3 Cara Membatalkan Pesanan di Bhinneka, Anti Ribet

Cara Membatalkan Pesanan di Bhinneka

Cara Membatalkan Pesanan di Bhinneka – Di zaman modern seperti saat ini, ada banyak sekali pilihan e-commerce yang bisa ditemukan. Di mana, setiap e-commerce pasti memiliki kelebihannya masing-masing. Kebanyakan untuk saat ini, memberikan promo berupa gratis ongkir atau diskon. Salah satu e-commerce yang sudah lama ada adalah Bhinneka. Sama seperti e-commerce lainnya tentu saja selalu ada pembahasan mengenai cara membatalkan pesanan di Bhinneka.

Apa Itu Bhinneka?

Sebelum membahas hal tersebut, kamu perlu tau dulu bahwa Bhinneka merupakan salah satu situs belanja yang menjual gadget, komputer, dan aksesoris. Nah, beberapa tahun ke belakang, situs ini meluncurkan aplikasi belanja untuk menaikkan transaksi.

Saat ini, sudah ada sekitar 1,1 rb orang yang mengunduh aplikasi ini. Ada banyak sekali ulasan yang diberikan untuk Bhinneka. Namun, kamu juga tetap bisa melakukan pemesanan barang melalui situs resminya secara langsung. Saat ini, Bhinneka menyediakan banyak sekali barang dan makanan yang bisa dibeli. Namun yang perlu kamu ketahui adalah semua produk yang terdapat di dalam situs bukan milik Bhinneka, melainkan dari vendor.

Jenis – Jenis Pembatalan Pesanan di Bhinneka

Sebelum mengetahui bagaimana cara membatalkan pesanan di bhinneka, kamu perlu tau bahwa ketika akan belanja di sini, maka harus memiliki akun terlebih dahulu. Nantinya, kamu akan diarahkan untuk melakukan pendaftaran, hingga akhirnya memiliki akun untuk bertransaksi.

1. Membatalkan Pesanan yang Sudah Dikirim

Kadang ada beberapa pembeli yang melakukan pembatalan ketika barang sudah dikirim. Biasanya, jika seperti ini, maka pada e-commerce apa pun tidak akan bisa melakukan pembatalan. Sebab, barang sudah berada di drop point lain.

Jika terus memaksa melakukan pembatalan, maka dari pihak Bhinneka tidak akan menyetujui hal tersebut. Mau tidak mau, barang yang sudah dipesankan akan tiba ke rumah.

2. Membatalkan Pesanan yang Sudah Dibayar

Cara membatalkan pesanan di bhinneka yang selanjutnya adalah tentang membatalkan pesanan yang sudah dibayar. Di sini, kamu bisa menghubungi pihak Bhinneka langsung yang ada dalam situs tersebut. Kemudian jelaskan bahwa ingin melakukan pembatalan.

Hanya saja, nanti akan diminta penjelasan mengapa melakukan pembatalan pesanan. Jika alasannya masuk akal, seperti salah membeli atau ingin sekalian membeli barang lain, maka pembatalan bisa disetujui. Namun, jika memang tidak ada alasan yang jelas, pembatalan tidak akan disetujui.

Cara Membatalkan Pesanan di Bhinneka

Setelah mengetahui beberapa jenis pembatalan, maka kamu bisa langsung mengetahui cara untuk melakukan pembatalan pada situs belanja ini.

1. Menghubungi Seller

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan menghubungi seller. Ada fitur yang menang bisa digunakan untuk melakukan hal ini. Kamu hanya perlu memberikan id pesanan dan mengutarakan apa yang akan dilakukan terkait dengan pembatalan tersebut.

2. Menghubungi Customer Service

Cara membatalkan pesanan di bhinneka yang selanjutnya adalah dengan menghubungi customer service. Customer service dari bhinneka sendiri bisa dihubungi setiap hari Senin-Sabtu dengan waktu yang sudah ditentukan. Kamu bisa meminta untuk membatalkan pesanan yang sudah dilakukan. Namun, tentu saja harus menyertakan alasan melakukan pembatalan itu apa.

3. Menunggu Prosesnya

Nantinya, pihak Bhinneka akan memproses dulu alasan pembatalan yang dilakukan. Jika memang alasannya bisa diterima, maka proses pembatalan bisa berlanjut dengan memberikan nomor rekening kepada pihak Bhinneka. Namun, jika alasannya tidak dapat diterima, proses pembatalan akan ditangguhkan dan barang akan tetap dikirim.

Biasanya, hanya beberapa waktu saja pembatalan akan segera berhasil dan dana refund pun akan segera masuk. Jadi memang akan ada waktu beberapa hari untuk menunggu dana tersebut masuk ke nomor rekening yang dimiliki.

Beberapa Alasan Mengapa Melakukan Pembatalan di Bhinneka

Setelah mengetahui cara melakukan pembatalan, tentu harus tau dulu beberapa alasan yang membuat seseorang melakukan pembatalan pesanan. Beberapa alasan yang akan dibahas adalah:

1. Pesanan Lama Dikirim

Salah satu alasan mengapa orang mencari cara membatalkan pesanan di Bhinneka adalah lamanya pengiriman yang dilakukan. Terlebih jika seseorang membutuhkan produk tersebut dalam waktu secepatnya. Tentu saja hal ini akan sangat merugikan pihak pembeli. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya melakukan pembatalan pesanan ketika dikirim lama.

Beberapa orang yang berbelanja melalui e-commerce tentu ingin barangnya cepat sampai. Tidak masalah jika pengiriman lama pada ekspedisi, namun jika lamanya ada pada pihak seller, maka beberapa orang memilih untuk membatalkan pesanan.

2. Mengganti Variasi atau Jumlah Pesanan

Kadang, ketika sudah memesan sebuah produk, seseorang masih kepikiran dengan produk tersebut. Apalagi jika terdapat diskon dan dia belum memanfaatkan diskon tersebut. Maka, tidak heran jika memilih untuk kembali membuka situsnya dan melakukan pembatalan pesanan. Setidaknya, akan kembali memesan dengan jumlah yang bertambah.

3. Mengganti Alamat

Alasan lain yang membuat seseorang mencari tau tentang cara membatalkan pesanan di bhinneka adalah ingin mengganti alamat. Melihat estimasi waktu sampai yang mungkin sedikit melenceng, membuat seseorang melakukan penggantian alamat ini. Bisa jadi pelanggan memang akan pergi atau pindah tempat sebelum barang sampai.

4. Salah Memesan Produk

Alasan terakhir yang biasa disampaikan ketika melakukan pembatalan pesanan adalah salah memesan produk. Sebut saja ingin membelu produk A, malah melakukan pembayaran untuk produk B. Tentunya ini memang murni kesalahan pembeli, tapi jika tidak membutuhkan produk B, tidak ada salahnya melakukan pembatalan terlebih dahulu. Jika memang bisa, maka pihak e-commerce pun akan menyetujui pembatalan pesanan tersebut.

Syarat dan Ketentuan Pengembalian Dana Atas Pembatalan Pesanan di Bhinneka

Setelah mengetahui beberapa hal di atas, berikut ini ada syarat dan ketentuan mengenai pengembalian dana terkait dengan pembatalan pesanan. Di mana memang, Bhinneka akan menjadikan syarat dan ketentuan ini sebagai patokan. Adapun yang dimaksud di sini adalah sebagai berikut.

  • Pengembalian dana yang dilakukan oleh pihak Bhinneka terjadi jika memang adanya pembatalan pesanan. Pengembalian dana juga bisa dilakukan terhadap kesalahan pesanan, kesalahan harga yang disebabkan oleh pihaknya, dan lain sebagainya. Nantinya, pengembalian dana akan dilakukan menggunakan mekanisme sesuai dengan metode pembayaran yang dipilih pada saat melakukan transaksi.
  • Penangguhan pengembalian dana dan pembatalan pesanan bisa dilakukan oleh pihak Bhinneka, jika memang terdapat kecurangan atau pelanggaran terhadap syarat dan ketentuan yang berlaku di Bhinneka. Sehingga, jika sudah seperti ini maka pesanan pun akan tetap dikirimkan.

Cara membatalkan pesanan di Bhinneka, memang tidak sama seperti kebanyakan e-commerce saat ini. Hanya mengandalkan untuk menghubungi seller atau customer service secara langsung. Kadang, pelanggan harus mengirimkan e-mail untuk menyelesaikan masalah pembatalan ini. Sebelum melakukan pembatalan, tentu kamu harus menyiapkan alasan yang tepat terlebih dahulu.

Baca juga: 14 Cara Membatalkan Pesanan di JD.ID Anti Ribet

Demikianlah berbagai hal mengenai cara membatalkan pesanan di Bhinneka yang perlu diketahui. Membatalkan pesanan memang menjadi hak pelanggan. Tetapi jika tidak sesuai dengan syarat dan ketentuan, maka pembatalan tidak akan disetujui oleh pihak e-commerce.

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: yasin badarudin