Cara Hapus Virus Shortcut yang Menyerang Hardisk

Cara Hapus Virus Shortcut

Cara Hapus Virus Shortcut yang Menyerang Hardisk – Virus shortcut adalah virus yang sering menyerang perangkat Komputer, flashdisk dan juga hardisk. Virus ini akan menghilangkan file yang ada di perangkat dan menumpuknya dengan file shortcut. Cara hapus virus shortcut yang menyerang hardisk dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi antivirus.

Hardisk eksternal sangat mudah terkena virus shortcut terutama hardisk yang sering terhubung ke komputer di warnet ataupun perangkat yang terinfeksi virus. Virus ini mengakibatkan hilangnya data-data yang ada di hardisk. Berikut cara hapus virus shortcut di hardisk menggunakan antivirus:

Cara Hapus Virus Shortcut yang Menyerang Hardisk

1. Download Antivirus di PC

Cara Hapus Virus Shortcut

Aplikasi antivirus digunakan untuk membersihkan virus dan menjaga perangkat dari serangan virus. Antivirus hanya bisa dijalankan di perangkat komputer, laptop ataupun hp. Aplikasi ini dapat membersihkan virus di komputer maupun perangkat penyimpanan eksternal seperti hardisk.

PC harus memiliki antivirus terlebih dahulu sebelum digunakan untuk menghapus virus yang menyerang hardisk. Antivirus ini berfungsi untuk menscan virus di hardisk dan juga untuk menjaga agar PC tidak tertular virus dari hardisk. Pengunduhan antivirus dapat dilakukan melalui Play Store ataupun website resmi dari antivirus tersebut.

2. Hubungkan Hardisk di Laptop

Cara Hapus Virus Shortcut

Hardisk adalah perangkat yang berfungsi untuk menyimpan data berupa file, foto, video dan lain sebagainya. Perangkat hardisk dapat dijalankan dengan cara menghubungkannya dengan komputer atau laptop. Scan virus di hardisk hanya bisa dilakukan saat hardisk sudah terhubung ke PC.

Hardisk memang bisa menyimpan aplikasi antivirus atau di pasangkan antivirus. Namun, antivirus dalam hardisk hanya berfungsi untuk melindungi hardisk dari serangan virus. Antivirus tidak bisa membersihkan virus yang terlanjur masuk tanpa diruning di komputer.

3. Scan Hardisk

Cara hapus virus shortcut yang menyerang hardisk yaitu dengan cara menscan hardisk menggunakan antivirus yang terinstal di laptop. Antivirus ini bisa menghapus virus shortcut dan virus-virus lain yang yang menyerang hardisk. Cara scan virus menggunakan aplikasi cukup mudah. Klik kanan pada nama hardisk kemudian klik scan with antivirus.

Poses running scan hardisk membutuhkan waktu yang berbeda-beda. Waktu tersebut ditentukan seberapa banyaknya virus yang masuk dan seberapa parah kerusakan yang disebabkan oleh virus tersebut. Antivirus akan memberi pemberitahuan jika hardisk sudah sepenuhnya bersih dari virus. Pastikan virus sudah terhapus semua saat ingin menutup proses scaning.

4. Cek Data yang Hilang

Virus shortcut menyebabkan data terhidden atau tersembunyi. Hardisk yang sudah bersih dari virus shortcut akan memunculkan lagi data-data yang sudah hilang. Hardisk akan memiliki folder baru tanpa nama. Folder tersebut berisi data-data yang di hidden oleh virus shortcut. Data tersebut bisa digunakan seperti sedia kala.

5. Cara Hapus Virus Shortcut, Download Antivirus untuk Hardisk

Hardisk yang sudah bersih dari virus belum tentu tidak akan terserang virus kembali. Cara untuk melindungi hardisk terserang virus untuk kedua kalinya dengan cara memasang aplikasi antivirus pada hardisk. Pemasangan antivirus ini diperlukan untuk menjaga agar hardisk tidak terserang virus terutama virus shortcut dan virus-virus lainnya.

Antivirus untuk hardisk sama halnya dengan antivirus untuk flashdisk. Contoh antivirus untuk hardisk yaitu ClamWin Portable, CCE dan masih banyak lainnya. Aplikasi ini juga bisa mendeteksi adanya virus pada hardisk. Keamanan file dalam hardisk akan lebih terjaga jika hardisk sudah terpasang antivirus.

Penggunaan antivirus sebagai cara hapus virus shortcut yang menyerang hardisk cukup efektif dan mudah dilakukan dibandingkan menggunakan aplikasi bawaan PC. Hardisk bukan hanya bisa terserang virus, hardisk juga bisa menularkan virus tersebut ke PC. Pastikan PC yang digunakan untuk menscan hardisk sudah memiliki antivirus sebelum hardisk dihubungkan ke PC.

Baca Juga : Inilah Cara Memperbaiki Harddisk Rusak Berdasarkan Kondisi Kerusakannya

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

three × 1 =