Cara Melacak HP Hilang Dengan IMEI

Cara melacak HP hilang dengan IMEI

Tips Cara Melacak HP Hilang dengan IMEI yang Mudah – Cara melacak HP hilang dengan IMEI sebenarnya tidak terlalu susah. Kamu bisa menggunakan berbagai macam aplikasi yang dapat diunduh gratis di Playstore. Tentunya dengan syarat kamu harus mengetahui nomor IMEI yang terdapat pada perangkat. Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai kedua hal tersebut secara mendetail.

Ponsel hilang bisa disebabkan karena banyak hal, yang jelas pada saat itu kamu memang benar-benar apes. Tidak sedikit orang yang kehilangan handphone akan berusaha mencarinya. Mulai dari mencoba menghubungi nomor yang digunakan, membuat postingan di media sosial, bahkan ada yang melapor pada polisi.

Upaya yang mereka lakukan tentunya tidak salah, namanya juga usaha. Lagipula, kemungkinan mereka tidak tahu bahwa nomor IMEI dapat digunakan untuk mencari HP yang hilang tersebut. Atau bisa jadi, mereka tidak tahu berapa nomor seri IMEI yang ada pada perangkat yang hilang.

Cara Mengetahui Nomor IMEI HP

Cara melacak HP hilang dengan IMEI

Setidaknya ada empat cara mengetahui nomor IMEI pada HP yang dapat digunakan untuk mencari keberadaan HP yang hilang walaupun dalam keadaan mati. Mungkin akan sangat berguna bagi kamu yang belum mengetahuinya. Pada bab ini, kami akan menjelaskan apa saja caranya dan bagaimana menggunakannya.

1. Cara melacak HP hilang dengan IMEI, Dari Dosbuk HP

Cara yang pertama dan paling mudah yaitu dengan melihat pada kardus HP (dosbuk). Pada saat membeli HP, kamu akan mendapatkan dosbuk lengkap dengan panduannya. Coba lihat dibagian belakang, kardus, disitulah terletak nomor IMEI ponsel.

2. Bagian Belakang HP

Cara yang kedua bisa juga melihat pada bagian belakang perangkat. Jika dulu sebelum Android beredar luas, kamu harus membuka HP terlebih dahulu untuk melihat nomor IMEI. Pada perangkat Android, kamu cukup membaliknya dan lihat pada casing bagian belakang.

3. Melihat Nomor IMEI dari Setting

Jika dosbuk hilang, atau casing sudah diganti, kamu bisa memanfaatkan fitur seting. Caranya cukup mudah, kamu buka seting (pengaturan), lanjutkan dengan memilih about phone (tentang telephone). Nomor IMEI beserta lengkap dengan versi perangkat dan sistem operasi bisa dilihat disana.

4. Cara melacak HP hilang dengan IMEI, Dengan Dial Menu Panggilan

Yang terakhir kamu bisa juga cek IMEI dengan menggunakan panggilan. Buka menu panggilan, tekan *#06#*dan kemudian akan otomatis muncul.

Cara Melacak HP Hilang Dengan IMEI

Salah cara yang bisa dilakukan untuk menemukan HP yang hilang dengan menggunakan IMEI adalah dengan menghubungi provider yang digunakan. Cara ini memang agak sulit dalam prosesnya. Kamu harus minta surat kehilangan pada kepolisian, kemudian mendatangi kantor provider. Disana, provider akan melakukan tugasnya dengan melacak keberadaan perangkat.

Namun masalahnya adalah, jika ponsel yang hilang tersebut dicuri, kemungkinan besar pencuri telah mengganti kartu SIM nya. itu artinya, provider hanya mampu melacak posisi terakhir sebelum SIM card diganti. Selanjutnya, mereka tidak bisa membantu untuk menelusuri lebih lanjut.

Masalah lainnya yang juga kemungkinan dihadapi adalah jika koneksi internet pada perangkat yang hilang tersebut tidak aktif. Jadi, jika pada saat itu ponsel yang hilang dalam keadaan mati, kemungkinan besar tidak akan bisa ditemukan dengan cara ini.

Melacak HP Hilang Dalam Keadaan Mati

Anggap saja kamu gagal mencari HP yang hilang dengan menggunakan IMEI dan bantuan provider. Kamu bisa menggunakan cara lain, yaitu dengan menggunakan goggle maps. Syaratnya, kamu harus tahu email yang digunakan pada perangkat yang hilang tersebut.

  • Buka Google maps, kamu bisa menggunakan ponsel lain atau laptop.
  • Pilih tambahkan akun pada menu bagian kanan atas.
  • Masuk menggunakan email HP yang hilang tadi.
  • Setelah berhasil masuk, klik segitiga yang ada disebelah kanan atas.
  • Tunggu beberapa saat hingga layar Google map menunjukkan posisi terakhir HP kamu.

Kesimpulan

Itulah sedikit penjelasan mengenai cara melacak hp hilang dengan IMEI. Dapat diambil kesimpulan bahwa cara diatas akan berhasil jika kondisi perangkat yang hilang dalam keadaan hidup. Apabila sudah dimatikan oleh pencuri atau penemunya, hanya bisa dilihat posisi terakhirnya saja.

Baca Juga : Cara Mengatasi HP Terendam Air.

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

four × two =