18 Cara Cek Saldo E-Toll Card Via ATM Atau Mandiri Internet Banking

Cara Cek Saldo E-Toll Card Via ATM Atau Mandiri Internet Banking

Cara Cek Saldo E-Toll Card Via Atm Mandiri Atau Mandiri Internet Banking –  Cara Cek Saldo e-Toll card Mandiri di ATM untuk aplikasi pengguna Mandiri memang tidaklah terlalu sulit. Untuk mengecek e-Toll dapat menggunakan kartu e-money sebagai alat pembayaran. Mandiri e-Toll Card adalah produk kartu elektronik yang diterbitkan oleh Bank Mandiri yang bisa kamu gunakan saat akan melajukan kendaraan di jalan tol.

Apa Itu Mandiri E-toll?

Mandiri e-Toll antara lain digunakan sebagai alat pembayaran layanan jalan tol. Jika tidak, pengguna akan kesulitan melakukan pembayaran transaksi menggunakan Mandiri e-Toll di pintu tol.

Di sisi lain, informasi saldo Mandiri e-Toll perlu diketahui untuk kelancaran transaksi karena kekurangan saldo saat sudah berada di pintu gerbang jalan toll tentu akan menyulitkan kamu.

Saat ini juga sudah ada beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mengecek saldo E-toll seperti Tokopedia hingga Shopee berguna untuk mengecek saldo Mandiri e-Toll kamu. Namun, ada acara lain yang bisa kamu gunakan untuk mengecek saldo E-toll seperti menggunakan ATM Mandiri atau Internet Banking Mandiri.

Biasanya di dekat pintu gerbang jalan tol terdapat pemberhentian untuk pengecekkan saldo e-toll kamu menggunakan ATM. Lantas, bagaimanakah cara yang tepat untuk melakukan pengecekan saldo E-toll Mandiri menggunakan ATM dan Internet Banking Mandiri? Simak beberapa cara berikut mengenai cek saldo E-toll Mandiri.

Cara Cek Saldo Kartu E-Toll Menggunakan ATM Mandiri

Untuk kamu yang ingin melakukan pengecekan saldo e-toll Mandiri menggunakan ATM. Ada beberapa langkah yang harus kamu perhatikan sebelum pergi ke ATM, pastikan juga mesin yang ingin kamu gunakan memiliki logo e-money. Jika sudah benar, maka kamu hanya perlu melakukan serangkaian cara berikut:

  1. Tekan tombol hijau di ATM. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menekan tombol warna hijau terlebih dahulu.
  2. Pilih menu Mandiri E-Money. Kemudian, kamu bisa memilih menu e-money untuk melakukan pengecekan saldo e-toll Mandiri.
  3. Setelah itu, kamu bisa menempelkan kartu e-toll mandiri ke salah satu bagian yang berlogo e-money berwarna kuning. Kemudian kamu bisa memilih menu tab “Informasi Saldo”.
  4. Setelah menunggu sebentar, saldo kartu prabayar Mandiri kamu akan muncul di layar. Seberapa banyak saldo yang tersisa akan ditampilkan dengan jelas jumlahnya tepat dibawah tulisan “saldo kartu mandiri prabayar Anda”.
  5. Jika kamu mendapati informasi saldo tidak ditampilkan di layar ATM bahkan setelah mengikuti langkah-langkah di atas, kamu tidak perlu khawatir karena mungkin ada masalah dengan mesin tersebut. Jadi kamu hanya perlu memeriksanya Kembali di tempat lainnya.

Cara Cek Saldo Kartu E-Toll Menggunakan Internet Banking Mandiri

Selain memeriksa saldo e-toll menggunakan ATM Mandiri kamu juga dapat memeriksanya dengan menggunakan layanan internet banking Mandiri. Cara ini bisa menjadi cara yang lumayan mudah dan lebih cepat karena dapat dijalankan hanya dari komputer/laptop atau bahkan ponsel kamu melalui browser ponsel.

Berikut merupakan cara-caranya:

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah bukalah situs internet banking mandiri di ibank.bankmandiir.co.id atau kamu juga bisa membukanya melalui aplikasi livin by mandiri.
  2. Jika sudah kamu bisa memasukkan User ID dan Password akun mandiri kamu. Pastikan dengan benar bahwa password dan juga pastikan semua yang kamu isikan benar.
  3. Setelah berhasil login, kamu bisa memilih menu uang elektronik, lalu pilih menu Mandiri E-Money dan pilih menu Informasi saldo.
  4. Kemudian kamu akan diarahkan ke halaman untuk pengisian nomor kartu dan keterangannya. Kamu bisa memasukkan 16 digit nomor kartu e-toll kamu lalu tekan tab kirim.
  5. Setelahnya, sisa saldo kamu akan ditampilkan lengkap dengan rincian transaksi yang pernah dilakukan sebelumnya di kartu e-toll Mandiri kamu.

