15 Cara Tarik Tunai BRI di Alfamart dan Indomart

15 Cara Tarik Tunai BRI di Alfamart dan Indomart

Cara Tarik Tunai BRI di Alfamart dan Indomart – Dengan perkembangan teknologi yang ada, para perbankan berlomba untuk memberikan kemudahan bagi para nasabahnya. Tak  terkecuali dengan perbankan milik pemerintah. Salah satunya adalah Bank Rakyat Indonesia yang memberikan fasilitas cara tarik tunai BRI di Alfamart dan Indomart.

Kemudahan tersebut juga merupakan salah satu faktor yang menyebabkan nasabah menjadi konsumen loyal pada BRI.  Terutama yang berada di daerah perkotaan dimana kedua merekam tersebut banyak tersebar.  Selain itu pula gaya hidup yang mobile mendorong banyak orang berpindah dari satu tempat ke tempat lain.

Mengenal Cara Tarik Tunai BRI di Alfamart dan Indomart

BRI sebagai salah satu bank pemerintah tentu tidak kebal dengan yang namanya perkembangan teknologi. Malahan demi untuk tetap bertahan pada kompetisi perbankan yang sangat kompetitif, maka bank tersebut harus mampu mengadopsi perkembangannya yang sangat cepat.

Salah satunya adalah dengan memberikan fasilitas cara tarik tunai BRI di Alfamart dan Indomaret yang sangat memudahkan nasabahnya. Terutama bagi mereka yang tinggal di perkotaan dimana kedua minimarket tersebut banyak tersebar di setiap tempat.  Pasalnya tidak ada warga kota yang tidak memanfaatkan toko itu.

Kendati BRI merupakan bank yang memiliki kantor cabang serta mesin ATM tersebar di setiap daerah daerah bukan berarti fasilitas ini menjadi mubazir.  Namun, malahan suatu angin segar karena tidak memerlukan penarikan menggunakan mesin ATM khusus BRI. Bahkan ada yang bisa cardless sehingga tidak membutuhkan fisik kartu tersebut.

Agar nasabah dapat memanfaatkan fasilitas cara tarik tunai BRI di Alfamart dan Indomaret maka harus memastikan bahwa kedua merchant tersebut mempunyai mesin EDC BRI yang dapat berfungsi. Sebab, jika tidak, biasanya ada biaya tambahan jika menggunakan fasilitas EDC milik bank lain.

Memanfaatkan Merchant Indomaret dan Alfamart

Sebelum Anda melakukan cara tarik tunai BRI di Alfamart dan Indomaret maka pastikanlah ke-2 merchant yang Anda tuju memiliki kerjasama dengan bank tersebut. Untuk lebih jelasnya tanyakanlah pada kasir atau petugas minimarket tersebut agar Anda tidak perlu mengantri terlalu lama untuk mendapatkan jawaban.

Jika sudah yakin, maka lakukan langkah di bawah ini agar dapat melakukan cara tarik tunai BRI di Alfamart dan Indomaret terdekat.

  1. Datangilah kasir dan tanyakanlah cara untuk mengambil uang tunai pada minimarket tersebut
  2. Berbelanjalah terlebih dahulu sesuai dengan syarat pengambilan pengambilan uang cash BRI
  3. Selanjutnya datangilah kasir kembali untuk membayar belanjaan Anda sambil menarik uang tunai BRI tersebut menggunakan mesin EDC
  4. Selanjutnya kasir akan menghitung berapa banyak belanjaan Anda serta menanyakan berapa nominal yang akan ditarik melalui kartu debit tersebut
  5. Setelah mengetahui besarnya maka proses akan dilanjutkan dengan penginputan pada sistem point of sales kedua minimarket itu
  6. Setelah itu Anda akan diberitahu Berapa besarnya uangnya akan didebet dari rekening.  Jumlahnya adalah sebesar uang yang akan ditarik ditambah dengan besaran minimal pembelanjaan dan biaya penarikan tunai melalui kasir
  7. Setelah Anda menyetujui pernyataan besaran nominal tersebut, maka serahkanlah kartu debit BRI pada kasir yang kemudian akan menginput pada mesin EDC BRI
  8. Kasir selanjutnya akan melakukan pengetikan sejumlah uang yang telah dikatakan tadi pada layar mesin EDC
  9. Lalu kasir akan meminta Anda untuk mengetikkan PIN kartu debit tersebut pada keypad EDC sebagai bukti verifikasi penarikan uang cash dan pembayaran pembelanjaan tersebut
  10. Tekan tombol hijau sebagai enter untuk mengakhiri proses verifikasi yang dilakukan oleh mesin EDC
  11. Selanjutnya tunggulah agar mesin tersebut memproses permintaan pada sistem perbankan
  12. Setelah selesai, maka layar akan memperlihatkan persetujuan sistem perbankan untuk rekening ada sejumlah nominal yang telah disepakati tadi
  13. Selanjutnya kasir akan menginput nya pada sistem point of sales sama merchant tersebut
  14. Setelah proses pencabutan selesai maka anda akan memperoleh sejumlah uang kas yang tadi dimaksudkan untuk ditarik dari rekening
  15. Transaksi selesai

Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Tarik Tunai BRI

Sebelum Anda melakukan cara tarik tunai BRI di Alfamart dan Indomaret ketahuilah beberapa hal terlebih dahulu agar tidak terjadi miskomunikasi. Pasalnya, seringkali orang mengira terdapat kesamaan antara satu merchant dengan yang lainnya.

Syarat Pembelanjaan

Tanyakanlah pada petugas atau kasir Apakah ada syarat pembelanjaan dengan sejumlah tertentu agar dapat melakukan penarikan tunai BRI.  Jika ada, maka Anda harus melakukan pembelanjaan terlebih dahulu. Sebab ini akan berhubungan dengan berapa banyak uang yang akan dipotong dari rekening anda.

Biaya Penarikan

Antara Indomaret dan Alfamart merupakan merchant yang berbeda dengan manajemen yang tidak sama pula. Anda boleh menanyakan kebijakan tentang biaya penarikan di antara keduanya. Sebab bisa jadi terjadi perbedaan. Karena biaya penarikan juga termasuk yang akan didebet pada rekening.

Nominal Penarikan

Tanyakanlah sejelas mungkin berapa jumlah minimal nominal penarikan yang dapat anda lakukan serta jumlah maksimal nya. Sebab bisa jadi kebutuhan Anda lebih dari persyaratan kedua merchant tersebut. Pada umumnya minimarket memberikan jumlah paling kecil adalah Rp50.000 dan yang paling besar adalah Rp1.000.000 per harinya.

Perhatikanlah Jam Kerja Indomaret dan Alfamart

Anda juga harus memperhatikan jam kerja Indomaret dan Alfamart. Terutama ketika membutuhkan uang dalam jumlah yang maksimal,  misalnya Rp1.000.000. Jika datang pada saat mereka buka toko belum tentu terdapat uang cash sebesar itu.  Oleh karenanya perhitungkanlah dengan baik waktu yang tepat.

Anda dapat mendatangi kedua merchant tersebut setelah beberapa jam waktu kerja. Misalnya sesudah makan siang atau 1 jam sebelum makan siang yang biasanya para konsumen sudah mulai berbelanja menggunakan uang cash. Jangan pulang mendekati penutupan toko karena bisa jadi sudah dilakukan proses kliring kasir.

Keuntungan Menarik Uang Tunai di Indomaret dan Alfamart

Kendati terdapat biaya penarikan,  cara tarik tunai BRI di Alfamart dan Indomaret memberikan keuntungan tersendiri bagi nasabah. Sebab kedua merk kan ini cukup banyak tersebar di seluruh daerah di Indonesia.

Alternatif Mesin ATM BRI

Cara tarik tunai BRI dan Alfamart dan Indomaret merupakan alternatif yang dapat dijadikan pilihan ketika mesin ATM BRI atau link bersama tidak mudah ditemukan. Terutama di daerah yang tidak ada fasilitas perbankannya. Akan tetapi, pada umumnya kedua merchant tersebut mudah ditemukan.

Mudah Untuk Menemukan

Indomaret dan Alfamart merupakan minimarket yang banyak tersebar di seluruh Indonesia terutama di daerah perkotaan.  Sehingga amat memudahkan bagi nasabah untuk menarik uang tunai tanpa harus menemukan mesin ATM BRI terlebih dahulu. Terlebih lagi prosesnya sangat mudah nyaris seperti menarik cash menggunakan mesin.

Baca Juga: Cara Tarik Tunai BRI Tanpa Kartu, Anti Ribet dan Gampang

Fasilitas cara tarik tunai BRI di Alfamart dan Indomart akan mempermudah nasabah terutama yang tinggal di perkotaan untuk mendapatkan uang cash. Dengan kemudahan tersebut bisa jadi kenaikan jumlah nasabah BRI akan semakin meningkat dan menjadi salah satu sumber untuk mendapatkan laba perusahaan.

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: yasin badarudin

Leave a Reply

Your email address will not be published.

18 − 10 =