Cara Live Streaming

Cara Live Streaming – Youtube adalah penemuan yang luar biasa untuk memfasilitasi kreator konten digital sejak awal tahun 2000-an. Kini, Youtube memiliki fitur siaran langsung yang bisa Anda manfaatkan.

YouTube Live adalah platform luar biasa untuk bisnis, gamer, dan streamer sosial. Masalahnya, memulai streaming langsung YouTube tidak mudah. Jika Anda tidak tahu tentang cara melakukan streaming langsung di YouTube, lebih baik membaca artikel ini hingga selesai. Kami akan menunjukkan cara melakukan streaming langsung di YouTube melalui browser web, perangkat seluler hingga perangkat seluler. Metode apa pun yang Anda pilih, titik awalnya sama: aktifkan streaming langsung di YouTube.

Cara Mengaktifkan Streaming Langsung di YouTube

Streaming langsung dinonaktifkan di saluran YouTube baru secara default. Akan tetapi Anda masih bisa mengaktifasinya, berikut beberapa langkah yang harus Anda lakukan:

  1. Verifikasi akun YouTube Anda, ini adalah proses yang sederhana. Pilih negara Anda, metode pengiriman kode verifikasi yang diinginkan, dan masukkan nomor ponsel yang dapat Anda akses. Masukkan kode verifikasi enam digit saat Anda mendapatkannya untuk memverifikasi akun Anda.
  2. Aktifkan live streaming melalui halaman fitur channel, halaman live streaming YouTube Studio, atau Ruang Live Control.
  3. Tunggu 24 jam hingga live streaming diaktifkan di akun Anda.
  4. Selama tidak ada batasan streaming langsung di saluran Anda, Anda sekarang dapat melakukan streaming langsung di YouTube melalui browser web atau encoder streaming. Jika Anda ingin menggunakan perangkat seluler untuk melakukan streaming langsung, ada kendala tambahan: saluran Anda harus memiliki setidaknya 1.000 pelanggan.

4 Cara untuk Melakukan Live Streaming di YouTube

Anda dapat melakukan streaming langsung di YouTube melalui:

  1. Web browser
  2. Perangkat seluler
  3. Enkoder perangkat lunak
  4. Enkoder perangkat keras

Cara mana yang paling sesuai? Tergantung pada tujuan Anda. Web atau seluler mungkin akan melakukan trik untuk streamer dengan tujuan bersosial, sementara kebanyakan youtuber gamer memilih PC untuk memberi siaran langsung adu ketangkasan permainan. Pertimbangkan pembuat enkode perangkat keras jika Anda melakukan streaming langsung untuk bisnis Anda atau ingin berkarir sebagai kreator digital. Untuk mengembangkan bisnis dari fitur ini Anda juga harus melihat ke platform streaming langsung berbasis langganan untuk mendapatkan akses ke fitur lanjutan untuk monetisasi, analitik, dan perolehan prospek.

Melalui WebsiteCara Live Streaming Youtube Simple dan Mudah - Kamera

Cara termudah untuk melakukan streaming langsung di YouTube adalah langsung dari browser web Anda menggunakan webcam USB internal atau eksternal. Webcam mungkin memenuhi kebutuhan Anda jika yang ingin Anda membagikan pemikiran Anda dan terlibat dengan audiens Anda secara real time. Anda juga dapat melakukan streaming langsung melalui browser Anda dengan kamera secara terpisah seperti camcorder digital atau DSLR. Untuk melakukannya, Anda memerlukan kartu pengambilan USB untuk membawa sinyal video ke komputer Anda. Kemudian YouTube dapat mengenali kamera seolah-olah itu adalah webcam plug-and-play.

Setelah Anda siap dengan kamera, berikut cara streaming langsung di YouTube melalui browser web Anda:

  1. Masuk ke akun YouTube Anda dan klik tombol “Buat video atau posting” di sudut kanan atas layar.
  2. Pilih “Siarkan Langsung” dari menu tarik-turun.
  3. Jika diminta, berikan izin yang diperlukan pada YouTube dan browser Anda untuk streaming langsung (mis., kamera, mikrofon).
  4. Di Ruang Live Control, pastikan “Webcam” dipilih di bilah navigasi di bagian atas.
  5. Beri judul live streaming Anda, pilih setelan privasi (publik, pribadi, atau tidak publik), dan pilih apakah Anda ingin melakukan live streaming sekarang atau menjadwalkan acara untuk nanti.
  6. Klik “Opsi lainnya”. Pilih kamera dan mikrofon Anda dari menu tarik-turun jika belum terdaftar.
  7. Klik “Pengaturan lanjutan” untuk beralih chat, batasan usia, dan monetisasi (khusus anggota Program Partner YouTube).
  8. Tekan “Next” dan berpose untuk thumbnail. Arahkan mouse ke gambar mini untuk memunculkan opsi untuk mengambil gambar lain atau mengunggah gambar mini khusus dari komputer Anda.
  9. Tekan “Siarkan langsung.”

Ingatlah untuk menekan “Akhiri Streaming” setelah selesai. YouTube akan secara otomatis mengunggah versi streaming langsung sesuai permintaan ke saluran Anda sehingga pemirsa yang melewatkannya dapat memutarnya kembali. Anda dapat melihat dan mengelola semua live stream saat ini, terjadwal, dan sebelumnya dalam tab “Kelola” di Ruang Live Control.

Cara Live Streaming di YouTube Melalui Smartphone

Cara Live Streaming Youtube Simple dan Mudah - Ponsel

Cara Live Streaming Youtube menggunakan seluler sangat ideal untuk keterlibatan pemirsa mendadak dan acara dinamis di mana kebebasan bergerak adalah kuncinya. Sayangnya, Anda harus memiliki jaringan yang luas dan audiens yang banyak. Hanya saluran YouTube dengan setidaknya 1.000 pelanggan yang dapat melakukan streaming langsung lewat ponsel. Pembatasan ini bisa merepotkan, terutama jika streaming langsung seluler adalah bagian besar dari rencana video langsung Anda. Untungnya, ada banyak cara untuk beralih ke seluler di YouTube dengan kurang dari 1.000 pelanggan, termasuk dengan Epiphan Webcaster X2 yang populer.

Namun, setelah Anda mencapai ambang batas pelanggan, streaming langsung ke YouTube di perangkat seluler cukup sederhana:

  1. Unduh aplikasi YouTube dari App Store (iOS) atau Google Play (Android).
  2. Buka aplikasi dan tekan ikon kamera di sudut kanan atas.
  3. Berikan semua izin yang diperlukan YouTube untuk streaming langsung (kamera, mikrofon, foto, penyimpanan).
  4. Pilih “Siarkan langsung”.
  5. Pilih untuk merekam dengan kamera ponsel Anda (ikon kamera) atau apa yang ada di layar Anda (ikon ponsel).
  6. Tetapkan judul untuk aliran Anda.
  7. Tekan “Opsi lainnya” untuk menambahkan deskripsi, mengaktifkan chat langsung dan monetisasi (jika memenuhi syarat), menyetel batasan usia, mengonfigurasi setelan privasi, dan (opsional) menjadwalkan waktu untuk streaming langsung Anda.
  8. Tekan “Berikutnya” dan ambil gambar untuk thumbnail streaming langsung Anda atau unggah yang sudah ada dari penyimpanan ponsel Anda.
  9. Tekan “Siarkan langsung.”

Sekarang Anda siap untuk streaming langsung tanpa batas. Setelah selesai, tekan “Selesai” dan kemudian “OK” untuk mengakhiri streaming. Versi VOD dari streaming langsung Anda akan muncul di saluran Anda setelahnya. Anda dapat mengakses dan mengelola rekaman itu dan lainnya melalui halaman “Video saya” di dalam tab “Library”.

Menggunakan Software Encoder

Gunakan perangkat lunak streaming langsung jika Anda ingin berbagi layar (mis., untuk menyiarkan alur permainan), mengakses fitur tambahan seperti pemberian judul dan hamparan langsung, atau menggunakan beberapa kamera. Open Broadcaster Software (OBS), XSplit, dan Wirecast hanyalah beberapa pilihan Anda.

Perangkat lunak streaming apapun akan secara otomatis mendeteksi kamera berbasis USB yang terhubung ke komputer Anda. Anda juga dapat membawa sinyal video non-USB seperti HDMI ke komputer Anda melalui kartu pengambilan USB. Hubungkan kartu pengambilan ke komputer Anda dan kamera ke kartu pengambilan dan perangkat lunak streaming Anda akan mengenali kamera sebagai perangkat kelas video USB (UVC).

Meskipun proses yang tepat dari streaming langsung di YouTube dengan encoder perangkat lunak akan bergantung pada perangkat lunak streaming yang Anda gunakan, paling tidak Anda harus melalui langkah berikut ini:

  1. Unduh dan instal perangkat lunak streaming pilihan Anda.
  2. Di YouTube, klik tombol “Buat video atau pos” di sudut kanan atas layar.
  3. Pilih “Siarkan langsung”.
  4. Di Ruang Kontrol Langsung YouTube, klik “Streaming” di bilah navigasi atas.
  5. Beri judul streaming Anda, pilih setelan privasi, tambahkan deskripsi, pilih kategori yang sesuai, dan unggah gambar mini.
  6. Putuskan apakah Anda ingin melakukan streaming sekarang atau menjadwalkan acara untuk nanti.
  7. Tekan “Buat aliran.”
  8. Salin “Nama/kunci aliran” dari jendela yang muncul. (Jaga agar rangkaian karakter ini tetap pribadi.) Jika jendela tidak muncul, atau jika Anda tidak sengaja menutupnya, cari informasi ini di sudut kiri bawah Ruang Live Control.
  9. Buka perangkat lunak streaming Anda dan rekatkan “Nama/kunci streaming” dan, jika perlu, “URL Streaming” dari YouTube di bidang yang sesuai. Anda mungkin akan menemukan ini dalam menu pengaturan atau preferensi; lihat dokumentasi pengguna perangkat lunak jika Anda tidak yakin harus mencari di mana.
  10. Jika Anda siap untuk melakukan siaran langsung sekarang, mulai streaming melalui perangkat lunak streaming Anda.
  11. Jika Anda menjadwalkan streaming langsung YouTube untuk nanti, buka perangkat lunak streaming Anda ketika saatnya tiba dan nyalakan streaming. Balik kembali ke Ruang Kontrol Langsung YouTube; Anda akan melihat jendela pratinjau streaming. Tekan “Siarkan langsung” di sudut kanan atas untuk memulai streaming.

Akhiri streaming Anda melalui perangkat lunak streaming setelah pertunjukan selesai. Rekaman akan otomatis diunggah ke saluran Anda sehingga orang dapat menontonnya sesuai permintaan. Lihat dan kelola semua Live streaming Anda saat ini, terjadwal, dan sebelumnya melalui tab “Kelola” di bagian atas Ruang Kontrol Langsung YouTube.

Baca Juga : Ukuran Thumbnail YouTube

4.9/5 - (21 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seventeen − nine =