3 Cara Menggunakan iMacros di Chrome

Cara Menggunakan iMacros di Chrome – Bagi kebanyakan orang pasti sangat asing dengan iMacros. Di mana memang tool yang satu ini hanya dikenal oleh mereka yang bekerja pada bidang SEO atau berbagai bidang yang berkaitan dengan bisnis online. Tools ini sendiri sangat berguna untuk membantu tugas berulang dan juga input data.

 

iMacros sendiri memiliki ukuran yang sangat kecil dan memang bisa melakukan input data secara berulang dalam sebuah website hanya dengan satu perintah saja. Menariknya, iMacros bisa diinstal melalui chrome dan beberapa alat pencari lainnya. Tentu saja, sebelumnya kamu harus tau terlebih dahulu bagaimana cara menggunakan iMacros di Chrome.

Dengan begitu, nantinya bisa langsung memakai tools tersebut tanpa harus repot-repot mencari tau caranya. Nah, untuk kamu yang belum tau bagaimana cara menggunakannya, berikut terdapat ulasan singkatnya.

iMacros merupakan add-on atau bisa disebut juga dengan eksistensi di browser. Di mana, untuk mengunduhnya sendiri sangatlah mudah dan bisa disesuaikan dengan browser yang kamu gunakan. Nah, kali ini kita akan membahas lebih dulu bagaimana cara mengunduh iMacros untuk chrome.Cara Menggunakan iMacros di Chrome

Cara Mengunduh iMacros Untuk Chrome

Sebelum mengetahui cara menggunakan iMacros di Chrome, tentu saja kamu harus mengetahui bagaimana cara untuk mengunduhnya. Cara mengunduhnya pun sangatlah mudah.

1. Menyiapkan Koneksi Internet dan Membuka Browser Chrome

Pertama, yang perlu kamu lakukan adalah memastikan terlebih dahulu koneksi internet yang dimiliki. Jika memang stabil, maka bisa langsing membuka chrome pada PC atau laptop yang sedang digunakan.

2. Pergi ke Chrome Web Store

Untuk bisa pergi ke chrome web store, kamu harus mengklik bagian address bar dan mengetik alamat https://chrome.google.com/webstore. Setelah itu, klik enter dan tunggu beberapa saat sampai laman chrome web store muncul.

3. Mencari iMacros

Jika sudah pada laman tersebut, maka cari saja iMacros dan scroll sampai menemukan iMacros for chrome. Kamu juga bisa langsung mencarinya dengan mengetikkan iMacros for chrome.

4. Download dan Install

Cara menggunakan iMacros di Chrome memerlukan hasil install-nya. Di mana, untuk menginstalnya cukup klik add to chrome. Setelah itu skan muncul pop up untuk mengkonfirmasi instalasi eksistensinya. Jika sudah, klik saja add extension. Tunggu sampai proses pengunduhan dan penginstalan selesai. Tanda bahwa pengunduhan berhasil adalah adanya ikon iMacros pada sisi kanan atas jendela chrome.

Cara Menggunakan iMacros di Chrome

Untuk mengunduh iMacros sendiri sangatlah mudah. Terlebih memang hanya ada 2 cara yang perlu kamu lakukan. Adapun beberapa cara yang dimaksudkan di sini adalah:

1. Membuka iMacros Terlebih Dahulu

Cara menggunakan iMacros di Chrome  yang pertama adalah dengan membuka iMacros-nya terlebih dahulu. Untuk membukanya, kamu bisa langsung mengklik ikon iMacros yang berada pada sisi kanan address bar. Setelah itu, akan muncul jendela baru yang menampilkan iMacros.

2. Mengklik Perintah yang Diinginkan

Dalam iMacros sendiri terdapat 5 file atau perintah yang bisa kamu gunakan. 5 perintah yang dimaksud adalah play, records, bookmarks, file, dan manage. Semuanya memiliki perintah yang berbeda-beda.

3. Fitur atau Perintah dalam iMacros

Seperti yang sudah disebutkan di atas, untuk menggunakan iMacros disesuaikan dengan kebutuhannya. Berikut ini ada 5 fitur atau perintah yang bisa kamu lakukan:

1. Menu Files

Sesuai dengan namanya, kamu pasti sudah mengetahui bahwa menu ini berfungsi untuk mengelola file iMacros yang tersimpan di penyimpanan. Jadi, cara menggunakan iMacros di Chrome untuk mengelola file, cukup mengklik menu ini.

2. Menu Play

Jika kamu mau mengeksekusi kode atau script iMacros yang sudah direkam, dibuat, atau dibeli, maka bisa mengklik menu ini. Tentu saja dengan menu ini, kamu bisa mengeksekusi script sesuai dengan kebutuhan.

3. Menu Bookmarks

Kalau menu yang satu ini biasa digunakan untuk menandai file-file penting dan memang sering dibuka. Sehingga, kamu tidak akan kebingungan mencari file penting, cukup dengan mengklik menu ini saja.

4. Menu Manage

Cara menggunakan iMacros di Chrome untuk mengedit kode adalah dengan mengklik menu manage. Tentu saja, hal ini akan sangat mudah untuk dilakukan oleh siapa saja.

5. Menu Record

Terakhir, ada menu record yang bisa kamu temukan dan gunakan. Biasanya menu ini disingkat dengan rec. Record sendiri berfungsi untuk merekam semua aktivitas yang sedang dilakukan di browser. Di mana, nantinya sudah pasti akan disimpan ke dalam bentuk script iMacros.

Cara menggunakan iMacros memang sangatlah mudah, sehingga bisa diikuti oleh siapa saja. Banyak sekali kegunaan iMacros yang bisa didapatkan oleh para penggunanya. Hal inilah yang membuat iMacros sangat penting.

Ternyata, iMacros sendiri tidak hanya berguna untuk input data saja, tetapi juga banyak perintah lain yang sudah dijelaskan di atas dan bisa langsung dilakukan oleh siapa saja. Hal inilah yang membuat orang-orang mencari tau bagaimana cara menggunakan iMacros di Chrome.

Beberapa kegunaan lain dari iMacros yang perlu diketahui adalah mampu mengekstrasi data dari sebuah website berupa teks atau gambar. Di mana kemudian bisa mengunduh data tersebut ke dalam bentuk file csv dan txt. Nah, hal inilah yang biasa dimanfaatkan oleh para penjual online untuk bisa mengelola produknya.

Jadi, bisa dikatakan bahwa iMacros bisa menjadi alat yang kuat untuk membantu pekerjaan kita. Hanya saja memang untuk otomatisasi terbaiknya hanya tersedia dalam versi premium atau berbayar. Sehingga memang harus menyiapkan budget ketika akan memakai iMacros. Meskipun begitu tentu saja tidak akan terlalu mahal jika dibandingkan dengan pekerjaan yang di-cover-nya.

Alternatif Lain Selain iMacros

Terkadang, meskipun sudah paham dengan cara menggunakan iMacros di Chrome, tetap saja akan merasa terbebani dengan biayanya. Oleh sebab itu, ada beberapa alternatif lain yang bisa digunakan sebagai penggantinya. Beberapa alternatif yang dimaksud adalah sebagai berikut.

1. Selenium

Pertama, ada selenium yang sumbernya open source. Di mana memang sangat diminati oleh orang-orang. Selenium sendiri bisa digunakan di beberapa OS, seperti Chrome, Firefox, Linux, Windows, Mac, Internet Explorer, dan lain sebagainya. Alternatif iMacros yang satu ini memiliki fitur rekam dan pemutaran menggunakan add-on browser-nya Selenium IDE.

2. Cypress

Kalau yang satu ini merupakan solusi otomatisasi pengujian open source khususnya untuk lingkungan web. Menariknya, cypress bisa secara otomatis memuat ulang setiap perubahan dalam pengujian. Di sini terdapat menu status test cypress yang bisa digunakan untuk melihat seberapa banyak tes yang gagal atau lulus. Selain itu juga secara otomatis akan menunggu perintah dan pernyataan sebelum bisa melanjutkan dan mengizinkan untuk memeriksa situs responsif.

Baca Juga:

Demikianlah berbagai hal mengenai iMacros. Meskipun memiliki ukuran yang kecil, tapi tools ini mampu memberikan banyak manfaat kepada para penggunanya. Cara menggunakan iMacros di Chrome cukup mudah. Hanya perlu disesuaikan dengan kebutuhan yang akan dilakukan. Tentunya, kamu bisa langsung mempraktikkan dan menggunakannya sekarang juga.

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: yasin badarudin