Cara Mengaktifkan Esim di Android

Cara Mengaktifkan Esim di Android

Cara Mengaktifkan Esim di Android – Android merupakan salah satu operating system (OS) yang paling banyak digunakan oleh merek handphone (HP) yang saat ini beredar di Indonesia.

Sebuah HP tidak terlepas dari fungsinya seperti untuk menelpon dan mengirim pesan. Untuk melakukan hal tersebut diperlukan paket data dan pulsa yang harus kamu dapatkan dengan membeli kartu Subscriber Indentification Module (SIM).

Namun, tidak sedikit HP saat ini yang menawarkan slot kartu SIM hanya 1. Hal ini mengakibatkan kamu harus memiliki 2 HP untuk 2 kartu yang berbeda.

Harus membeli 2 HP untuk menggunakan 2 kartu tentulah sangat tidak hemat, mengingat untuk saat ini HP dengan spesifikasi yang bagus terbilang cukup mahal harganya.

Serta dari segi efisiensi, membawa 2 HP kemana pun kamu pergi akan terasa overwhelming. Kamu juga harus memperhatikan baterai HP yang kamu miliki.

Akibatnya, kamu diharuskan untuk membawa charger atau powerbank untuk berjaga-jaga apabila HP kamu kehabisan baterai.

Untuk saat ini, terdapat teknologi terbaru untuk kartu SIM, yaitu embedded SIM (eSIM). ESIM sendiri merupakan SIM yang tidak memiliki fisik.

Karena eSIM tidak memiliki fisik, kamu tidak memperlukan slot kartu SIM dan repot-repot memasukkan kartu SIM ke dalam slot kartu.

ESIM sendiri langsung tertanam di dalam HP layaknya chip yang digunakan oleh HP. Hal ini menurunkan risiko kerusakan fisik seperti yang bisa dialami oleh kartu SIM biasa.

Sayangnya, dikarenakan eSIM adalah teknologi yang terbilang masih baru dan masih banyak yang bisa dikembangkan, eSIM tidak dapat digunakan oleh semua HP.

Hanya HP-HP yang telah tertanam fitur eSIM saja yang dapat menggunakan fitur ini. Berikut beberapa daftar HP Android yang dapat menggunakan eSIM:

Samsung Galaxy S20, S20+, S20 Ultra, Samsung Galaxy Fold & Samsung Galaxy Z Flip adalah HP dari Samsung yang dapat menggunakan eSIM Smartfren.

eSIM dari Smartfren sendiri merupakan satu-satunya operator yang memiliki layanan eSIM di Indonesia hingga saat ini

Jadi sebelum kamu membeli eSIM, pastikan terlebih dahulu apakah HP kamu sudah mendukung eSIM ini atau belum.

Jangan sampai kamu sudah membeli dan ternyata HP kamu tidak mendukung untuk menggunakan eSIM.

Mengingat harga eSIM yang tidak murah, untuk mendapatkan eSIM dari Smartfren, kamu harus membayar sekitar Rp. 180.000 melalui Tokopedia.

Dilansir dari halaman eSIM Smartfren, dengan harga Rp. 180.000, kamu akan mendapatkan kuota/paket data sebanyak 90GB, gratis telpon 30 menit ke operator lain, dan gratis telpon selamanya ke sesama Smartfren dengan masa aktif selama 12 bulan.

Jika kamu pengguna Android dan tertarik untuk membeli eSIM, maka kamu dapat menyimak cara untuk mengaktifkan eSIM di Android di bawah ini:

3 Cara Mengaktifkan ESIM di Android

  1. Pengaturan

Cara Mengaktifkan Esim di Android

Setelah kamu membeli eSIM Smartfren, kamu akan mendapatkan barcode QR yang nanti gunanya untuk discan.

Berikut cara untuk mengaktifkan eSIM di HP Android:

  • Pastikan HP kamu sudah terhubung ke internet menggunakan Wi-fi atau paket data
  • Buka menu pengaturan
  • Pilih menu seluler
  • Setelah memilih menu seluler, pilih lagi tambahkan seluler
  • Selanjutnya akan ada permintaan untuk melakukan scan barcode
  • Scan barcode QR yang kamu dapatkan dari membeli eSIM
  • Jika sudah melakukan scan, maka akan muncul notifikasi bahwa eSIM telah terdaftar di HP kamu
  1. Mendaftarkan Data Diri

Cara Mengaktifkan Esim di Android

Setelah kamu melakukan aktivasi eSIM seperti cara di atas, kamu masih harus melakukan pendaftaran diri untuk bisa menggunakan layanan eSIM.

Sama seperti halnya kamu melakukan pendaftaran data diri untuk mengaktivasi kartu SIM biasa. Kamu dapat melakukan aktivasi eSIM dengan mengirimkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Kartu Keluarga ke 4444.

Selain mengirim NIK dan nomor kartu keluarga ke 4444, bagi kamu yang berencana untuk menggunakan eSIM dari Smartfren, kamu juga bisa mendaftarkan data diri ke halaman resmi ini https://my.smartfren.com/prepaid_reg.php.

Setelah kamu mendaftarkan data diri tersebut akan terdapat proses verifikasi yang dikirimkan melalui SMS berupa kode.

Setelah proses verifikasi selesai dan berhasil, maka kamu dapat langsung menggunakan layanan eSIM.

  1. Cara Mengaktifkan Esim di Android, Atur Nomor Yang Kamu Ingin Gunakan

Perbedaan eSIM dengan kartu SIM salah satunya adalah tidak memiliki fisik seperti kartu SIM biasa. Namun, untuk fungsinya kurang lebih tidak memiliki perbedaan.

Untuk eSIM masih bisa melakukan panggilan telepon atau memiliki paket data seperti kartu SIM biasa.

Kamu dapat mengatur nomor mana yang ingin kamu gunakan sebagai nomor utama. Contohnya, kamu dapat melakukan panggilan telepon dengan nomor eSIM atau SIM biasa.

Caranya adalah sebelum kamu melakukan panggilan telepon, kamu akan melihat ada pilihan 1 dan 2.

Biasanya, nomor 1 adalah nomor pertama yang kamu masukkan ke dalam HP kamu. Jika kamu mengaktifkan eSIM setelah kartu SIM biasa, maka eSIM akan otomatis berada di nomor 2.

Begitu pula juga dengan mengirim pesan singkat, kamu bisa memilih untuk menggunakan nomor 1 atau 2.

Tidak hanya bisa memilih untuk menggunakan nomor 1 atau 2 untuk menelpon atau mengirim pesan singkat, kamu juga bisa mengatur untuk memakai data seluler.

Jika kamu pengguna Samsung, kamu dapat mengatur pemakaian data selular dengan cara swipe down sampai muncul menu quick settings.

Di menu quick settings, terdapat menu lagi yaitu mobile data. Untuk cara cepatnya, kamu dapat menahan mobile data untuk masuk ke pengaturan.

Di dalam pengaturan, kamu dapat memilih untuk menggunakan data selular menggunakan nomor 1 atau nomor 2.

Ini merupakan salah satu keuntungan menggunakan eSIM dan kartu SIM dalam 1 HP. Jika kartu utama kamu tidak memiliki paket atau pulsa, kamu dapat menggunakan eSIM untuk melakukan aktivitas tanpa harus membawa 2 HP.

Selain itu juga, karena kamu memiliki 2 nomor di dalam 1 HP. Kamu dapat menginstall 2 Whatsapp menggunakan nomor yang berbeda.

Fitur ini tentunya sangat berguna bagi kamu yang tidak menginginkan orang yang tidak terlalu dekat mengetahui nomor utama kamu.

Selain itu juga, eSIM dapat kamu “pindahkan” ke HP lain yang mendukung fitur eSIM juga. Caranya sama seperti melakukan aktivasi eSIM.

Namun, perbedaannya adalah kamu tidak harus registrasi kembali data diri. Setelah prosesnya selesai, otomatis eSIM di HP sebelumnya akan di non-aktifkan.

Nah, itu dia 3 cara mengaktifkan eSIM di Android dan memaksimalkan penggunaannya. Hal yang pasti adalah, eSIM menjadi solusi bagi kamu yang memiliki HP dengan 1 slot kartu SIM saja.

Tanpa harus repot membeli dan membawa 2 HP sekaligus, eSIM merupakan solusi yang tepat untuk berhemat.

Smartfren juga mengatakan bahwa eSIM memiliki jaringan yang lebih stabil dibandingkan kartu SIM biasa.

Hal tersebut cocok untuk kamu yang memakai HP untuk social media. Serta satu lagi keuntungan menggunakan eSIM adalah kamu tidak perlu repot mengganti kartu saat berpergian ke luar negeri.

Karena eSIM bisa digunakan di luar negeri, namun dengan syarat dan ketentuan yang berlaku ya. Jadi apakah kamu tertarik untuk menggunakan eSIM?

Baca Juga : Daftar HP yang Support eSIM

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

7 − 7 =