14 Cara Membuka WhatsApp Web di HP Android dan Iphone Terbaru 2022

Cara Membuka WhatsApp Web di HP Android dan Iphone Terbaru 2022, Anti Ribet dan Mudah Digunakan – Revolusi teknologi dari tahun ke tahun memang sangat pesat, dari yang menggunakan kertas atau asap sekarang sudah menggunakan jaringan yang memungkin untuk berkomunikasi dalam jarak yang sangat amat jauh.

Contohnya saja Whatsapp, teknologi ini merupakan salah satu platform komunikasi yang paling populer di dunia, aplikasi cetusan Jan Koum dan Brian Acton ini mendapat respon positif di masyarakat dunia. Dengan adanya whatsapp masyarakat sangat terbantu dalam hal berkomunikasi jarak jauh dan cepat. 

Sampai saat ini pengguna whatsapp sudah mencapai dua miliar pengguna aktif yang terus bertambah setiap harinya. Ditambah saat ini whatsapp sudah meluncurkan pembaruan fitur yang semakin menarik minat masyarakat luas.Cara Membuka WhatsApp Web di HP Android dan Iphone Terbaru 2022, Anti Ribet dan Mudah Digunakan

Keunggulan WA Dibandingkan Aplikasi Lainnya

Menurut kamu apa keunggulan whatsapp dibandingkan media komunikasi lain? Berikut penjelasannya:

1. Sangat Mudah di Pakai

Kelebihan yang pertama adalah Sangat Mudah Di Pakai, siapa yang tidak bisa menggunakan whatsapp? Saat ini semua kalangan sudah mahir menggunakan whatsapp mulai dari anak-anak bahkan sampai orang dewasa. Fitur dan tampilan yang ditawarkan aplikasi ini sangat mudah digunakan dan mudah dipahami.

2. Sinkron Otomatis

kelebihan kedua adalah WA bisa sinkron otomatis dengan perangkat yang ada di hp atau PC kita. Tidak hanya itu WA juga secara langsung dapat sinkron dengan media sosial lainnya seperti facebook dan instagram.

3. Bisa Mencadangkan Chat

Jika kamu secara tidak sengaja menghapus WA, pesan yang kamu hapus tidak akan hilang, asalkan kamu sudah mencadangkan pesan saat install WA dulu. Fitur ini sangat menarik pengguna media sosial. Bagi kamu yang suka lupa dengan data di chat, kamu bisa menggunakan WA sebagai media penyimpan chat yang aman.

4. Bisa Digunakan Web Walaupun Perangkat HP Tidak Terhubung

Fitur andalan WA selanjutnya adalah WA web, jika kamu lupa membawa hp ke kampus atau kantor kamu bisa memanfaatkan laptop yang kamu punya untuk beraktivitas di WA. Caranya adalah dengan menyambungkan perangkat hp ke laptop dengan sistem BETA, dengan begitu kamu dapat menggunakan WA meskipun perangkat HP-mu tidak terhubung

4. Keamanan Terjamin

Keamanan data yang kamu simpan di WA juga tida akan bocor, kecuali seseorang dengan sengaja mengambil hp atau perangkat kamu. Aplikasi ini sudah menyediakan berbagai fitur privasi yang dapat kamu manfaatkan.

Lebih-lebih saat ini WA sudah mengeluarkan fitur baru yaitu pesan sementara  dengan fitur ini kamu bisa menghemat penyimpanan juga, karena pesan yang kamu kirim atau terima akan hilang sesuai dengan waktu yang telah kamu settings.

4. Muncul Modifikasi WA GB atau Mood

Meskipun tidak dari developer WA langsung, WA GB sangat diminati sebagian pengguna WA di dunia. Fitur yang ditawarkan WA GB juga sangat jauh berbeda dari WA biasanya, dengan WA GB kamu bisa melihat pesan dan stori yang sudah di hapus, menghilangkan tanda online, mengubah tema dengan gambar atau video animasi, melihat stori tanpa ketahuan, menyembunyikan terakhir dilihat, menyembunyikan status mengetik, mematikan fungsi centang biru, dapat mengirim video atau photo dalam ukuran dan durasi yang maksimal, tulisan online terus menerus, dan masih banyak fitur lainnya. Namun WA ini kurang disarankan bagi anda yang menggunakan WA sebagai media komunikasi rahasia, karena keamanan WA GB sagat diragukan dan rentan terhadap peretasan data.

5. Fitur Abadikan Moment Lewat Stories

Fitur yang paling terkenal adalah fitur stories, fitur yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat cerita singkat mengenai kegiatan sehari-hari, perasaan atau suasana hati, bahkan bisa digunakan sebagai media penyebar pengumuman dan promosi untuk kontak yang kamu simpan.

6. Tersedia Fitur Format Teks

Aplikasi WA sudah menyediakan fitur format teks lengkap yang dapat kamu gunakan saat berinteraksi dengan sahabat atau orang yang terhubung di WA.  Misal kamu ingin menebalkan teks (Bold) teks miring (italic) atau bisa juga membuat teks yang bergaris bawah atau di coret. 

7. Bisa Video Call

Berinteraksi menggunakan WA tidak hanya lewat pesan teks atau audio saja, tap kamu bisa berinteraksi dengan video call atau lebih dikenal dengan istilah VC. Dengan adanya fitur ini, tentunya sangat bermanfaat untuk mengobati rasa rindu terhadap seseorang yang kamu sayangi karena langsung dapat melihat wajah orang yang kamu telpon.

