25 Cara Pinjam Uang di Bank Jateng, Kemudahan Dapatkan Uang Segar Bagi Warga Jawa Tengah

Cara Pinjam Uang di Bank Jateng, Kemudahan Dapatkan Uang Segar Bagi Warga Jawa Tengah – Bank Jateng merupakan salah satu bank lokal yang dikelola oleh pemerintah daerah Jawa Tengah untuk membantu meningkatkan perekonomian masyarakat Jateng. Oleh karena itu banyak yang mencari cara pinjam uang di Bank Jateng agar mendapatkan fasilitas tersebut untuk membantu menjalankan usahanya.

Bank Jateng selain memiliki produk simpanan,  juga tak ubahnya dengan lembaga perbankan lainnya yaitu mempunyai produk pinjaman yang dapat dimanfaatkan untuk membantu masyarakat sekitar.  Terutama mengembangkan perekonomiannya dengan cara memajukan kewirausahaan dalam bentuk UMKM.

Cara Pinjam Uang di Bank Jateng, Kemudahan Dapatkan Uang Segar Bagi Warga Jawa Tengah

Keuntungan Cara Pinjam Uang di Bank Jateng

Fasilitas kredit yang ditawarkan oleh Bank Jateng memiliki banyak sekali benefit untuk para debitur. Salah satunya adalah dengan penawaran bunga kredit yang kompetitif jika dibandingkan dengan lembaga perbankan yang beroperasi pada daerah tersebut. Sehingga berbondong-bondong masyarakat Jawa Tengah memanfaatkannya.

Selain itu pula yang menjadi daya tarik tersendiri adalah skema tenor yang bervariasi.  Bahkan beberapa produk pinjaman dapat disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Tentu saja sebelum mengajukan permohonan kredit Anda harus menyiapkan sejumlah dokumen untuk memenuhi persyaratannya.

Jenis Pinjaman yang Ada pada Bank Jateng

Bank Jateng memiliki dua jenis pinjaman yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan calon debitur.  Kredit usaha rakyat ( KUR)  serta personal loan merupakan pinjaman yang difasilitasi oleh bank tersebut. Keduanya memiliki fokus tujuan yang berbeda untuk pendanaan.

Kredit Usaha Rakyat

Kredit usaha rakyat diperuntukkan bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah untuk mengembangkan usahanya dengan cara menambahkan modal. Sehingga plafon pinjamannya mencapai 500 juta Rupiah dengan skema investasi. Sementara pengembaliannya mencapai 60 bulan atau 5 tahun.

Untuk skema peminjaman Kredit Usaha Rakyat ( KUR) Bank Jateng terdiri dari dua jenis yaitu KUR mikro yang dapat memberikan plafon pinjaman dari 5 juta sampai dengan maksimal 50 juta. Sementara KUR kecil dapat memberikan pinjaman dari 100 sampai 500 juta. Nilai yang cukup besar untuk mengembangkan  usaha.

Sementara produk pinjaman berupa personal loan merupakan fasilitas yang diberikan untuk warga Indonesia berpenghasilan tetap. Anda dapat memperoleh plafon pinjaman sampai 1 miliar rupiah sesuai dengan jumlah agunan yang dimiliki.  Sementara tenornya mencapai 15 tahun atau 180 bulan.

Keterangan Tambahan Lainnya

Ketentuan besarnya suku bunga pinjaman yang diberikan oleh Bank Jateng untuk Kredit Usaha Rakyat ( KUR) adalah sebesar 6% atau 0,26 bulan serta tidak ada biaya tambahan lain yang dipungut oleh bank. Namun tenor yang akan diberikan bergantung pada penilaian sistem kredit analis Bank Jateng.

Kredit analis Bank Jateng akan menentukan jangka waktu peminjaman yang akan dinilai dari jenis UMKM serta maksud peminjaman modal usahanya.  Jika tujuannya adalah mengembangkan usaha maka jangka waktu tenor untuk kerja super mikro dan mikro yaitu sekitar 3 tahun.  sementara untuk kredit kecil dia akan diberikan tenor lama 4 tahun.

Jika tujuan peminjaman kredit usaha rakyat tersebut adalah untuk investasi maka dari ketiganya diberikan jangka waktu sampai 5 tahun atau 60 bulan.

Personal Loan

Merupakan produk pinjaman yang di tawarkan oleh Bank Jateng untuk kegunaan pribadi. Calon nasabahnya merupakan PNS, polisi, TNI, karyawan swasta, atau yang lainnya. Sifat penggunaannya pun disesuaikan dengan kebutuhan nasabah.

Pada produk ini, tidak terdapat batasan plafon maksimal nilai pinjaman yang diberikan. Semuanya disesuaikan dengan hasil analisis unit yang menilai kelengkapan dokumen serta kelayakan calon nasabah untuk mengembalikan pinjaman pokok serta cicilannya.

Syarat Cara Pinjam Uang di Bank Jateng

Terdapat dua jenis produk pinjaman yang difasilitasi oleh Bank Jateng yaitu Kredit Usaha Rakyat yang dapat digunakan untuk mengembangkan usaha. Ada juga multiguna yang dapat digunakan untuk konsumtif dan umumnya merupakan personal loan atau berupa pinjaman pribadi.

Mengajukan Kredit Usaha Rakyat

Sebelum mengajukan cara pinjam uang di Bank Jateng Anda harus mengetahui syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh pemohon.  Bukan hanya dokumentasi saja yang diperlukan tetapi anda perlu juga menghitung berapa besaran kewajiban yang dapat dipenuhi sesuai dengan pendapatan.

Sementara untuk kelengkapan dokumen yang harus anda penuhi ketika melakukan pengajuan peminjaman adalah sebagai berikut:

  • Isilah  aplikasi pinjaman kredit Bank Jateng dengan lengkap
  • Fotocopy pemohon disertai dengan pasangan jika ada
  • Pas foto pemohon disertai dengan pasangan jika ada
  • Fotokopi kartu keluarga
  • Akta pendirian serta aktif perubahan untuk badan usaha yang mengajukan
  • Surat keterangan usaha yang dibuat oleh Kantor Kelurahan atau dinas tempat
  • Fotokopi KTP seluruh pengurus untuk badan usaha baik CV maupun PT
  • Fotokopi NPWP badan jika hendak mengajukan pinjaman kredit lebih dari 50 juta Rupiah
  • Laporan keuangan badan usaha yang setelah diaudit
  • Dokumentasi agunan sesuai dengan nilai pinjaman

Langkah Mengajukan Pinjaman Kredit Usaha Rakyat

Anda mengumpulkan seluruh dokumen yang diperlukan maka langkah selanjutnya adalah mengajukan pinjaman ke Bank Jateng. Tahapannya adalah sebagai berikut:

  1. Kunjungilah kantor cabang Bank Jateng terdekat sesuai dengan domisili rumah Anda atau tempat usaha
  2. Hubungi unit perbankan yang berkepentingan untuk mengurus teknis pengajuan Kredit Usaha Rakyat
  3. Serahkan seluruh dokumen yang anda telah kumpulkan kepada personal in charge
  4. Dalam beberapa hari Biasanya petugas yang berwenang akan melakukan proses verifikasi terhadap dokumen serta usaha yang tertera pada aplikasi pengajuan
  5. Selanjutnya jika verifikasi berjalan dengan lancar dan pengajuan disetujui sekurang-kurangnya selama 14 hari kerja Anda akan diminta untuk menandatangani perjanjian peminjaman Kredit Usaha Rakyat

Mengajukan Personal Loan atau Pinjaman Pribadi

Pinjaman yang bersifat pribadi memiliki beberapa keuntungan salah satunya adalah dapat dimanfaatkan kan oleh seluruh karyawan baik PNS TNI Polri ataupun pekerja swasta.  Keuntungan yang ditawarkan oleh pinjaman ini adalah sebagai berikut:

