Cara Membuat Pengingat di Android

Cara_Membuat_Pengingat_di_Android

Cara membuat pengingat di Android sebenarnya bukan hal yang sulit, namun kelihatannya masih banyak orang yang belum tahu bagaimana caranya. Terlebih bagi mereka yang masih baru menggunakan jenis telepon pintar yang satu ini. Banyak aplikasi yang digunakan dan minim pengetahuan adalah salah satu faktor utamanya.

Aktivitas keseharian yang padat sehingga membuat sibuk seringkali membuat kita lupa tentang jadwal selanjutnya. Mungkin tidak akan terjadi jika hanya satu atau dua jadwal, atau jadwal untuk sehari dua hari. Namun bagaimana jika jadwal tersebut akan dilakukan selama satu minggu kedepan?

Cara Membuat Pengingat di Android

Cara Membuat Pengingat Android

Setidaknya ada tiga cara membuat reminder di HP Android, yaitu dengan menggunakan Google kalender pengingat, widget Google search dan juga Google Assistant. Dari ketiganya nanti, kami akan berikan bagaimana cara membuatnya secara mendetail. Silahkan dipilih cara mana yang dianggap mudah, efisien dan praktis.

Cara Membuat Jadwal di HP Menggunakan Google Assistant

Namanya juga ponsel pintar, pastinya sudah pintar dan disertai dengan kecerdasan buatan. Membuat pengingat di Android dengan Google Assistant adalah salah satu bukti kecerdasannya. Namun sebelumnya, pastikan ponsel yang digunakan sudah ada aplikasi Google Assistant didalamnya.

  • Buka aplikasi Google Assistant.
  • Tekan ikon mikrofon untuk mulai membuat jadwal.
  • Ucapkan kata-kata yang menjurus pada pengaturan jadwal, misalkan “buat jadwal”, “ingatkan saya”, “set reminder” DLL.
  • Kemudian Google Assistant akan menanyakan beberapa pertanyaan detail seperti “jadwal apa”, “kapan” dan “jam berapa”. Atur sesuai dengan jadwal yang ingin dibuat, kemudian perintahkan untuk menyimpan.
  • Jadwal akan tersimpan otomatis di kalender setelah dikonfirmasi kebenarannya dengan mengucapkan “Ya” atau “OK”.

Pengaturan jadwal juga bisa langsung dilakukan dengan mengucapkan secara detail, misalkan “atur jadwal ulang tahun untuk besok jam tujuh pagi”.

Cara Membuat Pengingat di Android Dengan Google Kalender

Jika sedang malas untuk bicara, bisa juga kok langsung membuat reminder di Android melalui Google Kalender. Aplikasi ini merupakan bawaan dari ponsel, jadi seharusnya sudah ada pada jenis perangkat apapun yang digunakan, misalkan Xiaomi, Oppo dan Samsung.

  • Buka aplikasi Google Kalender.
  • Tekan tanda “+” untuk mulai membuat jadwal.
  • Pilih menu “pengingat”.
  • Isi kolom dengan pengingat jenis apa yang ingin dibuat.
  • Atur hari dengan cara tab pada “nama hari” dan lanjutkan mengatur jam nya dengan tekan “ikon jam”.
  • Jika sudah selesai, ketuk “simpan” yang ada di pojok kanan atas.

Cara ini sebenarnya sama dengan menggunakan Google Assistant, bedanya hanya dari pengucapan dan pengetikan.

Menggunakan Widget Google Search

Cara yang terakhir juga bisa digunakan untuk membuat catatan pengingat yaitu dengan widget Google Search. Sebagian merek dan tipe Android sudah mendukung layanan ini, jika belum punya, silahkan download melalui Playstore.

  • Buka aplikasi Widget Google Search.
  • Pada kolom pencarian, ketikkan kata kunci untuk membuat reminder seperti cara yang pertama tadi.
  • Isi form yang sudah disediakan untuk membuat pengingat di HP, diantaranya nama jadwal, hari dan waktu.
  • Simpan jika sudah selesai.

Cara ini hanya sebagai alternatif saja jika tidak ingin menggunakan kedua cara diatas. Kami menyarankan untuk menggunakan cara pertama atau kedua karena lebih simpel dan mudah tanpa aplikasi tambahan.

Kesimpulan dan Penutup

Dari ketiga cara diatas, sebenarnya intinya sama, yaitu semua pengingat menuju pada Google Kalender. Namun tentunya ada banyak jalan menuju Roma bukan? Jadi, cara membuat pengingat di android tidak harus langsung pada aplikasi Google Kalender, namun bisa dilakukan cara lain seperti diatas.

Baca Juga: Game Berhadiah Pulsa dan Kuota

5/5 - (36 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

19 + twelve =