Informasi Google Drive dan Cara Mengirim File dengan Google Drive

Cara Mengirim File dengan Google Drive

Informasi Google Drive dan Cara Mengirim File dengan Google Drive – Hadirnya Google Drive sebagai cloud storage memang sangat membantu di segala kebutuhan. Tidak hanya menyimpan file, Google Drive juga bisa menjadi media untuk mengirimkan file. Adanya cara mengirim file dengan Google Drive, memang menjadi pengalaman baru dalam dunia transfer file.

Google sepertinya memang ingin selalu bisa menjadi yang pertama dalam membantu segala kebutuhan manusia. Ini terlihat dari banyaknya inovasi Google yang begitu revolusioner. Salah satunya ada pada Google Drive. Berikut adalah informasi pengiriman file Google Drive yang penting untuk diketahui:

Google Drive

Cara Mengirim File dengan Google Drive

Sebelum menuju topik utama, ada baiknya untuk mengenal lebih mendalam Google Drive yang menjadi perbincangan kali ini. Google Drive adalah penyimpanan file yang dikembangkan oleh Google. Penyimpanan ini bersifat cloud storage, yaitu file akan disimpan ke dalam server Google.

Selain cloud storage, Google Drive juga bisa disebut sebagai layanan sinkronisasi. Ini karena akses file dapat dilakukan di perangkat manapun yang tersinkronisasi dengan Google. Setidaknya ada beberapa perangkat yang tersentuh oleh Google Drive, mulai dari smartphone, komputer, hingga smart TV.

Kelebihan Google Drive

Adapun beberapa keuntungan dalam menggunakan Google Drive, diantaranya adalah keamanan file yang tersimpan. Google Drive dapat mencegah terjadinya kehilangan atau kerusakan file akibat serangan virus atau kerusakan perangkat. Berbeda dengan penyimpanan fisik yang rentan terhadap hal itu.

Ada pula fitur sinkronisasi yang membuat penggunaanya mudah untuk mengakses file dimanapun dengan perangkat apapun. Selain itu aktivitas transfer file juga mudah, karena lokasi penyimpanan file yang terletak pada server cloud. Penyimpanan Google Drive juga memiliki kapasitas yang besar dibandingkan dengan penyimpanan fisik.

Cara Mengirim File Google Drive

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengirim file Google Drive kepada pengguna lainnya. Kegiatan ini bisa dilakukan dengan menggunakan beberapa perangkat, diantaranya HP, PC, dan email. Berikut adalah cara mengirim file dengan google drive yang mudah, antara lain:

1. Menggunakan HP

Pengiriman file dapat dilakukan melalui Google Drive pada HP. Sebelum mulai, pastikan bahwa file telah ada dalam Google Drive. Jika belum, sebaiknya upload terlebih dahulu file yang akan dikirim ke dalam Google Drive.

Untuk langkah pengiriman, pertama pilihlah ikon titik tiga di pojok kanan bawah file. Kemudian pilih opsi Bagikan. Pada jendela pengiriman, masukan alamat email yang dituju dan pesan jika perlu. Lalu, ketuk Ikon segitiga ke kanan untuk mengirimkan file.

2. menggunakan PC

Cara Mengirim File dengan Google Drive

Pengiriman file pun dapat dilakukan melalui browser pada PC. Ada 2 cara yang dapat dilakukan. Cara pertama yaitu klik kanan pada file yang hendak ditransfer. Masukanlah alamat email pada kolom “tambahkan orang dan grup”. Isi pesan jika diinginkan. Klik kirim untuk mengirimkan.

Adapun cara kedua yaitu melalui fitur salin link. Ketika jendela pop up muncul, beralihlah ke bagian dapatkan link. Atur siapa saja yang dapat memiliki link melalui fitur “ubah ke siapa saja yang memiliki link”. Ada dua pilihan yaitu dibatasi dan siapa saja yang memiliki link. Disini pengguna bisa memilih sesuai kebutuhannya.

3. Cara Mengirim File dengan Google Drive, Menggunakan Email

Gmail juga dapat melakukan hal serupa. Pertama-tama, buatlah sebuah pesan baru. Di bagian bawah terdapat logo Google Drive, lalu klik pada logo. Pilihlah file yang ingin dikirim. Pengguna dapat menjadikan file sebagai tautan drive atau lampiran. Sisipkan file dan masukan alamat email penerima serta subjek jika perlu. Pilih kirim untuk mengirimkan file.

Demikianlah beberapa informasi serta cara mengirim file dengan Google Drive. Semoga cara-cara tersebut dapat membantu pengguna Google Drive dalam menjalankan segala aktivitasnya. Semakin canggihnya teknologi, sudah semestinya disikapi dengan bijak. Dengan bersikap bijak, segala keuntungan dan kemudahan pasti bisa dicapai.

Baca Juga : Cara Melihat Hasil Google Form

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

seven + 12 =