4 Cara Memisahkan File PDF Online Gampang Banget

Cara Memisahkan File PDF Online Gampang Banget

Cara Memisahkan File PDF Online –  Teknologi sekarang ini sudah menjadi tolak ukur sebuah sarana dan prasarana. Serta menyediakan sesuatu yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan kehidupan umat manusia. Hal ini membuktikan bahwa teknologi memiliki pengaruh besar bagi banyak kelompok masyarakat dan teknologi memberikan bukti nyata dalam mempermudah suatu pekerjaan. Hingga saat ini kita dapat melihat begitu banyaknya bermunculan teknologi yang mutakhir dan sangat mengagumkan.

Apa Itu PDF?

Seperti PDF. Tentu saja pdf yang kita ketahui adalah kepanjangan dari (Portable Document Format) atau format PDF dimana mempertahankan layout asli dokumen. Selain itu, dalam format PDF, pengguna dapat mengedit dokumen menggunakan perangkat lunak yang tepat.

Menggunakan PDF ini akan meminalisir pekerjaan kita, baik dalam sekolah maupun pekerjaan kantor. PDF pun juga menawarkan banyak fungsi serta kemudahan-nya. Dengan begitu, pekerjaan administrasi atau terkait dokumen pekerjaan sudah tak asing lagi jika mendengar dokumen dengan format pdf. Kamu dapat menjumpai beberapa orang sering menggunakan pdf untuk pekerjaan sehari-hari mereka.

Apalagi untuk mengakses pdf sudah mudah sekali, teman-teman bisa mengakses melalui pc ataupun handphone. Nah, sebelum kita lanjut pada topik utamanya.

Fungsi PDF

Bagaimana jika kita memahami, apa saja fungsi pdf? Berikut adalah beberapa fungsi dari pdf :

  1. Men-save dokumen atau file teks dalam jenis apapun.
  2. Membuat serta menyimpan sebuah dokumen yang berisikan teks, gambar, dan link.
  3. Mengirim dokumen yang sudah selesai jadi atau dalam bentuk belum jadi (tidak dapat diubah).

Kelebihan PDF

Pdf juga memiliki banyak kelebihan, Yakni sebagai berikut :

  1. Memudahkan untuk mengedit. kamu tidak perlu khawatir file dokumen yang sudah terlanjur kamu convert ke dalam PDF tidak bisa di edit kembali atau saat kalian edit teksnya malah hancur. Kalian tidak perlu risau ataupun gelisah nih sob! Karena kamu bisa mengedit isi file PDF bantuan dari software PDF reader.
  2. Mode kunci atau private. Untuk satu ini kamu bisa mengamankan dokumen yang kamu anggap penting dan bersifat rahasia. Sehingga file dokumen tidak dapat di copy atau ingin dilihat orang lain dengan menggunakan fitur lock. Dimana kamu menggunakan password saat masuk ke dalam dokumen PDF kamu.
  3. Waktu yang lebih fleksibel. Karena PDF mengacu pada ranah dgital memungkinkan kita untuk bisa membuka file dokumen kapan saja. Jadi jika kamu membuka di perangkat lain isi dan kualitas serta versinya tetap sama saja.
  4. Dapat menyimpan Gambar. Harus kamu ketahui bahwa pdf tidak hanya untuk menyimpan sesuatu berbentuk teks atau file saja. Tapi, pdf juga dapat menyimpan data berupa gambar, foto, ataupun grafik. Kamu juga bisa mengconvert ke dalam format pdf dan mencompress file sesuai kapasitas size yang kamu inginkan tanpa menghilangkan citra kualitas aslinya.
  5. Mampu bekerja dengan computer. Sistem pdf memberikan fitur yang semakin useable dan gampang digunakan karena memiliki keserasian di berbagai komputer.

Berikut adalah kelebihan yang terdapat dalam pdf. Bagaimana jika dokumen yang sudah di pdfkan ingin kita remark beberapa, seperti memisahkan file pdf? Tentu saja kamu bisa melakukannya. Disini kami akan merekomendasikan beberapa list atau daftar situs yang bisa kamu akses untuk mengatur cara memisahkan File PDF Online. Here we go!!!

Daftar Situs dan Cara Memisahkan File PDF Online

1. Memisahkan File PDF Online di SMALL PDF

Website satu ini cukup terkenal sekali loh di Indonesia. Dengan website ini kamu bisa mengkonversikan Pdf ke word, excel, jpg, ataupun ppt ataupun kamu juga bisa mencompress, menggabungkan, dan memisahkan pdf. Berikut cara dan Langkah mensplit pdf yang bisa kamu lakukan:

  • Buka ke dalam situs website Smallpdf.
  • Selanjutnya, klik opsi “Pilih File” untuk uploud dokumen yang akan kamu split atau pisahkan. Kamu juga bisa memilih pdf cloud storage dan memilih pdf dari komputer kamu.
  • Kemudian setelah berhasil mengunggah pdf untuk beberapa saat, waktunya kamu memilih pilihan opsi ”ekstrak setiap halaman pdf” atau “pilih halaman yang diekstra” maksud opsi tersebut berarti, kamu memisahkan file dokumen pdf per halamanan atau memilih halaman yang mana.
  • Berikutnya pilih pengaturan untuk memulai proses convert/konversi.
  • Terakhir kamu tinggal memilih opsi “unduh file sekarang”
  • Kemudian lanjut pergi ke dalam folder atau my files kamu berada. Klik kanan pada mouse atau keypad kamu, lalu pilih extract file.
  • Setelah itu kamu sudah bisa melihat hasilnya bagaimana.

