Cara Memainkan Google Stadia

Cara-Memainkan-Google-Stadia-di-Laptop-dan-Smartphone

Gimana sih Cara memainkan Google Stadia yang benar untuk komputer PC atau laptop dan smartphone ? Buat kamu yang udah ngebet kepengin main game dari google stadia, ada beberapa informasi yang harus kamu ketahui terlebih dahulu. Google Stadia sebenarnya bukanlah produk layanan baru dari google, melainkan sudah lama resmi meluncur ke publik sejak tahun 2019 lalu.

Namun karena koneksi internet yang lambat, google stadia jadi belum begitu populer seperti sekarang ini. Khususnya di Indonesia yang sinyal internetnya terkadang bisa ada bisa juga hilang. (Beberapa daerah pelosok) Nah, hal itu tentunya sangat berbeda dengan sekarang yang telah hadir jaringan internet generasi ke-5 atau 5G. Mengakses Internet tentunya bisa jauh lebih cepat dari 4G serta memiliki latensi yang lebih rendah, sehingga bisa lebih responsif untuk main game streaming.

Pengertian Google Stadia

Cara-Memainkan-Google-Stadia-di-Laptop-dan-Smartphone-Apa-itu-Google-Stadia

Sampai sekarang ini nyatanya baru sedikit orang saja yang mengerti tentang dunia game dari google stadia. Sedangkan yang tidak tahu masih sangat banyak tentang produk unggulan milik google yang satu ini. Google stadia itu pada dasarnya adalah sebuah platform game, namun jangan disamakan dengan game konsol seperti Playstation 5, Nintendo, atau Xbox.

Untuk bisa main game dari google stadia, kamu sama sekali tidak perlu beli mesin konsolnya ! Melainkan hanya butuh komputer atau smartphone dengan spek yang minim saja serta controller khusus dari google stadia. Lalu berapa harga controller google stadia yang sudah ada dipasaran sekarang ? Nah, untuk sekedar tahu saja harganya sekitar 1 jutaan rupiah untuk satu unitnya. Dan masih ada kemungkinan harganya bisa turun seiring dengan berjalannya waktu.

Sebenarnya tanpa controllernya juga sudah bisa main dengan mengandalkan layar ponsel sebagai controller virtualnya. Namun untuk bisa mendapatkan pengalaman terbaik dan bisa merasakan layaknya sedang bermain game konsol seperti playstation 5 maka sebaiknya menggunakan controller stadia. Konsep yang digunakan sebenarnya sangat sederhana, Google memanfaat jaringan internet cepat 5G serta server miliknya untuk dijadikan cloud gaming. Sehingga user-usernya bisa langsung main tanpa perlu beli konsol yang mahal seperti playstation atau Xbox.

Secara umum kamu hanya butuh 2 perangkat pendukungnya saja, yang pertama smartphone dengan layar yang lebar dan controller google stadia yang bentuknya hampir mirip seperti controller Playstation 5. Lalu koneksi internet 5G yang sudah terbilang sangat cepat. Sebab memainkan game google stadia membutuhkan bandwith yang besar agar tidak terputus-putus ketika main.

Persyaratan spesifikasi

Untuk bisa bermain game dari google stadia dengan lancar, selain koneksi internet cepat 5G kamu hanya butuh HP android atau laptop dengan spesifikasi seadanya saja. Sebab seperti yang sudah dikatakan tadi bahwa cara kerja google stadia adalah cloud gaming yang artinya resourcenya berasal dari server google. Jadi percuma punya smartphone dengan spesifikasi tinggi karena saat memainkan game google stadia yang terpakai adalah hardware dari server google.

Sedangkan perangkat yang kamu pakai hanya tinggal menerima saja dalam tampilan visual yang memakan bandwith cukup besar. (Tergantung settingan resolusi 1080p atau 4K.) Nah, buat kamu yang penasaran dengan spesifikasi server google, berikut ini spesifikasinya. Google memiliki server yang dipakai khusus untuk menjalankan game stadia dengan menggunakan prosesor khusus yang berjalan menggunakan OS Linux serta RAM 16GB per servernya.

Game yang telah selesai diproses dari server kemudian akan dikirimkan ke perangkat smartphone/laptop anda melalui koneksi internet. Jadi kinerjanya sangat bergantung dari server google itu sendiri dan bukan dari smartphone atau laptop yang anda gunakan.

Cara memainkan Google Stadia melalui Laptop atau PC Komputer

Tidak seperti PC Gamer yang membutuhkan spek dewa, jika ingin main game Stadia hanya butuh prosesor dual core, RAM 4GB, dan kartu grafis minimal Intel HD 3000. Lalu siapkan juga storage sebesar 1GB saja sudah cukup dan menggunakan sistem operasi Windows 7 atau 10. Jika itu semua sudah terpenuhi maka yang selanjutnya kamu butuhkan adalah web browser Google chrome. Usahakan untuk menggunakan Web browser Google Chrome versi terbaru agar bisa lebih lancar ketika bermain game nanti. Sebab melalui Google Chrome ini kita akan mengakses game stadia dari server milik Google.

Lalu bagaimana jika seandainya memakai web browser lain seperti mozilla firefox ? Hal ini tentunya secara umum juga dapat berjalan dengan baik asalkan sudah menggunakan versi yang paling update. Namun untuk mendukung kelancaran saat bermain dan supaya bisa memberikan pengalaman game stadia terbaik maka labih disarankan untuk menggunakan Google Chrome saja. Jika semua sudah terpenuhi maka yang perlu kita lakukan selanjutnya tinggal membuka chrome untuk mengakses situs resminya yaitu stadia.google.com.

Pada situs tersebut akan muncul tombol besar bertuliskan “Play” atau “try it now for free” dan klik saja untuk memulai. Halaman selanjutnya anda akan diminta daftar atau login terlebih dahulu dengan menggunakan email dan password yang benar. Perlu anda ketahui bahwa Google ternyata sampai saat ini (2021) masih membatasi user hanya dari negara tertentu saja yang bisa menikmati layanan game cloud ini. Dan Indonesia ternyata belum masuk daftar hijau yang bisa ikut mencicipi layanan stadia. Jadi Solusinya gunakanlah VPN premium ! Seperti kita ketahui bahwa VPN menjadi pilihan terbaik supaya kita bisa berinternetan dengan anonim karena menggunakan server dari VPN sebagai gateway-nya.

Cara menggunakan VPN

Untuk bisa bermain google stadia dari Indonesia sekarang juga, mau tidak mau kita harus gunakan VPN yang premium agar servernya cepat. Sebab jika menggunakan VPN gratisan untuk main game biasanya akan menjadi lambat. Oleh karena itu sebaiknya anda sebaiknya berlangganan VPN premium terlebih dahulu agar bisa bermain stadia. Saat ini telah ada banyak pilihan VPN premium yang beredar di internet dan anda bisa pilih salah satunya. Namun jika anda bingung, sebagai tips pilihlah yang sudah punya kredibilitas tinggi.

Sebagai contoh VPN dari perusahaan terkenal seperti ExpressVPN, CyberGhost, SurfShark dan masih banyak lagi. Vpn-VPn tersebut telah mendapat banyak review positif dari berbagai kalangan, sehingga anda tidak perlu ragu lagi akan kinerja dan keamannya. Jika tidak menggunakan VPN itu, anda bisa juga gunakan layanan VPN premium yang berasal dari perusahaan-perusahaan software antivirus. Contohnya seperti Bitdefender, Norton, dan McAfee yang biasanya juga ikut menyediakan layanan VPN premium dengan kemanan tinggi. Setelah punya VPN premium maka anda hanya perlu login ke google stadia dan bisa langsung memainkannya lewat web browser google Chrome.

Cara memainkan Google Stadia di PC tanpa pakai controller

Umumnya lebih asyik jika menggunakan controller saat bermain google stadia. Namun jika kamu lebih terbiasa bermain game dengan menggunakan keyboard dan mouse PC atau memang belum sempat beli controller stadiannya maka itu sangatlah memungkinkan sekali. Saat pertama kali memainkan game stadia lewat google chrome, biasanya user akan kebingungan untuk berhenti keluar karena tampilannya jadi full screen. Nah, untuk bisa keluar caranya sangat mudah, cukup tekan tombol ESC pada keyboard maka anda akan langsung keluar dari game stadia.

Selain tombol ESC, anda juga bisa menggunakan tombol F11 yang fungsinya untuk menampilkan game stadia dalam mode pop up atau keluar dari mode full screen. Beda game biasanya beda tombol keyboardnya, maka dari itu sebelum bermain sebaiknya masuk ke settingan terlebih dahulu agar bisa tahu tombol-tombol keyboard apa saja yang akan dipakai selama permainan.

Cara memainkan Google Stadia melalui smartphone Android

 Cara-Memainkan-Google-Stadia-di-Laptop-dan-Smartphone-Android.

Hampir sama dengan cara yang menggunakan PC atau laptop. Jika anda ingin main stadia lewat HP juga membutuhkan web browser terupdate bisa gunakan Google chrome atau web browser modern lainnya. Syarat utama untuk bisa bermain Stadia dari HP android adalah sudah tersedia koneksi internet yang stabil. Sebaiknya gunakan HP yang sudah mendukung jaringan 5G. Atau bisa juga menggunkaan koneksi WiFI 5G untuk HP yang belum support modem 5G bawaan HP.

Nah, jika semua itu sudah terpenuhi maka bisa langsung main dengan login terlebih dahulu melalui situs resmi google stadia. Dan karena kendalanya hampir sama dengan yang PC/Laptop yaitu user +62 masih belum bisa mengakses server stadia dari dalam negeri. Solusi terbaiknya sudah pasti dengan menggunakan VPN premium yang bisa anda download dari google play store. Ada banyak pilihan VPN premium yang tersedia dan bisa anda pilih sesuai selera karena harga perbulannya juga bisa beda-beda.

Sebagai tips sebaiknya pilih VPN premium yang sudah mendapat rating tinggi di play store dengan banyak review positif. Sebagai contoh VPN premium untuk android yang recommended antara lain seperti NordVPN, ExpressVPN, Surfshark dan masih banyak lagi. Jangan sekali-kali menggunakan VPN gratisan apalagi yang berasal dari brand tidak terkenal karena biasanya akan lambat.

Terlebih lagi yang gratisan biasanya juga terdapat banyak iklan yang mengganggu serta koneksi yang tidak stabil karena server VPN nya harus berbagi resource dengan pengguna lain. Nah, setelah anda punya VPN premium untuk HP android maka yang selanjutnya tinggal akses ke google stadia. Bisa menggunakan web brower google chrome atau menggunakan aplikasi Khusus yang bernama “Stadia”. Aplikasi Stadia ini bisa anda dapatkan melalui google play store harus anda download dan install terlebih dahulu ke HP android yang anda pakai. Yang perlu anda perhatikan sebelum menggunakan aplikasi android bawan stadia ini yaitu versi OS nya minimal harus 6 keatas.

Game apa saja yang tersedia untuk Google Stadia ?

Secara umum ada dua versi yang bisa anda mainkan dari game google stadia yaitu versi gratisan dan versi berbayar. Untuk pengguna baru bisa mencoba game google stadia secara gratis selama satu bulan pertama. Dan setelah satu bulan pengguna yang ingin tetap menikmati layanan cloud gaming ini harus membayar sekitar 140 ribu rupiah per bulannya.

Nah, hal ini tentu sangat berbeda dengan game konsol seperti playstation 4,5 atau Xbox yang harus membeli setiap ada game baru. Pada Google stadia, anda hanya perlu bayar bulanan saja sebesar 140 ribuan rupiah atau setara dengan 10 dollar US. Dan untuk game-gamenya sudah bisa dimainkan secara gratis.

5/5 - (165 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

nineteen − three =