Cara Kirim Uang Lewat Alfamart

Cara Kirim Uang Lewat Alfamart Mudah Langsung Sampai

Metode kirim uang lewat Alfamart banyak dipilih oleh orang-orang yang biasanya jauh dari lokasi bank maupun mesin ATM (Anjungan Tunai Mandiri). Selain itu cara kirim uang lewat Alfamart juga sangat mudah, jadi cocok bagi orang yang tidak punya rekening atau orang tua yang sulit mengoperasikan ATM sendiri.

Jadi bagi Anda yang mungkin ingin mengirim uang untuk orang tua, atau sanak saudara di kampung, Metode pengiriman uang lewat Alfamart ini bisa jadi solusi efektif.

Kirim uang lewat Alfamart juga cenderung lebih aman, karena tidak perlu khawatir salah transfer, pasalnya Alfamart sendiri punya sistem seperti rekening utama, jadi tidak perlu transfer ke banyak bank lain, tidak perlu menghafal kode bank lain dan sebagainya.

Proses kirim uang lewat Alfamart sebenarnya mirip seperti proses transfer pada metode lainnya. Anda hanya perlu menyerahkan uang kepada kasir atau pegawai di Alfamart, lalu pihak penerima juga hanya harus mengunjungi Alfamart untuk mengambil uangnya,

Disamping itu menggunakan kode MTCN untuk pengambilan, bisa diambil di cabang Alfamart manapun di seluruh Indonesia.

Di akhir pembahasan artikel ini ada ada informasi tentang beberapa pertanyaan dan kendala pengiriman Alfamart berdasarkan pengalaman pribadi. Jadi simak artikel ini sampai habis ya, supaya tidak menemui kendala kendala pada saat pengiriman maupun pengambilan uang.

Cara Kirim Uang Lewat Alfamart Mudah Langsung Sampai

Cara Kirim Uang Lewat Alfamart

Berikut adalah proses yang akan Anda lalui saat kirim uang lewat Alfamart:

  1. Silahkan kunjungi Alfamart terdekat
  2. Anda bisa langsung mendatangi kasir dan menyebutkan keinginan untuk transfer sejumlah uang
  3. Kemudian kasir Alfamart akan meminta data diri anda sebagai pengirim, anda bisa menunjukkan KTP atau sim, dan biasanya juga kasir akan meminta nomor telepon anda yang aktif
  4. Kemudian kasir akan meminta data diri penerima uang dan nomor telepon penerima.
  5. Anda menyerahkan uang tunai yang mau dikirimkan.
  6. Setelahnya kasir Alfamart akan memproses transfer uang
  7. Anda akan mendapat kode MTCN yang terdiri dari 10 digit nomor.

Kelebihan Kirim Uang Lewat Alfamart

Pengiriman uang lewat alfamart punya beberapa kelebihan dibandingkan dengan metode pengiriman lainnya, seperti yang sudah kami rangkum berikut ini

  1. Tidak perlu antri lama seperti saat melakukan transfer uang melalui bank. Anda harus mengambil nomor antrian bersama orang lain yang mengurus keperluan lain di bank.
  2. Cocok untuk mengirim uang ke desa yang belum terjangkau mesin ATM. Atau jauh dari lokasi bank.
  3. Jam buka Alfamart di beberapa daerah selama 24 jam. Jadi kapan pun anda bisa mengirimkan uang lewat Alfamart terdekat.
  4. Prosesnya sangat mudah hanya membutuhkan nomor telepon dan data diri baik penerima maupun pengirim. Jadi tidak perlu takut salah transfer atau salah kirim uang.
  5. Bisa melakukan pengambilan di semua cabang Alfamart di seluruh indonesia. Artinya lebih mudah dijangkau daripada bank yang biasanya terletak di tengah kota.
  6. Tidak perlu nomor rekening atau repot mengingat kode bank masing-masing.

Biaya Transfer Uang Lewat Alfamart

Layaknya berkirim melalui ATM atau mobile banking ke nomor rekening beda bank, kirim uang lewat Alfamart juga dikenakan biaya administrasi. Biaya kirim uang di Alfamart umumnya Rp. 15.000. Sedangkan untuk pengambilan uang gratis, atau tidak dikenakan biaya lagi bagi pihak penerima.

Cara Mengambil Uang Yang Di Alfamart

Jika ingin mengambil uang kiriman di Alfamart anda hanya membutuhkan melengkapi persyaratan diantaranya:

  • Siapkan kode MTCN yang terdiri dari kombinasi 10 digit angka. Mungkin ada peraturan di beberapa gerai menggunakan kombinasi lebih dari 10 digit angka.
  • Anda akan diminta kartu tanda identitas, anda bisa menyerahkan KTP, SIM maupun tanda identitas penduduk lainnya.
  • Tunjukkan kode MTCN kepada kasir Alfamart
  • Kasir akan memproses pengambilan uang dan menyerahkan kepada Anda
  • Sebaiknya anda bisa menghitung kembali uang nya, apakah sudah sesuai atau belum.

Kekurangan Kirim Uang Lewat Alfamart

Meskipun terkesan mudah tapi kirim uang lewat Alfamart juga punya beberapa kelemahan diantaranya:

  • Keluar biaya tambahan seperti membayar parkir, karena di beberapa cabang Alfamart tidak semua lahan parkir itu gratis.
  • Biaya administrasi lebih mahal daripada transfer ATM atau mobile banking.
  • Anda harus menghitung uang secara manual, jika lewat bank akan ada mesin penghitung otomatis. Begitupun dengan kasir Alfamart akan menghitung manual uang kiriman anda.

Tips Saat Kirim Uang Lewat Alfamart

Berbagai tips berikut semoga bisa membantu anda saat melakukan pengiriman uang lewat Alfamart.

  1. Tips pertama persiapan mengirim uang lewat alfamart adalah sebaiknya anda merekam aktivitas yang terjadi seperti tanggal dan waktu pengiriman, nama kasir atau foto pegawai alfamart, hal ini bertujuan jika terjadi kendala saat pengiriman anda punya bukti yang kuat.
  2. Nominal minimal pengiriman uang lewat Alfamart adalah Rp. 10.000 dan maksimal Rp. 5.000.000 dalam sekali pengiriman.
  3. Sebaiknya mengirimkan uang dengan nominal yang tidak terlalu besar. Karena berdasarkan beberapa pengalaman, ada pihak atau cabang Alfamart yang tidak memiliki kas besar, sehingga waktu penarikan akan terjadi kendala seperti tertunda.
  4. Tips pertama yang paling penting adalah menjaga kerahasiaan kode MTCN dan harus menyimpan kode ini dengan baik. Kode MTCN ini akan digunakan sebagai pengambilan uang, jadi jika sampai hilang anda tidak bisa mengambil uang, atau harus mengalami verifikasi ulang untuk proses pengambilan uang.
  5. Kode mtcn berlaku selama 30 hari. Jika terjadi kehilangan anda bisa menghubungi customer service true money 08041000100, Nantinya anda akan diminta data informasi identitas yang lengkap baik pihak penerima maupun pengirim.
  6. Menyiapkan uang kas yang yang sesuai dengan nominal transfer. Namun jika tidak ada kasir Alfamart akan memberikan kembalian jika terdapat selisih lebih uang cash dan nominal yang di transfer.

FAQ

Apakah pihak penerima harus mengisi formulir tertentu?

Tidak perlu menerima uang saat melakukan pengambilan hanya menunjukkan identitas diri menggunakan ktp sim atau tanda pengenal resmi lainnya.

Apakah pihak penerima membayar biaya pengambilan uang?

Tidak ada biaya administrasi lain saat melakukan pengambilan uang. Jadi uang yang diterima sudah bebas biaya potongan lain. Jika masih diminta uang administrasi sebaiknya Anda bisa menghubungi customer service resmi Alfamart.

Bisakah pelajar yang belum punya KTP mengirim uang lewat Alfamart?

Ktp atau kartu tanda identitas resmi dibutuhkan untuk pertanggungjawaban. Bagi pelajar anda bisa memberikan nomor yang sesuai di kartu keluarga. Atau yang lebih aman lebih baik dilakukan oleh orang dewasa atau yang sudah memiliki kartu tanda penduduk yang resmi.

Apakah bisa kirim uang lewat alfamart ke rekening bank lain?

Bisa pihak kasir Alfamart akan membantu mengirimkan uang ke nomor rekening yang dituju. Pihak pengirim tidak perlu mengingat kode bank rekening tujuan karena akan diproses otomatis melalui sistem di alfamart. Pengirim hanya harus mencatat, menunjukkan atau mengingat nomor rekening yang dituju.

Kapan uang bisa diambil pihak penerima?

Uang bisa langsung diambil pihak penerima, jika sudah mendapat nota pengiriman dari pihak Alfamart.

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *