Cara Daftar Paypal Untuk Transaksi Keuangan Global

PayPal: Pengertian, Fungsi, Cara Daftar, Manfaat, Kelebihan dan Kekurangan, Cara Daftar PayPal

Cara Daftar Paypal Untuk Transaksi Keuangan Global – Teknologi  memudahkan setiap orang untuk melakukan transaksi perbankan, baik untuk personal maupun sektor bisnis. Ditambah lagi dengan adanya transaksi global yang yang juga membutuhkan proses tersebut. Oleh karenanya banyak yang mencari cara daftar Paypal agar dapat melakukan transaksi keuangan ke luar negeri.

Terlebih lagi transaksi keuangan yang dimaksud bukan hanya  dilihat sebagai salah satu proses pengiriman dan penerimaan saja, tetapi melibatkan jumlah dana yang signifikan. Seringnya berhubungan dengan kegiatan bisnis atau pembelian barang dan jasa baik pribadi maupun korporat.

Apa yang Dimaksud Dengan Paypal?

Banyak yang mengenal Paypal sebagai salah satu aplikasi pengiriman uang ke berbagai platform keuangan di luar negeri.  Antara lain adalah transaksi perbankan, e-commerce luar negeri. Sehingga platform ini dikenal juga sebagai salah satu sistem pembayaran digital yang paling diandalkan.

Dengan kemudahan yang ditawarkan oleh sistem yang dibangun oleh Paypal, maka  dapat digunakan untuk menggantikan metode transaksi keuangan konvensional.  Antara lain adalah pengiriman dana melalui cek serta transfer uang menggunakan produk perbankan.

Selain itu pula banyak yang menjadikan Paypal suatu rekening online untuk melakukan berbagai transaksi produk dari e-commerce luar negeri. Belakangan ini pun dimanfaatkan untuk menerima sejumlah dana dari yang memiliki akun people,  kartu kredit ataupun rekening bank lokal dalam dan luar negeri.

Pelayanan Transaksi Keuangan

Paypal sebagai salah satu sistem digital juga memberikan keuntungan lain yang bisa dinikmati oleh para pemilik akun personal pada platform tersebut.  Jenis layanan nya adalah sebagai berikut:

  • Transaksi pengiriman uang dari bank lokal ke akun PayPal secara pribadi ataupun bisnis
  • Transfer uang dari akun PayPal pribadi ke akun Paypal yang dimiliki oleh personil berbeda di berbagai negara
  • Tersedianya layanan transaksi transfer keuangan dari akun pribadi ke rekening bank lokal pribadi
  • Dengan memiliki akun pribadi di Paypal maka anda dapat melakukan transaksi pembelian di mana tokonya berada di luar negeri

Cara Daftar Paypal

Tersedia dua jenis cara daftar Paypal yang dapat Anda lakukan agar bisa memiliki akun pada platform tersebut,  yaitu untuk kepentingan pribadi serta bisnis.  Keduanya tentu saja memiliki kelebihannya sendiri sesuai dengan penggunaannya.

Cara Daftar PayPal Untuk Akun Pribadi Dengan Kartu Kredit

Cara daftar Paypal yang pertama adalah untuk akun pribadi. Terdapat beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi jika ingin membuka akun tersebut. Ketentuannya adalah sebagai berikut:

  • Personil yang mengajukan harus berumur minimal 18 tahun
  • Memiliki tanda pengenal yang sesuai dengan negara yang mengeluarkan
  • Memiliki nomor rekening bank sesuai dengan nama yang tertera pada akun PayPal tersebut
  • Memiliki kartu kredit yang dikeluarkan oleh bank lokal atas nama sendiri

Oleh karena itu, sebelum mengajukan permohonan untuk memiliki akun di Paypal maka sebaiknya pastikanlah seluruh persyaratan tersebut dipenuhi.  Jika tidak, maka mau tidak mau harus menunggu sampai cukup umur dan memiliki kartu kredit yang dikeluarkan oleh bank lokal.

Ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk melakukan pengajuan pembuatan akun PayPal pribadi:

  1. Kunjungi website resmi Paypal menggunakan browser
  2. Setelah itu Pilihlah jenis akun PayPal yang akan Anda buat. Pilih “Pribadi”
  3. Klik “Daftar”
  4. Selanjutnya Anda akan diminta untuk mengisi seluruh data pribadi sesuai dengan data kependudukan yang dimiliki.  Tulislah dengan lengkap tanpa adanya kesalahan apapun untuk menghindari proses transfer keuangan yang tertahan di kemudian hari.
  5. Lanjutkan dengan mengklik pilihan “Setuju dan Buat Rekening”.
  6. Selanjutnya Anda akan menerima kode verifikasi yang akan dikirimkan melalui email
  7. Lalu lakukanlah konfirmasi ulang dengan cara mengetikkan kode verifikasi tersebut
  8.  Pilihlah  “Lanjutkan”
  9. Pada halaman selanjutnya Pilihlah opsi “Masuk ke Rekening Saya”
  10. Jika prosesnya berhasil, maka selanjutnya Anda akan berada pada halaman untuk masuk ke dalam akun PayPal pribadi.
  11. Konfirmasikan alamat email yang terdaftar
  12. Selanjutnya Anda dapat langsung mengakses akun PayPal tersebut dengan cara login.  Tahapannya adalah dengan memasukkan alamat email serta password yang tadi telah didaftarkan terlebih dahulu
  13. Setelah Anda memasuki Akun tersebut maka akan diminta untuk menjawab pertanyaan keamanan. Setelah terjawab lalu tekanlah pilihan “Kirimkan”
  14. Setelahnya akan mendapatkan konfirmasi bahwa akun PayPal pribadi  diinginkan

Akun pribadi ini dapat Anda gunakan untuk melakukan seluruh proses transaksi keuangan mulai dari transfer uang ke berbagai negara menggunakan akun PayPal. Juga berbelanja secara online menggunakan pembayaran luar negeri atau kartu kredit. Anda juga dapat menerima sejumlah dana yang dikirimkan oleh akun PayPal lainnya.

Cara Daftar PayPal Untuk Akun Pribadi Tanpa Kartu Kredit

Anda juga dapat melakukan cara daftar Paypal untuk akun pribadi tanpa perlu memiliki kartu kredit. Kendati demikian persyaratan lain harus dipenuhi seperti memiliki KTP,  nomor rekening bank lokal atas nama sendiri serta sudah berumur minimal 18 tahun. Ikutilah langkah berikut di bawah ini untuk mendaftar PayPal tanpa perlu CC.

  1. Kunjungilah situs Paypal
  2. Setelah masuk ke halaman utama  Anda dapat memilih jenis akun PayPal yang akan di buat. Pilih “Pribadi”
  3. Tekan opsi “Daftar”
  4. Pada halaman selanjutnya Anda wajib mengisi semua data pribadi sesuai dengan  informasi yang tertera pada dokumen resmi kependudukan yang dimiliki.  Ketikanlah sedetail mungkin. Hindarilah kesalahan penulisan yang tidak perlu.
  5. Jika sudah selesai, tekanlah  pilihan “Setuju dan Buat Rekening”.
  6. Selanjutnya Anda akan diminta untuk melakukan proses verifikasi dengan menggunakan kartu kredit.  Namun, di halaman tersebut tersedia pilihan untuk tidak melakukannya pada saat itu sehingga cukup menekan tombol “Saya akan melakukannya nanti:
  7. Sistem PayPal akan mengirimkan kode verifikasi yang Anda butuhkan untuk melanjutkan ke proses berikutnya.
  8. Lakukanlah konfirmasi ulang dengan cara mengetikkan kode verifikasi yang tadi dikirimkan oleh sistem PayPal
  9. Tekanlah opsi “Lanjutkan”
  10. Selanjutnya Pilihlah “Masuk ke Rekening Saya”
  11. Jika prosesnya pembuatan akun Anda berhasil, maka selanjutnya akan berada pada halaman  untuk login ke dalam akun PayPal pribadi.
  12. Anda perlu melakukan konfirmasikan alamat email yang yang tadi sudah didaftarkan pada proses awal
  13. Selanjutnya Jika Anda ingin masuk ke dalam akun PayPal pribadi tersebut lakukanlah dengan cara login terlebih dahulu. Caranya adalah dengan mengetikkan alamat email serta password yang telah dibuat pada proses pendaftaran awal.
  14. Sistem akun pada Paypal akan mengamankan akun pribadi dengan cara meminta anda untuk menjawab pertanyaan sehubungan dengan keamanan. Jika sudah terjawab lalu pilihlah “Kirimkan”

