Cara Menyimpan File di Google Drive Android dan Manfaat Google Drive

Cara Menyimpan File di Google Drive

Cara Menyimpan File di Google Drive Android dan Manfaat Google Drive – Saat ini banyak alternatif untuk menyimpan file, diantaranya memory card, memory internal, dan flashdisk. Namun terkadang pengguna lupa menyimpan file tersebut dimana, apalagi menyimpan file tersebut secara random. Jangan khawatir, saat ini bisa menyimpan file secara online yaitu dengan Google Drive Lalu, bagaimana cara menyimpan file di Google Drive Android dan apa keunggulan Google Drive?

Semakin canggihnya teknologi digital, semakin canggih juga fitur-fitur yang tersedia di dalamnya. Mulai tahun 2012, Google telah menyediakan sebuah layanan yaitu drive untuk menyimpan file. Dengan adanya layanan menyimpan file online, pekerjaan akan semakin mudah dilakukan dan tidak perlu lagi menggunakan alat-alat seperti flashdisk, memory card, dan lain sebagainya.

Cara Menyimpan File di Google Drive Android dan Manfaat Google Drive

Cara Menyimpan File di Google Drive

Manfaat Lain Google Drive

Selain manfaat yang disebutkan di atas, ternyata masih banyak lagi, loh manfaat drive. Itulah kenapa Google Drive banyak sekali digunakan. Selain menghemat waktu, menggunakan layanan ini juga dapat untuk menghemat uang karena yang seharusnya untuk membeli flashdisk bisa digunakan untuk membeli yang lain. Berikut merupakan kegunaan drive yang lebih rinci:

1. Menyimpan File

Fungsi pertama Google Drive yakni sebagai wadah untuk menyimpan file secara online. Sebenarnya tidak hanya untuk file saja tetapi juga foto, video, dan lain sebagainya. Jangan khawatir saat rapat maupun sekolah lalu akan menyimpan file kelupaan membawa flashdisk. Cukup masuk ke akun drive dan simpan file secara online.

2. Memudahkan Dalam Berbagai

Manfaat Google Drive juga untuk mempermudah berbagi atau share file terutama filenya banyak dan memiliki ukuran yang besar. Pemilik file tidak perlu repot-repot membagikan file satu-satu.  Cukup memberikan alamat Google Drive, orang lain akan mudah menemukan file dan bisa langsung mendownload. Mudah sekali bukan? Apalagi nih manfaat Google Drive?

3. Cara Menyimpan File di Google Drive, Membackup File

Google Drive sangat cocok untuk memback up file jika hp, computer atau pc rusak. Mungkin pengguna bisa memback up di flashdisk. Namun, bagaimana kalau flashdisk hilang atau terserang virus? Untuk mengantisipasi masalah tersebut, tempat penyimpanan paling aman adalah Google Drive. Pengguna bisa membuka file yang sudah disimpan kapan pun dan dimana pun.

4. Membuat Catatan

Mempunyai list tugas tetapi tidak tau mau disimpan dimana? Google Drive jawabannya. Tidak perlu mengunduh aplikasi untuk membuat catatan. Cukup menggunakan Google keep yang sudah terhubung ke drive. Dijamin catatan akan lebih aman. Tertarik untuk mencoba?

Cara Menyimpan File di Google Drive Android

Cara Menyimpan File di Google Drive

Sebagian orang sudah tau cara menyimpan file di drive, tetapi untuk sebagian orang lagi masih kesulitan dan belum tau caranya. Pada pembahasan kali ini hanya akan membahas cara simpan file pada drive di Android. Berikut adalah cara mudah simpan file ke drive pada Android.

  1. Pertama, pilih file, foto, maunpun video yang akan di back up atau disimpan ke Google Drive.
  2. Selanjutnya pilih menu “kirim”, menu itu biasanya terdapat di bagian bawah file yang sudah diklik.
  3. Setelah itu pilih “simpan ke drive”.
  4. Pengguna tinggal menunggu file akan diunggah ke drive. Mudah sekali, kan?

Itulah empat manfaat Google Drive dan cara menyimpan file di Google Drive Android yang perlu diketahui. Setelah mengetahui informasi ini diharapkan pembaca bisa memanfaatkan fasilitas ini untuk mempermudah pekerjaan seperti menyimpan file. Membuat akun Google Drive pun juga sangat mudah. Pada beberapa situs juga sudah tersedia tutorial membuat akun drive. Demoga informasi ini bermanfaat.

Baca Juga : Informasi Google Drive dan Cara Mengirim File dengan Google Drive

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

twenty + 20 =