Cara Ganti Kartu 3G ke 4G Telkomsel Tanpa Ganti Nomor dengan Mudah

Cara Ganti Kartu 3G ke 4G Telkomsel

Cara Ganti Kartu 3G ke 4G Telkomsel Tanpa Ganti Nomor dengan Mudah – Kemajuan teknologi merubah tatanan digital sedikit demi sedikit menuju ke arah lebih maju. Sinyal internet digolongkan menjadi 2G, 3G, 4G, hingga 5G. Semakin besar angkanya semakin cepat pula koneksinya. Oleh karena itu, bagi orang-orang yang masih memakai sinyal 3G lebih baik segera di update ke 4G agar kecepatan koneksi makin lancar. Salah satu provider kartu yang dapat diganti sinyalnya yaitu Telkomsel. Simak langkah-langkah cara ganti kartu 3G ke 4G Telkomsel tanpa ganti nomor yang dijamin mudah dan anti ribet:

Tata Cara Ganti Sinyal dalam Beberapa Langkah Simpel

Selain menggunakan cara menukar langsung kartu 3G ke 4G melalui Grapari, pengguna juga bisa melakukan update sendiri tanpa harus kehilangan nomor. Biasanya, sangat disayangkan ketika kartu yang sudah lama dipakai harus berganti ditengah jalan karena koneksi. Untuk itu, kiat cara ganti kartu 3G ke 4G tanpa ganti nomor tentunya menjadi solusi bagi sebagian orang di luar sana. Berikut caranya:

1. Menghubungi Nomor Operator

Langkah awal yang bisa dilakukan ialah menelpon nomor operator Telkomsel, yakni *888*46# untuk menuju halaman menu. Nantinya akan muncul sebuah pop up yang berisi pelbagai opsi menu yang diberi penomoran. Diantara opsi tersebut, masukkan angka 1 pada kolom ketikan lalu tekan kirim. Selanjutnya, tinggal mengisi nomor kartu Telkomsel 4G yang bakal dipakai untuk mengaktifkan update.

2. Cara Ganti Kartu 3G ke 4G Telkomsel, Mengkonfirmasi Pilihan

Cara Ganti Kartu 3G ke 4G Telkomsel

Usai mengisi nomor kartu Telkomsel 4G, pengguna disuruh melakukan konfirmasi untuk lanjut atau tidak. Klik menu Ya jika sudah yakin nomor yang dimasukkan tidak terdapat kesalahan. Tunggu beberapa saat hingga masuk notifikasi SMS berupa kode PIN ke nomor lama Telkomsel yang masih 3G. Gunanya kode PIN tersebut yaitu memverifikasi data. Jangan tunjukkan pesan berisi kode tersebut ke orang lain selama update berlangsung.

3. Mengulang Menghubungi Nomor Operator

Cara Ganti Kartu 3G ke 4G Telkomsel

Karena sudah memiliki nomor Telkomsel 4G maka telepon operator *888*46# lagi. Sama seperti tadi akan muncul layar pop up yang berisi berbagai pilihan nomor menu. Ketik angka 2 dan lakukan konfirmasi terkait persyaratan yang meliputi kehilangan nomor serta kuota atau pulsa ketika dipakai mengupdate 4G. Tekan opsi Ya dan tunggu selama beberapa menit.

4. Cara Ganti Kartu 3G ke 4G Telkomsel, Memasukkan Token PIN

Jika layar perintah baru sudah muncul maka isi dengan nomor Telkomsel sebelumnya yang masih 3G. Kode PIN yang diperoleh dari SMS tadi diharapkan dimasukkan kembali dengan memperhatikan ukuran kecil besarnya huruf. Apabila sudah merasa yakin maka klik pilihan Ya. Langkah terakhir yang perlu pengguna lakukan adalah menunggu permintaan ubah kartu 3G ke 4G selesai.

Perbedaan 3G dan 4G yang Belum Banyak Orang Tahu

Cara Ganti Kartu 3G ke 4G Telkomsel

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, semakin besar angka koneksinya berarti semakin cepat pula kecepatannya. Sinyal 4G sudah tentu lebih cepat dan lancar ketimbang sinyal 3G. Dewasa ini orang-orang pastinya menginginkan kecepatan koneksi yang stabil ketika mengakses internet. Kecepatan yang diperoleh ketika memakai 3G yaitu sebesar 2 Mbps. Sedangkan untuk jaringan LTE atau 4G bisa mencapai 100 Mbps.

Nah, sekian pembahasan mengenai cara ganti kartu 3G ke 4G Telkomsel tanpa ganti nomor dalam beberapa step mudah. Tadi juga telah dibahas singkat perbedaan kedua sinyal tersebut dari segi yang paling menonjol, yakni kecepatan. Raih pengalaman seluncur di dunia maya tanpa hambatan lag atau koneksi buruk yang dapat mempengaruhi mood. Segera update kartu Telkomsel jika masih memakai sinyal 3G.

Baca Juga : Setting APN Telkomsel 4G

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *