Ukuran Thumbnail Youtube

Ukuran-Thumbnail-Youtube-yang-Pas-2021

Ukuran Thumbnail Youtube 2021 – Apakah Anda ingin mendapatkan penonton yang banyak pada channel Youtube Anda? Salah satu cara mudah untuk mendapatkannya adalah dengan meningkatkan thumbnail video Anda.

Gambar mini video Anda sama pentingnya dengan judulnya dalam hal menarik penayangan. Gambar mini menarik perhatian pemirsa potensial dan membantu mereka memutuskan video mana yang pada akhirnya harus mereka putuskan untuk ditonton.

Ukuran Thumbnail YouTube 2021

  • 1280 x 720 piksel
  • Lebar minimum: 640 piksel
  • Rasio yang disarankan: 16:9
  • Ukuran file maksimum: 2MB
  • Jenis file yang diterima: .JPG, .GIF, .BMP, atau .PNG

Apa itu thumbnail?

Ukuran-Thumbnail-Youtube-yang-Pas-2021-Mini-Gambar

Thumbnail adalah versi gambar atau video dengan ukuran yang diperkecil yang awalnya mendapatkan namanya dari ukuran thumbnail manusia. Thumbnail YouTube sama seperti sampul majalah, yang merepresentasikan isi namun dibuat semenarik mungkin. Keputusan untuk mengklik video atau tidak sering kali bergantung pada tampilan thumbnail.

Mengapa thumbnail video penting?

Thumbnail video khusus yang bagus dapat membuat semua perbedaan saat penonton mengklik video Anda. Thumbnail adalah cara yang sangat mudah untuk memberikan tampilan profesional pada video Anda. Jika Anda telah menghabiskan waktu di YouTube, Anda mungkin telah melihat lusinan atau bahkan ratusan gambar mini yang keren. Gambar grafis yang menarik, orang-orang tersenyum atau hanya terlihat keren dan mengundang.

Thumbnail yang bagus membuat Anda ingin menonton videonya. Dan, sebaliknya, Anda mungkin pernah melihat banyak video lain yang tampaknya tidak memikirkannya sama sekali. Secara default, jika Anda tidak memilih dan mengunggah thumbnail untuk video Anda, YouTube (dan host video lainnya) akan memilih satu bagian dari berbagai gambar yang ada pada video Anda. Jika Youtube secara otomatis menangkap gambar yang memalukan, atau wajah seseorang yang sedang berbicara mungkin terlihat tidak menarik. Padahal talent di dalam video wajahnya sangat rupawan. Hanya saja Youtube menangkapnya secara otomatis dan Youtube tidak menilai orang yang dipilih sebagai thumbnail itu pada saat yang tepat atau tidak.

Dengan adanya thumbnail, Anda dapat memilih gambar mini yang berbeda dari opsi yang disajikan YouTube kepada Anda, tetapi menggunakan gambar mini khusus jauh lebih baik. Thumbnail memberi Anda kesempatan untuk benar-benar menjual diri Anda dan video Anda. Beri audiens Anda alasan untuk menonton video Anda — terutama jika video Anda memiliki banyak kompetitor.

 

Thumbnail dengan kriteria yang bagus harus memiliki:

  • Sampaikan subjek video Anda dengan jelas.
  • Jika memungkinkan, tunjukkan wajah orang yang berbicara dengan cara yang menyenangkan dan mengundang.
  • Sertakan merek Anda.
  • Optimal pada PC/ gadget.

Ukuran thumbnail yang tepat adalah 1280 x 720 piksel, dengan lebar 640 piksel, sementar rasio yang ideal untuk pemutar dan pratinjau Youtube adalah 16:9.

Panduan membuat Thumbnail Youtube

Selain tolok ukur yang telah kami sebutkan diatas, ada baiknya Anda melihat cara atau tutorial untuk membuat thumbnail Youtube yang baik dan benar. Pada bagian ini kami akan memaparkan lebih jelas agar Anda bisa membuat thumbnail, karena perannya sama seperti cover majalah yang harus pandai memancing perhatian audiens.

Tetap sederhana

Ciri Thumbnail YouTube yang sederhana adalah singkat. Karena thumbnail bahkan terlihat lebih kecil jika dilihat di perangkat seluler, yang sangat umum karena YouTube sering ditonton di ponsel. Faktanya, rata-rata hari di tahun 2018, ada 1 miliar tampilan seluler. Maka dari itu Anda harus mencoba untuk menghindari menambahkan terlalu banyak teks atau terlalu kecil teks. Orang tidak akan dapat membacanya, dan dengan demikian upaya Anda untuk menghebohkan thumbnail tidak akan menarik perhatian.

Agar thumbnail Anda tampak sederhana, hindari menginput teks seluruh judul video Anda ke gambar. Judul video Anda akan muncul tepat di sebelah thumbnail Anda. Upayakan untuk mempersingkat judul Anda menjadi beberapa kata pendek saja. Gambar diam sangat cocok untuk gambar mini karena dengan cepat memberikan gambaran tentang apa yang akan ditemukan pemirsa di video Anda tanpa Anda harus membuat gambar sepenuhnya dari awal.

Gunakan warna yang kontras

Anda mungkin pernah melihat kesalahan tragis ini sebelumnya, yakni teks putih di latar belakang terang atau teks hitam di latar belakang gelap. Hal seperti inilah yang sebenarnya fatal dalam dunia design, apalagi untuk membuat thumbnail. Bagaimanapun thumbnail itu kecil, dan jumlahnya banyak jika dijejerkan dengan video-video lain yang ada pada layar ponsel. Anda hanya perlu menonjolkan video, jadi jika audiens tidak dapat membaca teks pada gambar mini Anda, kemungkinan video Anda akan dilewati.

Perhatikan penempatan logo

Menambahkan logo Anda ke gambar mini YouTube Anda adalah ide yang bagus. Apalagi jika Anda membuat channel youtube untuk perusahaan karena ini dapat membantu dengan kesadaran merek, bagaimanapun, bagaimana dan di mana Anda menempatkan logo pada thumbnail Anda adalah penting. Pertama, pastikan logo Anda tidak terlalu besar. Anda tidak ingin mengalihkan perhatian dari keseluruhan pesan thumbnail, tetapi jika terlalu kecil tidak ada gunanya menambahkannya sama sekali.

Menambahkan logo Anda ke sudut gambar mini berfungsi dengan baik, terutama jika Anda memiliki teks lain di gambar mini Anda, tetapi hindari sudut kanan bawah. Mengapa? Karena di situlah YouTube menampilkan durasi video Anda untuk pemirsa. Jika Anda meletakkan logo Anda pada bagian bawah artinya akan sulit dilihat orang dan membuat video Anda terlihat tidak profesional.

Thumbnail jangan menyesatkan

Penonton zaman sekarang semakin kritis dan tidak suka clickbait, atau hanya sekedar mencari perhatian namun isinya bohong. Itulah mengapa Penting untuk memastikan bahwa gambar mini YouTube Anda secara akurat menggambarkan apa yang akan ditemukan pemirsa di video Anda. Jika tidak, channel Youtube Anda akan dinilai tidak baik. Dan lebih buruk lagi, YouTube bisa memblokir akun jika banyak penonton yang melapor video dari channel Youtube Anda.

Adanya thumbnail adalah untuk memberikan gambaran singkat tentang isi video, jadi menggunakan gambar yang tidak sesuai dengan isi akan merugikan penonton. Maka dari itu hal yang terbaik adalah menyeimbangkan pembuatan penggoda visual tanpa mengungkapkan terlalu banyak. Hanya tampilkan cukup untuk membuat pengguna ingin mengklik dan melihat apa yang Anda katakan.

Tutorial membuat thumbnail Youtube

Ukuran-Thumbnail-Youtube-yang-Pas-2021-Tutorial-Membuat

Sekarang, mari kita gunakan apa yang telah kita pelajari tentang thumbnail dengan benar-benar membuat gambar thumbnail kustom. Cara mudah untuk membuat thumbnail YouTube adalah dengan menggunakan TechSmith Snagit.

Berikut langkah demi langkah tentang cara membuat thumbnail YouTube di Snagit.

  1. Unduh uji coba gratis Snagit.

Ini sangat mudah!

  1. Impor video Anda ke Snagit.

Jika Anda telah merekam video layar atau webcam Anda dengan Snagit, Anda dapat melewati pengimporan video Anda.

  1. Gunakan tombol konversi ke PNG Snagit untuk mengubah video Anda menjadi gambar.

Putar melalui video Anda dan temukan tempat yang tepat yang ingin Anda ubah menjadi gambar.

  1. Tambahkan teks, info, panah, logo Anda, dan lainnya langsung di dalam Editor Snagit.

Jangan lupa untuk mengingat praktik terbaik Thumbnail YouTube—sederhana, warna kontras, penempatan logo, dll.

  1. Simpan gambar Anda untuk diunggah ke YouTube untuk thumbnail video.

Sekarang, lanjutkan dan coba buat thumbnail YouTube Anda sendiri di Snagit, atau gunakan perangkat lunak apa pun yang menurut Anda paling nyaman digunakan. Kemudian, unggah gambar mini khusus Anda ke YouTube sebelum memposting video Anda. Semoga artikel mengenai ukuran thumbnail youtube 2021 bermanfaat.

Baca Juga: Cara Membuat Video Tutorial

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *