Cara Membuat Linktree

Cara-Membuat-Linktree-Dengan-Mudah

Cara Membuat Linktree – Jika Anda seorang pembisnis online, ataupun seorang yang memiliki kesibukan pekerjaan via online seperti blogger dan yang lainnya. Pasti sudah tidak asing dengan istilah linktree. Mungkin sebagian dari Anda masih bingung dengan istilah tersebut.

Padahal linktree sangat sering kita jumpai khususnya ketika seseorang mencantumkan URL aktif di platform sosial media guna memudahkan akses menuju Whatsapp, akun toko online dan lain sebagainya.

Biasanya seseorang yang mencantumkan link pada bio sosial media mereka adalah para pembisnis online, influencer, instasi pendidikan maupun perusahaan dan yang lainnya.

Hal ini digunakan untuk  memudahkan siapa saja yang ingin mengakses kontak dari orang yang mencantumkan linktree tersebut pada bionya. Atau Anda juga mungkin salah satu yang mencantumkan linktree ini pada akun media sosial?

Sudah sedikit disinggung di atas bahwa linktree merupakan website yang menyediakan layanan bagi para penjual jasa, influencer dan lain sebagainya untuk mencantumkan link (tautan) dengan lebih sederhana pada platform sosial media.

Lalu untuk apa linktree digunakan? Kegunaannya adalah untuk memberikan kemudahan memberikan link beberapa akses kontak bagi para pedagang, atau beberapa profesi dan instasi yang sudah disebutkan di atas.

Pada umumnya satu link yang digunakan hanya menampilkan satu pilihan tombol saja. Nah, dengan menggunakan linktree Anda bisa mencantumkan beberapa jenis menu yang menjadi shortcut sehingga pengunjung tidak perlu mengetik ulang URL.

Dengan inovasi yang disediakan oleh linktree, tidak heran layanan tersebut semakin populer. Karena sangat cocok dengan kebutuhan para pengguna dan penggiat sosial media, khususnya Instagram.

Pada umumnya, mereka mencantumkan Linktree atau pohon tautan diisi dengan beberapa pilihan, contohnya seperti kontak WhatsApp, link ke toko online, serta landing page website dan link yang mengarah ke channel YouTube untuk para content creator.

Bagi Anda yang tertarik untuk membuat linktree untuk kebutuhan toko online ataupun sosial media Anda. Berikut step di bawah ini membahas tentang panduan dan cara mendaftar di Linktree.

Perlu Anda ketahui juga, bahwa linktree menyediakan versi gratis dan juga berbayar. Jika Anda ingin mendapatkan fitur yang lengkap, bisa bergabung dengan versi premium.

Cara Membuat Linktree Mudah dengan Daftar Terlebih Dahulu

Cara-Membuat-Linktree

    1. Silakan masuk ke website resmi Linktree untuk melakukan pendaftaran.
    2. Isi dengan lengkap kolom yang dibutuhkan saat mendaftarkan akun. Mulai dari alamat Email, nama, password, dan username secara lengkap.
    3. Lalu pilih paket yang ingin Anda gunakan apakah gratis atau berbayar sesuai dengan kebutuhan Anda.
    4. Langkah selanjutnya adalah melakukan verifikasi melalui akun email yang Anda daftarkan di awal dengan membuka folder Inbox.
    5. Setelah proses pendaftaran selesai. Anda sudah bisa menambahkan link dengan masuk ke menu Links.
    6. Untuk memasukan link ke akun sosial media Anda, Copy Link tersebut dari Linktree lalu cantumkan pada sosial media Anda seperti Instagram.

Settings Tautan Link ke Chat WhatsApp di Linktree

Pada menu Links bisa diisi dengan berbagai macam tautan yang Anda inginkan. Hanya saja, yang paling populer digunakan adalah tautan yang mengarah langsung ke Chat WhatsApp. Biasanya ini digunakan untuk memudahkan komunikasi antar pedagang dan pembeli.

Di bawah ini adalah tutorial untuk membuat Link chat WhatsApp di linktree.

    1. Siapkan link WhatsApp yang Anda miliki dan mengarah langsung ke nomor WA.
    2. Lalu masuk ke akun Linktree yang tadi sudah Anda buat.
    3. Pilih menu Links.
    4. Selanjutnya tulis judul dengan mengetik keyword WhatsApp di kolom title.
    5. Masukkan Link WhatsApp Anda ke kolom URL, contohnya seperti link WhatsApp di atas.
    6. Lalu salin tautan Linktree akun Anda.
    7. Langkah terakhir masukkan tautan Linktree ke profil Instagram ataupun akun sosial media yang lain.

Informasi tambahan, pada kolom teks Anda bisa mencantumkan dengan kalimat yang Anda inginkan.  Seperti “Chat WhatsApp, Pesan di WhatsApp, dan lain-lain”.

Cara Membuat Tautan Link  Line di Linktree

Setelah cara pertama mebuat link untuk WhatsApp, selanjutnya adalah step untuk menambahkan tautan Line pada linktree. Selain WhatsApp, Line merupakan sosial media yang digunakan untuk bertukar pesan serta juga cukup populer. Berikut cara link chat Line di linktree.

    1. Kunjungi dan login ke akun Linktree Anda.
    2. Pilih menu Link.
    3. Klik Add New Link.
    4. Setelah itu akan muncul kolom baru.
    5. Lalu lanjut dengan memasukan teks “Line” ke kolom title.
    6. Lanhkah terakhir yaitu masukkan link Line milik anda ke URL.

Setelah selesai, Anda perlu  menyalin linktree Anda, kemudian salin link linktree tersebut ke dalam bio instagram ataupun sosial media yang lain.

Cara Membuat Tautan Link ke Shopee atau Toko Online lainnya di Linktree

Link tautan yang mengakses langsung pembeli ke toko online sudah barang tentu sangat memberikan keuntungan bagi pedagang atau pembisnis online. Hal ini guna meminimalisir pertanyaan serupa yang dilontarkan pembeli mengenai nama toko online, atau link yang bisa pembeli akses secara langsung.

Salah satu tautan yang akan dibahas di sini adalah tautan yang mengarah ke halaman Shopee. Selanjutnya Anda juga bisa membuat link tautan untuk toko online lain sepert Tokopedia, Buka Lapak, Lazada dan sebagainya sesuai dengan step di bawah ini.

Nah, link akun toko online Anda juga bisa dimasukkan ke dalam linktree dan menjadi satu dengan chat WhatsApp. Agar pembeli bisa langsung mengakses toko online Anda tanpa harus mencari secara manual.

Sebenarnya, untuk step yang dilakukan hampir sama ketika menambahkan link chat WhatsApp. Nah, bedanya Anda perlu mengetahui link profil toko online Anda di website Shopee ataupun toko online yang lain.

    1. Masuk ke akun Linktree
    2. Pilih ke menu Links
    3. Klik Add New Link
    4. Lalu ketik teks “Shopee” di kolom Tittle atau bisa diketik Tokopedia, Lazada dan sebagainya
    5. Step terakhir adalah,memasukkan link toko online Anda di Shopee (karena step yang digunakan sebelumnya adalah untuk toko online di Shopee)

Anda bisa mengecek kembali tautan link tersebut dengan cara mengakses link linktree Anda. Hal ini untuk mengantisipasi jika tombol Shopee belum muncul, maka bisa diulangi kembali dari langkah pertama.

Ulasan di atas merupakan beberapa cara membuat linktree yang dapat memudahkan Anda dalam keperluan bisnis dan lainnya. Secara umum step yang dilakukan untuk membuat tautan yang baru sama dengan yang lainnya.

Hanya saja ketika sampai pada menu Add New Link, Anda perlu mengetik akun sosial media apa saja yang akan digabung dalam linktree. Tidak sesulit yang dibayangkan untuk membuat linktree. Tinggal mengikuti step yang sudah disebutkan di atas, maka linktree siap dicantumkan pada platform sosial media.

Jika terjadi kesalahan atau gagal dalam proses penggabungan link, maka ulangi proses tersebut dari langkah pertama. Pastikan juga koneksi internet serta kuota internet Anda dalam kondisi yang stabil. Selamat mencoba!

5/5 - (25 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

two + 12 =