Setelah selesai maka akun pribadi, Anda dapat langsung digunakan untuk berbagai transaksi keuangan termasuk membeli barang pada e-commerce luar negeri.  Selalu perhatikanlah bahwa pembelian ini umumnya ukuran mata uang Dolar dan perlu ada perubahan kurs.

Cara Daftar PayPal Untuk Akun Bisnis

Cara daftar PayPal yang kedua adalah khusus untuk pelaku bisnis yang memiliki lebih dari 200 karyawan. Sehingga berpotensi menerima dan mengeluarkan dana dalam jumlah yang cukup besar. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Kunjungilah website Paypal menggunakan browser Anda
  2. Pada halaman muka pilihlah menu “Daftar”
  3. Selanjutnya Anda dapat memilih  “Rekening Bisnis”
  4. Tekanlah “Next”
  5. Anda kini akan memilih “Status Rekening”.
  6. Lanjutkan dengan memasukan nomor telepon genggam yang masih aktif pada halaman pendaftaran tersebut
  7. Anda akan mendapati kolom tentang berbagai macam informasi yang diperlukan untuk membuat rekening bisnis. Sesuai dengan ketentuan tanpa ada kesalahan apapun sesuai dengan dokumen yang sah.
  8. Setelah selesai dan yakin bahwa semua informasinya benar, lanjutkan dengan menekan “Buat Rekening”
  9. Selanjutnya sistem akan mengirimkan anda Alamat verifikasi yang menggunakan email atau nomor telepon genggam yang sudah terdaftar kan tadi
  10.  Lanjutkan dengan proses verifikasi untuk membuat akun PayPal tersebut
  11. Setelah selesai maka akun PayPal bisnis Anda telah berhasil dibuat langsung dapat digunakan untuk berbagai transaksi keuangan perusahaan

Cara Memanfaatkan Akun PayPal Untuk Transaksi Keuangan

Selanjutnya yang anda perlukan adalah login terlebih dahulu Jika ingin menggunakan akun PayPal pribadi tersebut untuk kepentingan transaksi keuangan.  Jika sudah maka Ikutilah langkah ah yang ada pada platform tersebut dan klik pembayaran.

Anda pun dapat melakukan transaksi pembelanjaan online dengan marketplace luar negeri. Juga menerima uang dari rekening luar negeri menggunakan akun PayPal tersebut serta mengirimkan.  Setelah yang dimaksud masuk ke dalam akun pribadi maka langkah selanjutnya adalah menarik ke rekening bank lokal.

Menggunakan PayPal Untuk Berbelanja Online pada E-Commerce Luar Negeri

Ikuti langkah-langkah dibawah ini agar dapat melakukan proses pembayaran menggunakan  akun PayPal untuk pembelanjaan pada e commerce luar negeri. Caranya mudah.

  1. Langkah pertama adalah masuk ke dalam situs e-commerce luar negeri yang ada masukan antara lain Amazon atau eBay
  2. Kalau setelah memutuskan untuk membeli barang yang diinginkan segera masukkan ke dalam keranjang dan melakukan proses check out
  3. Pada halaman untuk melakukan pembayaran pilihlah metode menggunakan metode “Pay With Paypal”
  4. Setelah itu Anda perlu masuk ke akun PayPal pribadi dan melakukan konfirmasi bahwa akan terjadi transaksi keuangan pada e-commerce tersebut
  5. Lakukan proses konfirmasi menggunakan email yang diberikan oleh sistem PayPal
  6. Selanjutnya dana Anda akan terdapat langsung oleh sistem tersebut
  7. Proses Pembayaran Selesai

Jika dana yang Anda gunakan adalah uang yang tersimpan dalam akun PayPal, maka lakukanlah pengecekan apakah sudah terdebet atau belum. Jika ternyata memanfaatkan kartu kredit yang berhubungan dengan Paypal pribadi, maka selanjutnya kontak customer service CC Anda untuk memastikan proses tersebut.

Cara Menggunakan Akun PayPal Untuk Melakukan Transfer Dana

Anda pun dapat melakukan transfer dana ke rekening tanpa menggunakan akun PayPal pribadi.  Ikutilah langkah-langkah berikut ini ini agar prosesnya berjalan dengan lancar.

  1. Masuklah ke dalam akun pribadimu melalui halaman resminya
  2. Setelah itu pilihlah opsi “Transfer Money “
  3. Lanjutkan dengan mengisi nominal dana yang akan Anda transfer menggunakan akun PayPal tersebut
  4. Selanjutnya Anda dapat mengisi tujuan akun PayPal atau nomor rekening yang akan ditransfer sejumlah dana tersebut
  5.  Setelah yakin semuanya terisi dengan cepat maka Pilihlah “Send”

Cara Menggunakan Akun PayPal Untuk Melakukan Pencairan Dana

Jika Anda memiliki sejumlah dana pada akun PayPal pribadi, maka dapat melakukan proses pencairannya agar digunakan untuk melakukan transaksi keuangan secara lokal.  Artinya Anda perlu mengirimkan uang tersebut ke rekening bank lokal atas nama sendiri.  Ikutilah langkah-langkah berikut ini untuk melakukan prosesnya.

  1. Login lah ke dalam akun PayPal milik Anda sendiri menggunakan browser
  2. Lanjutkan dengan mengklik tarik dana “Tarik Dana”
  3. Selanjutnya Anda akan melihat rincian penarikan dana.  Isilah dengan nominal dana yang akan dicairkan
  4. Lalu Isilah nomor rekening tujuan pencairan dana tersebut
  5. Lalu klik “Lanjutkan”
  6. Sistem pada PayPal kemudian akan memberikan notifikasi apakah seluruh data yang dimasukkan sudah benar atau belum. Jika sudah yakin benar maka lanjutkan dengan mengklik “transfer”
  7. Tunggulah beberapa saat sampai proses penarikan tersebut selesai.

Setelah 2 sampai 3 hari kerja,  Anda dapat memeriksa apakah uangnya sudah masuk ke dalam rekening bank atau belum. Jika sudah, maka dana tersebut dapat digunakan untuk berbagai transaksi keuangan lokal

Melakukan Aktivasi Akun PayPal

Setelah Anda memiliki akun PayPal, maka selanjutnya harus melakukan proses aktivasi agar akun tersebut dapat mengirimkan uang serta menerima sejumlah dana dari akun lain.  Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Kunjungilah situs PayPal menggunakan browser yang ada di laptop ataupun handphone
  2. Lalu masuklah ke dalam akun PayPal Anda dengan mengklik login
  3. Setelah Anda masuk ke dalam akun pribadi, maka selanjutnya akan melihat halaman ringkasan atau “Summary”
  4. Lalu pilihlah halaman “wallet” atau dompet yang ada pada bagian atas
  5. Proses selanjutnya adalah memilih “Link a debit or credits card” untuk melakukan tautan kartu yang Anda inginkan. Pada tahapan ini  dibutuhkan kartu debit atau kartu kredit yang berisikan saldo paling rendah sekitar 1,9 USD agar dapat melakukan aktivasi akun.
  6. Sistem PayPal maka akan otomatis menarik saldo kartu debit. Atau jika Anda mentautkannnya ke kartu kredit maka akan terjadi transaksi  sebesar dana yang ditentukan tadi.
  7. Selanjutnya sistem akan meminta berbagai informasi mengenai kartu yang akan Anda tautkan mulai dari nomor, tipe kartu, serta angka CCV  yang ada pada stripe belakang kartu
  8. Setelah seluruh informasi berupa angka tersebut Anda masukan dan yakin dengan ketepatannya, maka lanjutkan dengan mengklik Link ”Link Card”

Sistem Paypal membutuhkan waktu minimal tiga hari untuk melakukan proses verifikasi baru setelahnya akun PayPal Anda siap digunakan untuk berbagai transaksi

Kelebihan dan kekurangan PayPal

Sebagai salah satu payment gateway, PayPal memiliki kelebihan yang dapat di manfaatkan untuk mendukung berbagai transaksi keuangan yang melibatkan pengiriman dan penerimaan dana dari dalam dan luar negeri. Kendati demikian ,bukan berarti  platform ini tidak memiliki kekurangan yang harus disikapi.

Kelebihan dan Keunggulan PayPal

Dengan banyaknya pengguna dari dalam negeri maka bisa diketahui bahwa Paypal memiliki keunggulan yang berbeda dibandingkan dengan payment gateway lainnya.  Kelebihan dan keunggulan Paypal tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Sistem Paypal menjamin bahwa tersedianya keamanan tingkat tinggi mengenai seluruh data dan informasi pribadi setiap akun yang ada pada platform tersebut
  2. Biaya administrasi yang dikenakan  PayPal dianggap lebih murah dibandingkan dengan payment gateway lainnya.
  3. Waktu yang dibutuhkan untuk melakukan proses transfer ke sesama akun PayPal atau rekening bank beda negara di seluruh dunia, hanya membutuhkan waktu yang singkat saja yaitu berkisar 1 kali 24 jam
  4.  Anda dapat menggunakan akun PayPal untuk berbelanja di toko online melalui berbagai e commerce yang ada di seluruh dunia
  5. PayPal sering menawarkan berbagai promo yang menarik untuk pembelanjaan yang Anda lakukan
  6. Dapat melakukan proses transfer dana dari akun PayPal ke rekening non Paypal
  7. Platform ini mudah diakses menggunakan berbagai macam perangkat seperti telepon genggam ataupun laptop
  8. Memilih tampilan yang user friendly

Kekurangan Penggunaan PayPal

Selain mempunyai benefit, PayPal juga memiliki kekurangan yang harus disikapi oleh para penggunanya. Adapun kekurangannya penggunaannya adalah sebagai berikut:

  1. Anda pun dapat melakukan transfer dana dari akun PayPal ke rekening non Paypal. Namun akan dikenakan biaya administrasi sebanyak 3% dari total nominal dana tersebut. Ditambah US$ 0,3
  2. PayPal tidak memiliki kantor perwakilan di Indonesia. Sehingga jika mengalami kendala akan sulit melakukan komplain
  3. Oleh karena cakupan transaksi yang dapat dilakukan menggunakan akun PayPal sangat luas maka banyak orang yang mencoba untuk melakukan penipuan menggunakan platform ini. Sehingga diperlukan kehati-hatian yang besar jika mulai terindikasi hal tersebut.

Jika membutuhkan payment gateway terbaik, maka cara daftar PayPal ini dapat Anda langsung lakukan. Tujuannya adalah agar proses transaksi keuangan dari dalam dan luar negeri berjalan dengan sesuai harapan.  Sebab jika melihat dari waktu yang diperlukan untuk aktivasi selama 3 hari maka proses tersebut akan tertunda.

Baca Juga: 7 Cara Daftar Kartu Prakerja 100 % Diterima Terbaru 2022

Jika dirasa penting, maka melakukan cara daftar PayPal jauh-jauh hari adalah pilihan yang terbaik. Agar tiba saatnya memerlukan akun ini, akan langsung dapat dieksekusi dengan mudah. Pastikan Anda memiliki kartu tanda pengenal yang sah sehingga ketika melakukan proses verifikasi semuanya berjalan dengan lancar.

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: yasin badarudin