Cara Cek Saldo E-toll Mandiri di HP

Bagi kamu yang tidak ingin pergi ke ATM, kamu bisa memilih untuk mengecek saldo Mandiri e-toll cukup dari ponsel kamu saja. Metode ini bekerja pada banyak platform yang disesuaikan dengan kartu bank mana saja yang kamu gunakan. Namun, khusus untuk kartu e-toll mandiri, kamu bisa mengeceknya di aplikasi Livin by Mandiri.

Cara cek saldo e-toll Mandiri menggunakan aplikasi Livin by Mandiri adalah sebagai berikut:

  1. Pertama-tama, pastikan kamu sudah memiliki aplikasi Livin by Mandiri Buka aplikasi Mandiri online (Livin by Mandiri).
  2. Selanjutnya, kamu bisa melakukan Login dengan dua cara. Pertama, kamu bisa menggunakan user ID dan password untuk log in. Kedua jika ponsel kamu sudah support dengan biometric kamu bisa menggunakan tab sidik jari.
  3. Kemudian, kamu bisa memilih menu bertuliskan “E-money” lalu Pilih menu “Lihat/Update Saldo”
  4. Setelah itu, kamu bisa menempelkan kartu e-toll kamu pada bagian belakang ponsel. Jika sudah terdeteksi dan menampilkan jumlah isi saldo e-toll mandiri kamu. Namun, pastikan dulu bahwa dalam ponsel kamu juga memiliki fitur NFC, karena tidak semua ponsel support dengan fitur tersebut.
  5. Jika langkah-langkah di atas sudah kamu ikuti maka selanjutnya kamu tinggal melakukan pembaharuan saldo dengan cara menekan menu perbaharui saldi untuk pengupdatean saldo kartu mandiri e-toll kamu.

Cara Cek Saldo E-toll dengan Mandiri Online

Untuk cara yang satu ini, kamu bisa menggunakan ponsel kamu saja. Namun, tentu ada langkah-langkah atau step-by-step yang perlu kamu lakukan, yaitu:

  1. Pertama-tama, downloadlah aplikasi mandiri e-money terlebih dahulu jika kamu belum memilikinya.
  2. Setelah kamu berhasil meng-install nya, kamu bisa mencoba memasukkan data yang diperlukan aplikasi.
  3. Kemudian kamu bisa menempelkan kartu e-toll atau e-money kamu dan saldo kamu akan ditampilkan setelahnya.

Syarat dan Ketentuan Penggunaan E-toll Mandiri

Untuk kamu yang baru menggunakan e-toll mandiri atau e-money mandiri, tentu harus mengetahui atau memahami dengan baik beberapa syarat dari penggunaan kartu yang satu ini. Beberapa ketentuannya antara lain:

  1. Uang yang sudah kamu masukkan ke dalam e-money atau e-toll akan tersimpan dengan aman di dalam chip kartu. Jadi pastikan jangan sampai bagian chip kartu tergores atau rusak.
  2. Jika ingin melakukan transaksi, cukup tempelkan saja kartunya hingga saldonya berkurang dengan sendirinya.
  3. E-toll mandiri ini bisa kamu isi ulang Kembali sesuai dengan beberapa metode yang kamu pilih.
  4. Kartu e-toll mandiri tidak hanya dimiliki oleh pengguna bank mandiri saja, tapi juga bisa dimiliki untuk anggota bank lain atau non-nasabah mandiri.
  5. Kartu e-toll ini bisa dipindahtangankan selama kartu dalam bentuk fisiknya juga dipindahtangankan.

Itulah dia beberapa informasi mengenai cara cek saldo kartu e-toll yang bisa kamu lakukan dengan cara mengeceknya di ATM atau di Internet Banking Mandiri. Memang jika dilakukan pengecekan, saldo yang ditampilkan tidaklah sama. Pasti ada selisih sekitar Rp 1000 saja.

Hal itu wajar karena dalam internet banking saldo dengan jumlah ganjil Rp 1000 saja tidak bisa diisikan atau gagal. Oleh karena itu, perlu adanya dilakukan update saldo di mesin ATM atau EDC agar saldo yang kamu masukkan bisa jelas diketahui masuknya.

Maka jangan merasa bingung jika terdapat masalah tersebut. Hal wajar bagi pemula jika pertama kali ingin mengecek kartu e-toll.

Baca Juga: 4 Cara Tarik Tunai Mandiri Tanpa Kartu ATM, Tidak Sulit

Untuk yang bingung mengenai cara mendapatkan e-toll mandiri, kalian bisa mendapatkannya di kantor cabang mandiri terdekat, indomaret atau alfamart, seles representatif atau di halte-halte juga banyak sekali diperjual belikan. Jadi jangan takut kesusahan mendapatkan e-toll mandiri.

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: yasin badarudin