Inilah Cara Memperbaiki Harddisk Rusak Berdasarkan Kondisi Kerusakannya

Cara Memperbaiki Harddisk Rusak

Inilah Cara Memperbaiki Harddisk Rusak Berdasarkan Kondisi Kerusakannya – Harddisk adalah media penyimpanan utama pada perangkat komputer. Fungsi harddisk amat penting bagi PC dalam melakukan penyimpanan file, memprogram sistem operasi, serta masih banyak lagi. Kerusakan di harddisk yang menyebabkannya tak berjalan secara normal akan mengganggu kinerja PC. Tidak perlu risau, karena ternyata ada cara memperbaiki harddisk rusak yang dapat dicoba agar dapat menyelamatkannya.

Risiko sebuah harddisk dapat rusak memang sangat besar karena komponen tersebut rapuh serta tidak tahan terhadap guncangan. Biasanya, kerusakan harddisk diakibatkan oleh kesalahan penggunaan ataupun oleh umurnya yang memang telah lama. Setiap jenis kerusakan harddisk yang berbeda membuat cara untuk memperbaikinya pun juga berbeda. Berikut inilah cara membetulkan harddisk secara mudah sesuai tipe kerusakannya:

Inilah Cara Memperbaiki Harddisk Rusak Berdasarkan Kondisi Kerusakannya

1. Cara Memperbaiki Harddisk Rusak, Betulkan Harddisk yang Tak Bisa Booting

Cara Memperbaiki Harddisk Rusak

Terkadang ketika dijalankan PC tak bisa booting karena harddisk-nya. Apabila itu terjadi pada PC baru, maka bisa saja PC tersebut belum memiliki sistem operasi. Jadi, untuk mengatasinya, pasang sistem operasi Windows di harddisk-nya dulu.

Selain itu, periksalah kabel power supply yang ada dalam harddisk. Periksa pula apakah kabel data terpasang secara baik di motherboard. Apabila harddisk tetap tak bisa booting, bisa jadi itu disebabkan karena harddisk tak dapat dideteksi BIOS. Jadi, lakukanlah pengecekan terhadap BIOS kemudian lakukanlah resetting.

2. Atasi Masalah Harddisk yang Tidak Terdeteksi di Komputer

Cara Memperbaiki Harddisk Rusak

Hal yang paling sering menyebabkan harddisk tidak terdeteksi di komputer ialah adanya bad sector ataupun virus di dalamnya. Apabila permasalahannya adalah karena bad sector, pemilik harddisk dapat memakai perangkat lunak Low Level Format guna membetulkannya. Sementara, untuk membenahi masalah harddisk yang disebabkan karena adanya virus, pemilik harddisk dapat melakukan full scanning dengan perangkat lunak anti virus.

3. Perbaiki Harddisk yang Menampilkan Tulisan “HDD Controller Failure

Sebagian kerusakan harddisk menyebabkan layar PC menampilkan tulisan “HDD controller failure” ketika PC dihidupkan. Untuk kondisi seperti ini, mungkin saja sumber masalahnya terdapat dalam jumper master, slave, serta cable select yang tidak tersambung secara tepat.

Cara memperbaiki harddisk rusak seperti ini dapat dilakukan dengan memeriksa lagi penyambungan jumper slave di harddisk. Selain itu, periksa pula kabel colokannya, apakah telah tersambung secara tepat di tempat colokannya. Apabila tak ada yang salah, cobalah memasang jumper di posisi master.

4. Benahi Harddisk yang Tidak Bereaksi Ketika PC Dihidupkan

Biasanya, harddisk yang sedang rusak cukup parah, seperti rusak di bagian motor harddisk-nya, maka harddisk itu tidak dapat berfungsi ketika komputer dihidupkan. Bahkan, jika motor harddisk telah tak dapat berputar, maka harddisk tersebut dapat tak bereaksi sama sekali. Itu berarti cara satu-satunya untuk mengatasinya adalah dengan membeli motor harddisk baru.

5. Atasi Harddisk yang Lambat dalam Menyimpan atau Membaca Data

Apabila PC dirasa amat lambat ketika menyimpan ataupun melaksanakan kegiatan meng-copy data, mungkin kapasitas harddisk telah hampir penuh. Untuk mengatasinya, tentu saja harus dilakukan penghapusan beberapa file yang tidak penting atau memindahkannya dalam harddisk eksternal. Masalah seperti itu juga dapat terjadi apabila harddisk tidak pernah di-defrag sama sekali. Oleh karenanya, cobalah lakukan defragment pada harddisk tersebut.

Demikianlah 5 cara memperbaiki harddisk rusak berdasarkan tipe kerusakannya. Tidak ada salahnya untuk mencoba memperbaikinya terlebih dahulu sebelum benar-benar mencari harddisk baru. Apalagi kelima cara tersebut dapat menyelamatkan file-file penting yang tersimpan pada harddisk. Akan tetapi, apabila cara tersebut tak benar-benar dapat membetulkan harddisk yang mengalami kerusakan, maka silahkan beli harddisk yang baru.

Baca Juga : Mengenal Laptop RAM 16GB Dibawah 10 Juta dengan Spesifikasi Terbaik

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

four × 2 =