Ingin Omset Naik? Ikuti 20 Cara Daftar Shopee Food!

Cara Daftar Shopee Food

Ingin Omset Naik? Ikuti Cara Daftar Shopee Food! – Gaya hidup masyarakat, terutama yang tinggal di perkotaan memang berubah drastis sejak adanya pandemi. Dipenuhi dengan kemunculan gejala instan serta cara yang mudah untuk memenuhi kebutuhan hidup, makan misalnya. Oleh karenanya banyak UMKM kuliner yang mencari cara daftar Shopee Food.

Kuliner merupakan bisnis yang amat jarang berhenti di tengah jalan sebelum berhasil. Salah satunya karena makanan merupakan kebutuhan dasar manusia. Ditambah lagi dengan dorongan untuk mendapatkannya tanpa susah payah dengan kata lain memasaknya terlebih dahulu.

Terlebih lagi pada saat pandemi di mana semua orang menginginkan masakan yang enak dan aman. Tentu hal tersebut merupakan aktivitas yang sangat mudah bagi pebisnis kuliner di tanah air. Oleh karena itu banyak yang berlomba-lomba mencari cara daftar Shopee Food.

Apa yang Dimaksud dengan  Shopee Food?

Siapa yang merupakan salah satu marketplace yang menyediakan berbagai macam barang kebutuhan masyarakat secara online. Berkantor pusat di Singapura bukan berarti tidak memiliki kemampuan untuk melayani kebutuhan masyarakat Indonesia. Salah satu caranya adalah dengan memberikan kesempatan membuka toko online.

Pada awalnya memang hanya berupa produk kebutuhan pada umumnya saja. Namun seiring dengan kebutuhan masyarakat marketplace berwarna orange ini kemudian menyediakan makanannya ready to eat. Kemudian berkembang dengan memberikan fasilitas Shopee Food.

Shopee food merupakan fitur terbaru yang dikembangkan oleh aplikasi Shopee. fitur ini menawarkan berbagai layanan pengantar makanan berdasarkan permintaan konsumen. Pada umumnya yang diminta adalah makanan siap saji sehingga membutuhkan pengantaran yang lebih cepat untuk menghindari basi.

Tentunya kemudahan ini akan sangat baik terutama bagi pengusaha kuliner yang bergerak dalam bidang makanan siap saji. Sekarang membutuhkan pengantaran yang secepat mungkin agar makanan dapat disajikan tetap dalam keadaan yang segar. Sebab jika menggunakan delivery konvensional akan membutuhkan waktu lebih lama.

Bagaimana Cara Daftar Shopee Food?

Shopee merupakan sebuah marketplace yang menjembatani antara penjual dengan pembelinya. Dalam hal ini suatu food merupakan sebuah layanan yang khusus untuk merchant atau usaha kuliner dengan driver delivery makanan tersebut. Sehingga cara daftar shopee food terbagi menjadi 2 yaitu tata cara bagi merchant dan driver.

Cara Daftar Shopee Food Untuk Merchant

Jika Anda adalah pengusaha kuliner maka harus memperhatikan cara daftar shopee Food untuk merchant. Sebab sebelum melakukannya pelaku usaha harus memenuhi beberapa persyaratan untuk dapat melakukan transaksi ini. Berikanlah usaha anda memenuhi semua ketentuannya.

1. Tipe Usaha yang Diperbolehkan

  • Pastikanlah bahwa usaha anda bertipe sesuai dengan ketentuan agar dapat langsung mendaftar pada Shopee Food. Adapun detailnya adalah sebagai berikut:
  • Usaha kuliner yang didaftarkan merupakan milik pribadi atau perseorangan dan belum pernah terdaftar kan pada Shopee Food atau Shopee pay.
  • Bila Anda memiliki usaha yang berbentuk badan hukum seperti PT CV dan yayasan maka termasuk dalam kelompok mitra usaha Shopeepay atau Shopee Food perusahaan.

2. Syarat Administrasi

Terdapat perbedaan syarat administrasi jika Anda mendaftarkan sebagai cara daftar shopee food merchant ataupun shopee food perusahaan.

Untuk Shoppe Food Merchant

Kartu tanda pengenal atau kitas pemilik perusahaan perseorangan

1. NPWPD

Foto depan buku tabungan yang ada nomor rekeningnya

Untuk Shoppe Food Perusahaan

Sementara jika anda berbadan hukum maka lengkapi lah berbagai macam persyaratan administrasinya seperti dibawah ini

  1. Kartu tanda pengenal berupa e-ktp atau kitas sebagai pemilik usaha tersebut.
  2. Nomor Pokok Wajib Pajak atau NPWP.
  3. Jika perusahaan kuliner berdiri di luar di Jakarta maka harus menyertakan surat keterangan domisili usaha.
  4. NPWPD.
  5. Foto buku tabungan pemilik usaha.

Syarat Cara Daftar Shopee Food Merchant

Selanjutnya Anda perlu mendaftarkan diri pada Shopee sebagai merchant. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Unduhlah aplikasi shopee partner yang ada pada Google Play Store.
  2. Lalu pilihlah sign up ataupun login melalui SMS.
  3. Maka selanjutnya adalah mendaftarkan nomor handphone yang masih aktif.
  4. Buatlah kode OTP sebagai salah satu cara untuk memverifikasi ketika membuat akun.
  5. Buatlah password untuk keamanan.
  6. Setelah berhasil masuk ke dalam aplikasi tersebut maka langkah selanjutnya adalah memilih jenis pendaftaran yang sesuai dengan usaha Anda.
  7. Pilihlah milik perorangan jika usaha kuliner anda bukan berbadan hukum.
  8. Selanjutnya Pilihlah tipe bisnis yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
  9. Proses selesai kirim lah formulir tersebut online.

Terdapat beberapa hal yang harus anda perhatikan ketika sudah membuat akun dan melakukan verifikasi. untuk shopee food segera lakukanlah input menu jam operasional serta harga yang ditawarkan untuk berbagai menu yang ada di list harga tersebut.

Yang harus diperhatikan lagi adalah bahwa usaha anda berada di wilayah pemasangan shopee food tandanya adalah ikon bisnis shopee food dapat tekan. Jika belum ada tanda shopee food pada wilayah Anda maka bisa dipastikan layanan itu belum sampai pada domisili pelaku usaha.

Syarat Cara Daftar Shopee Food Untuk Driver

Aplikasi Shopee food tentu tidak akan berjalan tanpa adanya driver yang akan mengantarkan sajian tersebut maka prosesnya dapat dilakukan. Oleh karena itu bagi Anda yang berminat untuk mengisi posisi driver superfood caranya adalah sebagai berikut:

  1. Siapkanlah tanda pengenal berupa KTP yang berstatus aktif.
  2. Usia calon driver pada saat pendaftaran di antara 17 sampai 65 tahun.
  3. Memiliki kewarganegaraan Indonesia.
  4. Mempunyai SIM C dengan masa aktif yang masih panjang.
  5. Usia motor mulai dari tahun 2013 dibuktikan dengan STNK-nya.
  6. Melampirkan surat keterangan kelakuan baik atau SKCK.
  7. Melampirkan buku tabungan dari bank Dengan ketentuan sebagai berikut:
  8. Bank yang digunakan adalah BNI, BRI, Mandiri ataupun BCA.
  9. Nama pada pemilik rekening harus sama dengan KTP yang digunakan untuk mendaftar sebagai driver shopee food.
  10. Memiliki nomor handphone yang masih aktif.
  11. Mempunyai alamat email yang masih aktif dan dapat dipergunakan sebagai bentuk komunikasi.

Mendaftar Sebagai Mitra Pengemudi

Langkah selanjutnya adalah mendaftar Mitra shopee food melalui formulir yang disediakan oleh shopee di bawah ini

  1. Klik formulir pendaftaran untuk menjadi driver Mitra Shoopee Food.
  2. Lanjutkan mengisi seluruh kolom tersebut dengan data diri Sesuai dengan informasi yang terdapat pada tanda pengenal resmi. antara lain adalah nama lengkap nomor handphone yang memiliki wa aktif, jenis kelamin email serta domisili pada saat melakukan pendaftaran.
  3. Selanjutnya Isilah tahun pembuatan kendaraan yang akan anda gunakan sebagai transportasi ketika menjadi driver shopee food.
  4. Lalu klik next pendaftaran selesai.
  5. Tunggulah notifikasi berikutnya yang akan dikirimkan oleh sistem pendaftaran melalui WhatsApp.

Biaya Seragam Jaket Mitra Shopee Food

Setelah itu memverifikasi kan seluruh informasi anda maka akan dibuatkan janji untuk datang ke kantor shopee terdekat sesuai dengan domisili. disitulah semua dokumen yang disyaratkan harus anda kumpulkan dalam satu tempat khusus. Jelaskan mengenai seragam yang akan digunakan dan harus dibeli sendiri.

Terdapat dua macam paket seragam jaket yang dapat Anda pilih untuk digunakan pada saat setelah pendaftaran berhasil. biaya antar daerah bisa jadi berbeda-beda sehingga perlu memperjelas lagi pada kantor cabang shopee food yang menerima pendaftaran Anda.

1. Paket Jaket 1

Pakai jaket 1 terdiri dari 1 buah jaket., 1 buah helm, 1 tas pengantaran, dan 1 buah masker.

Tersedia cicilan yang dapat Anda manfaatkan untuk memperingan pembayarannya silakan tanya pada manajemen kantor siap ikut tersebut

2. Paket Jaket 2

Dalam paket ini terdapat 2 jaket, 1 helm, 1 tas pengantaran, dan 1 buah masker

Tersedia skema cicilan untuk melakukan pelunasannya. Untuk lebih jelasnya kunjungi kantor manajemen yang menerima anda sebagai driver Microsoft seafood

Jika Anda telah melunasi seluruh pembayaran baik memanfaatkan paket 1 atau paket 2 maka atribut tersebut akan menjadi hak milik sepenuhnya Mitra driver shopee food. Oleh karena itu anda memiliki kewajiban untuk menjaga kebersihannya agar tidak cepat rusak sehingga tidak perlu membeli lagi di lain waktu.

Pada umumnya akun khusus Mitra driver shopee food akan menjadi aktif paling lama 3 hari kerja dari terhitung dari Anda mengambil atribut tersebut. Jika telah aktif tentu selanjutnya adalah anda akan dapat menggunakannya untuk mencari pendapatan.

Jika Anda adalah pebisnis bidang kuliner terutama UMKM, maka manfaatkanlah cara daftar Shopee Food. Selain untuk meraih pelanggan yang baru, ini adalah kesempatan untuk memperoleh laba yang lebih menjanjikan. Selain itu pula usaha Anda dapat berkembang jauh lebih baik dengan adanya konsep branding yang tepat.

Baca Juga: 11 Cara Transfer Dana ke Berbagai Bank dan Aplikasi

Diera digital ini yang masyarakatnya membutuhkan segala sesuatu dengan instan dan tidak butuh ribet, maka jangan sungkan untuk mencoba  fitur-fitur terbaru khusunya dari Shopee yang dapat menunjang penjualan produk makanan atau minuman anda. Karena semakin banyak produk yang terjual, maka semakin banyak pula cuan kita.

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: yasin badarudin

Leave a Reply

Your email address will not be published.

fifteen − 13 =