Cara Ganti Password Gmail

Cara-Ganti-Password-Gmail-Untuk-Meningkatkan-Keamanan

Akun email-mu takut kena hack ? Jangan khawatir karena ada Cara ganti password Gmail yang mudah untuk meningkatkan keamanan dari serangan hacker.  Kehadiran layanan email kini memiliki peran yang besar dalam kebutuhan sehari-hari baik untuk mendukung pekerjaan atau komunikasi resmi jarak jauh. 

Gmail sendiri merupakan layanan email dari Google yang sebenarnya sudah punya fitur keamanan sangat ketat dibandingkan layanan email lainnya. Terlebih lagi jika kamu sudah menggunakan layanan email dari google ini maka secara otomatis bisa terintegrasi dengan produk google lainnya. Meskipun demikian masih ada saja beberapa kasus yang akun gmailnya bisa kena hack dari orang yang tidak bertanggung jawab. 

Nah, untuk mencegah hal buruk itu terjadi maka pastinya kita perlu mengganti password gmail secara berkala untuk alasan keamanan. Terlebih jika akun gmail milikmu memiliki pesan-pesan pribadi atau rahasia perusahaan yang tidak boleh diketahui oleh publik. 

Cara Ganti Password Gmail Yang Mudah Agar Tidak Kena Hack

Setidaknya ada dua cara yang bisa kamu coba untuk ganti password gmail. Yang pertama dengan menggunakan web browser seperti Opera, Mozilla, dan Chrome. Lalu cara kedua bisa menggunakan aplikasi Gmail yang biasanya sudah terinstall di HP android. 

 Mari kita bahas mulai dari menggunakan web browser terlebih dahulu. 

Menggunakan Web Browser  

Cara-Ganti-Password-Gmail-Untuk-Meningkatkan-Keamanan-web-browser-gmail

Saat ini telah ada banyak sekali web browser yang mendukung untuk keperluan akses protokol https website secara aman. Sebagai tips, kamu bisa gunakan web browser Chrome yang sejatinya adalah produk buatan Google juga. 

Jika belum punya web browser ini kamu bisa dapatkan link downloadnya melalui situs https://www.google.com/chrome/ , download dan install ke pengguna PC atau laptop. Sedangkan pengguna smartphone Android bisa mendapatkannya dari play store dengan cara mengetikan “google chrome” pada kolom pencarian.  Pada umumnya secara default aplikasi Chrome ini sudah terinstall untuk pengguna smartphone android, jadi cukup tinggal update saja ke versi yang terbaru. 

 Nah, setelah berhasil terinstall maka langsung saja buka google.com dan login terlebih dahulu dengan menggunakan username dan password yang telah kamu buat sebelumnya. Selanjutnya masuk ke personal account dengan mengklik ikon photo profilmu yang biasanya terletak di pojok kanan atas halaman website. 

Klik “Manage Your Google Account” dan setelah itu akan muncul tab baru yang isinya tentang berbagai sub menu pengaturan. Cari dan klik menu “Security” atau “Keamanan” dengan logo gembok. Dan pada halaman security silahkan scroll kebawah untuk mencari table “password last changed”. 

Klik opsi tersebut dan biasanya google akan meminta konfirmasi lagi untuk alasan kemanan dengan memasukan password login sekali lagi. Setelah itu masukkan password baru sesuai yang anda inginkan, masukan sekali lagi pada kolom kedua dengan menggunakan passowrd baru tersebut lalu klik “change password”. Selesai, password gmail-mu telah berubah. 

Menggunakan Aplikasi Gmail

Cara-Ganti-Password-Gmail-Untuk-Meningkatkan-Keamanan-aplikasi-gmail

Selain menggunakan web browser Chrome masih ada Cara ganti password Gmail yang lebih praktis khususnya untuk pengguna HP Android. Buat kalian yang ingin mengubah password langsung dari smartphone bisa gunakan aplikasi Gmail yang biasanya sudah satu paket dengan aplikasi google service. Namun buat anda yang HP Androidnya belum ada google service karena terhapus bisa download dan install lagi melalui play store. 

