7 Cara Daftar BPJS Kesehatan Tanpa Antre dan Ribet

Langkah Cara Daftar BPJS Kesehatan – Berita baik kini datang bagi Anda yang ingin membuat BPJS. Pasalnya kini masyarakat yang ingin mendaftar BPJS bisa dengan cara online. Jadi masyarakat tidak perlu lagi antri untuk melakukan pendaftaran. Cara daftar BPJS Kesehatan inipun dimulai cukup mudah untuk diikuti. Hanya dengan melalui aplikasi JKN yang bisa diunduh pada smartphone.

Jadi, masyarakat yang akan mendaftar tinggal download saja aplikasi JKN di Play Store atau App Store. Setelahnya tinggal mengikuti langkah-langkah yang ada. Nantinya jika verifikasi berhasil, maka peserta dari BPJS tersebut bisa mendapat berbagai macam layanan yang dimiliki oleh BPJS Kesehatan.

Apa Itu BPJS Kesehatan?

BPJS Kesehatan ini merupakan asuransi yang berasal dari pemerintah dalam rangka mengakses jenis pelayanan kesehatan mendasar. Namun yang perlu digaris bawahi di sini adalah layanan ini bukanlah layanan yang gratis. Jadi nantinya peserta yang sudah bergabung dalam BPJS diharuskan membayar iuran tiap bulannya.

Untuk besarnya iuran tersebut berbeda-beda, tergantung kelas yang yang dipilih ketika melakukan pendaftaran. Jika sudah bergabung dengan BPJS ini, maka peserta tersebut akan mendapatkan keringan perihal biaya kesehatan di sejumlah faskes (fasilitas kesehatan). Tentunya untuk fasilitas kesehatan ini adalah yang sudah ditentukan oleh rekanan BPJS.

Untuk fasilitas pelayanan kesehatan ini terdiri dari fasilitas pelayanan kesehatan tingkat I dan juga fasilitas pelayanan kesehatan tingkat II. Untuk fasilitas pelayanan kesehatan tingkat I contohnya adalah puskesmas, praktik baik dokter umum ataupun dokter gigi dan juga RS tipe D.

Apabila sarana prasarana yang terdapat di fasyankes tingkat I ternyata tidak memadai atau barangkali maka bisa dirujuk. Berlaku juga jika ternyata pasien memerlukan penangan yang lebih lanjut maka dirujuk ke fasyankes yang lebih besar yaitu tingkat II. Untuk  fasyankes tingkat II yang dimaksud disini adalah Rumah Sakit Besar seperti tipe D atau lainnya.

Hal Yang Perlu Dipersiapkan Untuk Mendaftar BPJS Kesehatan

Sebelum mengetahui cara daftar BPJS Kesehatan, ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan. Dokumen tersebut diantaranya adalah seperti dibawah ini.

  1.   Siapkan Fotocopy Kartu Keluarga
  2.   Siapa fotokopi KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  3.   Siapkan fotokopi kartu NPWP
  4.   Siapkan nomor handphone yang aktif
  5.   Siapkan fotokopi bagian depan dari buku rekening Anda
  6.   Siapkan pas photo ukuran 3×4, untuk ukuran digitalnya maksimal 50 KB
  7.   Siapkan alamat email yang masih aktif, yang sering Anda gunakan.

Prosedur Pendaftaran BPJS Kesehatan

Sebelum membahas tentang cara daftar BPJS Kesehatan, penting untuk diketahui bersama, bahwasanya terdapat prosedur-prosedur untuk membahas BPJS Kesehatan ini. Berikut merupakan prosedur dalam pendaftaran BPJS:

  1. Mengikuti proses pendaftaran dengan mengisi beberapa data dan juga formulir pendaftaran
  2. Mengisi formulir pendataan TIPE yaitu Formulir Daftar Isian Peserta Elektronik yang terdapat pada kolom pendaftaran secara online.
  3. Memberikan langkah persetujuan terhadap layanan administrasi. Untuk layanan administrasi ini berbeda-beda, tergantung dari syarat ataupun pilihan masing-masing kepesertaan BPJS Kesehatan.

Untuk menjadi peserta BPJS ada berbagai cara, yaitu melalui pendataan dari pemerintah disini yaitu oleh Dinas Sosial. Ada pula pendaftaran BPJS Kesehatan yang dilakukan secara mandiri perorangan. Bagi peserta yang didaftarkan secara kolektif oleh Dinas Sosial ini maka selanjutnya akan didaftarkan pada Kementerian Kesehatan.

Untuk mendaftar melalui pemerintah ini juga ada beberapa prosedur tahapan yang berbeda. Bagi yang mendaftar melalui pendataan Pemerintah Daerah nantinya akan diteruskan kepada Pemerintah Kota atau Kabupaten. Kemudian selanjutnya bekerjasama dengan BPJS Kesehatan terkait.

Langkah tersebut tentunya berbeda juga dengan prosedur pendaftaran yang dilakukan secara kolektif satuan kerja atau secara perorangan. Untuk prosedur pengajuan jenis ini, maka prosedurnya adalah seperti berikut.

  • Untuk mendaftar perorangan harus menyertakan bukti KTP, SK Kerja, daftar gaji baik pokok maupun tunjang.
  • Bagi yang belum terdaftar pada kartu Keluarga, maka selanjutnya ada surat penetapan yang dikeluarkan oleh Pengadilan Negeri.
  • Bagi yang umurnya antara 21 hingga 25 tahun, maka memiliki surat keterangan dari sekolahnya ataupun Perguruan Tinggi. Namun untuk surat keterangan tersebut hanya berlaku satu tahun saja.
  • Sedangkan untuk pendaftaran perorangan namun yang bersifat kolektif, maka prosedurnya adalah dengan pengajuan melalui PIC masing-masing. PIC tersebutlah kemudian yang mengisikan pada FDIPE.
  • Berbeda dengan jika keanggotaan tersebut dilakukan kolektif perangkat desa, maka untuk kepesertaan tentunya hanya sampai masa jabatannya berlaku saja.
  • Untuk pendaftaran yang dilakukan oleh BUMN dan sejenisnya, maka juga dilkauk oleh PICnya masing-masing, baru kemudian di daftar pada formulir FDIPE. Namun harus disahkan oleh pimpinan perusahaan atau kantor tersebut.

Hal tersebut juga berlaku sama untuk pelaku penyelenggara negara, dengan menyertakan dokumen tambahan seperti rekening bank ataupun dokumen pendukung lainnya. Prosedur yang diberlakukan antar pendaftaran kolektif maupun perorangan sebenarnya tidak jauh beda. Namun tentunya harus perhatian Anda juga.

Cara Daftar BPJS Kesehatan

Cara daftar BPJS Kesehatan ini sebenarnya sangat mudah. Jika dahulu untuk mendaftarkan-nya harus datang ke kantor BPJS saja. Tentunya dengan mengantri dan keribetan lainnya, namun kini mendaftar BPJS menjadi lebih mudah karena bisa dilakukan dengan cara online,.

Lantas bagaimana cara daftar BPJS Kesehatan tersebut? Berikut adalah langkah yang bisa dijadikan panduan dalam mendaftarkan diri secara online.

1. Memiliki Aplikasi JKN

Cara daftar BPJS Kesehatan yang pertama adalah Anda harus memiliki aplikasi JKN terlebih dahulu. Untuk mendapatkan aplikasi tersebut tinggal unduh saja di PlayStore ada di App Store.

2. Masuk Menu Pendaftaran

Jika sudah memiliki aplikasinya, maka langkah cara daftar BPJS Kesehatan selanjutnya yaitu dengan masuk pada menu pendaftaran. Klik pada pilihan “Daftar” untuk melakukan pendaftaran.

  • Cara daftar BPJS Kesehatan berlanjut dengan mengklik “Pendaftaran Peserta Baru” untuk mendaftar peserta baru.
  • Baca terlebih dahulu syarat serta ketentuan pendaftaran dari BPJS, jika sudah paham baru lanjutkan dengan mengklik “Setuju”.
  • Isi Data Yang Diperlukan. Selanjutnya adalah mengisi data yang dibutuhkan. Masukkan identitas diri yaitu nomor NIK.
  • Selanjutnya adalah dengan memasukkan kode captcha yang tersedia untuk melanjutkan proses pendaftaran. Lanjutkan dengan mengisi semua kolom yang ada, jika sudah baru pilih menu “Selanjutnya”.

3. Memilih Tempat FasYanKes

Cara daftar BPJS Kesehatan selanjutnya adalah dengan memilih tempat fasilitas pelayanan kesehatan. Masukkan juga alamat email yang aktif baru simpan perubahan tersebut dengan memilih tombol “Simpan”.

4. Lakukan Verifikasi

Selanjutnya adalah melakukan verifikasi. Tunggu virtual account dan juga kode verifikasi muncul. Keduanya adalah kode yang digunakan untuk membayar iuran BPJS yang nanti akan dikirimkan melalui email. Jika sudah dikirimkan keduanya, maka segera lakukan pembayaran iuran tersebut.

5. Resmi Terdaftar

Ketika sudah melakukan pembayaran iuran BPJS tersebut, maka Anda sudah terdaftar menjadi peserta BPJS Kesehatan. Tanda resminya adalah Anda akan mendapatkan konfirmasi dari pihak BPJS Kesehatan.

6. Terbitnya Kartu BPJS Kesehatan

Anda akan mendapatkan kartu BPJS Kesehatan di aplikasi berwujud virtual. Kartu tersebut sudah bisa digunakan untuk berobat atau mendapatkan pelayanan kesehatan lainnya pada fasilitas kesehatan yang sudah ditunjuk.

Jadi tidak perlu lagi mencetak atau mengambil kartu fisik BPJS ke kantor. Cukup tunjukkan kartu BPJS digital ini ketika periksa sudah cukup mewakili kepesertaan dari BPJS Kesehatan.

Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan

1. Cara cek BPJS masih aktif atau tidak?

2. Berapa iyuran BPJS kelas 1,2 dan 3?

3. Apakah yang harus dilakukan jika tidak mampu melunasi tunggakan BPJS?

4. Cara cek BPJS kesehatan dengan NIK?

5. Daftar BPJS secara online?

Baca Juga : 7 Cara Daftar NPWP Online Dengan Gampang Terbaru 2022

Cara daftar BPJS Kesehatan memang kini mengalami revolusi yang lebih baik. Selain jalurnya yang semakin mudah, pendaftarannya pun kini bisa dengan online. Hal tersebut tentunya membantu sekali bagi orang yang memiliki kesibukan. Sebab dengan begitu nakan untuk pendaftaran ini dapat dengan fleksibel dilakukan dimana saja dan juga kapan saja.

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: yasin badarudin

Leave a Reply

Your email address will not be published.

18 − three =