18 Cara Daftar MyPertamina untuk Subsidi

Cara Daftar MyPertamina Untuk Subsidi

Cara Daftar MyPertamina untuk Subsidi – Cara daftar MyPertamina akhir-akhir ini menjadi sebuah perbincangan publiK yang tidak ada habisnya. Seperti yang kita tahu, bahwa pemerintah bersama dengan Kementrian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sudah mengeluarkan peraturan yang nantinya bisa membuat pembelian bahan bakar bersubsidi lebih efisien dan lebih tepat pada sasaran di masyarakat.

Bahan bakar yang ditetapkan dalam peraturan baru ini adalah bahan bakar subsidi tepat.Bahan bakar tersebut seperti pertalite dan solar yang bisa dibeli menggunakan aplikasi MyPertamina atau melalui websitenya.

Program Subsidi solar maupun pertalite khusus untuk kendaraan roda 4 merupakan upaya agar penyaluran subsidi BBM lebih tepat sasaran. Pendaftaran dimulai kemarin, 1 Juli 2022.

Apa Itu MyPertamina?

Berdasarkan website pertamina.com, mypertamina merupakan aplikasi layanan keuangan digital yang dibuat khusus oleh PT Pertamina dan perusahaan dengan status BUMN lainnya serta sudah terintegrasi dengan aplikasi dompet digital LinkAja.

Aplikasi ini digunakan untuk mempermudah pembayaran saat pembelian bahan bakar miinyak di SPBU secara non-tunai khusus SPBU Pertamina. Oleh sebab itu, cara daftar My pertamina yang tepat menjadi hal yang penting dan paling dicari saat ini oleh semua kalangan, apalagi jika kamu merupakan pemula dalam pengisian bensin.

Berikut merupakan cara daftar aplikasi My Pertamina yang berdasarkan beberapa sumber terpercaya.

Cara Daftar MyPertamina untuk Subsidi

Untuk kamu yang menggunakan kendaraan bermotor yang lebih memilih untuk menggunakan BBM bersubsidi, maka kamu harus mengetahui dengan benar cara daftar MyPertamina untuk Subsidi. Aplikasi yang diluncurkan oleh Pertamina ini bisa kamu install di android kamu atau bisa juga menggunakan device yang lebih besar seperti laptop.

Tujuan pembelian BBM bersubsidi menggunakan aplikasi MyPertamina adalah agar subsidi BBM dapat digunakan secara tepat sasaran. Selama ini, solar dan jenis partalite disubsidi oleh pemerintah dengan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Pemberlakuan peraturan pembelian melalui aplikasi MyPertamina saat ini sudah berlaku di 11 wilayah di Indonesia. Pembelian pertalite dan solar bersubsidi tepat melalui aplikasi MyPertamina hanya berlaku untuk kendaraan roda empat (mobil penumpang) ke atas. Pertalite saat ini tidak tersedia untuk dibeli oleh pengendara sepeda motor.

Jadi jawaban MyPertamina untuk sepeda atau mobil  saat ini adalah mobil saja. Namun, tidak menutup kemungkinan jika kedepannya aplikasi My pertamina ini bisa juga digunakan oleh kendaraan bermotor.

Tata Cara Daftar MyPertamina

1. Syarat Dokumen Identitas yang Terpenuhi

Langkah pertama dalam mendaftar di MyPertamina adalah menyiapkan dokumen identitas yang diperlukan yaitu Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), foto kendaraan dan dokumen pendukung lainnya.

Dokumen identitas yang diperlukan ini juga bisa disesuaikan dengan jenis pengendara roda 4, seperti dibawah ini:

  • Kendaraan Pribadi, jenis ini mengharuskan beberapa dokumen yang penting dimasukkan dalam pendataan aplikasi MyPertamina seperti Foto KTP, Foto Diri, Foto STNK depan dan belakang, Foto Kendaraan Tampak Semua, dan Foto Nomor Polisi Kendaraan.
  • Kendaraan Komersial Barang, jenis kendaraan ini memiliki sejumlah dokumen identitas yang harus dilampirkan seperti Foto KTP, Foto Diri, Foto STNK depan dan belakang, Foto KIR, Foto Kendaraan tampak semua, dan Foto Nomor Polisi.
  • Kendaraan Komersial Penumpang, jenis kendaraan satu ini mempunyai dokumen-dokumen penting yang perlu dilampirkan seperti, Foto KTP, Foto Diri, Foto STNK depan dan belakang, Foto KIR, Foto Kendaraan tampak semua, dan Foto Nomor Polisi.
  • Kendaraan Layanan Umum, jenis kendaraan dengan layanan umum ini memiliki dokumen-dokumen identitas yang harus dilampirkan, diantaranya adalah Foto KTP, Foto Diri, Foto STNK depan dan belakang, Foto KIR, Foto Kendaraan tampak semua, dan Foto Nomor Polisi.
  • Non Kendaraan, untuk jenis ini memang cenderung lebih sedikit dokumen yang harus dilampirkan karena kendaraan yang dibawa biasanya bukan kendaraan pribadi dan mendapatkan rekomendasi. Dokumen-dokumen yang perlu dilampirkan untuk jenis ini adalah Foto KTP, Foto Diri, Foto Surat Rekomendasi.

2. Pendaftaran Via Situs

Langkah selanjutnya dalam mendaftar MyPertamina adalah masuk ke halaman subventiontepat.mypertamina.id dan tinjau informasinya setelah memahami persyaratannya. Kemudian klik Daftar Sekarang dan ikuti petunjuk untuk menyelesaikan entri data.

3. Loading Pencocokan Data

Jika Kamu memasukkan data Kamu sesuai petunjuk di situs resminya, maka cara daftar MyPertamina selanjutnya adalah menunggu hingga 7 hari kerja hingga data Kamu diverifikasi. Perbandingan data dilakukan melalui alamat email yang terdaftar sebelumnya. Ingatlah untuk memeriksa status pendaftaran Kamu secara teratur di situs web. Pada langkah terakhir mendaftar di MyPertamina, Kamu harus mengunduh kode QR. Ini diperlukan untuk memeriksa status pendaftaran secara berkala.

Cara Membeli Pertalite dengan MyPertamina

Untuk pembelian BBM Pertalite di aplikasi MyPertamina, Kamu harus mengikuti langkah-langkah  berikut:

  • Pertama, kamu bisa mengunduh aplikasi MyPertamina dari Google Play Store atau App Store.
  • Masukkan detail seperti nama, nomor telepon, tanggal lahir, dan setel PIN keamanan transaksi.
  • Masukkan kode OTP yang telah dikirimkan melalui SMS untuk melakukan aktivasi pada aplikasi MyPertamina.
  • Masukkan nomor telepon dan PIN Kamu untuk masuk kembali.
  • Hubungkan akun MyPertamina Kamu ke akun LinkAja Kamu.
  • Jika berhasil dan saldo LinkAja Kamu mencukupi, Kamu bisa langsung melakukan pembayaran. Klik BAYAR di halaman utama untuk membayar.
  • Arahkan kamera ponsel Kamu ke mesin EDC di SPBU Pertamina dan Kamu akan melihat scan kode QR.
  • Jika harga dan liter BBM Pertalit bersubsidi yang ditampilkan sudah sesuai, klik BAYAR untuk konfirmasi pembelian dan bayar segera.
  • Masukkan PIN akun LinkAja Kamu untuk konfirmasi pembayaran.
  • Pembeli akan menerima pemberitahuan bahwa tunjangan bahan bakar telah berhasil dibayarkan.

Cara Membeli Solar dengan MyPertamina

Untuk pembelian solar di aplikasi MyPertamina ikuti langkah berikut:

  • Install aplikasi MyPertamina yang bisa kamu unduh melalui Google Play Store atau App Store.
  • Masukkan detail seperti nama, nomor telepon, tanggal lahir, dan setel PIN keamanan transaksi.
  • Kamu bisa memasukkan kode OTP yang telah dikirim melalui SMS untuk mengaktifkan.
  • Masukkan nomor telepon dan PIN Kamu untuk masuk kembali.
  • Hubungkan akun MyPertamina Kamu ke akun LinkAja Kamu. Jika berhasil dan saldo LinkAja Kamu mencukupi,
  • Kamu bisa langsung melakukan pembayaran. Klik BAYAR di halaman utama untuk membayar.
  • Arahkan kamera ponsel Kamu ke mesin EDC di SPBU Pertamina dan pindai kode QR yang ditampilkan. Jika harga yang ditampilkan dan liter solar bersubsidi wajar, klik BAYAR untuk mengkonfirmasi pembelian Kamu dan segera bayar.
  • Kemudian masukkan PIN akun LinkAja Kamu untuk konfirmasi pembayaran.
  • Pembelian selesai dan pembeli menerima pemberitahuan bahwa tunjangan bahan bakar telah berhasil dibayarkan.

Baca: 7 Cara Daftar NPWP Online Dengan Gampang Terbaru 2022

Berikut alur dan proses pendaftaran MyPertamina serta cara atau tata cara pembelian BBM bersubsidi melalui aplikasi MyPertamina. Untuk informasi lebih lanjut mengenai dokumen persiapan pendaftaran  online maupun offline, konsumen dapat langsung menghubungi call center Pertamina  135 dan media sosial  resmi @ptpertaminapatraniaga dan @mypertamina.

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: yasin badarudin