Nah, setelah berhasil terinstall, buka aplikasi gmail tersebut untuk mengubah passwordnya menjadi baru. Setelah aplikasi gmail terbuka, langsung saja tap ikon baris tiga yang biasanya terletak di pojok kiri atas layar HPmu. Akan ada pilihan beberapa menu dan cari menu setting dengan cara mengusapnya hingga ketemu menu tersebut. Pada halaman setting, cari menu “manage my account”. 

Pilih menu “Sign-in & Security” dan change password untuk segera mengubah password menjadi baru. Masukan password baru anda pada kolom new password yang tertera di layar HP anda. Isikan password baru tersebut sekali lagi pada kolom konfirm password untuk memastikan bahwa password baru yang anda buat sudah sama dengan kolom yang pertama.  Setelah itu tinggal tekan tombol Ubah sandi dan selesai, password gmail anda sudah menjadi baru. Untuk mengujinya apakah telah benar berganti bisa logout terlebih dahulu lalu login kembali. 

Tips Membuat Password Yang Kuat Agar Tidak Mudah Kena Retas

Ada Sedikit tips dalam membuat password email khususnya untuk pengguna Gmail agar tidak mudah tertebak oleh orang asing.  Sebab perlu anda ketahui bahwa keadaan dulu jangan disamakan dengan keadaan sekarang karena teknologi sekarang memerlukan sistem kemanan yang lebih tinggi. Jadi pastikan password gmail-mu hanya kamu saja yang tahu, sedangkan orang lain termasuk kerabat dekatmu sendiri juga tidak mengetahuinya. 

Nah, berikut ini ada beberapa tips untuk membuat password gmail yang bagus dan aman : 

  • Pertama, jangan gunakan angka saja, terlebih jika angka tersebut merupakan tanggal dan bulan kelahiran anda. Hal ini sangat rawan sekali kena hack karena mudah untuk ditebak oleh seorang hacker.
  • Jangan gunakan nama-nama yang terlalu umum, seperti “password”, “123456”, atau nama panggilan anda sendiri karena pastinya password ini terlihat sangat lemah dan mudah ditebak.
  • Untuk membuat password yang kuat dan aman, buatlah password dengan kombinasi huruf dan angka serta simbol-simbol seperti @, #, $, atau simbol lainnya.
  • Gunakan juga kombinasi huruf besar dan huruf kecil yang bisa meningkatkan kemanan karena semakin sulit untuk diketahui orang lain.
  • Jangan gunakan jumlah karakter yang terlalu pendek meskipun sudah menggunakan kombinasi angka dan huruf. Tetapi gunakanlah password dengan banyak karakter agar semakin sulit untuk dijebol oleh para hacker.

Hal-hal Lain Yang Harus Diperhatikan Ketika Mengakses Gmail 

Mengganti password memang sangat diperlukan untuk meningkatkan kemanan akun gmail. Namun masih ada hal lain yang juga tidak kalah pentingnya untuk melindungi kemanan akun dari serangan-serangan yang tidak bertanggung jawab. Saat mengakses Gmail terutama menggunakan web browser sebaiknya pastikan dahulu kalau web browser tersebut tidak menggunakan plugin atau extensions yang aneh-aneh.  

Sebagai contoh extensions untuk VPN yang berarti saat login gmail harus ke komputer server terlebih dahulu. Jika ingin menggunakan VPN gunakanlah yang sudah memiliki kredibilitas tinggi. Jangan sekali-sekali menggunakan VPN gratisan yang meragukan untuk login ke akun gmailmu. Sebab telah banyak sekali kasus seperti ini yang pada akhirnya bisa menjebol password gmail meskipun sudah menggunakan kombinasi huruf dan angka yang kuat. 

Hal ini tentu berlaku juga untuk pengguna smartphone android yang menginstall aplikasi VPN gratisan. Saat ingin menggunakan Gmail sebaiknya pastikan dahulu VPN itu aman atau bisa juga untuk mematikannya terlebih dahulu. Sebab tidak semua layanan VPN bisa kita percaya begitu saja, dibalik layanan gratis itu bisa saja data privasi kita bisa dijual ke orang lain. 

Demikian tutorial tips & trik Cara ganti password Gmail agar bisa lebih aman.  

 Baca Juga: Cara Melihat Hasil Google Form

4.9/5 - (23 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

thirteen − 3 =