Cara Memindahkan Kontak iPhone ke Gmail, Yuk Pahami Caranya!

Cara Memindahkan Kontak iPhone

Cara Memindahkan Kontak iPhone ke Gmail, Yuk Pahami Caranya! – Terkadang pengguna iPhone sangat membutuhkan informasi cara memindahkan kontak iPhone ke Gmail. Itu karena kontak telah jadi software ponsel yang sangat berperanan. Memindahkan kontak juga dilakukan sebagai upaya mengamankan data kontak itu sendiri, misalnya untuk menghindari penyalahgunaan dan pemanipulasian data. Hal ini ditambah reputasi Gmail yang dianggap aman dan memberi layanan baik. Berikut ini adalah cara memindahkannya:

Cara Memindahkan Kontak iPhone ke Gmail, Yuk Pahami Caranya!

1. Menyinkronkan iPhone dan Gmail

Cara Memindahkan Kontak iPhone

Sinkronisasi contact iPhone serta Gmail secara langsung adalah cara memindahkan kontak iPhone ke Gmail yang paling sederhana. Proses tidak membutuhkan banyak tahapan dan tidak perlu ada aplikasi lain. Pemakai cukup membuka pengaturan atau setting lalu buka email kontak serta kalender sebagai langkah awal penyinkronan. Pada tahap berikut pemakai memilih ‘tambah account’ sebagai langkah untuk menambah akun email.

Pada pilihan email apa yang mau ditambahkan, pemakai hendaknya memilih Google. Pemakai kemudian mengaktifkan kontak (bila belum aktif) dan segera setelah kontak aktif, account Google sudah ditambah pada contact, dan saat ini jalannya penyinkronan sudah berjalan secara langsung.

2. Memakai iTunes

Cara Memindahkan Kontak iPhone

Bagi yang belum tahu iTunes ialah suatu software alias perangkat soft yang jadi sarana iPhone untuk menjalankan fungsinya. Bila pemakai mau memindahkan contact lewat iTunes, pemakai bisa menjalani tahapan sebagai berikut: pemakai hendaknya menyambungkan iPhone pada komputer dengan memakai kabel USB guna memulai proses. Lalu pemakai mengaktifkan software iTunes sampai iTunes dapat mendeteksi perangkat dengan mudah.

Pada bagian bawah informasi tab, sentuh pilihan untuk membuat kontak iPhone serta kontak Google sinkron. Bila perlu pemakai memasukkan nama pemakai Gmail  dan kata sandinya dan lebih jauh pemakai perlu membuat akun Gmailnya dan mengakses kontak. Langkah terakhir adalah mengimpor contact iPhone pada Gmail.

3. Memakai iCloud

Penyimpanan awan atau iCloud bisa dianggap sebagai cara memindahkan kontak iPhone pada Gmail yang paling baik. Penyimpanan iCloud  berupa program software yang memampukan pemakai melakukan pentransferan data serta file termasuk contact yang selama ini tersimpan pada iPhone. Guna mentransferkan kontak, pemakai membuka website iCloud terlebih dahulu. Lengkapi data yang diinginkan lalu klik ikon contact.

Seluruh contact lalu keluar dan sudah sinkron dengan iCloud. Tekan paduan ctrl + A sampai seluruh contact dipilih lalu tekan knop di bagian kiri bawah diikuti pemilihan “Export vCard”. Buka akun Gmail diikuti proses mengakses contact Gmail. Dari berbagai pilihan yang ada, pemakai mesti memilih “import”. Akan keluar “warning” agar pemakai memastikan vCard yang telah tersimpan mau diimport ke Gmail. Tekan “Ya” maka proses pun selesai.

4. Memakai Tunesgo Retro

Terdapat lebih dari satu keuntungan memakai software Tunesgo Retro yaitu: ada network internet, bisa mengekspor lebih dari sembilan puluh ribu contact sekaligus.  Atmosfer perangkat lunak ini terkontrol. Data ekspor contact aman, tidak ada yang hilang. Software ini boleh dicoba dulu dengan free of charge. Software Tunesgo Retro juga punya interface pemakaian grafik yang tidak rumit.

5. Cara Memindahkan Kontak iPhone, Memakai SSL

Cara memindahkan kontak iPhone ke Gmail tanpa menyinkronkan keduanya bisa dilakukan melalui hubungan safe SSL. SSL selain faktor keamanan juga sangat direkomendasikan. Caranya buka pengaturan iPhone ataupun iPad, sentuh Kontak lalu diikuti akun. Sentuh account Google, lalu mengaktifkan kontak. Setelah itu sentuh Akun diikuti Advance. Selanjutnya aktifkan “Pakai SSL” diikuti menyentuh “akun” dan “selesai.

Demikianlah lima cara memindahkan kontak iPhone ke Gmail baik pakai perangkat lunak, lewat sinkronisasi ataupun tidak. Pemakai bisa memilih yang paling sesuai dengannya. Ada baiknya jika pemindahan contact iPhone segera dilakukan agar data tersimpan dengan email di Gmail.

Baca Juga : 5 Macam Perbedaan Iphone Xs dan Xr yang Paling Mencolok

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 − five =