Cara Mengatasi Laptop Lemot

Cara Mengatasi Laptop Lemot – Mungkin sebagian dari kalian pengguna laptop sering mengalami laptop terasa lemot. Semakin lama digunakan maka performa dari perangkat tersebut pastinya akan semakin menurun. Disisi lain dalam proses loading pun akan semakin melambat maupun ketika membuka software tidak secepat dulu. Nah hal tersebut tandanya laptop kamu sudah mulai melambat.

Apabila hal tersebut terjadi, alangkah baiknya jangan terburu – buru untuk mengganti perangkatnya dengan yang baru, pasalnya sama seperti perangkat elektronik lainnya, laptop juga dapat mengalami penurunan performa. Walaupun demikian hal tersebut juga adalah hal yang wajar bahkan untuk laptop dengan spesifikasi tinggi.

Terdapat beberapa hal yang bisa menyebabkan laptop lemot, secara umum, masalah – masalah dibawah ini bisa menjadi penyebabnyak. Simak ulasannya.

  • Umur hardisk perangkat kamu sudah terlalu lama. Yang dimana proses read serta write akan berjalan lebih lambat dari biasanya. Sehingga nantinya akan mempengaruhi pada peforma laptop secara keseluruhan.
  • Disisi lain penyebabnya adalah terlalu banyak aplikasi yang berjalan di background serta otomatis aktif ketika diaktifkan. Hal tersebut tentunya dapat membuat kinerja dari perangkat tersebut menjadi berat dan membutuhkan proses booting yang relatif lama.
  • Kapasitas hardisk atau penyimpanan sudah penuh. Hal tersebut pastinya akan membuat performa laptop kamu menjadi lebih lambat atau lemot.

Setelah kamu tahu penyebabnya apa, kemudian kamu pun dapat mengambil langkah pertama untuk atasi laptop lemot. Siapa tahu kamu bisa mengatasi masalah tersebut secara mandiri tanpa harus ke tempat service.

Cara Ampuh Mengatasi Laptop Lemot

Cara Mengatasi Laptop Lemot Anti Ribet 2021

Dengan penyebab yang sudah dijelaskan diatas tadi, laptop yang sudah mengalami penurunan performa dapat diatasi dengan baik. Nah cara supaya prangkat kamu tidak mengalami hal tersebut lagi, maka diabwah ini adalah cara cepat untuk atasi kasus tersebut secara mandiri. Sebagai catatan cara dibawah ini tidak selalu 100% berhasil, akan tetapi bisa mengurangi masalah tersebut.

1 . Gunakanlah Antivirus

Penyebab yang kerap kali menjadi faktor utama laptop kamu menjadi lambat yaitu terkena virus. Sama halnya manusia, laptop pun bisa terkena penyakit yang nantinya akan berakibat pada performa dari laptop itu sendiri. Supaya hal tersebut tidak terjadi, kamu dapat memasang antivirus terbaik untuk menghilangkan virusnya.

Selain itu juga pastikan bahwa selalu cek secara rutin. Kemudian updatelah antivirus secara berkala supaya macam – macam virus bisa terbaca dengan software antivurs yang sudah kamu instal.

2 . Hapus / Uninstal Aplikasi

Biasanya apabila sudah mempunyai laptop ada kalanya kita ingin mencoba untuk menginstal berbagai macam aplikasi, akan tetapi pada akhirnya terlalu banyak aplikasi yang diinstal, sedangkan kapasitas hardisk pada drive C akan terus penuh sehingga membuat sistem terlalu lama untuk membaca penyimpanan tersebut.

Sehingga efek jangka panjangnya akan menjadi salah satu penyebab bahwa laptop kamu menjadi lambat. Nah cara untuk mengatasi laptop lemot karena banyak aplikasi ini dapat dilakukan dengan menghapus atau menguninstal aplikasi yang jarang di gunakan atau tidak dipakai.

Kamu dapat menyeleksi apa saja apalikasi yang jarang sekali kamu pakai bahkan tidak digunakan. Disisi lain cek juga aplikasi yang memang tidak sengaja terinstal ketika browsing. Kemudian pada saat proses download konten dari situs tertentu maupun ketika melakukan instal.

Gunakanlah aplikasi yang memang sesuai dengan kebutuhanmu saja. Pasalnya sangat disayangkan apabila membuat memori menjadi penuh karena banyaknya aplikasi yang tidak digunakan. Hal ini adalah cara supaya laptopmu tidak melambat, dengan demikian kamu tidak perlu lagi menggunakan aplikasi maupun teknik khusus.

Disisi lain dengan demikian pastinya akan mengurangi beban memori pada perangkat dengan cara menghapus aplikasi yang memang tidak diperlukan yang dimana hal tersebut bisa menurunkan performa laptop itu sendiri.

3 . Menyesuaikan Penggunaan Aplikasi

Memaksakan kinerja dari Ran pada laptop tersebut dengan menyalakan aplikasi berlebihan tentunya bisa menjadi penyebab laptop menjadi lambat. Contohnya pada saat kita bermain game, kadang kala kita sering membuka aplikasi pemutar musik secara bersamaan. Padahal, proses game saja sudah berat, namun masih saja ditambahkan dengan pemutar musik.

Oleh karena itu sesuaikanlah penggunaan aplikasi dengan spesifikasi perangkatmu. Selain itu kamu pun bisa mengaktifkan fitur task manager supaya dapat mengontrol penggunaan Ram ketika menjalankan berbagai aplikasi sekaligus sebagai salah satu cara supaya laptop lambat.

Cara Cepat Mengatasi Laptop Lemot

4 . Gunakanlah Aplikasi Sesuai Dengan Spesifikasi Laptop

Alangkah baiknya sebelum kamu membeli laptop, kamu harus tahu terlebih dahulu spesifikasi dari laptop yang ingin kamu beli. Hal tersebut pastinya akan membantu kamu untuk menilai bahwa apakah aplikasi yang ingin kamu masukkan pada perangkat itu sesuai dengan spesifikasinya ataupun tidak.

Sebagai contoh, kita ngin memasang game berat yang kamu inginkan namun spesifikasi prosesor dan ramnya tidak memadai. Jika kamu memaksakan untuk instal game tersebut maka jangan heran jika suatu hari laptop tersebut akan melambat atau lemot.

Oleh karena itu sebagai solusi jangan pernah memaksakan kemampuan dari perangkatmu. Dan pilihlah software alternatif maupun yang spesifikasinya lebih rendah supaya perangkatmu tidak mengalami lemot. Dengan spesifikasi yang sesuai dan tepat, tentunya bisa mengatasi laptop lemot.

5 . Menggunakan Aplikasi Pemacu Kinerja Laptop

Cara mengatasi laptop lemot selanjutnya adalah dengan menginstal atau memasang software yang dimana dapat mendukung kinerja laptop supaya menjadi lebih cepat. Ketahuilah saat ini sudah banyak sekali aplikasi dengan fungsinya demikian. Diantaranya adalah Razer Game Booster, Ccleaner, Iobit danmasih banyak sekali. Pilihlah dengan spesifikasi laptopmu.

6 . Cara Mengatasi Laptop Lemot Menggunakan Disk Defragment

Mungkin cara yang satu ini jarang sekali diketahui oleh beberapa pengguna. Apalagi ketika masalah lemot itu sedang terjadi. Pasalnya semakin banyak software yang sudah kamu instal di perangkat maka semakin lambat juga performanya. Oleh karena itu, kamu dapat memanfatakan disk fragment yang merupala software bawaan di laptopmu.

Dimulai dari tahapan analyze serta optimixe file kamu akan tertata sedemikian rupa. Selain itu kamu pun bisa tahu apa saja file maupun sampah yang membuat laptop kamu menjadi melambat.

7 . Gunakanlah Cooling pad

Jika diperlukan, kamu dapat menggunakan cooling pad sebagai kipas tambahan yang dimana itu sangat membantu supaya suhu pada laptop tidak terlalu panas. Nah jika suhu perangkat terlalu panas, maka bisa saja perangkat kamu akan menjadi lemot. Disis lain kamu juga bisa menggunakan vacuum cooler untuk menyedot keluar udara panas pada laptop kamu.

8 . Cara Mengatasi Laptop Lemot dengan Instal Ulang

Ketahuilah bahwa usia laptop yang sudah lama atau tua tentunya bukan hanya dapat mempengaruhi kinerja hardware saja, melainkan software juga. nah salah satu yang kerap kali terpengaruhi adalah Windows itu sendiri. Apabila Windows sudah mengalami eror maka performa laptop pun akan semakin melambat. Disisi lain akan sering alami crash.

Apabila sudah parah alangkah baiknya untuk melakukan reset maupun instal ulang Windows kamu dengan yang baru.

Sekian informasi yang bisa disampaikan mengenai cara mengatasi laptop lemot. Semoga dengan adanya hal ini bisa membantu kamu yang sedang mengalami kasus diatas tadi.

4.9/5 - (109 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

five × three =