  • Pinjaman pribadi dapat diambil untuk karyawan swasta PNS maupun non swasta
  • Persyaratan yang dibutuhkan untuk memenuhi jenis pinjaman ini cukup mudah
  • Proses pencairan cukup singkat yaitu kurang dari 1 hari kerja saja
  • Untuk produk ini tidak ada batas pinjaman atau limitny  cukup panjang hingga mencapai 10 tahun atau 120 bulan

Syarat Formal Pengajuan Pinjaman Pribadi

Seperti pada umumnya produk pinjaman lain Anda juga tetap harus memenuhi syarat formal pengajuan pinjaman.  ketentuannya adalah sebagai berikut:

  • Minimal telah berusia 21 tahun dengan maksimal 65 tahun
  • Merupakan Warga Negara Indonesia yang berdomisili di provinsi Jawa Tengah
  • Memiliki penghasilan tetap bulanan yang dibuktikan dengan surat keterangan penghasilan
  • Mempunyai rekening Bank Jateng sebagai nasabah. Jika belum mempunyai, dapat diurus pada saat melakukan proses pencairan pinjaman. Karena uang tersebut akan ditransfer ke nomor rekening Bank Jateng.

Syarat Dokumen

Selain harus memenuhi seluruh syarat formalnya, Anda Pun harus melengkapi seluruh ketentuan dokumentasi yang diperlukan ketika akan melakukan pengajuan pinjaman personal. Oleh karenanya, sebelum mengajukan pinjaman, pastikanlah semuany sudah lengkap. Dokumen yang harus Anda siapkan adalah sebagai berikut:

  1. Fotokopi identitas pribadi berupa e-ktp saat serta pasangannya jika ada
  2. Fotokopi kartu keluarga
  3. Surat keterangan penghasilan dari dinas setempat atau perusahaan dimana anda bekerja. Dapat digantikan dengan slip gaji bulanan
  4. Asli SK pengangkatan atau SK pensiunan yang sudah diperoleh
  5. Surat keterangan tentang kuasa pemotongan gaji yang dikeluarkan oleh bendahara dinas setempat
  6. Surat keterangan berupa rekomendasi dari kepala unit atau kepala dinas setempat

Cara Pengajuan Personal Loan di Bank Jateng

Untuk pengajuan personal loan, maka Anda perlu melakukan langkah-langkah berikut dibawah ini:

  1. Kunjungilah Kantor cabang Bank Jateng terdekat
  2. Datangi  petugas customer service dan beritahukan bahwa Anda ingin mengajukan pinjaman PNS atau karyawan sebagai personal
  3. Berikanlah dokumen pribadi sesuai dengan persyaratan
  4. Aplikasi pengajuan pinjaman personal loan tersebut
  5. Selanjutnya petugas yang terkait akan melakukan pemrosesan terhadap pengajuan pinjaman tersebut.  Anda perlu menunggu beberapa waktu untuk melihat apakah pengajuannya disetujui atau tidak.

Pada prinsipnya Anda dapat mengajukan jumlah pinjaman sesuai dengan kebutuhan atau lebih besar.  namun alangkah baiknya jika sebelum proses pengajuan tersebut lihat kembali bagaimana kemampuan Anda membayarkan pokok beserta bunganya.  Jangan sampai mengganggu keuangan bulan-bulan berikutnya.

Baca Juga: Pinjaman Kelompok Bank BTPN Syariah, Syarat, Keunggulan dan Kekurangan

Cara pinjam uang di Bank Jateng ini gunakanlah dengan sebijak sana mungkin. Untuk mempercepat proses pengajuannya pastikanlah anda merupakan memiliki riwayat kreditur yang baik serta tidak termasuk yang mengalami kredit macet pada pinjaman sebelumnya.

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: yasin badarudin