5 Cara Agar Youtube Tetap Berjalan Saat Buka Aplikasi Lain

Cara Agar Youtube Tetap Berjalan

5 Cara Agar Youtube Tetap Berjalan Saat Buka Aplikasi Lain – Youtube menjadi salah satu pilihan dikala tengah suntuk menjalani aktivitas. Entah sekedar menonton podcast, atau mendengarkan musik. Tetapi terkadang kegiatan itu terhenti ketika ada chat masuk. Seandainya ada cara agar youtube tetap berjalan saat buka aplikasi lain pasti akan sangat membantu dalam menikmati waktu santai.

Pada umumnya aplikasi Youtube akan menutup jika sedang membuka aplikasi lain. Meskipun begitu, membuat Youtube berjalan berdampingan dengan aplikasi lain bukanlah hal yang mustahil. Memang ada cara-cara yang dapat melakukan demikian. Apa sajakah caranya?

5 Cara Agar Youtube Tetap Berjalan Saat Buka Aplikasi Lain

1. Menggunakan Browser Chrome

Cara Agar Youtube Tetap Berjalan

Membuka Youtube melalui browser Chrome bisa menjadi salah satu trik yang praktis untuk menjalankan Youtube sambil membuka aplikasi lain. Ini karena tidak dibutuhkannya aplikasi pihak ketiga atau semacamnya. Untuk penerapannya pun cukup mudah, yaitu seperti membuka browser pada komputer.

Pertama, bukalah dahulu situs Youtube melalui peramban Chrome. Search video yang ingin ditonton dan putarlah. Ketika telah diputar, perbesarlah video menjadi mode Full Screen. Tekan tombol home, dan Youtube akan terputar di belakang layar. Cara ini dapat diterapkan di semua jenis smartphone.

2. Cara Agar Youtube Tetap Berjalan, Split Screen

Cara Agar Youtube Tetap Berjalan

Kabar baik bagi pengguna smartphone Android 7.0 Nougat. Ini karena smartphone tersebut telah memungkinkan untuk menikmati fitur Split Screen ini. Dengan fitur ini, kegiatan multitasking seperti membuka dua atau lebih aplikasi dapat dilakukan dengan baik.

Buka terlebih dahulu aplikasi Youtube untuk menikmati fitur ini. Cari dan putar video yang ingin ditonton. Ketuk fitur minimize. Pada ujung atas sebelah kiri layar, ada terdapat Split Screen. Tekan, tahan, dan geser aplikasi Youtube ke bagian yang telah ditentukan. Youtube siap bersanding dengan aplikasi lain.

3. Picture In Picture

Cara Agar Youtube Tetap Berjalan

Jika Split Screen dapat dinikmati pengguna Android Nougat, maka fitur ini dapat dimanfaatkan oleh pengguna Android 8.0 Oreo. Fitur ini mirip dengan Split Screen. Bedanya fitur ini tidak membagi layar, melainkan hanya membuat video menjadi lebih kecil dan mengambang di layar.

Cara agar youtube tetap berjalan saat buka aplikasi lain dengan fitur ini pun cukup mudah. Hanya perlu membuka dan memainkan video yang hendak ditonton. Kemudian tekan menu home dan video akan mengambang di layar. Video dapat diperbesar dan digeser sesuai keinginan.

4. Youtube Premium

Youtube Premium adalah fitur terbaru Youtube untuk dapat mengakses video Youtube Original dan tanpa iklan. Selain itu, Youtube Premium juga dapat menjadi solusi untuk bisa menonton Youtube bersamaan dengan aplikasi lain. Fitur ini berbayar sekitar 10 hingga 60 ribu rupiah per bulan.

Setelah menjadi pelanggan berbayar, para penikmat Youtube dapat menikmati akses minimize. Caranya adalah dengan cara masuk ke menu setting melalui profil Youtube. Pilihlah opsi Background and Download. Pilih Playback dan nyalakan ke mode Always On.

5. YMusic

Untuk bisa mengakses Youtube bersamaan dengan aplikasi lain, tidak ada salahnya untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga. YMusic adalah salah satu aplikasi yang direkomendasikan. Aplikasi ini juga dapat berfungsi sebagai converter video Youtube menjadi file MP3 yang dapat didownload.

Untuk menggunakan Youtube di latar belakang, pertama tentunya dengan menginstalnya terlebih dahulu. Kemudian buka aplikasi hingga menu pencarian video muncul. Cari video yang diinginkan dan putarlah. Tekan tombol home, dan video Youtube akan berjalan di latarbelakang.

Bukan smartphone jika cara agar youtube tetap berjalan saat buka aplikasi lain saja tidak bisa. Untungnya karena adanya kemampuan itu, bersantai dengan menikmati video Youtube jadi lebih menyenangkan. Tidak ada lagi yang namanya terpotong ketika chat masuk. Tapi ingat jangan terlalu berleha-leha, karena pekerjaan menuntut untuk diselesaikan.

Baca Juga : Cara Menyimpan Video YouTube.

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

thirteen + 10 =