Cara Memperbaikі Laptop atau Komputer yang Mati

Cara Memperbaikі Laptop

Cara Memperbaikі Laptop atau Komputer yang Mati – Banyak sekali kemungkinan masalah yang bisa terjadi pada laptop atau komputer kita, walaupun kita tidak mengerti mengapa masalah pada laptop/komputer kita bisa muncul secara tiba-tiba. Walaupun kita tidak merasa melakukan sesuatu di luar prosedur, namun tetap saja kesalahan bisa saja terjadi tanpa kita sadari.

Jika Anda sedang sibuk mengerjakan suatu tugas di laptop/komputer, tiba-tiba laptop/komputer Anda tiba-tiba mati, hal ini lebih menyebalkan lagi ketika kita sedang mengerjakan hal-hal penting dan dokumen-dokumen belum tersimpan dengan sempurna.

Untuk mengatasi masalah laptop/komputer mati mendadak, kita bisa mengatasinya dengan cara menebak penyebabnya dan melakukan hal-hal seperti berikut ini:

Cara Memperbaikі Laptop atau Komputer yang Mati

Kipas prosesor tidak berfungsi.

Cara Memperbaikі Laptop

Jika kipas prosesor tidak berfungsi dengan baik, banyak hal yang akan menyebabkan sirkulasi udara terhambat dan prosesor cepat panas sehingga mesin komputer akan berhenti bekerja pada panas yang berlebihan.

Solusi : Untuk memperbaikinya anda bisa melihat apakah kabel pada perangkat fan rusak, jika ada yang rusak anda bisa memperbaiki bagian ini. Atau jika tidak ada masalah fisik, anda bisa mencabut sambungan power kipas kemudian pasang kembali, setelah itu anda bisa mencoba menghidupkan mesin laptop/komputer untuk melihat apakah kipas berfungsi (CATATAN. sasis sebelum menyalakan komputer). Jika masih tidak berfungsi, Anda dapat mengganti kipas yang rusak.

Mesin terlalu panas.

Cara Memperbaikі Laptop

Mesin laptop yang terlalu panas bukan hanya karena kipas yang tidak berfungsi. Hal ini bisa terjadi karena kita mungkin menggunakan laptop/komputer kita dalam kondisi yang tidak bersahabat. Misalnya kita meletakkan laptop di kasur atau tempat yang menyebabkan sirkulasi udara terhambat. Dalam keadaan seperti ini sebenarnya tidak ada yang salah atau rusak pada komponen laptop/komputer kita. Namun cara penggunaan kta kurang tepat.

Solusi: Untuk mengatasi masalah ini, letakkan laptop Anda di permukaan datar yang keras. Jika laptop benar-benar panas bisa mendinginkannya dengan segera meletakkan laptop di atas ubin keramik, ini cara yang sering admin gunakan untuk mendinginkan gadget admin yang panas. Untuk menghindari masalah ini, ada kebiasaan yang kurang ketika kita meletakkan laptop di tempat yang tidak ramah.

Komponen Kotor.

Closeup photo of a dusty dirty fan inside laptop

Komponen dalam sistem komputer kita harus selalu dijaga kebersihannya. Suka selalu menggunakan komputer/laptop pada permukaan atau kondisi yang bersih. Namun, untuk komputer yang sudah lama digunakan, tentu perangkat tersebut mungkin menyimpan debu tebal. Hal ini dapat menyebabkan kinerja perangkat dan sirkulasi udara terganggu, mesin komputer/laptop juga cepat panas. Jadi komputer/laptop kita bisa mati mendadak.

Solusi: Untuk mengatasi masalah ini Anda harus mendeteksi bagian mana dari laptop atau komputer Anda yang terganggu karena debu atau kotoran. Biasanya komponen yang paling mudah kotor adalah komponen di sekitar ventilasi udara atau di dekat kipas CPU. Bersihkan bagian yang kotor dengan alat yang aman, jangan langsung menggunakan tangan. Anda bisa menggunakan sikat pembersih khusus untuk gadget. Setelah bagian yang kotor bersih maka kita dapat mencolokkan perangkat dan mencobanya. Dari sumber yang admin baca, RAM yang kotor juga bisa menyebabkan laptop/komputer mati mendadak. Untuk membersihkannya kita bisa menggunakan sikat pembersih gadget atau kain bersih. Cukup sapu pada RAM logam (tembaga) menggunakan alat sampai bersih. Ingatlah untuk tidak memegang logam dengan tangan Anda secara langsung.

Cara Memperbaikі Laptop, Masalah perangkat lunak.

Jangan berpikir software tidak bisa menyebabkan komputer/laptop mati secara tiba-tiba. Perangkat lunak adalah perangkat lunak yang dapat memerintahkan mesin atau perangkat keras untuk melakukan suatu pekerjaan. Perangkat lunak yang juga menjadi perantara antara mesin komputer/laptop dengan pengguna/pengguna dapat melakukan perintah yang tidak diharapkan oleh pengguna. Perintah ini dapat menyebabkan crash atau sistem akan mati secara tiba-tiba, meskipun hal ini masih relatif jarang terjadi.

Solusi : Untuk menangani software yang bermasalah kita cukup berinteraksi dengan bagian software saja, tidak perlu mengganggu bagian hardware. Kita dapat meningkatkan dengan menginstal antivirus yang memiliki defіnіsі (pengenalan virus) terbaru. Lakukan scan sampai malware benar-benar bersih. Untuk anti virus, admin merekomendasikan tidak lebih dari dua. Karena terlalu banyak antivirus akan menyebabkan komputer/laptop kita menjadi lambat dan kemungkinan antivirus akan bekerja (anggap file yang bukan malware sebagai malware).

Berikut beberapa kemungkinan penyebab laptop atau komputer kita mati mendadak dan cara memperbaiki laptop atau komputer yang mati mendadak.

Baca Juga : Aksesoris Laptop untuk Work From Home yang Wajib Dimiliki

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *