Daftar HP yang Support eSIM

Daftar HP yang Support eSIM

Daftar HP yang Support eSIM – Subscriber Indentification Module (SIM) merupakan salah satu hal yang dibutuhkan untuk menggunakan handphone (HP).

Fungsi dari kartu SIM sendiri adalah untuk melakukan panggilan telepon dan mengirim pesan singkat.

Kebanyakan saat ini, HP yang beredar hanya memiliki 1 slot kartu SIM. Jika ada yang bisa menggunakan 2 kartu SIM dalam 1 HP, biasanya juga harus mengorbankan slot kartu memori.

Sehingga jika kamu menginginkan menggunakan 2 SIM dalam 1 HP diharuskan untuk menggunakan 2 HP.

Hal tersebut tentu saja membutuhkan biaya yang lebih banyak dibandingkan dengan menggunakan 1 HP saja yang memiliki 2 slot kartu SIM.

Namun, saat ini kamu tidak perlu khawatir lagi jika HP keluaran terbaru hanya memiliki 1 slot kartu SIM saja.

Karena pada saat ini, SIM memiliki teknologi terbaru yang bernama embedded SIM. Secara singkat, eSIM merupakan SIM yang tidak memiliki fisik.

Melainkan, tertanam langsung di dalam HP sehingga tidak membutuhkan slot kartu seperti kartu SIM biasa.

Akan tetapi, tidak semua HP dapat menikmati fitur eSIM ini. Hanya beberapa HP keluaran terbaru saja yang memiliki fitur eSIM.

Bahkan di Indonesia sendiri, untuk menggunakan eSIM kamu hanya dapat menggunakan Smartfren untuk saat ini.

Smartfren adalah satu-satunya operator yang menjual eSIM. Untuk memanfaatkan teknologi tersebut, kamu harus mengecek dahulu apakah HP yang kamu gunakan atau yang akan kamu beli memiliki teknologi untuk menggunakan eSIM.

Kamu bisa mengecek daftar HP yang telah support eSIM meliputi HP Android atau pun HP keluaran Apple, yaitu Iphone di bawah ini ya:

Daftar HP yang Support eSIM

  1. Iphone XS, Iphone XS Max, dan Iphone XR

Daftar HP yang Support eSIM

Iphone XS merupakan HP pertama yang dikeluarkan Apple dengan teknologi untuk mendukung penggunaan eSIM.

Iphone XS dirilis pada 12 September 2018. Walaupun umur HP ini kurang lebih sudah 3 tahun sampai 2021, namun masih layak untuk digunakan.

Iphone XS masih memiliki kemungkinan untuk mendapatkan update ke iOS 15. Selain itu, dengan design yang tidak kalah oleh Iphone-iphone terbaru.

Harga Iphone series X jika dibandingkan dengan Iphone yang lebih baru masih terbilang lebih murah. Sehingga bisa menjadi pilihan bagi kamu yang ingin menggunakan fitur eSIM.

Namun, untuk saat ini Iphone XS, Iphone XS Max, dan Iphone XR sudah tidak diproduksi lagi oleh Apple, sehingga untuk mendapatkan unit yang baru akan cukup sulit.

Tetapi, kamu tidak perlu khawatir. Kamu masih dapat membeli Iphone second dengan kondisi yang bagus.

Salah satunya adalah kamu dapat membelinya di Tokopedia dengan harga Rp. 7.099.000 untuk Iphone XS 64 GB.

  1. Iphone 11 Pro dan Iphone 11 Pro Max

Daftar HP yang Support eSIM

Series Iphone 11 yang di dalamnya terdapat Iphone 11, Iphone 11 pro, dan Iphone 11 pro max merupakan salah satu series Iphone yang menjadi primadona.

Hal ini dikarenakan daya tahan baterai yang lebih baik dibandingkan series iphone sebelumnya. Selain itu juga, pada series Iphone 11 pro dan Iphone 11 pro max memiliki 3 kamera yang sangat iconic.

Semua orang ketika melihat 3 kamera tersebut, akan tahu bahwa HP tersebut merupakan Iphone series pro.

3 kamera tersebut juga berfungsi sangat baik dan menghasilkan kualitas gambar serta video yang memuaskan untuk diunggah ke media sosial kamu.

Hal tersebut juga yang membuat Iphone 11 pro dan Iphone 11 pro max menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang ingin menggunakan eSIM.

Jika kamu adalah orang yang sering berpergian ke luar negeri, mengambil banyak foto dan ingin mengunggahnya ke media sosial, eSIM dan Iphone 11 pro adalah pilihan yang tepat.

Hal ini dikarenakan, eSIM memiliki kemungkinan untuk digunakan ke luar negeri tanpa harus repot mengganti kartu layaknya kartu SIM biasa.

Namun, untuk menggunakan eSIM di luar negeri dengan eSIM yang kamu miliki di Indonesia harus tetap memperhatikan syarat dan ketentuan yang berlaku.

  1. Daftar HP yang Support eSIM, Iphone SE 2020

Jika kamu menginginkan Iphone keluaran baru namun dengan harga yang lebih murah Iphone SE 2020 adalah pilihannya.

Iphone SE 2020 dirilis pada 24 April 2020. HP ini memiliki dimensi yang lebih kecil dibandingkan dengan series Iphone X atau pun series Iphone XI dengan dimensi 138.4 x 67.3 x 7.3 mm (5.45 x 2.65 x 0.29 in)

Namun, walaupun memiliki ukuran yang lebih kecil, Iphone SE juga telah memiliki teknologi untuk menggunakan eSIM.

Dengan ukuran yang lebih kecil, maka akan tersedia kenyamanan untuk digenggam atau digunakan, cocok sekali bagi kamu yang tidak menginginkan HP dengan ukuran yang besar.

  1. Series Iphone 12 dan Iphone 13

Sudah sewajarnya bagi Apple untuk memberikan fitur eSIM di HP flagship terbarunya, yaitu series Iphone 12 dan Iphone 13.

Series Iphone 12 dirilis pada tanggal 23 Oktober 2021 sedangkan untuk series Iphone 13 dirilis pada 24 September 2021.

Bagi HP yang berjarak 1 tahun ini, keduanya patut dipertimbangkan untuk menjadi HP bagi kamu yang menginginkan HP flagship dengan teknologi eSIM.

Sayangnya, untuk series Iphone 13 belum resmi masuk di Indonesia. Jadi kamu masih harus menunggu beberapa saat sampai Iphone 13 masuk ke Indonesia secara resmi.

Selagi menunggu, kamu juga bisa mempertimbangkan untuk membeli Iphone 12 yang harganya sudah menurun semenjak dirilis.

Sebagai contoh, jika kamu menginginkan untuk membeli Iphone 12 256 GB dengan kondisi baru, kamu dapat membelinya di Tokopedia dengan harga Rp23.699.000.

  1. Samsung Galaxy S20, S20+, S20 Ultra, dan Galaxy Z Flip

Setelah membahas Iphone, tidak adil rasanya jika tidak membahas Android. Sehingga untuk terakhir, daftar HP yang support eSIM akan membahas HP Android, khususnya Samsung.

Samsung menjadi yang terdepan untuk HP flagship bagi pencinta Android untuk ditunggu-tunggu. Samsung mengeluarkan series galaxynya, mulai dari S20, S20+, S20 Ultra dan Galaxy Z Flip.

Semuanya memiliki spesifikasi yang sangat mumpuni walaupun berbeda-beda. Tapi ada satu kesamaan, yaitu semua HP ini telah mendukung fitur eSIM.

Menariknya adalah Samsung Galaxy Z Flip. HP dengan model keluaran terbaru dari Samsung ini membawa terobosan terbaru di dunia HP.

HP dengan layar sentuh serta memiliki 2 layar yang bisa diflip. Sehingga membuat kamu memiliki kapasitas layar lebih luas dan leluasa.

HP Samsung Galaxy Z Flip sangat cocok bagi kamu yang ingin tampil terlihat beda serta fitur-fitur yang baru.

Nah demikian 5 daftar HP yang support eSIM. Terdapat HP Android dan juga Apple yang dapat menjadi pertimbangan bagi kamu.

Daftar tersebut bisa menjadi referensi bagi kamu untuk yang menggunakan Android dan juga Apple.

Memang untuk daftar-daftar yang tertera merupakan HP yang memiliki harga yang cukup tinggi, hal tersebut dikarenakan eSIM juga adalah teknologi yang baru.

Sehingga belum banyak HP-HP kelas menengah yang memiliki fitur eSIM. Terlebih, tidak ada salahnya untuk kamu membeli HP flagship mengingat kualitas yang akan didapatkan.

Baca Juga : 7 Daftar HP RAM Besar Terbaik Anti Lelet

5/5 - (456 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × one =