25 Cara Pinjam Uang di Mandiri Terbaru 2022

Cara Pinjam Uang di Mandiri? Butuh untuk Produktif atau Kepemilikan Aset? – Salah satu fungsi perbankan adalah menyediakan layanan pinjaman bagi para calon kreditur nya. Begitu juga dengan apa yang dilakukan bank Mandiri untuk membantu masyarakat Indonesia. Oleh karenanya banyak yang mencari cara pinjam uang di Mandiri untuk mendapatkan fasilitas tersebut.

Bank Mandiri merupakan salah satu Bank BUMN terbesar di Indonesia yang berkomitmen untuk mengembangkan kapasitas masyarakatnya. Salah satunya adalah dengan memberikan fasilitas pinjaman uang baik dalam bentuk modal KPR atau produk konsumtif lainnya.

Sehingga dengan berbagai jenis pinjaman yang digelontorkan oleh Bank Mandiri banyak yang mencari cara pinjam uang di mandiri untuk berbagai keperluan. Lalu bagaimana untuk mendapatkan fasilitas perbankan tersebut? Simak penjelasan berikut di bawah ini.Cara Pinjam Uang di Mandiri

Mengenal Bank Mandiri

Bank Mandiri merupakan salah satu bank terbesar di Indonesia dalam hal kelola aset, pinjaman serta pengelolaan simpanan masyarakat. Berdiri pada tahun 1998 dan merupakan bagian dari program restrukturisasi perbankan. Bank ini terdiri dari beberapa bank yang dijadikan satu sehingga memperkuat pondasi modal dan aset.

Berdasarkan ketentuan umum Bank Mandiri berada di bawah Kementerian BUMN sehingga pengelolaannya langsung berada di kewenangan pemerintah. Kegiatan utamanya corporate banking, commercial banking, serta consumer banking.  Tentu saja semuanya ditujukan  untuk mengembangkan kekuatan perekonomian Indonesia.

Mengenal Cara Pinjam Uang di Mandiri

Bank Mandiri sebagai lembaga perbankan tentu saja memiliki lini produk yang berhubungan dengan uang. Salah satunya adalah dengan memberikan fasilitas pinjaman untuk berbagai keperluan. Masyarakat luas pun dapat memperoleh fasilitas ini untuk memenuhi seluruh kebutuhannya.

Bank Mandiri sendiri memiliki beragam fasilitas pinjaman yang dapat digunakan masyarakat untuk kredit konsumtif dan produktif. Selain itu juga memiliki asuransinya sendiri yaitu asuransi jiwa Mandiri inhealth serta umum yang dikenal dengan MAGI.

Menilik bahwa lembaga perbankan tersebut merupakan salah satu yang paling besar di Indonesia, tentunya seluruh produk keuangan yang dimilikinya dapat dinikmati oleh publik.  Lalu, apa sajakah produk pinjaman bank Mandiri yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat?  Simak penjelasan berikut ini

Produk Pinjaman Bank Mandiri

Bank Mandiri memiliki lebih dari 5 jenis pinjaman.  Setiap orang yang membutuhkan dapat melihat apakah produk itu sesuai dengan karakteristiknya serta kebutuhannya atau tidak. Karena spesifikasi antara yang satu dengan yang lainnya berbeda. Terutama pada kegunaan serta pelbagai syaratnya.

Secara garis besar, terdapat 2 jenis produk pinjaman yang ditawarkan oleh bank Mandiri. Yaitu yang digunakan untuk membiayai kerja produktif dan kepemilikan suatu aset dalam bentuk rumah ataupun kendaraan bermotor. Kedua jenis ini pun dapat dimanfaatkan masyarakat sesuai dengan kebutuhan.

Pinjaman  Produktif

Pinjaman produktif merupakan jenis pinjaman keuangan di Bank Mandiri yang dapat anda manfaatkan untuk membiayai suatu usaha. Tujuannya untuk mengembangkan kegiatan bisnis tersebut atau untuk memulai suatu kewirausahaan. Apa saja jenis pinjaman produktif tersebut?  Simak penjelasan di bawah ini.

1. Mandiri Serbaguna Mikro

Pinjaman ini dapat dimanfaatkan bagi Anda yang hendak berkarya pada bidang usaha mikro. Tidak beda dengan KTA Mandiri, terdapat persyaratan status kepegawaian bagi calon debitur.  Plafon yang ditawarkan oleh Mandiri serbaguna mikro yaitu sebesar 50 juta dengan tenor selama 36  bulan bulan dengan bunga 19,25 persen per tahun.

2. Kredit Tanpa Agunan Bank Mandiri ( KTA Mandiri )

Produk pinjaman yang pertama adalah kredit tanpa agunan atau dikenal juga sebagai KTA Mandiri. Di sini tidak ada bedanya dengan KTA yang lainnya yaitu tidak mewajibkan bahwa calon kreditur memiliki agunan atau jaminan. Namun, persyaratannya umumnya lebih ketat dibandingkan dengan yang lain.

KTA Mandiri sendiri memiliki persyaratan Yaitu anda harus mempunyai penghasilan minimum sehingga rasanya lebih cocok untuk mereka yang berstatus pegawai tetap.  Namun, tak menutup kemungkinan produk ini juga dapat dimanfaatkan oleh wirausahawan yang sudah menjalankan usahanya selama beberapa waktu.

Plafon pinjaman nya sendiri mencapai 200 juta dengan tenor maksimal paling panjang 3 tahun atau 36 bulan. Syarat yang ditetapkan adalah calon debitur harus memiliki rekening pembayaran gaji dengan memanfaatkan fasilitas payroll Bank Mandiri. Sehingga pembayaran cicilannya dapat langsung dipotong dari gaji.

Untuk karyawan yang pernya menggunakan Bank Mandiri maka tenor dapat berlaku hingga 5 tahun. Saran bagi calon debitur yang tidak memiliki rekening payroll di bank tersebut hanya akan mendapatkan pinjaman tenor maksimal selama 3 tahun.  suku bunga saat ini untuk KTA Bank Mandiri adalah sebesar 17,52% per tahunnya.

3. KTA Mandiri Mitra Karya

Bank Mandiri memberikan fasilitas pinjaman bagi yang gajinya dibayarkan melalui Bank Mandiri.  Perusahaan di mana Anda bekerja memiliki perjanjian kerjasama dengan bank tersebut.  Keuntungannya adalah proses pencarian pinjaman lebih mudah jika dibandingkan dengan periode bank lain.  Syarat minimalnya adalah bekerja 1 tahun di perusahaan tersebut

Plafon pinjaman yang ditawarkan oleh KTA Mandiri mitrakarya cukup besar yaitu mencapai 200 juta dengan tenor maksimal 60 bulan atau 5 tahun.  Keuntungan dengan memanfaatkan produk ini adalah jika perusahaan Anda bekerjasama dengan Bank Mandiri serta memiliki program khusus maka para karyawannya berhak untuk mengajukan pinjaman sampai 350 juta.

Tenor yang ditawarkan pun tidak main-main yaitu mencapai 10 tahun atau 120 bulan.  dengan suku bunga yang ditawarkan sebesar 17,52% per tahunnya.  Jika pinjaman ini diambil dengan bijaksana tentu akan membantu Anda mendapatkan Sumber penghasilan yang baru.

4. Kredit Usaha Mikro

Produk ini diluncurkan oleh Bank Mandiri khusus bagi Anda yang memiliki usaha dalam bidang UMKM sehingga tujuan utamanya adalah sebagai pinjaman produktif.  Pengusaha dapat menggunakannya untuk kebutuhan investasi maupun modal kerja pengembangan usaha.

Benefit yang ditawarkan cukup mudah. Yaitu proses kredit yang cepat serta mudah.  Selain itu untuk membantu UMKM persyaratan kredit nya pun cukup mudah dan ringan.  limit sama atau.

Agunannya yang disyaratkan oleh produk pinjaman ini hanyalah berupa objek yang dibiayai dan fixed asset. Suku bunganya berlaku dengan sistem perhitungan flat dan fix yang berlaku selama jangka waktu kredit atau tenor yang dipilih. Sehingga akan digunakan sebagai nominal  cicilan yang jumlahnya akan tetap setiap bulannya.

5. Kredit Modal Kerja

Berbeda dengan 4 produk pinjaman yang lainnya kredit modal kerja menawarkan plafon yang lebih besar yang dapat dipergunakan sebagai pinjaman produktif.  nilainya minimal 100 juta hingga mencapai 100 miliar.  Namun jangka waktunya hanya setahun tetapi dapat diperpanjang kembali.

