Ternyata Mudah, Beginilah Cara Ganti ROM Xiaomi Tanpa Komputer

Cara Ganti ROM Xiaomi

Ternyata Mudah, Beginilah Cara Ganti ROM Xiaomi Tanpa Komputer – Pernahkah aplikasi yang di-instal di smartphone tidak berfungsi? Atau ketika ingin melakukan upgrade malah tidak bisa? Mungkin perlu mengatasinya dengan cara ganti ROM Xiaomi di bawah ini. Salah satu merk ponsel terkenal itu memang banyak digunakan di Indonesia. Namun ternyata ada yang memakai ROM abal-abal atau distributor. Simaklah penuturannya:

Ternyata Mudah, Beginilah Cara Ganti ROM Xiaomi Tanpa Komputer

1. Unduh Firmware yang Baru

 Cara Ganti ROM Xiaomi

Untuk mengganti ROM distributor dengan yang resmi, pengguna smartphone Xiaomi perlu mengunduhnya terlebih dahulu dari situsnya. Bukalah browser yang ada di ponsel, lalu ketikkan alamat berikut di kolom pencarian, http://en.miui.com/download.html. Pastikan mencari yang sesuai dengan tipe dari handphone. Jangan lupa untuk menyimpannya pada internal storage.

2. Masuklah ke Mode Recovery

 Cara Ganti ROM Xiaomi

Jika sudah mendapatkan ROM yang asli dari situs resmi Xiaomi, maka pengguna bisa melanjutkan ke langkah berikutnya. Pergilah ke menu alat atau Tool. Carilah fitur bernama Updater. Setelah itu, pada bagian kanan atas klik tulisan Option. Nantinya smartphone akan berada pada mode recovery ketika menekan Reboot to Recovery Mode.

Jangan panik jika smartphone tiba-tiba mati. Karena memang dari perintah yang terbaca, handphone Xiaomi akan mengalami reboot, lalu setelahnya bisa masuk ke Recovery Mode. Setelah HP menyala kembali, biasanya touch screen tidak dapat difungsikan oleh pengguna. Jadi harus memanfaatkan tombol yang ada

3. Cara Ganti ROM Xiaomi, Lakukan Proses Hapus (Wipe)

Ketika handphone di mode recovery, maka pengguna bisa melanjutkan ke cara ganti ROM Xiaomi berikutnya. Pada langkah ini harus menggunakan tombol yang ada di HP karena touch screen tidak berfungsi. Untuk menggeser layar ke atas, gunakan volume up. Jika geser ke bawah pakailah volume down. Kalau OK, tekan power.

Sekarang adalah saatnya menghapus file sampah di HP, yaitu dengan memilih Wipe Cache dan juga Wipe User Data. Yang perlu diperhatikan, jangan sampai menghapus Semua Data (All Data) karena dapat membuat berkas hilang termasuk yang diunduh tadi. Namun sebelum itu, pilih Bahasa Inggris dalam proses Wipe & Reset ini.

4. Install Update ROM yang Telah Diunduh

Setelah melakukan semua langkah-langkah di atas, sekarang adalah saatnya memasang ROM yang sudah diunduh sebelumnya. Pengguna perlu kembali ke menu utama. Lalu install file update .zip tadi ke System. Tekan tombol YES dan tunggu hingga proses instalasi selesai. Biasanya ketika sudah mencapai 90%, untuk menuju ke 100% membutuhkan waktu lama.

5. Lakukan Restart pada Handphone Xiaomi

Proses pemasangan ROM yang asli akan berhasil jika ada tulisan Update Completed sebagai penanda. Langkah terakhir yang perlu dilakukan adalah me-reboot ponsel dengan cara memilih Reboot to System. Smartphone akan melakukan Restart dan menyala dengan sendirinya. Bersabarlah jika prosesnya lama karena ini adalah update sistem yang berbeda dari biasanya.

Setelah logo MI muncul dan smartphone menyala, pengguna dapat menikmati fitur dari ROM yang resmi dari Xiaomi dengan tampilan berbeda dari sebelumnya. Handphone akan tampak lebih fresh. Namun dari semua langkah-langkah tersebut, tidak menutup kemungkinan jika ada yang mengalami kegagalan karena beberapa hal.

Biasanya hal mendasar yang menyebabkan kegagalan adalah HP Xiaomi pernah di-root sebelumnya, walaupun sudah di-unroot. Solusi dari masalah ini yaitu gunakan flash melalui TWRP. Tapi jika masih belum berhasil, cobalah untuk membersihkan instalasi ROM. Karena setelah melakukannya kebanyakan proses update lebih mudah dilakukan lewat Mi Recovery.

Demikian penjelasan mengenai cara ganti ROM Xiaomi abal-abal dengan yang resmi. Jika menemukan hal tersebut pada smartphone, sebaiknya segeralah untuk mengganti dengan yang asli agar bisa menikmati semua fitur di HP dengan mudah.

Baca Juga : 5 Cara Menghemat Baterai Xiaomi Tanpa Aplikasi Tambahan

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *