Cara Cek Masa Tenggang Telkomsel Dengan Mudah

Cara Cek Masa Tenggang Telkomsel

Cara Cek Masa Tenggang Telkomsel – Ternyata bukan hanya makanan saja yang memiliki tanggal kadaluwarsa, tetapi juga kartu dari provider seperti Telkomsel juga memiliki masa kadaluwarsa.

Jika kartu telah habis masa pakainya, maka tidak dapat digunakan kembali. Sayang banget kan? Karena harus repot ganti nomor dan memberi tahu kontak-kontak penting bahwa kita telah ganti nomor.

Tentu aja pasti kamu pengen banget menghindari hal tersebut, ada beberapa cara untuk menghindari kadaluwarsa dengan cara mengecek masa tenggang. Berikut beberapa caranya:

4 Cara Cek Masa Tenggang Telkomsel

  1. Cek Masa Tenggang Telkomsel via Kode USSD *888#

Cara Cek Masa Tenggang Telkomsel

Untuk mengetahui masa tenggang kartu Telkomsel yang kamu miliki caranya cukup gampang ya guys, karena bisa sekalian cek pulsa juga loh.

Langkah pertama adalah cukup untuk tekan *888# aja di HP kamu lalu pilih atau tekan Call/Dial ya. Setelah menunggu beberapa saat akan keluar sisa pulsa dan juga masa aktif kartu Telkomsel kamu.

Perlu diingat bahwa masa tenggang dari kartu Telkomsel kamu adalah maksimal 30 hari setelah masa aktif yang tertera saat kamu mengecek dengan kode *888#.

Cara ini adalah cara yang paling praktis dibandingkan dengan cara-cara lain yang akan dijelaskan, tapi ada kalanya jika sedang ada gangguan maka cara ini tidak dapat diakses ya.

Selain itu juga, cara ini harus diakses melalui HP yang memiliki kartu Telkomsel di dalamnya, sehingga jika kamu lupa membawa HP dan ingin meminjam HP teman, sayangnya harus mencoba cara lain ya.

  1. Cek Melalui Aplikasi MyTelkomsel

Cara kedua untuk cek masa tenggang Telkomsel selain melalui dial phone adalah melalui aplikasi MyTelkomsel. Aplikasi ini dapat diunduh dari Appstore untuk pengguna iOS dan juga Google Play Store untuk Android.

Untuk mengecek masa tenggang dengan aplikasi MyTelkomsel, langkah pertama adalah dengan mendownload aplikasi MyTelkomsel di HP kamu. Jika sudah, maka cara selanjutnya sebagai berikut:

  • Buka aplikasi MyTelkomsel yang sudah kamu install
  • Saat pertama kali membuka aplikasi MyTelkomsel, akan ada beberapa pengaturan seperti Bahasa di pojok kanan atas untuk pengguna Android, silahkan dipilih sesuai dengan prefensi kamu ya
  • Setelah mengatur Bahasa kamu akan diminta mengklik “allowed” beberapa fitur yang dibutuhkan aplikasi MyTelkomsel untuk bekerja secara maksimal.
  • Selanjutnya adalah kamu diharuskan login menggunakan nomor Telkomsel yang kamu miliki, pastikan nomor tersebut masih aktif ya.
  • Setelah memasukan nomor, maka bisa klik “Login” dan pihak Telkomsel akan mengirimkan kode verifikasi ke nomor yang kamu masukan. Pastikan jangan memberikan nomor verifikasi ini ke siapapun ya!
  • Setelah semua proses login ini selesai, maka kamu akan dibawa ke halaman utama aplikasi MyTelkomsel.
  • Di Halaman utama ini, untuk mengecek masa aktif kartu, kamu bisa mengklik informasi sisa pulsa dan masa tenggang.

Cara ini tentunya akan terlihat lebih ribet dibandingkan dengan cara pertama yang hanya tinggal mengetikkan kode *888#.

Namun, cara ini adalah salah satu alternatif bagi pengguna Telkomsel disaat sedang ada gangguan sinyal, karena cara ini membutuhkan koneksi internet yang bisa didapat dari Wi-Fi.

Selain untuk mengecek masa tenggang dan sisa pulsa, aplikasi MyTelkomsel juga memiliki banyak fitur seputar Telkomsel seperti informasi paket yang tersedia.

Jadi banyak sekali fitur yang ada di dalam aplikasi, kalua menurut kamu apakah lebih mudah cara pertama atau cara kedua?

