15 Cara Menggabungkan File PDF Menjadi Satu di Android dan Laptop

Cara Menggabungkan File PDF Menjadi Satu di Android dan Laptop

Cara Menggabungkan File PDF Menjadi Satu di Android dan Laptop – Teknologi yang semakin canggih sangat mempengaruhi kebutuhan manusia terutama digital. Sepertinya ini sudah menjadi asupan sehari-hari kita bukan, mulai dari sekolah atau pekerjaan pasti memerlukan internet. Maka dari itu hal ini harus dikuasai oleh pelajar, bagaimana mengimplementasikannya secara benar dan akurat dengan sesuai fungsinya.

Terkadang jika kita amati Kembali kebutuhan tugas yang kita emban melalui sekolah ataupun pekerjaan selalu berkaitan dengan unsur internet dan digital. Pasti sebagian dari kalian tahu bahwa keperluan tugas ini mengharuskan kamu mengirimkan dokumen dgital yang dimana banyak digunakan orang-orang untuk di ubah ke dalam pdf. 

Apalagi sistem sekarang ini mengharuskan anak sekolah atau pekerja melakukan kegiatannya di rumah yang menjadikan berkerja secara virtual atau daring. Jadi bagaimanapun tugas yang dikirimkan dalam bentuk dokumen digital. Biasanya dokumen tersebut dalam bentuk pdf.

Dalam jenis file pdf ini sangat penting sekali, sekaligus banyak orang yang mengenal dan sering menggunakannya. Dengan menggunakan pdf ini kita bisa melihat dokumen-dokumen kita seperti cv, photo, sertifikat, annual report, ebook, dan lainnya. Beberapa dokumen digital biasannya berbentuk docx maupun jpg bisa diubah menjadi format PDF. 

Cara Menggabungkan File PDF Menjadi Satu di Android dan Laptop

Lalu bagaimana cara kita menggabungkannya dalam satu file yang berisikan banyak data? Tidak heran masih ada beberapa satu atau orang yang belum memahami dengan baik cara menggabungkan data tersebut menjadi satu kesatuan. Apakah sulit untuk di praktekan? Nah, tenang kalian tak perlu risau dan binggung. Selengkapnya kita akan bahas secara tuntas menggenai “cara menggabungkan file di HP dan Laptop”. 

Hal tersebut dilakukan agar file dokumen tersebut menjadi lebih simple, aman, dan bisa di akses ke semua jenis platform. Karena seperti yang kita tahu, umumnya file Pdf ini sudah menjadi salah satu termaksud bagian sehari-hari kita. Sekarangpun banyak website atau situs yang menyediakan tools ini untuk bisa menggabungkan (combine) file dokument tersebut. 

Menggabungkan File PDF Menjadi Satu Melalui Situs

Bagaimana jika kira-kira kita membahas terlebih dahulu tentang situs apa saja yang bisa menggabungkan file dengan format Pdf. Karena dalam pengaplikasiian ini kamu bisa menggunakan 2 metode yakni melalui aplikasi yang kamu bisa unduh dan nantinya tertanam dalam ponsel pintar kamu, atau kamu bisa mengunjungi situs website. Selain itu kamu juga harus memastikan ketersediaan  ruang memori.

Metode ke dua yakni kamu bisa mengunjungi sebuah situs website yang memang menyediakan khusus tools untuk menggabungkan pdf.

Nah beberapa bahan sudah kita kumpulkan nih untuk kalian semua, berikut beberapa situs berserta langkah -langkahnya dalam menggunakan.

1. ILove Pdf

Situs tersebut menyediakan pelayanan service untuk menggabungkan file, mengkompres pdf, memisahkan pdf. ILove Pdf sudah terkenal dan aman digunakan, terlebih sudah banyak yg mengenal dan menggunakannya. Situs ILove pdf inipun juga bisa kamu dapatkan dalam sebuah aplikasi juga loh.

Lalu seperti apa cara dalam menggabungkannya: 

  • Masuk ke dalam google atau chrome yang sudah tertanam dalam pc atau hp kamu.
  • Masukan keyword “Ilove pdf” atau kamu bisa langsung click link ini https://www.ilovepdf.com.
  • Setelah berhasil masuk ke dalam website tersebut, kamu bisa tekan “pilih file pdf” pada halaman tersebut yang nantinya akan mengarahkan kamu membuka folder atau penyimpanan ruang.
  • Setelah itu, pilih file dokumen kamu berada dan pilih beberapa yang memang akan kamu gabungkan dokumen atau file tersebut. 
  • Kemudian akan muncul opsi gabungkan file, kamu hanya perlu click sekali lagi.
  • Tunggu beberapa saat sampai selesai.
  • Jika sudah selesai akan ada tulisan Download yang dimana kamu bisa langsung mengunduh dokumen atau file yang sudah berhasil digabungkan. 
  • Otomatis dokumen atau file kamu sudah digabungkan. Kamu dapat melihat hasilnya dan memindahkan ke dalam ruang penyimpanan mana yang ingin kamu simpan. 

Nah kalau kamu sudah selesai melakukan tahapan di atas, pastikan untuk cross check kembali apakah urutan penggabungan dokumen kalian sudah sesuai urutan masing-masing atau tidak ya.

Kamu juga bisa loh menggunakan situs ini dengan berbagai macam aspek kebutuhan yang sudah fitur ini sediakan. Mulai dari mengubah format PDF menjadi JPG/JPEG, PNG, DOC dan lain sebagainya adalah hal yg bisa dilakukan di situs ini.

2. SmallPDF

SmallPDF adalah selanjutnya situs yang kita rekomendasikan ke kalian semua. Situs ini bisa kamu akses secara free alias gratis. Small pdf juga tidak jauh berbeda kegunaanya dengan situs sebelumnya, mereka sama-sama memiliki fungsi yang sama.

Pastikan koneksi internetmu stabil ya untuk mengakses situs ini. Perangkat software ini juga tersedia dalam bentuk aplikasi. Jika kamu mau menginstallnya kalian bisa dwonload melalui playstore atau app store. Nah, bagaimana jika kita langsung loncat cara penggunaanya. Mari kita simak langkah-langkahnya : 

  • Masuk ke dalam situs small pdf melalui apa saja, bisa google atau chrome.
  • Jika sudah berhasil masuk ke dalam situs tersebut. Pilih file pada halaman yang tersedia. 
  • Kamu bisa memilih file mana saja yang kamu mau gabungkan.
  • Kemudian kamu tinggal klik gabungkan.
  • Setelah itu kamu hanya tinggal menunggu sampai proses penggabungan file tersebut selesai. 
  • Jika sudah berhasil, tahap akhir yang kamu lakukan adalah mengunduh file tersebut. 
  • Terakhir kamu hanya perlu memilih ingin meletakan file kamu diruang penyimpanan yang mana. 

Untuk menghindari kesalahan kamu dapat mengecek ulang kembali file yang kamu gabungkan sudah benar apa belum. Sebenarnya cara penggabungan file menjadi pdf sangatlah mudah dan praktis dalam mengimplementasikannya. 

3. SodaPDF

SodaPDF yaitu sebuah perangkat lunak sangat handal, intuitif, serta portabel yang dapat membantu pekerjaan rumah kamu menjadi lebih efisien. Selain berfungsi untuk menggabungkan file PDF menjadi satu, fiturnya yang lengkap memberikan banyak manfaat lebih kepada pengguna setia soda ini. Jadi bagaimana langkah. Nah, kamu bisa memperhatikan dengan baik dan seksama:

  • Langkah awal yg kamu lakukan adalah mengunjungi web SodaPDF ini.
  • Setelah itu pilih file yang akan digabungkan.
  • Kemudian gabungkan file.
  • tunggu beberapa menit proses sampai selesai
  • setelah selesai kamu bisa langsung mengunduh file tersebut dan simpan di penyimpanan yang biasa kamu gunakan. 

Berikut adalah beberapa metode yang bisa kamu gunakan dalam pengabungan file dokumen ke dalam bentuk format pdf. Jika kalian merasa terlalu ribet mengunjungi situs websitenya kalian dapat menginstall dalam sebuah aplikasi. Kami juga merangkum beberapa aplikasi yang bisa kamu install ke dalam handphonemu.

Menggabungkan File PDF Menjadi Satu dengan Aplikasi

1. PDF Utils

Salah satu dari beberapa aplikasi yang dapat menggabungkan file PDF menjadi satu adalah aplikasi ini. PDF Utilis dapat kamu temukan dalam playstore maupun appstpre ini. Aplikasi ini sudah memiliki jutaan pengguna berserta ulasan review yang positif hal ini menandakan bahwa aplikasi ini sangat rekomendasi 

2. Combine PDF

Aplikasi selanjutnya adalah combine pdf, aplikasi ini sangat bagus sekali digunakan dengan fitur yang friendly use kamu cepat memahami cara skema berkerja aplikasi ini. Di dalam aplikasi ini kamu dimudahkan dalam proses penggabungan file PDF menjadi satu.

Menggabungkan File PDF Menjadi Satu dengan Software

Ada beberapa software yang bisa kamu install untuk menggabungkan file PDF menjadi satu di laptop. Software-software tersebut antara lain yaitu:

  1. PDF Shaper
  2. PDFTK Builder
  3. PDFsam
  4. PDF Merger& Splitter

Ke-empat software di atas ada kelebihannya salah satunya yaitu menggabungkan dan memisahkan PDF. Dengan keempat software Windows di atas bisa mempermudah dalam pekerjaan terutama bagian dokumen.

Berikut adalah beberapa situs maupun aplikasi yang bisa kamu akses untuk menggabungkan file dokumen menjadi bentuk format pdf.

Baca Juga: 50 Cara Mengoptimalkan Browser Chrome, Firefox dan Opera Terbaru 2022

Sebagai penutup kata kami berharap cara ini dapat membantu teman-teman sekalian, terutama para pelajar dalam hal memudahkan mengirimkan dokumen berupa pdf. Selain itu mereka harus cepat beradaptasi dengan teknologi saat ini. 

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: yasin badarudin

Leave a Reply

Your email address will not be published.

8 − 6 =