14 Cara Agar iPhone Tidak Cepat Panas Paling Efektif

Cara Agar Iphone Tidak Cepat Panas Terbaru 2022 Paling Efektif – Mungkin Anda pernah bertanya, kenapa Iphone cepat panas? Meskipun Iphone merupakan merk smartphone yang terkenal dengan sistem stabil dan kemampuannya yang mumpuni, Iphone juga dikenal dengan panasnya yang berlebihan. Tetapi Anda tidak perlu khawatir, karena ada cara untuk mengatasi Iphone tidak cepat panas sehingga bisa digunakan lebih lama, terutama dalam bermain game dan baterai dapat lebih irit lagi.

Cara Agar Iphone Tidak Cepat Panas Terbaru 2022 Paling Efektif

Tentang Iphone

Iphone merupakan merk ponsel cerdas yang diluncurkan oleh Apple dan telah menjadi salah satu brand smartphone ternama saat ini. Di Eropa dan Amerika, Iphone sangat diminati dan menjadi smartphone paling diinginkan di Indonesia. Iphone sendiri pertama kali rilis pada tanggal 9 Januari 2007 dan sejak saat itu, tim Apple merilis smartphone Iphone model baru dengan dukungan sistem operasi terbaru. IOS merupakan perangkat lunak atau Operation System (OS) yang dikembangkan oleh Apple kemudian ditanamkan pada smartphone Iphone mereka.

OS ini pertama kali rilis pada tanggal 29 Juni 2007 dan sampai sekarang masih digunakan oleh semua variant Iphone, yaitu IOS versi 15.6.1. Kelebihan yang ditawarkan oleh IOS sangat banyak dan memiliki perbedaan yang signifikan dengan kompetitor yaitu Android OS. Dibandingkan dengan Android, IOS dikenal lebih stabil dan mampu mengeluarkan kemampuan hardware yang sesungguhnya seperti irit daya dan Antutu tinggi. Karena itu lah, Iphone rata-rata memiliki kapasitas baterai lebih rendah dibanding smartphone Android tetapi mampu bersaing dalam hal durasi SOT (Screen on Time).

Cara Iphone Tidak Cepat Panas dan Penyebabnya

Panasnya Iphone tidak hanya disebabkan oleh hardwarenya, tetapi bisa jadi dari IOS yang tidak diupdate atau memiliki masalah di dalamnya, seperti Iphone cepat panas pada IOS 15 dan 14. Ketika Iphone mengalami overheat, biasanya Iphone akan panas di bagian kamera atau bagian atas smartphone.

Kondisi panas ini juga bisa menyebabkan kerusakaan pada baterai, terutama pada Iphone 6 yang cepat panas dan habis baterai. Untuk mengatasi semua permasalahan akibat panas tersebut, Anda bisa mengikuti saran-saran kami, cara mengatasi Iphone panas di bawah ini disertai dengan penyebabnya;

1. Jangan Memasukkan Iphone ke Pendingin

Orang-orang akan berpikir bahwa apabila smartphone panas dan ingin mendinginkannya, langkah cepat yang bisa dicoba adalah memasukkan Iphone ke kulkas atau freezer agar suhunya dapat lebih dingin. Tetapi, cara ini sangat salah dan tidak boleh dicontoh.

Faktanya, HP yang mengalami panas berlebih kemudian suhunya diturunkan ke titik terdingin dalam jangka waktu singkat bisa mengakibatkan kerusakaan parah, terkhusus pada baterai. Baterai dalam jangka waktu singkat bisa terjadi kembung dan harus menggantinya.

2. Mengaktifkan GPS

GPS merupakan fitur yang hadir dalam smartphone masa kini yang memungkinkan pengguna untuk mengetahui lokasi saat ini sehingga penggunaan Maps online dapat berjalan dengan baik. Fitur ini menggunakan sensor hardware khusus yang memakan banyak energi smartphone sehingga baterai dapat terkuras lebih cepat dan mengakibatkan panas.

Karena itu, GPS sebaiknya dinonaktifkan saja, apabila tidak perlu digunakan dan diaktifkan ketika diperlukan saja. Untuk mengatasi update atau GPS yang otomatis hidup di latar belakang, Anda bisa mengaktifkan mode Hemat Baterai pada Iphone.

3. Koneksi Jaringan yang Buruk

Penyebab Iphone panas selanjutnya adalah kendala pada jaringan. Untuk mencari sinyal pada suatu jaringan, baik itu jaringan selular atau Wi-Fi, perangkat keras pada Iphone memerlukan energi yang banyak sehingga mengakibatkan baterai cepat habis dan Iphone menjadi panas. Semakin buruk jaringan di tempat Anda, semakin panas smartphone Anda.

Karena itu, apabila di tempat Anda tidak memiliki jaringan yang bagus, sebaiknya aktifkan mode pesawat saja. Jika berada di tempat yang memiliki sinyal bagus, pastikan untuk mengubah mode jaringan ke paling tercepat, contohnya 4G atau 5G agar smartphone dapat menangkap jaringan dengan lebih mudah sehingga tidak memerlukan daya lebih.

4. Kecerahan Layar Berlebih

Cahaya yang dikeluarkan oleh layar smartphone memakan baterai yang cukup besar dan mampu membuat HP menjadi panas. Saat kecerahan layar sangat tinggi, akan ada 3 titik yang terkena dampak panas yaitu layar, mesin, dan baterai.

Kecerahan layar tinggi juga bisa mengakibatkan kerusakan pada layar smartphone. Karena itu, lebih baik untuk tidak menggunakan tingkat kecerahan tertinggi atau kurangi penggunaan kecerahan maksimal.

5. Manajemen Aplikasi

Aplikasi bisa saja memberikan dampak negatif bagi kesehatan smartphone, seperti mampu membuat smartphone menjadi panas. Hal ini diakibatkan oleh aplikasi-aplikasi yang tidak stabil. Kemudian beberapa aplikasi juga dapat terindikasi sebagai Malware sehingga mengganggu sistem. Apabila sistem Iphone terganggu, penggunaan CPU dan RAM akan besar dan membuat mesin Iphone menjadi lambat dan panas.

Untuk membantu memanajemen aplikasi, install aplikasi seperlunya saja dan uninstall aplikasi yang dirasa tidak terlalu penting dalam keseharian Anda.

6. Memeriksa Penggunaan Baterai Iphone

Cara ini bisa Anda coba apabila Iphone Anda sudah terasa panas dan sering mengalami gangguan. Gangguan tersebut bisa disebabkan oleh aplikasi yang berjalan di latar belakang. Untuk mengetahui aplikasi apa saja yang memakan begitu banyak daya baterai di latar belakang, Anda bisa mengeceknya dengan fitur penggunaan baterai.

Untuk mengaksesnya, buka Setting kemudian arahkan ke menu General. Di sana, cari menu Background App Refresh dan nonaktifkan aplikasi yang mengambil banyak penggunaan baterai. Penggunaan baterai yang tinggi menyebabkan baterai menjadi panas dan cepat terkuras.

7. Streaming Video dan Bermain Game

Membeli Iphone tetapi tidak digunakan streaming video dan bermain game rasanya akan sia-sia saja. Selain harganya yang cukup mahal, layar Iphone terkenal dengan kejernihannya dan memiliki mesin tangguh untuk bermain game. Tetapi kegiatan tersebut dapat menguras baterai dengan sangat cepat dan membuat mesin Iphone menjadi panas.

Untuk mencegah kerusakan, sebaiknya istirahatkan HP sejenak setiap 30 menit digunakan. Panas berlebih dalam jangka waktu panjang bisa mengurangi umur barang elektronik. Kemudian Anda juga bisa menambahkan fan cooling untuk mereda panas.

8. Main Iphone Saat Sedang Charging

Sebenarnya menggunakan Iphone saat charging tidak masalah, karena daya yang masuk secara otomatis akan dipangkas sehingga mengurangi panas baterai. Tetapi yang menjadi masalah adalah ketika Anda menggunakannya untuk aktivitas berat seperti streaming video atau bermain game.

Selain itu, bermain Iphone saat sedang charging bisa merusak baterai dan proses isi daya pun melambat. Lebih baik biarkan Iphone terisi sampai penuh kemudian digunakan kembali. Anggaplah masa charging adalah waktu Iphone Anda sedang beristirahat.

9. Kerusakan Baterai

Penyebab Iphone panas selanjutnya adalah kerusakan pada baterai yang mengakibatkan baterai menjadi panas dan habis lebih cepat. Untungnya, hal ini cukup jarang terjadi karena IOS memiliki fitur yang dapat menjaga performa baterai tetap prima.

Tetapi apabila baterai Anda telah rusak sehingga mengakibatkan panas berlebih, kami sarankan untuk diganti saja.

10. Berada di Tempat Bersuhu Tinggi

Pada dasarnya, mesin HP pasti mengakibatkan panas, baik secara micro atau pun bisa dirasakan oleh tangan. Namun panas tersebut dapat bertingkat lebih panas lagi akibat pengaruh dari lingkungan sekitar. Kebiasaan paling fatal yang sering terjadi adalah menaruh Iphone di bagian depan mobil sehingga sinar matahari yang menembus kaca depan mobil mengenai Iphone secara langsung.

Smartphone akan jauh lebih panas, apalagi jika warnanya hitam, karena hitam menyerap lebih banyak energi panas. Jadi pastikan untuk tetap menaruh Iphone di tempat yang minimal memiliki suhu kamar, yaitu kisaran 25 sampai 30 derajat.

11. Kerja Prosesor Terlalu Berat

Sedikit banyak, prosesor yang bekerja akan menghasilkan panas. Tetapi apabila prosesor sudah bekerja terlalu berat, panas yang dihasilkan bisa merusak, walaupun zaman sekarang, prosesor smartphone dapat bertahan di suhu tinggi sekalipun, tetapi rasa panas di tangan membuat penggunaan smartphone kurang nyaman. Untuk mengatasi hal ini, kurangi penggunaan prosesor berlebihan dengan cara menghapus aplikasi tidak jelas, mengurangi beban latar belakang, atau mengosongkan RAM.

Kami tidak menyarankan untuk menonaktifkan satu atau beberapa core CPU karena dapat membuat beban smartphone menjadi lebih berat.

Tips dan Trik Mengatasi Iphone Cepat Panas

Setelah mengetahui apa saja yang menjadi penyebab dan berusaha untuk mengatasinya, kami akan memberikan beberapa tips dan trik untuk membantu mengurangi panas berlebih pada Iphone Anda. Berikut ini kami paparkan;

1. Matikan Bluetooth

Sama seperti mencari jaringan atau Wi-Fi, hardware Bluetooth juga dapat menghasilkan panas apabila dinyalakan karena Bluetooth akan berusaha sekeras mungkin untuk menemukan jaringan. Karena itu, matikan saja apabila tidak digunakan.

2. Aktifkan Mode Irit Daya

Semua smartphone memiliki fitur irit daya yang membuat penggunaan smartphone dapat memakan daya rendah. Aplikasi yang berjalan di latar belakang serta kinerja mesin akan dipangkas sedemikian rupa untuk mengurangi penggunaan baterai.

Apabila penggunaan baterai sedikit, panas yang dihasilkan oleh mesin akan lebih rendah. Kekurangannya adalah Anda tidak bisa merasakan full fitur dari Iphone serta kinerja yang terasa terhambat.

3. Melepas Casing

Casing yang dimaksud adalah casing tambahan, baik itu softcase atau hardcase. Melepas casing dapat membuat mesin Iphone lebih dingin, tetapi mungkin tidak akan nyaman dipegang dan digunakan apabila Anda terbiasa menggunakan casing.

Cara lain yang dapat dicoba adalah menggunakan casing yang mampu menyerap panas dengan baik seperti casing dengan bahan aluminium. Besi aluminium dapat menyerap panas, meskipun kurang nyaman dipegang, tetapi bisa juga untuk menghindari goresan saat HP terjatuh. Lebih baik untuk menghindari softcasing yang rata-rata terbuat dari karet.

Baca Juga: Cara Mengaktifkan eSIM di Iphone

Bagaimana? Sudah tahu penyebab dan cara mengatasi iPhone cepat panas bukan. Jadi tidak perlu bingung lagi atau kaget ketika iPhone mu tiba-tiba panas.

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: yasin badarudin