2. Memisahkan File PDF Online di ILovePDF

Situs pengelola pdf online ini juga menyajikan hal sama persis seperti sebelumnya. Situs ini memiliki versi berbahasa inggris, interface yang clean dan juga simple. Mari kita simak Langkah-langkah untuk memisahkan file melalui situs ILovePDF ini :

  • Masuk ke dalam google atau chorme, lalu langsung masukan keyword ILovePDF atau kamu bisa langsung klik link ini (cari google).
  • Kamu bisa pilih opsi “Select file PDF” pada halaman awal saat kamu masuk berkunjung,
  • Pilih file pdf dalam komputer kamu lalu klik open.
  • Setelah pdf berhasil di unggah. Kamu bisa memilih option “extract all pages” yang berarti kamu ingin memisahkan file pdf perhalaman.
  • Berikutnya kamu klik opsi “split pdf” untuk memproses pemisahan file.
  • Lalu kamu bisa langsung download dan tunggu sampai pegunduhan selesai.
  • Setelah convert sudah clear, otomatis perangkat melakukan penyimpanan pada file yang sudah berhasil di split.

3. Memisahkan File PDF Online di PDF Candy

PDF Candy ini memberikan kamu konversi pdf gratis dan terbaik. Banyak alat pdf lainnya secara online bisa kamu temukan disini. Seperti mengubah gambar, e-book, dokumen ke pdf dan sebaliknya dengan aman dan terpercaya. Satu lagi tak kalah jauh penting PDF Candy juga tersedia pada bentuk aplikasi desktop yang dapat kamu install dan gunakan secara offline. Berikut kita simak cara memisahkan file pdf dalam situs pdf candy ini :

  • Buka ke dalam situs pdf candy. kamu dapat akses melalui google ataupun chorme.
  • Setelah berhasil masuk, kamu hanya klik option bertulisan “+tambah file” untuk mengunggah file yang akan di pisahkan secara per halaman.
  • Kemudian unggah berkas dan tunggu beberapa saat hingga selesai.
  • Berikutnya, kamu bisa memilih option ”Halaman Tunggal” untuk melakukan pemisahan file secara per halaman.
  • Dibawah persis option halaman tunggal kamu bisa pilih “pisah pdf”.
  • Tunggu sampai proses pemisahan halaman selesai. Kemudian, klik tombol untuk mendownload file tersebut.
  • Buka folder dimana hasil unduhan tadi tersimpan, lalu klik extract file seperti metode sebelumnya.
  • Selesai file dokumen kamu secara otomatis sudah terpisahkan per halaman.

Berikut adalah cara yang dilakukan untuk memisahkan file pdf melalui website. Disini kami juga ingin memberikan bonus tambahan untuk teman-teman semua yaitu cara memisahkan file menggunakan aplikasi yang sudah ter-install, berikut tutorial untuk memisahkan file pdf melalui aplikasi. Cara split PDF melalui aplikasi, menjadi lebih mudah dan efisiensi waktu

4. Memisahkan File PDF Online di Nitro PDF Professional

Sepertinya aplikasi ini sudah tak terdengar asing lagi ya. Salah satu aplikasi nitro pdf professional ini adalah aplikasi pembuatan atau pengediatan. Dimana fitur ini sudah sangat lengkap. Mulai dari convert, split, penggabungan, serta pengubahan bentuk format. Berikut tutorial cara penggunaannya.

  • Open aplikasi yang sudah berhasil kamu download atau install.
  • Kemudian, setelah itu akan muncul laman awal dalam aplikasi tersebut. Pilih icon “open.”
  • Pilih penyimpanan file dan file kamu berada.
  • Setelah data sudah masuk ke dalam aplikasi tersebut. Klik fitur “split” ikon ini berada pada halaman menu atas pada menu page.
  • Berikutnya kamu tinggal mengatur berapa jumlah pages yang ingin dipisahkan. Klik Kembali tombol split di bawah pojok sebelah kiri, tunggu beberapa saat, lalu unggah, dan selesai.

Baca Juga: 15 Cara Menggabungkan File PDF Menjadi Satu di Android dan Laptop

Sekian dari tutorial yang kami berikan kepada teman-teman sekalian mengenai cara memisahkan file pdf dengan situs maupun aplikasi sesuai kebutuhan teman-teman. Semoga tutorial yang diberikan dapat bermanfaat bagi teman-teman semua. Terimakasih dan selamat mencoba!

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: yasin badarudin