20 Cara Cek Hp IPhone Asli Atau Palsu Terbaru 2022

Cara Cek Hp IPhone Asli Atau Palsu 2022 – Apasih perbedaaan iPhone asli dan palsu? Kenapa IPhone asli bisa mirip dengan yang palsu? Mudah sih sebenarnya membedakan iPhone asli atau palsu yang utama yaitu melalui iMEI. Selain dari iMEI iPhone, ada juga bisa mengecek lewat ciri fisik, walau pun sekilas hampir sama.

Cara Cek Hp IPhone Asli Atau Palsu 2022

Sejarah Perkembangan iPhone Dari Tahun ke Tahun

Pada 9 Januari 2022 lalu produk elektronik paling fenomenal sepanjang masa yaitu apple genap berusia 15 tahun kiprahnya di dunia teknologi. iPhone pertama kali diluncurkan pada 9 Januari 2007 oleh Steve Jobs.

Semenjak saat itu perkembangan iPhone berkembang dengan pesat dan berhasil menembus pasar Internasional pada awal tahun 2009. Untuk pertama kalinya smartphone diluncurkan di Amerika Serikat dengan ukuran besar dan menggunakan sentuhan layar.

Pada awal tahun 2009 iPhone mulai dijual secara resmi di pasar AS, Saat itu, iPhone 2G dijual dengan harga 499 Dollar AS untuk spesifikasi memori 4 GB dan 599 Dollar AS untuk memori sekitar 8GB.

IPhone merupakan merek smartphone pertama yang dibekali dengan kemampuan jaringan 2G yang merupakan cikal bakal adanya generasi atau merek smartphone lainnya. Tidak hanya di tahun 2009, di tahun berikutnya iPhone kembali meluncurkan iPhone 2G dengan merilis iPhone 3G pada 11 Juli 2008.

Tidak hanya smartphone dengan tipe 2G, tipe 3G merupakan salah satu produk pertama yang dikeluarkan apple sebagai salah satu produk ponsel paling modern saat itu yang dibekali fitur toko aplikasi App Store untuk memungkinkan penggunanya dapat mengunduh aplikasi seperti games, media sosial, atau software lainnya.

Disamping fitur toko, apple juga mengeluarkan fitur untuk tulis pesan tanpa ketik yang disebut dengan siri dan berperan sebagai mesin pencari dan asisten pribadi.

Awal tenarnya produk iPhone sebenarnya dimulai pada tahun 2010 dengan munculnya fitur kamera depan atau selfie yang membuat masyarakat dunia khususnya AS berminat untuk menggunakan IPhone. Kemudian pada Oktober 2011 iPhone mengeluarkan seri terbaru yaitu iPhone 4S dan esoknya pendiri teknologi besar ini yaitu Steve Jobs meninggal dunia. Tidak membutuhkan waktu banyak IPhone 4S sudah terjual sebanyak 4 juta unit.

Untuk memperbarui kualitas jaringan yang masih lemot menggunakan jaringan 3G IPhone kembali memperbarui jaringannya dengan meluncurkan iPhone 4G LTE dengan koneksi super cepat. Kemudian pada tahun 2013 iPhone mengeluarkan 2 produk sekaligus yaitu iPhone 5S dan iPhone 5C generasi ini merupakan generasi termurah yang di keluarkan iPhone.

Kemudian pada 19 September 2014 iPhone memperbarui generasinya dengan meluncurkan iPhone 6S iPhone 6 Plus dengan menggunakan layar yang lebih kecil dari generasi berikutnya yaitu sebesar 5,5 inci yang berhasil terjual 10 juta unit dalam kurun waktu 1 tahun.

iPhone 6S iPhone 6 Plus juga sudah mulai meninggalkan spesifikasi penyimpanan rendah dengan ukuran 16 GB yang di upgrade menjadi 32 GB, 64 GB, dan 128 GB. iPhone seri ini juga dilengkapi dengan teknologi 3D Touch atau serupa dengan Force Touch yang sebelumnya telah dipakai pada produk Apple Watch. Dengan adanya teknologi ini pengguna hanya perlu melakukan sentuhan kecil untuk menggeser layar dan menekan tombol untuk membuka menu.

Karena persoalan harga yang banyak dikeluhkan oleh pengguna iPhone saat itu, kemudian iPhone mengeluarkan seri terbaru yaitu iPhone SE diluncurkan sebagai model smartphone “Paling murah” dari Apple.

Di tahun yang sama tepatnya 16 September 2016, Apple kembali merilis iPhone 7 dan iPhone 7 Plus. Kedua seri iPhone 7 dilengkapi dengan pilihan penyimpanan yaitu 32 GB, 128 GB, dan 256 GB. Adapun kelebihan yang ditawarkan iPhone ini yaitu lensa kamera ganda pada varian Plus dan memiliki penghapusan port audio 3,5 mm.

Pada tahun 2017 iPhone kembali meluncurkan seri pembaruan terbaru yaitu iPhone X. Desain yang ditawarkan iPhone X sangat menarik dan kekinian, sampai-sampai digadang sebagai produk iPhone terbaik dalam 10 tahun terakhir.

Kemudian pada tahun 2019 kembali dirilis iPhone terbaru yaitu iPhone 11 dengan 3 versi iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max. Seri ini menyasar kalangan photografer yang sangat mengunggulkan dibagian kamera.

Pada tahun 2020 iPhone meluncurkan produk andalan terbarunya yaitu iPhone 12 Reguler, iPhone 12 mini, iPhone 12 Pro, dan iPhone 12 Pro Max. masing-masing jenis mempunyai spesifikasi penyimpanan yang berbeda yaitu 64 GB, 128 GB, 256 GB. Sedangkan iPhone 12 pro mempunyai penyimpanan hampir 512 GB

Fakta Hp iPhone Yang Membuat Orang Tertarik

iPhone merupakan produk smartphone yang paling terkenal di dunia yang merupakan cikal-bakal adanya pembaruan untuk generasi dengan merek lain. Ada beberapa fakta yang menjadi kelebihan iPhone di mata pengguna setianya. Berikut fakta menarik iPhone:

1. Material

iPhone menggunakan material yang berbeda setiap serinya contohnya saja iPhone pertama menggunakan bahan dari aluminium berlapis warna simple, sedangkan iPhone 13 menggunakan bahan dari aluminium yang dilapisi kaca pada bagian belakang.

2. Harga

iPhone selain memiliki kualitas dan bahan yang berkualitas juga pastinya dibarengi dengan harga yang fantastis pula. Tidak hanya hp baru iPhone, hp second iPhone juga banyak diminati masyarakat dunia karena mempunyai spesifikasi yang lumayan bagus.

3. Kamera

Kamera merupakan salah satu bagian atau komponen yang paling diminati pengguna iPhone, karena tanggapan kaamera yang berkualitas dan hampir sama dengan kamera yang secara khusus didesain untuk hal photografi.

4. Kompetitif

Sejak awal popularitas iPhone tidak pernah luntur karena selalu update aplikasi dan sistem operasi iPhone. Dihitung dari dekade pertama memang iPhone masih tetap menduduki pasaran smartphone dunia mengungguli merek baru seperti samsung, xiaomi, dan lain-lain.

5. Punya Aplikasi Sendiri

iPhone merupakan smartphone yang berdiri sendiri baik komponen maupun sistem operasinya. Sampai saat ini iPhone sudah memiliki 16 aplikasi yaitu Kalender, Kamera, Clock, Ipod, Contact, Maps, SMS, Notes, Phone, Photo, Safari, Stocks, Voice Memo, Weather, dan Settings

6. Video HD

iPhone pada awal seri ternyata belum dilengkapi fitur untuk merekam video dan audio. Namun, saat ini iPhone memiliki tangkapan video dan gambar dengan kualitas HD dan banyak digunakan sebagai hp dengan spesifikasi photografer

7. Ukuran Layar Bervariasi

iPhone dari seri ke seri mempunyai ukuran layar yang bervariasi dan cenderung mempunyai perbedaan yang sangat jauh. Ukuran layar generasi pertama iPhone adalah 3,5 inch

8. Film

Kamera iPhone pernah digunakan untuk membuat film bergengsi yaitu Unsane, Tangerine, Snowmobile, Lady Gaga, dan masih banyak fim lainnya.

Kelebihan iPhone

iPhone menyediakan fitur dan komponen yang sangat menarik dan berkualitas banyak pengguna iPhone yang rela mengeluarkan budget yang fantastis untuk mendapatkan pengalaman menggunakan hp terbaru iPhone. Ada beberapa kelebihan yang menjadi daya tarik iPhone di pasar internasional:

1. Bentuk Elegant

Bentuk dan desain yang dikembangkan iPhone sangat menarik dan elegan, dari generasi awal smartphone iPhone memang sangat diminati dalam hal desain atau bentuk luar hp.

2. Produk Tahan Lama

Kualitas yang ditawarkan iPhone juga sangat terjamin dan awet hal ini dibuktikan oleh youtuber asal Amerika yang sering menguji kekuatan hp dan terbukti iPhone menggunakan bahan tahan lama dan terjamin kekuatannya.

