25 Cara Pinjam Uang di BRI – Jenis Pinjaman dan Syarat Pengajuannya

Cara Pinjam Uang di BRI – Jenis Pinjaman dan Syarat Pengajuannya – Sejak lama bank BRI selalu memberikan kemudahan bagi nasabahnya untuk meminjamkan uang. Oleh karena itu, setiap nasabah harus mengetahui cara pinjam uang di BRI dan persyaratannya.

Perlu diketahui kalau ada beberapa jenis pinjaman yang disediakan oleh pihak bank BRI. Sehingga Anda dapatĀ  memilih sesuai dengan kebutuhan. Tapi sebelumnya ikuti beberapa penjelasan tentang bank BRI berikut ini.

Cara Pinjam Uang di BRI dan Jenis Pinjamannya

Tentang Bank BRI

Bank Rakyat Indonesia atau disebut dengan BRI merupakan salah satu bank tertua di Indonesia. Bank tersebut berdiri di Purwokerto pada tanggal 16 desember 1895. PT Bank Rakyat Indonesia berpusat di Jakarta.

Bank tersebut didirikan oleh Raden Bei Aria Wirjaatmadja. Bank BRI awalnya bernama De Poerwokerto Sche Hulp en Spaarbank der Inlandsche Hoofden. Bank tersebut merupakan lembaga keuangan yang melayani orang-orang pribumi atau berkebangsaan Indonesia.

Ketika masa perang mempertahankan kemerdekaan, semua kegiatan BRI sempat terhenti dan mulai aktif sesudah perjanjian Renville pada tahun 1949. Sekaligus berubah nama menjadi Bank Rakyat Indonesia.

Sejak1992, akhirnya BRI berubah menjadi PT. Saat itu kepemilikannya milik Pemerintah Republik Indonesia. Tapi tahun 2003, pemerintah memutuskan menjual saham bank tersebut. Sehingga menjadi perusahaan publik yang bernama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.

Mulai dari awal sampai sekarang. Dengan slogan Melayani Spenuh Hati. Bank BRI menyediakan berbagai macam fasilitas untuk kemudahan bagi nasabahnya. Salah satunya adalah memberikan pinjaman.

Beberapa Jenis Pinjaman Sekaligus Cara Pinjam Uang di BRI

Ternyata ada banyak jenis pinjaman di bank BRI. Tentu saja semuanya disesuaikan dengan kebutuhan nasabahnya. Sehingga bisa memilih yang tepat dan guna untuk memenuhi kebutuhannya. Berikut jenis dan cara pinjam uang di BRI.

Pinjaman KPR

Kredit Pemilikan Rumah atau KPR merupakan salah satu jenis pinjaman di BRI untuk pembelian properti. Bukan hanya untuk membeli rumah saja, jenis pinjaman yang satu ini juga bisa untuk membeli apartemen.

Bagi nasabah yang ingin mengajukan pinjaman KPR BRI untuk membeli property, maka wajib untuk membayar uang muka sebesar 10 persen terlebih dahulu. Ada beberapa tenor yang ditawarkan dengan jangka waktu terlama adalah 20 tahun.

Fasilitas dari KPR BRI bukan hanya untuk membeli rumah baru saja. Nasabah juga bisa menggunakan untuk membeli bangunan bekas, renovasi, pembangunan rumah baru, dan take over dari bank lainnya.

Pinjaman KPR termasuk pinjaman yang fleksibel yang bisa dipakai untuk berbagai keperluan untuk pembangunan rumah. Jadi, sebelum mengajukan pinjaman tersebut. maka ketahui beberapa syarat dan cara pinjam uang di BRI. Berikut syaratnya.

  1. Mengisi formulir pengajuan KPR.
  2. WNI yang mengerti hukum di Indonesia.
  3. Memiliki rekening BRItama.
  4. Minimal usia 21 tahun atau sudah menikah.
  5. Lokasi tempat tinggal atau kerja nasabah sama dengan lokasi pengajuan KPR di KCP BRI.
  6. Melengkapi beberapa dokumen identitas diri. Seperti fotocopi KTP, KK, NPWP, pas foto suami atau istri bagi yang sudah menikah, serta slip gaji.

Meskipun sudah memenuhi semua persyaratan, pihak bank BRI tetap melakukan survei. Alasannya adalah memastikan nasabah benar-benar mempunyai penghasilan tersendiri untuk melunasi pinjaman KPR BRI tersebut.

Pinjaman KPRS BRI

Merupakan salah satu jenis pinjaman BRI yang digunakan untuk kepemilikan rumah subsidi. Tidak semua kalangan bisa mengajukan pinjaman yang satu ini, karena fasilitas ini hanya untuk masyarakat yang mempunyai penghasilan rendah, yaitu kurang dari 4 juta sebulan.

Perlu diketahui kalau KPRS BRI ini memberikan bunga subsidi fixed rate, yaitu 5 persen sampai masa pinjaman selesai atau paling lama 20 tahun. Bukan hanya bunga yang tetap. KPR Subsidi juga memberikan bebas biaya PPN dan cicilannya per bulannya sudah termasuk asuransi.

Tentu saja KPR Subsidi memberikan kemudahan bagi nasabah yang ingin memiliki rumah sendiri. Meskipun rumah tersebut rumah subsidi. Jika ingin mengajukan pinjaman KPRS BRI maka lengkapi beberapa syarat berikut ini.

  1. Rumah termasuk dijual pengembang mitra bank BRI.
  2. Rumah salah keadaan ready dan sudah dilengkapi dengan PDAM, Listrik, jalan, dan drainase.
  3. Harga jual rumah tidak terlalu mahal dan sesuai dengan syarat Kemen PUPR.
  4. Rumah subsidi tersebut harus ditempati sendiri, tidak boleh dikontrakkan, apalagi dijual dalam kurun waktu 5 tahun ke depannya.

KKB Mobil Baru dan Bekas

Termasuk salah satu pinjaman BRI yang digunakan untuk pembelian kendaraan bermotor. Perlu diketahui kalau jenis mobil baru atau bekas tersebut disesuaikan dengan mobil yang ingin nasabah beli.

Salah satu kelebihan memakai pinjaman KKB ini adalah bebas biaya provisi. Nasabah yang berhak mengajukan pinjaman yang satu ini hanya untuk WNI yang mengerti hukum.

Hanya dengan uang muka sebesar 25 persen, nasabah sudah bisa mendapatkan pinjaman untuk kredit khusus mobil semua merek dan tipe. Perlu diketahui kalau tenor yang diberikan pinjaman KKB hanya 6 tahun untuk mobil baru dan 4 tahun untuk mobil bekas.

Cara pinjam uang di BRI untuk jenis KKB ini cukup mudah. asalkan nasabah sudah memenuhi semua persyaratannya. Adapun syaratnya berikut ini.

  1. Mengisi formulir.
  2. Memiliki rekening BRItama.
  3. Minimal usia nasabah adalah 21 tahun atau sudah menikah.
  4. Lokasi tempat tinggal satu kota dengan KCP tempat pengajuan.
  5. Melengkapi beberapa dokumen pribadi. Mulai dari fotocopi KTP, KK, NPWP, foto suami istri jika sudah menikah, dan slip gaji.

Pinjaman KKB BRI Refinancing

Adalah jenis pinjaman bank BRI yang akan menyediakan dana cepat dengan menjaminkan kendaraan bermotor milik nasabah. Jenis pinjaman yang satu ini juga bebas biaya provisi dan tidak ada syarat khusus yang akan memberikan kesulitan bagi nasabah.

