknologi litbang (R & D) atau VOOC Flash Charge berkembang jadi Super VOOC Flash Charge yang lebih cepat dan pertama kali dicoba pada OPPO Find X Lamborghini Limited Edition.

Lagi-lagi teknologi ini banyak ditiru merek hp lain yang menyebabkan oppo kalah saing dan turun dari peringkat di pasaran. Nyesek bukan?

4. Desain Oppo Sangat Menarik

Tampilan luar dan sistem yang ditawarkan oppo selalu sukses menarik hati pengguna smartphone di Indonesia. Alat yang digunakan pada casing oppo juga sangat kuat dan bila jatuh tidak akan rusak karena terbuat dari bahan yang sudah dirancang sebelumnya.

5. Strategi Marketing Oppo Sangat Bagus

Strategi marketing yang digunakan oppo untuk menarik hati pelanggan sangatlah bagus misalnya dengan menggunakan artist ternama sebagai brand ambassador atau memasang iklan di tv. Hal ini membuahkan hasil yang sangat brilian yaitu oppo berhasil menguasai pasar di Indonesia pada tahun 2019 dengan mengalahkan samsung dan produk hp lainnya.

Kekurangan Hp Oppo

Penyebab merosotnya hp oppo dari pasaran di Indonesia tidak terlepas dari kekurangan produk oppo itu sendiri, banyak sekali kekurangan yang dikeluhkan pengguna oppo di Indonesia dan belum di update oleh pihak oppo itu sendiri. Apa saja kekurangannya? Simak penjelasan berikut!

1. RAM Kecil

Hal yang pertama yang sering dikeluhkan terhadap produk oppo adalah size penyimpanan yang sangat kecil. Hal ini tentu tidak selaras dengan kebutuhan masyarakat akan dunia hiburan dan tuntutan pekerjaan yang mengharuskan mengunduh aplikasi atau file yang sangat besar. Masalah inilah yang kemudian menjadi penyebab oppo ditinggalkan

2. Mudah Terkena Bug

Keluaran hp oppo secara umum bermasalah pada sistem penyimpanan mereka, di dalam hp tersebut tidak menyimpan hal yang besar namun penyimpanan secara langsung penuh dan sangat membingungkan. Hal ini disebabkan oleh oppo yang tidak mempunyai fitur clear history yang menyebabkan sampah hasil penelusuran banyak menumpuk dan akhirnya mengganggu sistem yang ada.

3. Harga Oppo Terlalu Mahal

Oppo sering mengeluarkan produk dengan harga yang fantastis tanpa survey produk lain. Hal inilah yang kadang menjadi pertimbangan konsumen untuk membeli hp oppo. Pasalnya masih banyak keluaran hp merek lain yang spesifikasinya lebih menarik dan dengan harga yang  lebih terjangkau. Hal inilah sebenarnya membuat oppo hanya digunakan oleh penduduk yang mempunyai penghasilan tetap yang kemudian berimbas turunnya ranking di pasar Indonesia.

4. Harga Second Sangat Merosot

Banyaknya masalah yang dirasakan pengguna oppo menyebabkan hp ini dilelang dengan harga yang murah dan sangat jauh dari harga awal meskipun dalam pemakaian yang sekejap.  Pengguna smartphone banyak yang beralih menggunakan iphone karena harga jual second yang masih mahal.

5. Ketahanan Oppo Rapuh

Ketahanan hp oppo pernah diuji oleh seorang youtuber Amerika yaitu Jerry Rig Everything yang memang sering menguji ketahanan setiap hp terbaru di pasaran. Pada saat itu Jerry Rig Everything mencoba ketahanan OPPO Find X dan hasilnya HP tersebut begitu mudah dibengkokan dengan kedua tangan saja. Padahal OPPO Find X ini termasuk HP OPPO yang cukup mahal dan limited edition.

6. Tampilan Hp Memberatkan OS

Oppo mempunyai tampilan yang menarik dan sangat memanjakan mata penggunanya, namun kian hari itulah yang menyebabkan sistem didalamnya lemot, tampilan yang beragam di smartphone ini ternyata menghabiskan ruang yang sangat besar dan mengganggu kinerja sistem dan aplikasi internal hp

7. Jarang Update

OS Oppo dikenal dengan istilah OS monoton karena jarang memberikan pemberitahuan pembaruan dibandingkan dengan merek hp lainnya. Kenapa demikian? Tentunya oppo tidak bisa menampung file terbaru dari hasil update yang kemungkinan akan membuat produk mereka hang karena kehabisan ruang.

Cara Cek Hp Oppo Asli dan Palsu

Saking tenarnya hp oppo membuat oknum yang tidak bertanggung jawab membuat barang kw atau duplikasi dan menjualnya dengan harga yang sama dengan barang yang asli. Kamu harus berhati-hati dalam membeli produk oppo agar tidak sampai mendapatkan barang kw. Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk membedakan antara smartphone oppo asli dan yang palsu. Simak penjelasan berikut:

1. Cek IMEI Secara Online

Cara yang paling mudah dilakukan untuk memastikan produk oppo yang kamu beli asli adalah dengan cek IMEI secara online, IMEI merupakan nomor identitas” bagi ponsel yang bisa menunjukan keaslian dan asal produk dibuat.

Setiap keluaran oppo pada umumnya mempunyai nomor IMEI tersendiri dan kamu bisa cek via online dengan aman. Rata-rata pemain jual beli hp selalu melihat IMEI untuk cara cek hp oppo tersebut asli atau palsu.

2. Cek dengan Kode Rahasia “Engineer Mode”

Cara membedakan atau mengetahi ciri hp oppo asli atau palsu adalah menggunakan kode rahasia atau “Engineer Mode” Kode ini bisa diakses dengan *#800# dari Hp Oppo kamu. Nantinya kamu akan secara langsung diarahkan ke “Engineer Mode” dan melakukan beberapa pengaturan atau testing hardware, kamu bisa menguji hardware, konektivitas, baterai telepon, dan sebagainya.

3. Cek Spesifikasi Oppo

Cara cek hp oppo asli atau palsu selanjutnya adalah dengan mencocokan spesifikasi hp yang ingin kamu beli dengan sfesifikasi di penjualan. Atau kamu bisa langsung cek spesifikasi hp melalui link resmi oppo di browser.

4. Cek Tingkat Kejernihan Layar

Ternyata kejernihan layar juga menjadi salah satu acuan untuk memastikan antara palsu atau tidaknya hp yang kamu beli. Jika hp oppo asli mempunyai tingkat kejernihan layar yang baik dan tidak buram atau bercak-bercak. Sedangkan oppo yang palsu mempunyai pixel yang lebih kecil dan tingkat kejernihan layar sangat rendah. Hal tesebut merupakan salah satu cara membedakan hp oppo asli atau palsu.

5. Bobot Desain Lebih Berat

Oppo mempunyai desain ilegal dan ringan dan mempunyai desain yang sesuai dengan yang dipromosikan secara resmi. Berbeda dengan hp oppo tiruan biasanya mempunyai desain yang lebih besar dan mempunyai bobot yang lebih berat juga

6. Spesifikasi Kamera

Kamera juga menjadi salah satu indikator yang bisa kamu gunakan untuk cek keaslian hp oppo. Karena pada dasarnya nilai jual oppo adalah di kamera baik kamera depan atau kamera belakang.

Untuk memastikannya kamu bisa merekam atau memotret sesuatu dan lihat kualitas gambar hasil tangkapan yang kamu tangkap, apakah sesuai dengan ketentuan penjualan atau tidak.

Kamu juga bisa cek data exif foto di galeri setelah memotret. Atau kamu bisa memindahkan ke komputer dan lihat properties dari photo tersebut.

7. Cek Garansi

Garansi HP OPPO adalah garansi HP yang diproduksi dan dijual di bawah bendera PT Indonesia OPPO Electronics jika yang tertera perusahaan lain bisa dipastikan kartu garansi itu palsu.

8. Lihat Perbandingan Harga

Barang yang bagus tentunya akan di barengi dengan harga yang lumayan pula. Jika kamu membeli oppo dengans spesifkasi hp yang mahal namun ditawarkan dengan harga yang murah. Bisa dipastikan hp yang ditawarkan tersebut adalah barang palsu. Kamu bisa cek harga pasaran resmi di google

9. Menggunakan Sistem Operasi Color OS

Pada umumnya sistem operasi yang digunakan oppo adalah Sistem Operasi Color OS yang merupakan sistem operasi yang secara resmi digunakan oleh perusahaan oppo. Jika kamu menemukan hp oppo dengan sistem operasi yang berbeda sudah bisa dipastikan hp itu palsu.

10. Identifikasi dengan NFC

Cara berikutnya adalah dengan mengidentifikasi fitur NFC. Namun sayangnya cara ini hanya dapat digunakan di beberapa tipe saja. Cara mengidentifikasi palsu tidaknya HP OPPO adalah dengan menentukan NFC connector yang biasanya menggunakan jalur timah berwarna kuning.

Baca Juga: Tips & Trik Membedakan HP Xiaomi Asli atau Palsu

Itulah cara cek hp OPPO asli atau palsu yang mudah kamu pelajari. Ketika hendak membeli smartphone baru atau second maka harus memahami ciri-ciri dari OPPO yang asli. Sehingga anda tidak tetipu yang palsu etika habis membelinya.

 

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: yasin badarudin