3. Sering Update IOS

Hal yang menyebabkan iPhone tidak terkena bug atau mempunyai sedikit bug adalah pembaruan sistem yang berkala. Pihak iPhone selalu melakukan update terhadap sistem operasi yang mereka buat. Hal ini sangat membantu pengguna iPhone untuk menghemat ruang penyimpanan dan menjaga ketahanan sistem dari malware.

4. Harga Yang Tidak Pernah Turun

Produk iPhone bisa dibilang produk sultan karena harga produk ini tidak pernah turun untuk harga barang baru maupun bekas. Banyak hp dari merk lain mengalami anjlok harga saat penjualan second dan minim peminat, beda halnya dengan iPhone meskipun dalam keadaan barang second harga masih bersaing dan menjadi rebutan di pasaran.

5. Kamera da Video HD

Seperti yang sudah kita bahas diatas tangkapan gambar dan visual video iPhone sangat jernih dan HD. Hal ini karena pihak iPhone selalu memerhatikan kualitas kamera produk yang mereka jual dan menjadi ciri khas tersendiri di kalangan masyarakat bahwa kamera iPhone memang bagus dan jernih

6. Aplikasi Berdiri Sendiri

Aplikasi yang terinstall di smartphone iPhone merupakan aplikasi sendiri yang secara langsung dikembangkan oleh developer iPhone itu sendiri. Hal ini menyebabkan iPhone minim diserang oleh virus yang berasal dari iklan atau aplikasi bodong.

7. Keamanan Sistem Terjamin

iPhone merupakan smartphone yang bebas dari malware dan juga virus jahat lainnya yang dapat mengganggu kinerja aplikasi dan sistem operasi. Kenapa demikian? Hal ini disebabkan karena iPhone adalah produk yang berdiri sendiri dan tidak bekerja dengan iklan dari media manapun yang menyebabkan segala pembaruan di iPhone merupakan murni dari developer iPhone itu sendiri.

8. Bebas Iklan

Banyak smartphone merek lain yang menggunakan iklan sebagai media tambahan penghasilan perusahaan mereka yang menyebabkan penggunanya merasa terganggu. Beda halnya dengan sistem yang digunakan iPhone, perusahaan apple tidak memberikan akses atau tidak bekerja sama dengan media iklan manapun untuk menjaga kenyamanan pengguna dalam menggunakan produk mereka.

9. Privasi Aman

Privasi data atau enkripsi iPhone sangat terjamin, sebab iPhone hanya bisa berbagi atau share data dengan hp yang satu merek. Jika kamu menggunakan android untuk bertukar data atau file dengan iPhone itu merupakan hal yang mustahil! Kecuali kamu berbagi data menggunakan aplikasi pihak ke 3 seperti WA dan media sosial lainnya.

Kelemahan iPhone

Disamping memiliki segudang kelebihan dan popularitas yang melejit ternyata iPhone juga memiliki beberapa kekurangan yang menjadi pemikiran ulang pengguna smartphone untuk menggunakan iPhone. Apa saja kelemahan iPhone? Berikut penjelasannya:

1. Harga Yang Sangat Mahal

Pertimbangan utama pengguna smartphone dengan budget minim adalah harga! Hal ini berlaku untuk produk iPhone baru atau second. Hal ini menyebabkan sebagian masyarakat dengan ekonomi menengah ke bawah lebih memilih menggunakan android karena lebih terjangkau.

2. Kapasitas Baterai

Kapasitas baterai yang ditawarkan iPhone sangat kecil dan boros, mudah terkuras, dan cepat panas. Kenapa demikian? Hal ini dikarenakan iPhone terlalu sering melakukan update aplikasi dan sistem yang mereka miliki. iPhone terlalu fokus terhadap performa dan lupa akan ketahanan spesifikasi produk mereka.

3. Tampilan IOS Monoton

Tampilan IOS iPhone sangat monoton dan tidak pernah di rubah dari generasi pertama hal ini tentunya sangat membosankan kalau kita hubungkan dengan masalah desain. Pengguna iPhone juga tidak bisa melakukan kustomisasi tampilan UI yang digunakan iPhone. Selain itu pilihan wigdet dan theme juga sangat terbatas

4. Desain Masih Ketinggalan Jauh dengan Android

Jika kita bandingkan desain antara iPhone dan merek android seperti xiaomi memang desain iPhone masih kalah dan cenderung tidak pernah merubah desain dari seri sebelumnya. Karena iPhone hanya memerhatikan kualitas dan menghiraukan kuantitas fisik maupun tampilan sistem.

Cara Cek Hp iPhone Asli atau Palsu

Membeli barang dengan harga yang mahal tentunya harus sangat berhati-hati dan harus memahami spesifikasi serta ciri yang asli dari barang yang ingin kita beli. Semakin berkembangnya teknologi tentunya kejahatan maya dan juga imitasi makin marak terjadi.

Khususnya melakukan imitasi terhadap produk mahal nan trending seperti smartphone iPhone. Untuk menghindari penipuan barang kamu harus tau bagaimana cara membedakan produk iPhone asli dan palsu. Bagaimana caranya? Berikut penjelasannya:

1. iPhone Asli Memiliki App Store

iPhone memiliki toko aplikasi sendiri yang mereka kembangkan yaitu app store. Jika kamu membeli iPhone hal yang perlu kamu cek adalah app store, apabila produk yang kamu beli tidak memiliki app store sudah bisa dipastikan iPhone itu palsu. Dan jika ada tambahan seperti play store bisa dipastikan juga iPhone itu palsu.

2. Menggunakan OS Sendiri

Selain mempunyai toko aplikasi sendiri iPhone juga menggunakan OS kembangan sendiri yang disebut IOS. Biasanya imitasi iPhone menggunakan OS android untuk mengganti IOS

3. Perhatikan Kualitas Kamera

Kamera yang ditawarkan iPhone sudah pasti merupakan kamera dengan kualitas HD seperti yang sudah kita bahas diatas. Cek kamera merupakan salah satu cara yang dapat kamu gunakan untuk cek keaslian produk dari iPhone. Disana anda bisa cek apakah iphone tersebut asli atau palsu.

4. Material Yang Digunakan

iPhone menggunakan bahan atau material luar dari bahan yang kuat yaitu dari aluminium silver yang dilapisi kaca yang sangat elegan. Biasanya produk imitasi iPhone akan menggunakan plastik murahan untuk membuat casing tiruan hp iPhone

5. Cek IMEI dan Garansi iPhone

Cara berikutnya adalah dengan Cek IMEI dan Garansi iPhone. Hal ini dapat kamu lakukan dengan cara melihat seri IMEI di belakang iPhone dan mencocokkan dengan seri IMEI di kotak iPhone.

Garansi iPhone asli menggunakan kertas yang agak tebal dan berisi legalitas yang jelas dari perusahaan apple. Biasa ditiru menggunakan kertas tipis dan legalitas yang tidak jelas.

6. Menggunakan Retina Display

Saat kamu membeli iPhone sebaiknya membawa contoh iPhone asli milik teman atau orang terdekat. Tujuannya adalah untuk membandingkan layar dengan iPhone yang ingin kamu beli. iPhone yang asli menggunakan retina display sehingga layar jernih dan bersih sedangkan iPhone palsu tidak menggunakan retina display sehingga layar agak buram dan mudah tergores.

7. Tombol Screenshot Asli

iPhone memungkinkan kamu untuk mengambil screenshot hanya dengan menekan tombol kunci dan home secara bersamaan. Hal ini juga bisa kamu gunakan untuk cek keaslian iPhone yang ingin kamu beli. Biasanya tiruan iPhone tidak memiliki hal ini.

8. Perbandingan Harga

Cara cek hp iphone asli atau palsu paling akurat selain dari imei yaitu pada perbandingan harga. Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya bahwa harga iPhone baik first buy atau second harganya masih tinggi dan tidak turun secara drastis. Nah jika kamu membeli iPhone dengan harga yang murah tentunya itu menjadi sebuah pertanyaan besar yang harus kamu pertimbangkan. Bisa jadi barang yang ingin kamu beli adalah produk tiruan.

9. iPhone Asli Tidak Memiliki Memori Eksternal

Jika kamu membeli iPhone asli kamu tidak akan mendapatkan komponen lain seperti memori eksternal atau komponen pelengkap lainnya. Tapi jika kamu membeli produk iPhone dan mendapatkan embel-embel seperti slot microSD pada body perangkatnya bisa dipastikan iPhone yang kamu beli adalah palsu.

Baca Juga: 10 Cara Cek HP OPPO Asli Atau Palsu Terbaru 2022

Itulah pembahasan mengenai cara cek iphone asli atau palsu dengan mudah. Dalam melihat ciri-ciri Iphone kw atau palsu di atas, maka kami harap tidak ada lagi kata tertipu saat ingin membeli iPhone. Jelilah dalam melihat ciri fisik, karena antara ciri fisik IP kw dan asli sama.

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: yasin badarudin