25 Cara Pinjam Uang di BNI Terbaru 2022

Cara Pinjam Uang di BNI Terbaru 2022, Banyak Produknya Untuk Berbagai Keperluan – Merupakan salah satu bank milik pemerintah yang berfokus untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.  Salah satunya adalah dengan memberikan kemudahan fasilitas berbagai produk pinjaman. Agar dapat mengajukan penawaran tersebut maka masyarakat banyak yang kemudian mencari cara pinjam uang di bank BNI.

Sebagai lembaga perbankan di Indonesia BNI tidak hanya menyediakan produk tabungan saja. Tetapi membantu untuk mengembangkan perekonomian kerakyatan untuk menyediakan modal serta kebutuhan konsumtif untuk semua keperluan masyarakat luas. Salah satunya dengan menyediakan berbagai fasilitas keuangan. Bukan hanya simpanan, tetapi juga produk pinjaman.

Cara Pinjam Uang di BNI

Mengenal Cara Pinjam Uang di bank BNI

Ada banyak jenis pinjaman yang dimiliki oleh bank BNI.  Seluruhnya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan keuangannya.  Daftar produk pinjaman yang dimiliki oleh bank BNI adalah sebagai berikut:

  1. Pinjaman BNI KUR dengan plafon kredit 10 juta sampai 50 juta Rupiah dimana berfungsi sebagai kredit modal kerja.  Tenor maksimal adalah selama 3 tahun jika digunakan sebagai kredit modal sementara untuk investasi tenor maksimal 5 tahun.
  2. Pinjaman BNI Griya dengan plafon kredit sampai 5 miliar rupiah.  Tenor yang diberikan kepada nasabah adalah hingga pembayaran 30 tahun.
  3. KTA BNI fleksi aktif merupakan pinjaman yang yang berjangka waktu 15 tahun dengan plafon Rp5.000.000 sampai dengan 500 juta rupiah.
  4. Pinjaman BNI Pensiun Fleksi  khusus pensiunan yang menawarkan nilai pinjaman mulai dari 5 juta sampai Rp500 juta dan tenor pengembaliannya adalah 15 tahun
  5. Pinjaman kredit BNI Wirausaha dengan plafon maksimum adalah satu miliar rupiah. Pengembalian yang ditawarkan oleh BNI untuk pemanfaatan sebagai kredit modal kerja RC terbatas On top adalah selama 1 tahun saja dan selanjutnya dapat diperpanjang kembali.

Jika digunakan sebagai kredit modal kerja, maka tenornya mencapai 5 tahun.  Sementara jika berfungsi sebagai kredit investasi maka tenor akan mencapai 10 tahun masa pengembalian.

Suku Bunga Kredit

Untuk suku bunga kredit BNI ditetapkan berdasarkan suku bunga dasar kredit yang ditentukan oleh Bank Indonesia setiap periode tertentu. Oleh karenanya Anda harus berkomunikasi dengan unit yang ditunjuk. Tujuannya adalah untuk mengetahui berapa berapa besaran suku bunga kredit pinjaman tersebut.

Persyaratan Cara Pinjam Uang di BNI

Tidak berbeda dengan bank lainnya BNI pun mengajukan persyaratan ketika seseorang hendak mendapatkan fasilitas produk pinjaman ini.  Cermati Ketentuan tersebut untuk memperlancar proses pengajuan pinjaman Anda.

Pengajuan Pinjaman KPR BNI Griya

KPR BNI Griya merupakan produk pinjaman BNI yang difungsikan untuk kepemilikan rumah.  Adapun persyaratannya meliputi dokumen serta format lainnya.  Terdapat perbedaan ketentuan untuk Anda yang berprofesi sebagai pegawai tetap,  profesional pengusaha, atau wiraswasta. Untuk lebih lanjutnya perhatikanlah ketentuan kelengkapan dokumen yang harus Anda miliki pada di bawah ini:

Jenis Dokumen Pegawai Tetap Profesional Pengusaha/Wiraswasta
Berkewarganegaraan Republik Indonesia
Usia pada saat pengajuan minimal 21 tahun atau sudah menikah dan maksimal 55 tahun bagi yang berprofesi sebagai karyawan atau 65 tahun  bagi yang wiraswasta atau profesional
Fotocopy e-KTP bagi pemohon dengan pasangan,jika ada
Fotocopy Kartu Keluarga
Fotocopy Surat Nikah Jika pemohon sudah menikah ,
Fotocopy NPWP Pribadi/SPT PPh 21 tahun pajak sebelumnya
Fotocopy Rekening atau slip gaji 3 bulan terakhir yang dikeluarkan oleh perusahaan. Bisa juga berupa surat keterangan penghasilan
Fotocopy rekening koran tabungan selama  6 Bulan Terakhir
Asli surat Keterangan kerja dan Slip gaji dar perusahaan pemohon
Fotocopy Izin Praktik Profesi bagi profesional
Fotocopy dokumen legalitas usaha / surat izin berusaha atau surat keterangan usaha perusahaan dari Pemerintah Daerah Setempat bagi wiraswasta ataupun pengusaha
Pas Foto 4×6 pemohon dan pasangan, jika ada
Fotocopy dokumen jaminan sesuai dengan permintaan
Fotocopy laporan keuangan 2 tahun terakhir berupa laporan rugi laba

Pengajuan Kredit Usaha Kecil Mikro BNI

Agar Anda dapat mengajukan cara pinjam uang di BNI untuk mengembangkan usaha kecil dan menengah. Maka pastikanlah memenuhi ketentuan di bawah ini

  1. Merupakan WNI
  2. Umur pemohon sedikitnya sudah 21 tahun atau sudah menikah
  3. Memiliki pengalaman usaha minimal selama 6 bulan
  4. Telah menjalankan usaha tersebut minimal selama 6 bulan
  5. Tidak berfungsi sebagai penerima kredit program pemerintah untuk UMKM
  6. Tidak menerima kredit produktif dari lembaga perbankan lainnya
  7. Memiliki kategori kredit dengan kualitas lancar
  8. Melampirkan surat izin usaha mikro dan kecil atau IUMK yang diterbitkan oleh pemerintah ketika melakukan pengajuan sebagai badan usaha
  9. Lampiran surat keterangan usaha dari pemerintah setempat yaitu Kelurahan

Kredit Tanpa Agunan BNI Fleksi Aktif

Memiliki produk pinjaman berupa kredit tanpa agunan yang tidak membutuhkan barang jaminan untuk melakukan proses pengajuannya. Adapun ketentuannya adalah sebagai berikut:

  1. Merupakan WNI
  2. Pada saat mengajukan  usia  paling kecil 21 tahun atau sudah menikah
  3.  Mempunyai status sebagai pegawai tetap
  4. Status kepegawaian merupakan di level staff
  5. Usia maksimal 55 tahun atau disesuaikan dengan usia pensiun yang berlaku umum
  6. Memiliki penghasilan bulanan Yang dibuktikan dengan surat keterangan penghasilan

BNI Fleksi Pensiun

Bank BNI juga memperhatikan kebutuhan keuangan bagi para pensiunan pegawai.  Oleh karena itu bank ini mengeluarkan suatu produk pinjaman yang dapat dimanfaatkan oleh para pensiunan untuk memperoleh dana tambahan.  Persyaratan yang wajib dipatuhi oleh pemohon adalah sebagai berikut:

  1. Pada saat kredit BNI Fleksi Pensiun maka usia pemohon mencapai maksimal 75 tahun
  2. Jika pemohon adalah calon pensiunan maka pengajuan dilakukan maksimal 5 tahun menjelang usia pensiun normal sesuai dengan ketentuan undang-undang
  3. Khusus bagi pegawai negeri sipil maksimal 10 tahun dapat mengajukan BNI Fleksi Pensiun
  4. Untuk produk pinjaman ini pemohon wajib melampirkan SK pengangkatan pegawai atau SK pertama dan SK terakhir sebagai pegawai aktif. Fungsinya sebagai jaminan pinjaman
  5. Ketika mencapai usia pensiun maka wajib melampirkan SK pensiun yang diberikan oleh perusahaan
  6. Adanya jaminan berupa pemblokiran rekening afiliasi yang besar saldo minimalnya adalah 1 kali angsuran pokok. Dimana cicilan sebut jumlahnya sebesar 1 kali cicilan. Nominalnya adalah  angsuran pokok dan bunga.  Pemblokiran ini dilakukan sampai kredit dinyatakan lunas oleh bank.

Pinjaman BNi Wirausaha

Jika Anda ingin mengembangkan kewirausahaan namun tidak memiliki modal maka dapat mengajukan kredit BNI wirausaha untuk memperoleh suntikan dana segar.  Ketentuan formal yang dipenuhi oleh pemohon adalah sebagai berikut:

  1. Merupakan WNI
  2. Usia pemohon minimal 21 tahun
  3. Mempunyai pengalaman usaha minimal 1 tahun atau usaha sudah berlangsung selama 1 tahun
  4.  Memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak pemohon pribadi
  5.  Memiliki jaminan berupa tanah atau bangunan
  6. Melampirkan IMB atas jaminan tersebut
  7.  Melampirkan pelunasan PBB atas jaminan tersebut

Kredit Kepemilikan Mobil BNI

  1. Untuk memenuhi kebutuhan para nasabahnya BNI pun mengeluarkan produk pinjaman yang digunakan sebagai kepemilikan mobil. Adapun persyaratan formal  yang harus dipenuhi oleh pemohon adalah di bawah ini:
  2. Merupakan WNI
  3. Usia pemohon minimal 21 tahun
  4. Pada saat pelunasan kredit maksimal berusia sebagai berikut:
  • Jika berprofesi sebagai karyawan maka umur maksimal adalah 55 tahun
  • Jika berprofesi sebagai wiraswasta serta profesional maka umur maksimal adalah 65 tahun
  1.  Memiliki penghasilan tetap setiap bulannya
  2.  Memiliki masa kerja dengan ketentuan sebagai berikut:
  • Untuk karyawan perusahaan multinasional atau swasta yang telah go publik maka masa kerja minimal nya adalah 1 tahun
  • Untuk karyawan yang bekerja pada perusahaan swasta yang belum go publik maka minimal masa kerja nya adalah 2 tahun
  • Sementara jika Anda adalah seorang pegawai BUMN BUMD atau PNS maka minimal anda harus menjadi pegawai tetap

Agar dapat melakukan pengajuan cara pinjam uang di BNI untuk membeli kendaraan, maka Anda wajib melengkapi kelengkapan dokumen seperti yang ada pada tabel di bawah ini:

 

JENIS DOKUMEN PEGAWAI TETAP PROFESIONAL PENGUSAHA / WIRASWASTA
Fotokopi KTP pemohon dengan pasangan, jika ada
Fotokopi Kartu Keluarga
Fotokopi Surat Nikah bila  sudah menikah
Fotokopi NPWP Pribadi atau bukti bayar  SPT PPh 21 tahuan pajak lalu
Fotokopi rekening koran 3 3 bulan terakhir
Asli Surat Keterangan lama bekerja & Slip Gaji atau surat keterangan penghasilan
Fotokopi Izin Praktek Profesi untuk profesional
Fotokopi Legalitas Usaha badan usaha, Surat Ijin Usaha, Surat Keterangan Usaha yang berupa Akta Pendirian, SIUP,NPWP,SKDU dan  TDP
Pas Foto 4×6 pemohon dan pasangan, jika
Fotokopi dokumen Jaminan jika harus menjaminkan barang
Fotokopi Laporan Keuangan 2 Tahun Terakhir yang telah diaudit

Meminjam Secara Online

Anda pun dapat mengajukan pinjaman secara online jika mengalami kesulitan untuk mendatangi kantor cabang BNI terdekat. Kunjungi laman resmi Bank BNI dan segeralah isi formulir yang ada pada halaman tersebut. Setelahnya Anda akan dihubungi oleh petugas yang berwenang untuk menindaklanjuti permohonan.

Jangan lupa Sebelum mengisi formulir tersebut siapkanlah terlebih dahulu segala dokumen yang sekiranya diperlukan untuk melengkapi seluruh persyaratannya. Sebab jangan sampai proses pengajuan pinjaman Anda terhalang hanya karena mempersiapkan diri ketika harus membawa dokumen tersebut ke kantor cabang terdekat.

Baca Juga: Pinjaman Kelompok Bank BTPN Syariah, Syarat, Keunggulan dan Kekurangan

Cara pinjam uang di BNI ini dapat Anda manfaatkan untuk berbagai keperluan. Tinggal melihat jenis dan produknya agar tepat dengan apa yang Anda butuhkan. Bersikaplah bijaksana untuk melihat kembali kebutuhan yang akan penuhi dengan meminjam uang. Pastikanlah untuk hal yang mendesak saja.

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: yasin badarudin