Syarat utamanya adalah Anda harus memiliki surat izin usaha untuk mendapatkan pinjaman ini. Sehingga perlu perhitungan yang bagaimana caranya mengembalikan pokok beserta bunga kredit modal kerja yang akan digunakan. Pastikanlah bahwa pinjaman tersebut produktif serta tidak akan mandeg.

Jenis Pinjaman di Mandiri

1. Pinjaman Produktif

Dengan adanya penjelasan berbagai jenis pinjaman di atas maka anda dapat melihat bahwa dana tersebut dapat ditujukan untuk usaha yang baru saja dibangun serta yang sudah memerlukan tambahan dana. Namun, Anda perlu melihat berbagai syarat yang ditetapkan oleh setiap produk pinjaman.

Sebelum mengajukan pinjaman pada produk tertentu mah anda segera hubungi customer service untuk melihat suku bunga kredit yang mereka miliki untuk setiap produknya. Namun jangan khawatir karena Bank Mandiri merupakan Bank BUMN maka suku bunga yang ditawarkan tentu saja akan mengikuti ketentuan Bank Indonesia.

Cara Mengajukan: 

Terdapat beberapa syarat yang perlu Anda penuhi ketika akan mengajukan pinjaman produktif ini. Sebenarnya tidak terlalu sulit karena memang dimaksudkan untuk mengembangkan usaha dengan cara menambah modal tertentu sesuai dengan perencanaan kegiatan bisnis Anda.

Syarat umum nya adalah sebagai berikut:

  • Pemohon merupakan warga negara Indonesia yang berdomisili di seluruh wilayah Indonesia
  • Usia minimal pada saat mengajukan adalah 21 tahun atau sudah menikah
  • Pada saat tahun kredit lunas maka batas maksimal usia pemohon adalah 60 tahun
  • Kolektibilitas pinjaman kredit selalu lancar
  • Tidak pernah mengalami kondisi kredit yang bermasalah sehingga memperkecil kemungkinan penundaan pembayaran
  • Usaha yang akan dikembangkan sudah wajib berumur paling kecil 2 tahun
  • Memiliki bidang usaha yang sama sesuai dengan persyaratan
  • Persyaratan dokumen yang harus Anda berikan adalah sebagai berikut:
  • Fotokopi e-ktp calon debitur dan pasangan jika sudah ada
  • Melampirkan surat nikah bagi yang sudah menikah atau surat cerai yang sudah berstatus cerai
  • Fotokopi kartu keluarga
  • Nomor Pokok Wajib Pajak atau NPWP dari pemohon
  • Salinan surat izin usaha
  • Melampirkan surat keterangan usaha yang dapat diperoleh dari desa atau kelurahan
  • Mempunyai buku Mandiri tabungan atas nama pemohon

Setelah itu datanglah kantor cabang terdekat dan berkonsultasi dengan unit yang terkait.  Jika proses verifikasi data serta skrining BI checking berhasil maka paling lambat dalam waktu 14 hari kerja Anda akan memperoleh tambahan dana sesuai dengan plafon pinjaman.

2. Pinjaman Non Produktif

Selain menawarkan berbagai jenis pinjaman bank mandiri juga memiliki produk yang dapat digunakan untuk kepemilikan rumah dan kendaraan bermotor.  umumnya dikenal sebagai KPR Bank Mandiri serta kredit kepemilikan kendaraan bermotor Bank Mandiri. Keduanya pun dapat dimanfaatkan masyarakat untuk mempunyai akses tersebut.

1. KPR Bank Mandiri

Salah satu cara pinjam uang di Mandiri adalah dengan mengajukan KPR sehingga Anda akan langsung memiliki unit rumah yang diidamkan. Uangnya tidak akan diserahkan kepada anda tetapi akan langsung masuk ke rekening pengembang yang bekerjasama Bank Mandiri.

Terdapat empat model KPR yang dapat Anda pilih untuk memiliki unit rumah yang diidamkan.

KPR take over yang merupakan modal pinjaman untuk mengambil alih kredit KPR anda dari bank lain

  • KPR top up merupakan salah satu cara pinjam uang di Mandiri dengan menambahkan limit kredit KPR yang sudah berjalan minimal 1 tahun dengan grid lancar
  • KPR Fleksibel merupakan pembiayaan untuk kepemilikan rumah apartemen atau ruko yang sesuai dengan jumlah kredit yang dibutuhkan serta jangka waktunya
  • Mandiri KPR angsuran berjenjang merupakan salah satu produk di mana terjadi proses penundaan pembayaran sebagian angsuran pokok sampai maksimal tahun ketiga
  • KPR milenial merupakan salah satu produk pinjaman KPR berupa DP 0% dengan suku bunga 6,5%

Suku bunga yang ditetapkan untuk KPR Mandiri merupakan kombinasi antara bunga fix dan floating. Sehingga Anda perlu berkonsultasi dengan customer service ketika mengajukan pinjaman ke Mandiri untuk informasi yang lebih detil berapa besaran bunga yang akan dibebankan pada produk tersebut.

Cara Pengajuannya

Untuk mengajukan pinjaman KPR ini maka anda harus memenuhi persyaratan administratif serta lainnya.  Jangan lupa lengkapi dengan berbagai dokumen sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

1. Persyaratan Umum

Persyaratan umum yang harus Anda penuhi ketika akan melakukan pengajuan KPR adalah sebagai berikut:

  • Calon debitur merupakan WNI dan berdomisili di seluruh wilayah Indonesia
  • Umur minimal 21 tahun dan maksimal 55 tahun jika anda merupakan seorang pegawai. namun bagi wiraswasta maksimal 60 tahun di mana itu adalah umur saat kredit KPR nya berakhir
  • Debitur Harus Memiliki pekerjaan dan penghasilan tetap setiap bulannya yang dibuktikan dengan surat keterangan kerja ataupun gaji
  • Telah memiliki pengalaman kerja selama 1 tahun jika anda seorang pegawai
  • Jika Anda seorang wiraswasta atau profesional maka usaha yang dikembangkan minimal sudah berjalan selama 2 tahun
  • Jika hendak mengajukan KPR milenial maka penghasilan perbulan minimal adalah sebesar Rp5.000.000

2. Persyaratan Dokumen

Terdapat beberapa persyaratan dokumen yang harus anda penuhi ketika akan mengajukan KPR Bank Mandiri ini. Jangan sampai ada yang tertinggal agar proses pengajuannya berjalan dengan cepat dan lancar.

  • Fotokopi e-ktp pemohon serta pasangan jika sudah menikah
  • Lengkapi dengan fotokopi surat nikah bagi pemohon yang sudah menikah
  •  Salinan kartu keluarga
  •  Fotokopi rekening listrik
  • Salinan buku  rekening tabungan  dalam 3 bulan terakhir
  • Salinan Nomor Pokok Wajib Pajak pemohon
  • Fotocopy bukti kepemilikan agunan KPR antara lain adalah SHM shgb serta PBB
  • Bagi Anda yang sudah bercerai maka wajib untuk melampirkan salinan surat cerai
  • Formulir pengajuan permohonan KPR Mandiri yang sudah diisi sesuai dengan tanda pengenal resmi
  • Dilampirkan slip gaji terakhir selama 3 bulan atau surat keterangan penghasilan dari perusahaan
  • Melampirkan surat keterangan jabatan untuk pegawai dengan minimal masa kerja 1 tahun
  • Bagi Anda seorang wiraswasta atau profesional lampirkan lah dokumenter aja laba ruginya
  • Jika Anda seorang profesional yang berpraktek maka fotokopi kanlah izin praktik profesinya
  • Jika Anda seorang wiraswasta maka sertakanlah fotokopi akta pendirian perusahaan serta salinan izin usaha

Cara Pengajuanya

Pemohon dapat mengajukan KPR Mandiri ini secara offline maupun online.  artinya terdapat dua opsi pengajuan yaitu mendatangi kantor cabang Bank Mandiri terdekat ataupun mengisi formulir pengajuan KPR yang ditentukan pada website resmi Bank Mandiri.

Jika mendatangi secara offline maka Anda perlu membawa seluruh dokumen yang dibutuhkan agar nantinya dapat diproses oleh bagian yang terkait.  Jika memutuskan untuk mengajukan secara online, maka perlu menunggu karena akan dihubungi oleh bagian KPR untuk membicarakan langkah selanjutnya.

2. Kredit Kendaraan Bermotor

Satu lagi variasi cara pinjam uang di Mandiri adalah dengan memanfaatkan fitur suka yang ada pada aplikasi livin’ . Jika Anda adalah nasabah bank Mandiri maka akan mendapatkan fasilitas pembiayaan dari Mandiri Utama Finance dengan mengakses aplikasi yang disediakan oleh bank plat merah ini.

Segera download aplikasi nya dan nikmati kemudahan untuk cara pinjam uang di mandiri untuk memenuhi segala keperluan anda. Jangan lupakan pikirkan pula bagaimana cara pengembalian pokok beserta cicilan.  Pastikan bahwa kebutuhan tersebut merupakan primer dan sangat mendesak.

Tips Agar Pengajuan Pinjaman di Mandiri Disetujui

Jika sudah melengkapi seluruh dokumen yang dibutuhkan memang kemungkinan besar pengajuan pinjaman akan disetujui oleh manajemen bank Mandiri.  Namun tak ada salahnya memperhatikan tips tambahan berikut ini agar prosesnya berlangsung cepat dan pengajuan tidak membutuhkan waktu yang lama.

1. Persyaratan Dokumen

Pastikan anda sudah mendokumentasikan seluruh berkas yang diminta karena hal itu merupakan salah satu syarat prinsip ketika akan melakukan cara pinjam uang di Mandiri. Jangan sampai ada yang tertinggal agar prosesnya berjalan dengan lancar.  Sebab proses pertama adalah verifikasi dan skrining menggunakan dokumen tersebut.

2. Ajukan Pinjaman Sesuai dengan Kebutuhan

Jika anda mengajukan nya sesuai dengan kebutuhan tambahan modal maka ajukanlah sebesar nilai itu saja.  Sebab di masa mendatang Anda harus mengembalikan jumlah pokok beserta bunganya yang bisa jadi akan memberatkan arus kas perusahaan di awal pinjaman karena belum mendapatkan keuntungan.

Oleh karena itu pastikanlah mengkalkulasi seluruh pengeluaran pada bulan berikutnya ketika pinjaman tersebut sudah disetujui.  Tujuannya adalah agar Anda tidak terbeban sehingga memerlukan uang cash dari sumber keuntungan produk lainnya. Walaupun pada akhirnya hal tersebut dapat ditutupi dengan laba yang akan diperoleh.

3. Pinjamlah Sesuai dengan Kemampuan Membayar Kembali

Anda tetap harus memperhitungkan kemampuan membayar pokok beserta bunganya ketika melakukan peminjaman pengajuan untuk produktif dan kepemilikan aset.  Pasalnya, jika tidak dikalkulasikan dengan baik, dapat membuat arus kas keuangan keluarga tergerus sehingga bisa jadi di masa mendatang Anda memerlukan sumber dana segar dari pihak lain.

4. Jaga Kolektibilitas Riwayat Pinjaman

Menjaga kolektibilitas lewat pinjaman sebelumnya adalah hal yang sangat penting.  karena hal ini menjadi salah satu pertimbangan utama apakah anda memiliki kemampuan membayar pada periode berikutnya. Pihak bank Mandiri pun akan memperhitungkan risiko gagal bayar yang bisa terulang pada pengajuan selanjutnya.

Oleh karena itu jika mengalami risiko gagal bayar selalu berkomunikasilah dengan pihak bank Mandiri agar mereka pun membantu mencarikan jalan keluar yang terbaik.  itu adalah hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kolektibilitas Anda pada bank Indonesia agar tetap bersih.

5. Menjaga Komunikasi dengan Bank Mandiri

Selama proses pengajuan Anda wajib untuk menjaga komunikasi dengan pihak bank Mandiri. Kok bisa jadi sewaktu-waktu mereka akan melakukan proses verifikasi lanjutan atau hanya memberitahukan sejauh mana proses pengajuan telah diproses.  sehingga pemohon perlu responsif untuk menjaga hubungan baik tersebut.

6. Memiliki Cashflow yang Baik

Jika anda seorang pengusaha dan ingin mengajukan pinjaman kredit Bank Mandiri untuk memperbesar kegiatan bisnis maka pastikanlah bahwa Kespro anda dalam keadaan yang aman.  Milikilah dokumen yang mampu memperlihatkan bahwa anda memiliki aset jaminan terbaik yang dikelola dengan profesional.

Baca Juga: Pinjaman Kelompok Bank BTPN Syariah, Syarat, Keunggulan dan Kekurangan

Manfaatkanlah opsi pinjaman yang dimiliki oleh Bank Mandiri untuk membantu usaha berkembang. Atau sekedar memiliki berbagai macam aset seperti rumah dan kendaraan bermotor. Dengan cara pinjam uang di Mandiri tersebut, maka pastikanlah kualitas kehidupan pun semakin meningkat.

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: yasin badarudin