Cara Daftar Gofood untuk Restoran

Cara Daftar Gofood untuk Restoran

Cara Daftar Gofood untuk Restoran: Lengkap Sampai Diterima! – Anda tentu sudah tidak asing dengan salah aplikasi Gofood kan? Gofood ini merupakan salah satu produk turunan dari Gojek yang mengubah cara memesan makanan di Indonesia. Dengan Gofood ini kita bisa memesan makanan dari rumah, dan akan diantarkan oleh driver Gojek.

Untuk Anda yang mempunyai bisnis di bidang makanan tentu tidak ada salahnya mendaftar menjadi agen Gofood. Selain itu cara daftar Gofood untuk restoranmu tidaklah sulit, bahkan dengan ini usaha Anda bisa semakin dikenal banyak orang.

Namun masih orang yang bertanya bagaimana cara daftar Gofood. Meskipun caranya tidaklah sulit, masih banyak orang yang bertanya-tanya. Nah pada kesempatan kali ini kami akan membagikan beberapa langkah mendaftar Gofood. Berikut langkah-langkahnya:

Cara Daftar Gofood untuk Restoran via Go-Biz

Untuk menjadi partner Gofood, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan pendaftaran lewat aplikasi Go-Biz. Go-Biz ini adalah aplikasi eksklusif untuk partner Gofood yang bisa memfasilitasi administrasi dan manajemen dari restoran Anda.

Aplikasi ini akan membantu Anda dalam mengembangkan bisnis Anda lewat alat analisis dan pemasaran yang ada. Ada banyak fitur mulai dari menu (nama, harga, kategori, dan ketersediaan), memonitor transaksi, dan mengatur jam operasional.

Selain itu Go-Biz ini juga dilengkapi dengan QR-Code yang memungkinkan konsumen untuk melakukan transaksi pembayaran lewat Gopay. Adapun cara pendaftaran restoran ke Gofood lewat Go-Biz adalah sebagai berikut:

  1. Langkah pertama silahkan download aplikasi Go-Biz di Play Store.
  2. Selanjutnya pilih Daftar Gofood.
  3. Pilih Daftar Sekarang.
  4. Kemudian tentukan jenis pendaftaran yang Anda inginkan sesuai kebutuhan.
  5. JIka Anda ingin membuka restoran pribadi yang baru, maka silahkan pilih kota tempat dimana restoran Anda berada. Jika sudah silahkan klik Lanjut.
  6. Kemudian masukkan nama pemilik usaha di kolom Nama pengguna.
  7. Masukkan email dan nomor HP Anda untuk didaftarkan ke Gojek. Kemudian tekan Buat Akun.
  8. Anda akan menerima kode OTP di nomor HP yang Anda daftarkan tadi, silahkan masukkan kode tersebut dan tekan Konfirmasi.
  9. Masukkan nama restoran Anda, kemudian klik Lanjut.
  10. Selanjutnya isikan informasi tentang restoran Anda, masukkan informasi restoran Anda secara lengkap.
  11. Atur juga lokasi atau titik lokasi restoran Anda dengan klik tombol Set Lokasi supaya posisi lebih akurat. 
  12. Jika sudah benar, silahkan klik Konfirmasi dan Simpan untuk melanjutkan.
  13. Selanjutnya masukkan nomor telepon pemilik usaha, Upload foto KTP Anda.
  14. Jangan lupa masukkan juga nomor dan nama yang ada di KTP di kolom yang sudah disediakan.
  15. JIka Anda mempunyai NPWP, maka klik tanda centang yang ada kemudian upload foto NPWP Anda.
  16. Masukkan nomor NPWP dan nama yang tercantum di NPWP di kolom yang sudah disediakan, jika sudah klik Simpan.
  17. Selanjutnya pilih informasi rekening bank. Silahkan tekan tombol panah di kolom Nama bank dan pilih bank yang Anda pakai.
  18. Masukkan nomor rekening bank Anda, masukkan juga nama pemilik rekening sesuai dengan yang ada di buku tabungan Anda. Jika sudah klik Verifikasi.
  19. Apabila pemilik rekeningnya buka pemilik restoran, maka masukkan nama pemilik sesuai dengan KTP dan nama pemegang rekening bank di kolom yang ada.
  20. Jika sudah tekan tombol centang kemudian upload surat kuasa Anda. Terakhir tekan Simpan.

Cara Daftar Gofood untuk Restoran, Pemilik Rekening Berbeda dengan Pemilik Restoran

Bagaimana jika pemilik rekening berbeda dengan pemilik restoran yang didaftarkan? Berikut adalah caranya:

  1. Pilih informasi pajak dan lainnya (pilihan ini opsional, jika Anda ingin menyertakan info pajak ini, Anda harus mempunyai NPWP dan menguploadnya).
  2. Kemudian masukkan info tarif pajak PBI Anda (Silahkan pilih tidak atau 10%).
  3. Masukkan juga info tarif pelayanan Anda (Isikan maksimal 10%).
  4. Jika sudah silahkan tekan Simpan, jika semua data sudah diisi silahkan klik Lanjut.
  5. Silahkan Anda baca Syarat & Ketentuan yang ada, jika sudah setuju dengan semua syarat dan ketentuan silahkan klik kedua centang yang ada. 
  6. Terakhir, klik Kirim Data Usaha.

JIka Pendaftaran Ditolak

Setelah Anda menerapkan cara daftar Gofood untuk restoran mu di atas, data Anda akan diproses dalam jangka waktu yang sudah tertera. Jika ada data dari usaha Anda yang tidak sesuai, maka kemungkinan pengajuan mitra Gofood Anda akan ditolak.

Silahkan Anda perbaiki sesuai dengan panduan yang ada di kolom merah, kemudian tekan Lanjut. Silahkan Anda perbaiki data Anda dan data akan kembali diproses, silahkan tunggu sampai Anda mendapat informasi lebih lanjut.

JIka Pendaftaran Diterima

Apabila pendaftaran Anda berhasil dan diterima, maka langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah:

  1. Tekan tombol tambah yang ada di Jam Operasional kemudian atur jadwal operasional atau jam buka restoran Anda sesuai hari.
  2. Kemudian tekan tombol Tambah di Menu Restoran, silahkan buat minimal satu kategori dengan minimal 1 menu aktif yang Anda jual.
  3. Selanjutnya tekan tombol Tambah di Profil Restoran, silahkan upload foto banner restoran dan pilih maksimal 3 jenis makanan yang sesuai dengan restoran Anda.
  4. Terakhir silahkan klik Aktifkan Sekarang.

Sistem Bagi Hasil Gofood

Ketika bergabung dengan mitra Gofood tentu setiap pemilik bisnis akan bertanya baik itu untuk pemilik bisnis kecil maupun besar. Berapa uang yang harus kita keluarkan untuk mendaftar Gofood?

Nah disini Anda tidak perlu khawatir karena Gofood menerapkan perhitungan komisis atau bagi hasil dengan harga yang cukup terjangkau, yaitu hanya 20% dari harga setiap menu yang Anda jual. Jadi jika Anda menjual menu A dengan harga Rp20.000, maka pemilik restoran harus membayar 20%-nya yaitu Rp4.000.

Biasanya pemilik restoran akan menaikkan harga jual dari makannya sekitar 20% sampai dengan 30% untuk menghindari kerugian. Jadi misalkan menu A yang tadinya dijual dengan harga Rp20.000 akan dinaikkan harganya menjadi Rp25.000. 

Nah dengan cara ini potongan atau komisi dari Gofood yang sebesar Rp4.000 bisa diatasi dan malah pemilik restoran bisa mendapat untung yang lebih. Sistem bagi hasil ini sudah ada di aplikasi Go-Biz jadi Anda tidak perlu khawatir dan bingung.

Kelola Restoran Lebih Maksimal

Dengan adanya Gofood dan bergabung menjadi mitra Gojek ini Anda bisa mengelola restoran Anda menjadi lebih baik dan lebih maksimal. Anda harus pastikan setiap menu yang Anda jual di Gofood diperhatikan dengan benar, baik itu dari segi kebersihan, kematangan, dan penataannya.

Selain itu Anda juga harus terus berinovasi dengan cara menambahkan menu yang baru dan unik secara berkala. Hal ini membuat para konsumen betah membeli di restoran Anda, selain itu jika Anda memiliki menu yang unik, restoran Anda akan lebih mudah diingat.

Nah itulah tutorial cara daftar Gofood untuk restoran mu. Semoga tutorial yang kami bagikan di atas bermanfaat dan bisa membantu Anda mendaftarkan restoran ke Gofood untuk meningkatkan penjualan.

Baca Juga : Cara Daftar Grabfood 2021.

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *