7 Cara Daftar Kartu Prakerja 100 % Diterima Terbaru 2022

Cara Daftar Kartu Pra kerja Dengan Gampang Terbaru 2022 – Pemerintah Indonesia kini berusaha meningkatkan pelayanan terhadap masyarakatnya. Salah satunya adalah masalah pengangguran dan juga kemiskinan. Untuk masalah pengangguran ini, kini ada cara daftar kartu Prakerja. Yang mana pada program tersebut pemerintah berusaha untuk memberikan skill tambahan terhadap para pencari kerja agar bisa mandiri berwirausaha.

Untuk program ini sendiri sudah dilaksanakan beberapa gelombang mulai tahun 2020. Karena antusiasme masyarakat yang tinggi menyebabkan tidak semua dapat terjaring dalam program tersebut. Oleh karena diadakan gelombang-gelombang berikutnya untuk menyetarakan dengan kebutuhan pengangguran di Indonesia.

Apa Itu Kartu Prakerja?

Pasti mengenai Kartu Prakerja ini sudah sering kali kita dengar. Nah sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan Kartu Prakerja ini? Jadi yang dimaksud dengan Kartu Prakerja ini adalah progam dari pemerintah yang bergerak pada pengembangan kompetensi kerja dan juga kewirausahaan.

Bentuk dari program ini berupa bantuan biaya bagi para pencari kerja. Baik hal tersebut adalah pekerja yang terkena PHK atau pekerja yang memang benar membutuhkan peningkatan terhadap kompetensinya.

Di sini untuk para pelaku usaha mikro atau pelaku usaha kecil juga dapat mendaftar program Kartu Prakerja ini.

Cara Daftar Kartu Prakerja

Meski program ini bukanlah hal yang baru, masih ada masyarakat yang belum paham tentang Kartu Prakerja ini. Padahal banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan ikut program yang diselenggarakan oleh pemerintah ini. Lantas bagaimana cara daftar kartu Prakerja ini? Penjelasannya berikut ini.

Sebelum mendaftar cara daftar Kartu Prakerja ini, Anda harus memiliki akun terlebih dahulu. Yang mana dengan akun tersebut untuk masuk pada web prakerja. Cara membuat akun Kartu Prakerja adalah seperti berikut.

  1. Harus memiliki email yang aktif. Bagi Anda yang belum memiliki email, tinggal buat g.mail di Google.
  2. Masuk pada akun Kartu Prakerja di prakerja.go.id
  3. Masukkan nama lengkap pada kolom yang tersedia, sertakan juga email beserta kata sandi untuk membuka akun.
  4. Pilih menu “Daftar” untuk melanjutkan proses pembuatan akun.
  5. Verifikasi data dengan melihat inbox yang dikirimkan ke email. Lakukan verifikasi tersebut untuk melanjutkan proses pembuatan akun.
  6. Finish, pembuatan akun Kartu Prakerja sudah berhasil dan siap digunakan untuk login.

Langkah berikutnya adalah mendaftarkan diri pada program kartu prakerja. Cara daftar kartu Pra Kerja jika sudah memiliki akun Kartu Prakerja adalah sebagai berikut.

  1. Cara daftar kartu Prakerja yang pertama adalah Login pada website Kartu Prakerja. Log in menggunakan akun yang sebelumnya sudah dibuat dengan mengikuti langkah di atas tadi.
  2. Jika sudah berhasil melakukan pendaftaran dan masuk ke webnya, cara daftar kartu Prakerja beralih ke menu “Dashboard”.
  3. Isilah data verifikasi Kartu Tanda Penduduk, dengan memasukkan nama dan juga nomor NIK.
  4. Cara daftar kartu Pra Kerja selanjutnya proses pendaftaran Kartu Pra Kerja dengan mengklik bagian “Berikutnya”.
  5. Mulai lengkapi kolom-kolom yang berkaitan dengan data diri. Unggah foto KTP Anda, lalu lanjutkan dengan selfie (swafoto) wajah Anda dengan memegang KTP tersebut.
  6. Berikutnya adalah melakukan verifikasi nomor telepon.
  7. Cara daftar kartu PraKerja selanjutkan proses tersebut dengan mengklik “Kirim”.
  8. Teliti lagi dan pastikan verifikasi KTP, pengisian data diri dan juga verifikasi nomor telepon sudah benar. Jika sudah baru lanjutkan proses dengan mengisi “Isi Deklarasi Survey”.
  9. Selanjutnya Anda harus mengikuti tes yang diadakan.
  10. Baru kemudian jika tes sudah selesai dilakukan, naru kemudian mengikuti lagi selesai “Batch”.
  11. Untuk seleksi “Batch” ini, Anda bisa memilih “Batch” yang sesuai dengan keinginan dan sesuai dengan domisili tempat tinggal. Cara daftar kartu Prakerja finish, pendaftaran program Kartu Prakerja telah selesai. Nantinya pendaftaran tersebut akan dievaluasi, tinggal tunggu apakah Anda lolos atau tidak.

Syarat Terbaru Mendaftar Kartu Prakerja

Beberapa hal terkait pendaftaran Kartu Prakerja ini, ada beberapa kondisi yang mana seseorang tidak bisa mendaftar program pemerintah ini. Adapun syarat terbaru mendaftar Kartu Pra Kerja adalah seperti berikut.

  1. Harus seorang WNI yang usianya lebih dari 17 tahun atau 18 tahun lebih.
  2. Yang bersangkutan tidak atau sedang menempuh pendidikan dalam bentuk formal.
  3. Yang bersangkutan benar-benar merupakan orang yang sedang mencari kerja. Bisa juga bahwa pekerja tersebut sedang terkena PHK. Jika tidak terkena PHK, pekerja tersebut juga bisa mendaftar.

Alasannya adalah orang tersebut membutuhkan peningkatan dari kompetensi yang dimiliki untuk mengembangkan kompetensinya. Pengusaha mikro maupun pengusaha kecil bisa ikut mendaftar, karena termasuk dalam pekerja yang tidak menerima upah.

  1. Orang tersebut bukanlah orang yang menerima bantuan. Bantuan yang dimaksud disini adalah bantuan sosial, misalnya bantuan COVID, PKH ataupun bantuan sosial lainnya.
  2. Orang tersebut bukanlah seorang ASN, anggota dewan, pejabat negara, kepala desa ataupun perangkat lainnya. Orang tersebut juga bukan merupakan anggota TNI, POLRI, Pengawas BUMN maupun BUMD, Direksi, Komisaris ataupun jabatan lainnya.
  3. Dalam 1 KK yang menjadi penerima Kartu Pra Kerja maksimal 2 orang saja.

Baca Juga : 3 Strategi Ampuh Lulus Program Prakerja

7 Langkah Mudah Mendapatkan Pekerjaan Dengan Kartu Prakerja

Sudah banyak orang yang membuktikan bahwasanya dengan mendaftar Kartu Prakerja ini membantu dalam hal menciptakan lapangan pekerjaan. Bukan itu saja, program ini juga pas untuk meningkatkan kemampuan kompetensinya.

Jadi orang pun tidak melulu menjadi orang yang mencari pekerjaan, namun bisa juga menciptakan pekerjaan untuk dirinya sendiri. Lambat laun mungkin malah bisa menciptakan pekerjaan juga untuk orang lain.

Segera ikuti 7 langkah di bawah ini agar bisa sukses bersama Kartu Prakerja.

1. Segera Lakukan Pendaftaran

Daftarkan segera data diri Anda. Siapakan dokumen pendukung baik KTP, NIK, nomor Kartu Keluarga, nomor handphone dan juga email yang masih aktif.

2. Ikuti Seleksinya

Jika sudah berhasil melakukan pendaftaran, bersiaplah untuk mengikuti seleksinya. Ikuti tes motivasi dan juga kemampuan dasar agar bisa ikut seleksi gelombang. Kemudian tunggu hasil dan juga pengumumannya.

3. Pilihan Pelatihan Yang Tepat

Anda bisa memilih pilihan pelatihan yang tepat di platform “Mitra Platform Digital”, bayarnya bisa dengan Kartu Prakerja loh.

4. Ikuti Pelatihannya

Ikuti pelatihan sampai selesai untuk mendapatkan sertifikatnya. Sebab sertifikat tersebut bisa menjadi modal dalam mencari pekerjaan. Bisa juga digunakan untuk membuat pekerjaan yang baru.

Dengan sertifikat keahlian tersebut, Anda bisa menggunakannya untuk mendaftar pekerjaan di platform Mitra Prakerja ataupun tempat kerja yang lainnya.

5. Berikan Ulasan

Setelahnya Anda wajib memberikan rating dan juga ulasan terhadap pelatihan yang Anda ikuti sebelumnya. Ulasan ini juga menjadi tolak ukur bagi pemerintah, sejauh mana program ini bermanfaat. Dapat juga sebagai masukan untuk Kartu Pra Kerja menjadi program yang lebih baik lagi.

6. Insentif

Anda harus memiliki rekening bank atau e-wallet untuk mendapatkan insentif. Selama 4 bulan setelahnya Anda harus tetap menyelesaikan pelatihan yang sudah Anda pilih. Besarnya insentif yang dapat Anda terima adalah Rp 600.000 tiap bulannya.

7. Insentif Survey

Selain mendapatkan insentif dari mengikuti pelatihan, Anda juga akan mendapatkan insentif setiap mengisi survey yang akan diberikan. Untuk survey tersebut akan diberikan 3 kali. Yang mana setiap survey yang dijawab akan mendapatkan insentif sebesar Rp 50.000.

Bagaimana? Gampang bukan cara daftar kartu Prakerja. Jadi tunggu apalagi. Cepat bergabung dengan mendaftar menjadi bagian dari Kartu Prakerja. Kapan lagi bisa dapat pelatihan gratis, dapat sertifikat dan dapat insentif lagi. Jikapun gagal tidak perlu berkecil hati, Anda bisa mencoba untuk mendaftar gelombang berikutnya.

Baca Juga: 7 Langkah Cepat Cara Daftar GoFood Terbaru 2022

Jika anda gagal mendaftar di Prakerja maka coba lagi, jangan sampai pesimis. Rata-rata 2 kali gagal mendaftar dan yang ke 3 kali diterima.

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: yasin badarudin

Leave a Reply

Your email address will not be published.

4 × 4 =