8. Fitur Whatsapp Business

Selain digunakan untuk berkomunikasi WA juga sudah banyak digunakan sebagai media bisnis. Pihak WA juga sudah mengeluarkan modifikasi business untuk memudahkan pengguna melakukan promosi bisnis dan pemasaran produk.

9. Adanya Fitur Sekali Dilihat

Fitur terbaru WA lainnya adalah fitur sekali dilihat, hal ini sangat bermanfaat untuk kamu gunakan jika data yang kamu kirim bersifat rahasia atau penting. Tapi jika kamu menerima pesan atau video sekali dilihat kamu bisa screenshoot atau rekam layar agar photo dan video tetap bisa kamu lihat di galeri.

10. Mudah Atur Kustomisasi

Selanjutnya, aplikasi WA juga sangat mudah diatur kustominasinya seperti mode gelap dan terang, riwayat chat, status, profil, dan masih banyak lagi.

Kekurangan WA

Di samping memiliki segudang kelebihan WA juga memiliki beberapa kekurangan yang kadang membuat pengguna mengeluh. Berikut kekurangan WA yang banyak dirasakan belakangan ini:

1. Update Yang Terlalu Sering

Dengan tersedia banyaknya fitur WA tentunya akan meminta pembaruan secara terus menerus setiap minggu atau bulannya dan sangat mengganggu proses sinkronisasi dengan media lain. Nah, hal inilah yang kadang menjadi keluhan masyarakat terhadap WA.

2. Whatsapp Dinilai Kurang Ekspresif

berikutnya adalah keluhan mengenai emoticon yang disediakan WA, banyak pengguna yang menilai emoticon dari WA kurang berkesan atau kurang ekspresif. Namun banyak juga pengguna yang tidak terlalu menggunakan emoticon sebagai bentuk ekspresi mereka.

3. Ukuran Aplikasi Yang Besar

Jika kamu menggunakan WA di smartphone yang mempunyai RAM kecil tentunya akan sangat mengganggu karena terus menerus akan ada pemberitahuan penyimpanan penuh. Lebih-lebih lagi pesan atau media WA yang kamu kirim dan terima tidak pernah di hapus. Sampai saat ini pihak WA belum mengeluarkan kebijakan mengenai besarnya ruang yang diperlukan aplikasi ini. 

4. Rentan Peretasan Akun 

Meskipun WA dinilai sebagai aplikasi komunikasi yang aman. Namun, banyak juga pengguna yang mengeluhkan adanya peretasan atau pencurian data. Jika kamu menggunakan WA yang tidak di kunci saat membuka, tentunya akan sangat berbahaya, bisa saja orang lain yang mengambil hp mu akan melihat chat atau data yang ingin kamu rahasiakan. 

 

5. Anggota Grup Terbatas 

jika kamu berada dalam sebuah komunitas yang anggotanya ribuan, kamu tidak bisa menggunakan WA sebagai menu komunikasi dalam Group, karena jumlah anggota grup yang ditentukan WA sangat terbatas yaitu sekitar 250 anggota. Oleh karena itu jika anggota komunitas mu banyak disarankan untuk menggunakan telegram atau membuat group cabang jika tetap ingin menggunakan WA. 

 

6. Kalah filter dengan Instagram

Jika dibandingkan dengan instagram aplikasi WA masih kalah dalam hal fitur filter, apalagi era kini banyak yang menggunakan kamera instagram untuk mengabadikan moment. 

Seperti judul di atas berikutnya kita akan membahas Cara Membuka Whatsapp Web di HP Android dan Iphone. Seperti yang kita ketahui, WA sudah mengeluarkan fitur WA Web yang dapat digunakan pengguna di laptop tanpa meng-install aplikasinya secara langsung.

Cara Membuka Whatsapp Web di HP Android dan Iphone

1. Cara Membuka Whatsapp Web di HP Android

  • Pertama, buka browser yang biasa kamu gunakan
  • Untuk membuka WA web kunjungi laman resmi WA di whatsapp.com
  • Masuk ke menu settings situs web jika menggunakan Chrome biasanya bersimbol titik 3
  • Setelah itu klik “Minta Situs Web Desktop” atau “Minta Situs Desktop”
  • Setelah itu, tampilan HP kamu akan menyerupai tampilan desktop
  • Berikutnya akan muncul code QR untuk login akun
  • Langsung pindai dan kamu akan secara langsung terhubung di WA dengan menggunakan WA web.

2. Cara Membuka Whatsapp Web di HP Iphone

  • Langkah pertama, buka browser yang biasa kamu gunakan
  • Untuk membuka WA web kunjungi laman resmi WA di whatsapp.com
  • Masuk ke menu settings situs web jika menggunakan Safari biasanya bersimbol Aa
  • Scrool ke bawah dan klik “WhatsApp Web/Desktop”.
  • Setelah itu, tampilan HP kamu akan menyerupai tampilan desktop
  • Berikutnya akan muncul code QR untuk login akun
  • Langsung pindai dan kamu akan secara langsung terhubung di WA dengan menggunakan WA web.

WhatsApp web bisa dibuka lewat smartphone seperti Samsung, Oppo, Vivo maupun Xiaomi. Selain itu juga bisa di buka lewat Apple.

Baca Juga: 15 Cara Install atau Membuka 2 Akun WhatsApp Dalam 1 HP Android

Untuk menghubungkan WhatsApp web anda tinggal menggunakan laptop sebagai perantara-nya saja. Biasanya orang orang menggunakan WhatsApp web agar lebih leluasa dan efisien dalam bekerja.

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: yasin badarudin