Ada beberapa kelebihan dari pinjaman KKB BRI Refinancing dibandingkan lainnya. yaitu bunga lebih murah ketimbang KTA, plafon pinjaman lebih besar dibandingkan KTA, dan tenor bisa lebih panjang. Pinjaman tersebut bisa langsung cair jika memenuhi persyaratan berikut ini.

  1. Mengisi formulir yang berkaitan dengan pinjaman KKB BRI Refinancing.
  2. Memiliki rekening BRItama.
  3. Minimal usia nasabah 21 tahun atau sudah menikah.
  4. Lokasi tempat tinggal sama dengan lokasi KCP tempat pengajuan.
  5. Melengkapi dokumen identitas diri.

Pinjaman KKB Motor Premium

Jenis pinjaman BRI yang satu ini termasuk pinjaman yang bisa melengkapi gaya hidup. Sesuai dengan namanya pinjaman KKB Motor Premium ini ditujukan bagi nasabah yang ingin mencicil motor mewah yang harganya bisa ratusan juta. Misalnya saja Harley Davidson. Royal enfield, dan sebagainya.

Keuntungan memilih jenis pinjaman ini adalah bebas provisi. Jadi, jumlah pinjaman akan utuh tanpa ada potongan lainnya yang bisa membuat nominal berkurang. Adapun syarat dan cara pinjam uang di BRI untuk jenis pinjaman ini adalah.

  1. Mengisi formulir yang berkaitan dengan pinjaman KKB Motor Premium.
  2. Usia minimal 21 tahun atau sudah menikah.
  3. Mempersiapkan semua dokumen yang berkaitan dengan identitas diri. Mulai dari KTP, KK, NPWP, dan lain sebagainya.
  4. Mempunyai rekening BRItama.

Pinjaman KUR (Kredit Usaha Rakyat)

Merupakan jenis pinjaman BRI yang ditujukan khusus untuk pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah. Tapi, jenis pinjaman ini hanya akan diproses jika nasabah sudah memiliki usaha dan berjalan minimal 6 bulan.

Ada 3 jenis pinjaman KUR yang disesuaikan dengan keadaan nasabah.

  1. KUR Ritel.

Adalah kredit modal yang diberikan kepada debitur yang sudah memiliki usaha. Pinjaman yang diberikan juga cukup besar, dengan minimal 25 juta sampai 500 juta.

  1. KUR Mikro

Adalah kredit modal untuk kerja atau investasi yang diberikan kepada debitur sebesar 25 juta.

  1. KUR TKI

Termasuk pinjaman yang diberikan khusus untuk calon TKI hingga sampai di negara penempatan dengan plafon sampai 25 juta.

Adapun persyaratannya bisa lihat di bawah ini.

  1. Sudah mempunyai usaha yang berjalan produktif dan layak.
  2. Usaha sudah berjalan minimal 6 bulan.
  3. Tidak mempunyai cicilan kredit yang sedang berjalan, kecuali kredit konsumtif, seperti KPR, KKB, atau kartu kredit BRI.
  4. Melampirkan KTP asli dan fotocopi.
  5. Melampirkan Kartu Keluarga.
  6. Melampirkan surat izin usaha.
  7. Mempunyai perjanjian kerja dengan pengguna jasa.
  8. Melampirkan paspor, visa, perjanjian penempatan (khusus KUR TKI).

Pinjaman Kupedes

Merupakan jenis pinjaman yang bersifat umum yang ditujukan untuk individu atau pelaku usaha. Jenis pinjaman satu ini berlaku untuk segala jenis usaha, misalnya perdagangan, pertanian, jasa, industri, dan lainnya. Adapun syarat pengajuannya berikut ini.

  1. Nasabah memilih angsuran yang disesuaikan dengan kebutuhan.
  2. Bunga rendah.
  3. Biaya administrasi rendah mulai dari 10 ribu dan bebas provisi.
  4. Jika membayar tepat waktu, maka akan mendapatkan bonus.
  5. Jaminan tidak harus memiliki sertifikat.
  6. Nasabah akan mendapatkan asuransi jiwa, kesehatan, kecelakaan, dan meninggal dunia.
  7. Melampirkan legalitas usaha, minimal surat keterangan dari pihak desa atau kelurahan.
  8. Melengkapi data diri, mulai dari KTP atau SIM.

Itulah beberapa jenis pinjaman dan cara pinjam uang di BRI. Dilihat dari persyaratannya. Maka akan terlihat sama, maka akan memudahkan memilih yang sesuai dan akan cepat diproses. Selama semua persyaratannya terpenuhi.

Cara Pinjam Uang di BRI

Kini sudah mengetahui beberapa jenis pinjaman yang ditawarkan oleh Bank BRI. Selanjutnya pilih salah satu pinjaman yang disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan. Kemudian berikut ini cara pinjam uang di BRI.

Melalui Kantor Cabang

Cara yang satu ini termasuk yang paling mudah. nasabah hanya perlu mendatangi KCP bank BRI terdekat. Lalu ikuti semua prosedur, persyaratan, dan ketentuannya di bawah ini.

  1. Mendatangi kantor cabang BRI terdekat.
  2. Melengkapi dokumen persyaratan. Berupa e- KTP, Kartu keluarga, NPWP, dan yang lainnya
  3. Pengajuan pinjaman akan diproses. Pihak bank akan melakukan uji kelayakan dan survei lapangan.
  4. Persetujuan pinjaman. Tahap ini akan diproses selama nasabah sudah memenuhi persyaratan dan uji kelayakan.
  5. Penandatanganan kontrak. Jika pinjaman sudah disetujui maka akan ada perjanjian kontrak antara debitur dan pihak bank.
  6. Pencairan dana. Pihak bank akan langsung mencairkan dana ke dalam rekening setelah pinjaman disetujui.

Melalui online

Cara yang satu ini khusus untuk jenis pinjaman KUR. Cukup sediakan perangkat dan jaringan internet yang stabil. Adapu langkahnya bisa ikuti di bawah ini.

  1. Buka laman resmi BRI.
  2. Pilih menu Ajukan Pinjaman KUR.
  3. Jika nasabah belum mempunyai akun, maka silakan mendaftar terlebih dahulu dengan klik Daftar Sekarang.
  4. Isi kelengkapan diri, mulai dari nama, alamat email password, lalu konfirmasi password.
  5. Lanjutkan dengan checklist, pilih Daftar.
  6. Tunggu beberapa saat sampai menerima verifikasi alamat email.
  7. Lalu klik Setuju jika nasabah menyetujui semua ketentuan dan persyaratannya.
  8. Terakhir adalah mengikuti langkah selanjutnya untuk memulai memilih jenis KUR dan nominal.

Melalui Aplikasi

Selain melalui laman resmi BRI, ternyata cara pinjam uang di BRI juga bisa melalui aplikasi. Nama aplikasinya adalah BRISPOT. Anda dapat mengunduhnya melalui di Play Store dan ApStore. Adapun langkahnya berikut ini.

  1. Download dan install terlebih dahulu aplikasi BRISPOT di smartphone.
  2. Jika sudah terpasang, selanjutnya adalah melakukan registrasi data diri.
  3. Selanjutnya adalah memilih jumlah pinjaman yang diinginkan.
  4. Kemudian akan muncul beberapa macam pilihan pinjaman.
  5. Pilih salah satu jenis pinjaman dan ikuti langkah selanjutnya sampai pengajuannya selesai.

Baca Juga : Pinjaman Kelompok Bank BTPN Syariah, Syarat, Keunggulan dan Kekurangan

Itulah penjelasan terkait dengan cara pinjam uang di BRI beserta beberapa jenis pinjamannya yang nantinya bisa membantu memilih yang tepat dan sesuai. Pilih dengan bijaksana dan sesuaikan cicilannya dengan penghasilan setiap bulannya.

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: yasin badarudin