  1. Melalui LINE, Facebook Messenger,Whatsapp dan Telegram

Cara Cek Masa Tenggang Telkomsel

Banyak nya aplikasi chatting yang ada di Appstore atau pun Playstore yang digunakan, membuat Telkomsel memikirkan kemudahan penggunanya untuk mendapatkan bantuan.

Ada pun beberapa aplikasi chatting seperti Line, Facebook Messenger, Whatsapp dan Telegram adalah 4 aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk mengecek masa tenggang kartu Telkomsel kamu.

Bagi kamu pengguna Line, langkah pertama adalah menambahkan akun Telkomsel sebagai teman. Caranya adalah di halaman Home, klik Add Friends, lalu scan kode QR ini https://line.me/R/ti/p/@telkomsel?from=page.

Setelah scan kode QR, maka akan muncul akun Telkomsel. Klik tambahkan sebagai teman untuk dapat menanyakan masa tenggang kartu Telkomsel kamu dengan cara masukkan nomor Telkomsel kamu.

Setelah memasukkan nomor Telkomsel kamu, maka seketika Virtual Assistant Telkomsel akan membalas dan ketik “Menu” di kolom chat

Setelah itu akan keluar pilihan Chat Customer Care, lalu ketik “Cek Masa Tenggang” dan tekan enter untuk mendapatkan jawabannya.

Untuk kamu pengguna Facebook Messenger, pastikan kamu sudah login ke Facebook untuk menggunakan fitur ini ya.

Untuk dapat berkomunikasi dengan akun Facebook Telkomsel, dapat mengklik link facebook ini tsel.me/facebookVA. Selanjutnya tinggal mengikuti instruksi yang diberikan oleh Virtual Assistant dari Telkomsel

Caranya tidak jauh berbeda dengan yang ada di Line ya guys, jadi tidak perlu bingung dan cara ini aman karena kamu akan dikirimkan kode verifikasi ke nomor HP yang kamu kirimkan di kolom chat.

Untuk chat melalui Whatsapp, caranya cukup mudah. Pastikan kamu sudah memiliki aplikasi WhatsApp ya. Ada dua cara untuk menghubungi Telkomsel dengan WhatsApp.

Cara pertama adalah dengan mengklik link WhatsApp ini https://api.whatsapp.com/send/?phone=6281111111111&text&app_absent=0 dan akan langsung bisa melakukan chat. Atau cara kedua dengan menambahkan nomor 0811-1111-1111 di kontak HP kamu ya.

Last but not least, adalah menggunakan aplikasi telegram untuk menghubungi Telkomsel. Dengan cara mengklik link Telegram ini tsel.me/telegramVA, kamu akan langsung diarahkan kepada Bot dari Telkomsel.

Dari keempat aplikasi tersebut, keseluruhan caranya hamper sama. Dengan menyebutkan nomor telepon Telkomsel kamu dan mengisi kode verifikasi yang diberikan untuk dapat memulai bertanya.

Tentunya semua ini lebih mudah, karena 4 aplikasi tersebut adalah aplikasi yang lumrah digunakan oleh banyak orang.

  1. Call Center Telkomsel

Call Center atau biasanya dikenal sebagai Customer Service (CS) juga dapat menjadi alternatif kamu untuk bertanya terkait masa tenggang kartu Telkomsel kamu nih.

Nomor yang harus dihubungi adalah 188. Ada pun pelayanan untuk menghubungi CS akan terkena biaya untuk pelanggan prabayar sebanyak Rp.300

Tapi jika kamu pelanggan Telkomsel Pascabayar, maka pelayanan CS ini tidak dipungut biaya apapun, alias gratis.

Layanan CS ini memungkinkan kamu untuk bertanya langsung kepada karyawan/CS dari Telkomsel sehingga kamu mendapatkan informasi secara lebih cepat,akurat,dan aktual.

Selain itu, kelebihan dari layanan ini adalah kamu bebas bertanya apa saja terkait informasi dari Telkomsel atau pun keluhan terkait dengan layanan Telkomsel.

Di atas adalah 4 cara cek masa tenggang Telkomsel yang dapat kamu lakukan. Walaupun caranya berbeda-beda namun tujuannya tetap sama, yaitu memberikan informasi yang kamu butuhkan ya.

Terdapat berbagai macam cara, berarti kamu memiliki kebebasan untuk menyesuaikan cara mana yang dapat kamu pilih, khawatirnya ada kendala pada 1 cara sehingga kamu bisa memilih cara lain.

Jadi menurut kamu, cara mana yang lebih kamu suka atau lebih gampang digunakan?

Baca Juga : Cara Aktivasi Layanan LinkAja Melalui Aplikasi MyTelkomsel

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.