Cara Ganti RAM Laptop dengan Mudah dan Aman

Cara Ganti RAM Laptop

Cara Ganti RAM Laptop dengan Mudah dan Aman – Sama seperti perangkat elektronik lainnya, laptop bisa juga mengalami penyusutan fungsi dan menjadi lemot. Salah satu penyebab laptop yang lemot adalah usia RAM yang sudah terlalu tua. Hal ini berarti sudah saatnya RAM untuk diganti. Namun, masih banyak orang yang bingung bagaimana cara mengganti RAM laptop. Berikut ini cara ganti RAM laptop dengan mudah dan aman, antara lain:

Cara Ganti RAM Laptop dengan Mudah dan Aman

1. Cek Slot RAM

Cara Ganti RAM Laptop
DDR 4 SO-DIMM RAM slot

Sebelum mengetahui cara ganti RAM laptop, ada baiknya pengguna mengecek slot terlebih dahulu. Jika slot RAM dapat dibuka, maka RAM yang lama dapat segera dilepas, lalu digantikan dengan RAM yang baru. Sayangnya banyak produsen telah menyegel bagian bawah atau memori yang disolder ke motherboard. Situasi seperti ini dapat mencegah pengguna untuk mengganti RAM.

Untuk mengetahui apakah RAM dapat diganti, gunakan perangkat lunak Crucial System Scanner. Setelah memasukkan merek dan model laptop yang diinginkan, pengguna akan mendapatkan layar yang menunjukkan jumlah maksimal memori dan berapa banyak slot yang terdapat di laptop. Dengan begini, proses penggantian bisa langsung dilakukan.

2. Gunakan RAM yang Sesuai

Meskipun terlihat sama dari luar, RAM memiliki beberapa perbedaan yang membuatnya memberikan fungsi berbeda. Jika RAM yang ingin diganti berbeda dengan RAM yang baru, maka prosesnya tidak akan berjalan lancar. Semua jenis laptop memiliki tipe-tipe RAM tersendiri, mulai dari DDR3, DDR4, dan DDR5. Gunakan tipe RAM yang cocok dan jangan gunakan sembarang RAM.

Selain itu, kapasitas RAM juga bisa menjadi penentu, semakin besar kapasitasnya, maka kecepatan laptop akan semakin bertambah. Pastikan untuk memakai RAM dari merek yang terpercaya. Jangan tergiur dengan RAM murah, karena sangat rentan terhadap kerusakan dan bisa berdampak buruk pada laptop yang dipasangkan.

3. Buka Panel Belakang

Sebelum membuka panel belakang laptop, pastikan untuk mematikan laptop dan melepas baterainya. Setelah melepas baterai, buka panel belakang dengan obeng yang kompatibel. Untuk menghindari pelepasan muatan listrik statis dari tubuh, sentuh bagian logam lain pada laptop untuk melepaskan listrik. Setelah bagian belakang terbuka, cari modul RAM.

Prosedur ini mungkin berbeda dari model ke model. Jadi untuk laptop dengan baterai yang tidak dapat dilepas, tidak masalah jika tidak melepas baterainya. Ada juga beberapa model laptop yang hadir dengan akses kembali yang mudah. Hal ini memungkinkan pengguna menukar atau menambahkan lebih banyak RAM tanpa melepas seluruh panel belakang.

4. Ganti RAM

Cara Ganti RAM Laptop

Sebagian besar laptop biasanya memiliki slot RAM tambahan dimana pengguna dapat memasang modul RAM tambahan. Jika pengguna tidak memiliki slot RAM tambahan, pengguna dapat melepas RAM yang ada dan menggantinya dengan RAM berkapasitas lebih tinggi. Misalnya, jika pengguna memiliki laptop dengan RAM 8GB dengan satu slot RAM, maka bisa diganti dengan RAM 16GB

Untuk melepas RAM lama, tekan klip yang menahan RAM. Lepaskan RAM di luar dengan hati-hati tanpa menyentuh konektor logam. Untuk menambah RAM baru, sejajarkan modul RAM baru dengan benar di dekat slotnya. Tekan perlahan RAM pada sudut 45 derajat hingga terdengar bunyi klik. Dorong RAM ke bawah hingga terkunci di dalam klip.

5. Cara Ganti RAM Laptop, Tutup panel Belakang

Setelah RAM baru terpasang dengan benar di tempatnya, pasang kembali panel belakang dan jangan lupa untuk memasukkan kembali baterai laptop. Pasang kembali baut-baut yang terlepas. Nyalakan laptop dan periksa apakah RAM sudah berfungsi dengan benar.

Demikian penjelasan cara ganti RAM laptop dengan mudah dan cepat. Para pembaca kini tidak perlu bingung lagi, jika ingin mengganti RAM laptop dengan RAM yang lebih baru. Cara yang telah dijelaskan bisa menjadi referensi pengetahuan bagi pembaca.

Baca Juga : Cara cek RAM laptop

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

two × one =