50 Cara Mengoptimalkan Browser Chrome, Firefox dan Opera Terbaru 2022

Cara Mengoptimalkan Browser Chrome, Opera Mini dan Firefox, Anti Lelet dan Tanpa Loading Terbaru 2022

Cara Mengoptimalkan Browser Chrome, Opera Mini dan Firefox, Anti Lelet dan Tanpa Loading Terbaru 2022 – Aktivitas menjelajah dunia online atau browsing sudah menjadi kegiatan pokok manusia saat ini, semua pekerjaan mereka selalu berkaitan dengan dunia internet dan browser. Seakan-akan internet merupakan makanan pokok para netizen.

Dengan adanya jaringan internet kita dapat melihat perkembangan dari semua bidang kehidupan, baik itu teknologi, pendidikan, hukum, dan sosial di masyarakat.

Oleh karena itu mempunyai jaringan internet yang stabil merupakan kebutuhan pokok manusia saat ini. Internet tidak akan bisa berkembang tanpa adannya sebuah platform browser. 

Browser merupakan sebuah media pencari atau search enginee, flatform ini ada banyak macam, seperti google chrome, mozila, fire fox, dan masih banyak lagi.

Agar aktivitas browsing kamu lancar, kamu harus melakukan upaya yang tepat untuk mengoptimalkan browser yang kamu miliki.

Cara mengatur browser kamu bisa lakukan di settings bawaan atau bantuan aplikasi pihak ke-3.

Cara Mengoptimalkan Browser Agar Anti Lelet

Berikut cara mengoptimalkan browser dengan melakukan settings bawaan di browser mozila firefox, google chrome, dan opera:

1. Mozila Firefox

A. Aktifkan Trace Monkey mozila fire fox

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adaah mengaktifkan fitur tracee monkey, trace monkey adalah engine javascript super cepat yang banyak di keluarkan mozila.

Untuk mengaktifkannya kamu perlu melakukan beberapa langkah yaitu, ketikan pada kontak alamat “about:config” lalu tekan ENTER

Pada kotak filter ketikan “JIT” lalu ubah kode menjadi TRUE yaitu dengan klik ganda “javascript.options.jit.chrome” dan “javascript.options.jit.content” dan trace monkey sudah aktif.

B. Perkecil Data

Cara berikutnya adalah mengecilkan data atau compress data, jika kamu menggunakan firefox kamu bisa mendownload “toonel.” Aplikasi ini akan mengambil alih beban trafik pencarian kamu.

Jika kamu melakukan aktivitas download, ukuran file yang terunduh juga akan lebih kecil, hanya saja akan berpengaruh pada kualitas file yang kamu unduh.

C. Meningkatkan Ukuran Cache

Browser akan otomatis menyimpan segala catatan pencarian yang kamu miliki sehingga dapat mempercepat proses pencarian jika kau mencari hal yang sama dengan sebelumnya.

Tapi cara ini akan membutuhkan penyimpanan RAM yang besar, jika komponen PC/Laptop kamu mempunyai penyimpanan yang besar, kamu bisa memanfaatkan cara ini untuk browsing yang lebih cepat.

D. Lakukan Render dengan Cepat

Jika kamu sedang melakukan proses download di sebuah website yang berat dan rumit, kamu bisa menggunakan cara ini agar proses download lebih cepat. Dengan render ulang secara terus menerus, kemungkinan kamu akan dibawa langsung ke laman tempat download.

Untuk melakukan rendering kamu perlu mengetikan beberapa perintah sederhana di browser, Ketikan “about:config” dan tekan ENTER, klik “ok” dan masukan angka 500000 sebagai nama prefensi dan klik “ok” lagi.

E. Minimalisir Interupsi

Agar tidak terjadi interupsi saat melakukan browsing kamu harus mengabaikan user interface events sampai proses download selesai.

Namun cara ini terbilang ekstrim karena bisa mengakibatkan browser yang kamu pakai tidak merespon untuk beberapa saat.

Ketikan “about:config“ dan tekan ENTER, lalu klik kanan dan pilih “New > Boolean“. Ketikan “content.interrupt.parsing“ segera atau nilainya menjadi “false” dan klik “ok”

F. Menambah Kecepatan Loading

Cara ini mungkin banyak dilakukan pengguna browser firefox, di browser ini jika kamu menggerakkan mouse yang kamu miliki selama kurang lebih 0,75 sekon, maka secara langsung kamu akan masuk ke mode “low frequency interrupt” yang artinya interface yang kamu gunakan menjadi kurang responsif tapi proses download mu menjadi lebih cepat.

Ketikan “about:config” lalu  ENTER, klik kanan dan pilih “New > Integer“. Ketikan“content.switch.threshold“, ketikan angka “250000” dan klik “ok”

G. Mengaktifkan Fitur Pipelining

Jika kamu mengetikan sesuatu di kolom pencarian browser, maka secara  langsung akan dikirimkan ke server dan browser akan menunggu untuk melanjutkan proses dan memberikan hasil terhadap pencarian yang kamu lakukan.

Apa itu pipeling? Pipeling adalah sebuah kemampuan browser untuk mengirimkan banyak permintaan pesan sekaligus sebelum menerima respon apapun dari pencarian pertama.

Untuk mengaktifkannya ketikan “about:config” di kontak alamat, ubah false menjadi true pada “network.http.pipelining” dan “network.http.proxy.pipelining” dengan klik 2 kali. Lalu klik ganda pada “network.http.pipelining.maxrequest” kolom nomor ubah menjadi “8“.

H. Instal Add Ons

Ada beberapa add ons yang dapat kamu install untuk mengoptimalkan browser anda. Add ons tersebut antara lain :

  • Faster Fox, add ons ini bisa kamu gunakan untuk mempercepat kinerja browsing.
  • Memory Fox, add ons ini bisa kamu gunakan untuk mengatasi masalah penyimpanan saat melakukan browsing, dengan add ons ini perangkat yang kamu gunakan akan bisa menampung lebih banyak sampah atau histori.
  • Adblock Plus, terakhir adalah adblock plus, yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi virus dan iklan yang tidak perlu saat browsing. Masih banyak terdapat add ons yang bisa kamu gunakan, tergantung hal yang kamu butuhkan.

2. Google Chrome

Optimasi selanjutnya adalah Google Chrome, browser yang mulai rilis tahun 2008 ini, sekarang sudah menjadi browser terbaik dunia baik yang menggunakan PC atau mobile.

Google Chrome menyediakan banyak fitur dan sangat fleksibel yang menjadikan browser ini banyak digunakan. Namun sayangnya, penyimpanan yang dibutuhkan google Chrome terbilang cukup besar dan mempunyai daya kuras yang tinggi terhadap baterai laptop atau hp.

Lalu, bagaimanah cara untuk meningkatkan peforma google chrome kamu?

Mudah saja! Kamu hanya perlu mengikuti beberapa cara yang pastinya sangat mudah dan sudah ada dalam google chrome.

A. Install Theme

Cara yang pertama adalah dengan menginstal tema dengan memasang dan mengganti tema pada google chrome, kamu bisa mempercantik tampilan sesuai dengan gaya yang kamu inginkan, dengan itu proses browsing yang kamu lakukan akan lebih nyaman.

Caranya mudah, klik kanan pada spanner cari “personal options” pilih “get themes’ dan pilih theme yang kamu sukai.

B. Membersihkan Cache

Cara ini mungkin sudah lazim, yaitu dengan menghapus sampah hasil aktivitas kamu di dunia online menggunakan chrome. Banyaknya sampah juga dapat memengaruhi kecepatan suatu browser.

C. Update Chrome

Jika ada masalah dengan browser chrome yang kamu miliki, mungkin saja browser yang kamu gunakan sudah kadaluarsa dan perlu di update ke versi terbaru.

D. Gunakan Chrome Beta

Browser ini juga jarang diketahui pengguna chrome, padahal browser ini diklaim lebih aman dari browser biasanya. Untuk mendaptkannya kamu tinggal download di play store atau app store

E. Gunakan Chrome Flags

Fitur chrome flags merupakan settingan tersembunyi yang jarang diketahui pengguna chrome, tetapi dengan settingan ini performa chrome yang kamu gunakan akan lebih menigkat. Caranya adalah:

  • Buka Chrome.
  • Ketikan chrome://flags/
  • Pilih Enable pada pengaturan Chrome Duet (UI), Tab Grid Layout, Share QRCodes, Google Lens, Explore Website, An Ephemeral Preview Tab, dan lainnya.

F. Menggunakan Shortcuts

Untuk mempercepat pekerjaan yang sedang kamu kerjakan, kamu bisa menggunakan tombol pintas atau shortcuts untuk menghemat waktu.

Untuk menampilkan bookmarks bar kamu bisa menekan [Ctrl]+[Shift]+[B] dan [Ctrl]+[Shift]+[esc] untuk menampilkan taks manager chrome, [Ctrl]+[J] untuk menampilkan jendela Download, untuk beralih ke address bar

 Kamu bisa menggunakan [Ctrl]+[L], F11 untuk Full Screen theme, untuk membuka jendela baru tekan [Ctrl]+[N], [Ctrl]+[T] untuk membuka halaman tab baru, dan masih banyak shortcuts lainnya.

G. Atur Home Tab

Sama dengan browser lainnya, chrome akan menyimpan segala riwayat pencarian yang pernah kamu cari. Kam bisa mengatur tata letak riwayat tersebut atau menghapusnya.

H. Dowload Chrome Extensions

Agar kerja makin maksimal, kamu perlu menambahkan beberapa fitur penting yang bisa kamu unduh secara langsung di google chrome, seperti: Fastest Chrome, Proxy Switchy, Google Reader Notifier AdBlock, Google Mail Checker, Google Dictionary, Google Translate, dan lain-lain

I. Coba Ekstensi One Tab atau The Great Suspender

Dengan membuka tab secara bersamaan tentunya akan membuat penyimpanan Ram-mu banyak terkuras, oleh karena itu kamu perlu memasang one tab atau the great suspender. One tab akan menutup tab yang kamu buka dengan sekali klik dan mengubahnya menjadi daftar atau list. 

J. Explore Program

Selanjutnya adalah estimasi program, untuk itu pada address bar ketikan “about” dan enter. Secara langsung kamu akan diarahkan ke laman informasi chrome.

K. Tambahkan Fitur Easy Downloading

Untuk memudahkan dalam proses download kamu perlu menambahkan fitur easy downloading agar hasil download kamu aman dan cepat.

Untuk melakukan itu, kamu pergi ke menu options lalu pada tab Minor Tweaks dan tetapkan lokasi download baru, atau kamu bisa dengan drag and drop secara langsung.

L. Tutup Dengan Manual

Jika kamu merasa chrome yang kamu gunakan sudah mulai lemot, kamu langsung tutup dengan manual, caranya tekan kombinasi tombol CTRL+ALT+Delete kamu akan diarahkan ke taks manager, disana kamu bisa langsug menutup chrome, tunggu beberpa menit dan buka kembali.

M. Mengaktifkan Plugin Clik-to-play

Untuk memblokir yang mempunyai ukuran besar dan berpotensi membuat chrome kamu lemot, kamu perlu memasang plugin clik-to-play. Untuk mengaktifkannya buka “settings”, klik pada “Show advanced “, lalu klik “Content. ” dan pilih “Let me choose when to run plugin content”.

N. Menandai situs

Selanjutnya adalah dengan menadai situs yang sering dikunjungi atau Multiple Homepages, dengan demikian kamu akan lebih cepat dalam membuka situs favoritmu dan dapat membuka halaman baru tanpa harus menunggu hasil dari halaman sebelumnya. 

Buka options dan centang “Open the Following pages” kemudian tambahkan situs yang sering kamu kunjungi. 

3. Opera

Optimasi opera tidaklah begitu sulit, hanya dengan beberapa langkah, browser opera akan cepat dan ringan.

Sebelumnya, apakah kamu mengetahui opera? Opera adalah sebuah peramban web yang dirancang sebagai mesin pencari atau search engine. 

Opera dikeluarkan oleh perusahaan besar Opera Software yang berpusat di Oslo, Norwegia.

Meskipun tidak selaris chrome namun fitur yang disediakan opera tidak kalah menariknya.

Berikut langkah-langkah yang dapat kamu coba, untuk meningkatkan kecepatan opera yang kamu miliki:

  • Pertama buka opera yang kamu miliki.
  • Ketikan opera.config dan tekan enter
  • Pilih performance
  • Ubah settingan limit manjadi: Max Connection Server = 10, Max Connection full = 64, Network Buffer = 64, ceklis No Connection Keep Alive, dan ceklis Non-Compliant 100 Server Continue
  • Save dan restart opera.
  • Buka kembali opera dan dipastikan kecepatan browsing meningkat.

Baca Juga: 5 Cara Hack Facebook Tanpa Root Terbaru Lewat Android

Itulah cara mengoptimalkan browser google Chrome, Firefox dan Opera mini. Ikutilah langkah-langkah di atas sesuai dengan browser yang sering kamu gunakan. Jika browser kita lemot atau loading lama, maka akan menghambat pekerjaan kita.

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: yasin badarudin

Leave a Reply

Your email address will not be published.

4 + 1 =