Efek Samping Hibernasi Android

Efek Samping Hibernasi Android

Efek Samping Hibernasi Android – Anda tentunya telah bisa melihat bahwa ada banyak sekali aplikasi untuk perangkat bersistem operasi Android yang tersedia di Google Play Store, hal tersebut biasanya akan memancing para pengguna Android untuk mengunduh berbagai macanm aplikasi yang ada. Namun perlu Anda ketahui bahwa semakin banyak aplikasi yang Anda instal di smartphone Android, maka hal tersebut akan bisa membebani kinerjanya sehingga perangkat Android yang Anda miliki akan menjadi lambat bahkan mengalami masalah sering mati sendiri.

Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut, salah satunya adalah dengan menghibernasi aplikasi yang mana hal ini bertujuan untuk meringankan beban kinerja smartphone Anda sehingga menjadi lebih ringan. Anda telah bisa menemukan beberapa aplikasi hibernasi yang tersedia di Google Play Store. Meskipun memiliki manfaat yang sangat besar dalam mengoptimalkan kinerja smartphone, ternyata melakukan hibernasi juga memiliki berbagai macam efek samping. Jika Anda penasaran, maka berikut ini akan kami ulas efek samping hibernasi aplikasi Android.

Efek Samping Hibernasi Android

Efek Samping Hibernasi Android 2

1. Efek Samping Hibernasi Android Pertama, Kehilangan Notifikasi

Salah satu efek samping jika Anda menghibernasi aplikasi yang terpasang di perangkat Android adalah Anda tidak akan mendapatkan notifikasi. Hal ini biasanya sangat berpengaruh pada aplikasi media sosial yang kini tidak lagi memberikan notifikasi ketika ada pesan ataupun pemberitahuan yang masuk, Anda baru akan mengetahui pesan yang masuk setelah membuka aplikasinya.

2. Aplikasi Tidak Bekerja Sempurna

Saat ini telah ada banyak sekali aplikasi yang memiliki fitur untuk bisa melakukan update secara otomatis, melakukan backup secara otomatis, atau bahkan mengupload secara otomatis yang mana hal tersebut tentu akan sangat memudahkan penggunanya. Perlu Anda ketahui jika Anda menghibernasi suatu aplikasi, maka aplikasi tersebut tidak akan bisa bekerja dengan sempurna.

3. Memutus Hubungan Aplikasi

Apabila Anda  melakukan hibernasi terhadap suatu aplikasi, maka ternyata juga akan memutuskan hubungan antar aplikasi yang mana akan terjadi jika Anda memotong akses dari aplikasi yang Anda hibernasi. Apabila hubungan antar aplikasi terputus, maka hal ini akan bisa menyebabkan kesalahan pada saat ada aplikasi yang membutuhkan autentifikasi dari aplikasi yang lain.

4. Hilangnya Event Tertentu

Efek samping berikutnya yang juga bisa terjadi jika Anda menghibernasi suatu aplikasi adalah hilangnya event tertentu yang berfungsi untuk menjalankan suatu tugas. Seperti contohnya aplikasi Clean Master yang biasanya muncul untuk memberitahukan keamanan dari suatu aplikasi pada saat menginstalnya, maka event tersebut tidak akan bisa muncul jika Anda melakukan hibernasi.

5. Efek Samping Hibernasi Android Terakhir, Berbahaya

Perlu Anda ketahui bahwa tindakan hibernasi tidak boleh dilakukan secara asal-asalan, pasalnya melakukan hibernasi berarti Anda akan menghentikan semua tugas dari aplikasi tersebut. Hal ini tentu saja akan sangat berbahaya apabila Anda secara tidak sengaja menghibernasi beberapa aplikasi sistem yang sangat penting karena hal ini akan bisa mengganggu kinerja smartphone.

Apabila Anda ingin melakukan hibernasi pada sejumlah aplikasi, maka sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu beberapa efek sampingnya.

Baca Juga : Game Balap Sepeda Terbaik.

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 + 5 =