15 Cara Install atau Membuka 2 Akun WhatsApp Dalam 1 HP Android

15 Cara Install atau Membuka 2 Akun Whatsapp Dalam 1 HP Android

Cara Install atau Membuka 2 Akun WhatsApp Dalam 1 HP Android – WhatsApp atau biasa dikenal dengan sebutan WA adalah salah satu aplikasi dengan pengguna paling banyak di dunia. Kepopulerannya sudah mencapai kaca internasional, bahkan di Indonesia. Persentase pengguna WhatsApp sangat banyak sekali. Dapat kita lihat juga kecanggihan fitur-fitur dalam aplikasi WhatsApp ini sangat modern mengikuti perkembangan zaman.

Pentingnya Menggunakan WA

Komunikasi melalui WhatsApp biasanya dipakai dalam berbagai kondisi, mulai untuk kebutuhan bisnis hingga sampai yang bersifat personal. Kita bisa melihat bahwa WhatsApp menyediakan beberapa tipe WhatsApp, yaitu WhatsApp orinsil yang asli dan WhatsApp bussines, yang memang sudah tersetting untuk membantu pengelolaan bisnis. 

Apa perbedaannya pada hal tersebut? Kalau WhatsApp biasa tentu sudah tahu, aplikasi yang biasa kita pakai untuk chatting sehari-hari. Setelah itu kalau WhatsApp Official sebenarnya termasuk WhatsApp Business atau satu Aplikasi. Perbedaan terletak pada akun bisnis reguler dan akun bisnis official adalah soal akun bisnis kamu sudah terverifikasi oleh WhatsApp atau belum. Dapat terlihat jelas pada centang hijau yang menandakan akun bisnis itu official atau resmi. 

Melihat hal tersebut tak heran bila banyak pengguna yang ingin memiliki dua WA dalam satu Hp. Karena hal ini dianggap praktis dan ekonomis, sebab pengguna tak perlu membeli handphone baru untuk punya akun WA lainnya. Kalian bisa memiliki akun whatsapp yang berbeda dengan satu device. Maka dari itu ada beberapa cara yang bisa kamu ikuti agar mempunyai 2 akun WhatsApp dalam Ponselmu. 

Hanya ada beberapa hal batasan untuk penggunaan WhatsApp. Misalnya akun pengguna WA hanya bisa dipakai untuk satu nomor handphone saja. Tapi masalah ini bisa diselesaikan karna beberapa vendor smartphone memperbolehkan para pengguna untuk mempunyai dua akun WA dalam satu device.

Beberapa vendor tipe Hp Seperti Vivo, Oppo, Huawei, Xiaomi, dan Realme memperbolehkan para pengguna menggunakan aplikasi ganda (clone) atau lebih. Diantaranya seperti list berikut ini : 

  • Vivo: App Clone
  • Asus: Twins Apps.
  • OnePlus: Parallel Apps
  • Oppo: Clone Apps
  • Samsung Dual Messenger
  • Xiaomi: Dual App
  • Realme: Clone Apps 

Berikut adalah beberapa list tipe hape dan utilitas pendukungnya yang tertanam dalam android yang mungkin saat ini kamu gunakan. Kamu hanya perlu mengaktifkannya untuk bisa menggunakan. Pada pembahasan lanjutan kami akan memberikan penjelasan secara mendetail bagaimana kamu bisa menggunakan 2 akun WhatsApp dalam satu device di Handphonemu. 

Cara Membuka 2 Akun WhatsApp Dalam 1 HP Android

Secara singkat kami akan memberikan sedikit informasi terkait beberapa tipe handphone dan cara mendouble atau menggandakan aplikasi WhatsApp, contohnya sebagai berikut :

Tipe Handphone Samsung

Kalau kamu pengguna Hp Samsung bersama One UI, perangkat tersebut menjadi pertanyaan apakah dengan menggunakan akun WhatsApp kedua ketika kamu menginstall aplikasi. Kalau tidak kamu tinggal menuju ke Pengaturan lalu klik opsi menu “Advance Features” lalu berlanjut ke Dual Messenger. 

Tipe Handphone Xiaomi

Jika kamu pengguna Hp Xiaomi dan ingin menggandakan aplikasi sejenis WhatsApp kamu hanya tinggal menuju ke dalam Pengaturan atau setting lalu kemudian click ‘Dual Apps’. 

Tipe Handphone Oppo

Untuk yang memilili jenis Hp Oppo kamu hanya perlu masuk ke dalam Pengaturan atau Setting kemudian klik menu dengan tajuk ‘Clone Apps’. 

Tipe Handphone Vivo 

Versi Handphone Vivo ini mempunyai option dual aplikasi dalam satu Handphone. Caranya adalah dengan Masuk ke  dalam pengaturan, kemudian klik menu dengan tajuk “Apps Clone”. 

Setelah itu kamu hanya perlu menunggu proses pengunduhan selesai, waktu yang dibutuhkanpun tidak terlalu lama untuk penginstallan aplikasi ganda atau kembar ini. Di dalam versi handphonemu kamu bisa melihat icon WA kedua. Setelah berhasil di install kamu hanya perlu membuka akun tersebut dan mulai untuk pembuatan akun seperti biasanya dengan memasukan nomor telfon dan melakukan verifikasi kode OTP atau dikenal dengan one time password, kemudian ponsel kamu sudah bisa menggunakan 2 akun WhatsApp. 

Definisi Aplikasi Pengganda App Beserta Fungsinya

Berikutnya kami akan membahas satu persatu definisi dari aplikasi penggandaan tersebut dengan fungsinya yang sama. Beberapa fitur tersebut dapat dikatakan sebagai fitur ketiga untuk dimanfaatkan pembuatan dua akun WhatsApp, Diantaranya sebagai berikut ini: 

1. Aktifkan Dual Messenger

Buat kamu yang belum mengetahui Dual messenger. Jadi Dual messenger adalah sebuah fitur pembawaan dari ponsel, kamu yang memungkinkan para pengguna bisa memiliki dua akun untuk satu aplikasi dalam satu device tentunya. Berikut tutorial atau Langkah-langkahnya yang bisa kamu praktekkan : 

  1. Unduh aplikasi WhatsApp di Plays Store 
  2. Setelah itu pergi ke dalam menu “Setting” atau “Pengaturan” 
  3. Berikutnya pilih menu “Advance Features” atau “Fitur Lanjutan” ini adalah utilitas yang memang disematkan kepada para pengguna smartphone Samsung. 
  4. Kemudian pilih “Dual Messenger” 
  5. Aktifkan icon pop WhatsApp yang akan kamu gandakan. Secara otomatis kamu sudah memiliki 2 akun WhatsApp dalam satu device. 

2. Penggunan App Twin atau App Clone

Cara ini sama seperti dual messenger, app clone atau app twin yaitu sebuah fitur yang memang sudah tersedia di beberapa versi smarthphone. Berikut tutorialnya yang dapat kamu praktekan : 

  1. Masuk ke dalam “setting” atau “pengaturan” 
  2. Setelah itu kamu bisa membuka menu dengan tajuk “app clone” atau “app twin” 
  3. Kemudian kamu bisa memilih aplikasi mana yang ingin kamu gandakan, contohnya aplikasi WhatsApp
  4. Lalu Handphone kamu akan melakukan penginstallan untuk penggandaan aplikasi 
  5. Setelah berhasil WhatsApp kedua kamu akan terlihat pada lama homescreen di smarthphone kamu.
  6. Kemudian ikuti beberapa prosedur untuk pembuatan akun WA kedua dan selesai. 

3. Mengunduh Parallel Space

Parallel space adalah aplikasi yang bisa digunakan pengguna untuk menggandakan aplikasi menjadi kembar. Yang tentunya dalam smarthphone tidak mensupport untuk mempunyai dua akun untuk satu device. Dengan aplikasi parallel ini memungkinkan kamu bisa memiliki dua akun aplikasi, Berikut tutorialnya : 

  1. Install aplikasi Parallel Space melalui Play store atau App Store 
  2. Kamu bisa mengunduh aplikasi Parallel top teratas saat pencarian di kolom search 
  3. Tunggu sampai proses pengunduhan selesai 
  4. Buka aplikasi terserbut dan ikuti segala prosedur didalamnya 
  5. Dalam laman aplikasi akan menampilkan pilihan aplikasi yang ingin kamu gandakan. Kamu bisa memilih Whatsapp dan lakukan pengunduhan seperti biasa 
  6. Selesai.  

4. Mengintsall Dual Space

Dual space bisa menjadi pilihan alternatif, bagi para pengguna smarthphone yang HPnya tidak mensupport memiliki dua akun untuk satu WA. Tahapan pertama yang dilakukan hanya melakukan pengunduh dual space di Play Store. Buka aplikasi tersebut, lalu pilih aplikasi WhatsApp untuk dilakukan penggandaan. 

Tahapannya teman-teman hanya perlu mengikuti intruksi pada aplikasi tersebut. Cara ini sebenarnya sama seperti Parallel space. 

5. Membuka akun WhatsApp Business

Untuk cara terakhir adalah menginstall WA bisnis ini. Walaupun akun bertuliskan bisnis tapi kegunaan fiturnya sama hanya yang membedakan kamu bisa membuat katalog, lokasi, dan fitur lainnya dalam profile kamu. Fungsi dari WA bisnis sendiri bertujuan untuk mengembangkan bisnis yang kamu miliki. Tapi tak jarang kita temui beberapa orang menggunakan akun WA bisnis bersama akun pribadi mereka. Berikut cara memiliki akun WhatsApp Business : 

  1. Unduh aplikasi WA bisnis di Play store atau App store 
  2. Setelah berhasil diunduh lakukan pendaftaran nomor handphone baru kamu 
  3. Ikuti beberapa tahapan untuk pembuatan akun 
  4. Kemudian akun kamu sudah siap kamu gunakan

Cara berikut adalah hal paling umum yang bisa teman-teman praktekan dan beberapa penjelasan yang kami jelaskan sudah sangat praktis dan mudah.

Baca Juga: 13 Cara Mengubah Wallpaper Chat WhatsApp Terbaru 2022

Yang terpenting bisanya jangan digunakan untuk hal yang tidak baik jika kamu sudah bisa menginstal dan membuka dua WA dalam satu smartphone.

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: yasin badarudin