12 Penyebab dan Cara Mengatasi iPhone Hang Terbaru 2022

Penyebab dan Cara Mengatasi iPhone Hang Terbaru 2022 – Iphone memiliki sistem operasi khusus yang disebut sebagai IOS. Saingan Android ini sering dikatakan sebagai sistem operasi terbaik karena memiliki kestabilan yang bagus dan jarang terkena masalah. Tetapi, faktanya, meskipun stabil, IOS sering mengalami masalah walaupun tidak sebanyak Android. Salah satu masalah yang sering dialami adalah hang atau freezer yaitu keadaan di mana layar smartphone tiba-tiba tidak bisa digerakkan atau merespon sehingga diam pada frame yang sama seterusnya, atau berlangsung beberapa detik saja.

Mengatasi iPhone Hang

Tentang Iphone

Iphone merupakan brand smartphone yang dikembangkan oleh Apple. Iphone memiliki harga yang relatif cukup mahal dibanding dengan kompetitor. Hal itu dikarenakan Apple cukup terkenal dengan kualitas gadget yang mereka keluarkan. Tidak hanya itu, Iphone juga memiliki sistem operasi unggulan bernama IOS yang resmi diluncurkan pada tahun 2007 silam bersamaan dengan Iphone pertama. HP Iphone sangat diminati oleh banyak orang karena Apple memperhatikan standar kualitas yang diberikan di setiap unitnya. Mulai dari update IOS terbaru, bahan pembuatan, layar, dan kamera.

Apa Yang Dimaksud Hang Atau Freeze?

Di dalam istilah smartphone, hang atau freeze berarti no respond atau mengalami macet yang ditandai dengan sistem yang tidak dapat merespon sentuhan tangan. Secara harfiah, hang juga berarti “Menggantung” dari Bahasa Inggris yang juga cocok menggambarkan kondisi hang di smartphone karena kita tidak dapat menggerakkan sistem sedikit pun layaknya tergantung tanpa dapat disentuh. Penyebab hang cukup banyak dan pada dasarnya, semua permasalahan freeze diakibatkan oleh sistem operasi yang tidak didukung oleh kesehatan hardware seperti prosessor yang terlalu panas, RAM yang penuh, dan lain sebagainya.

Penyebab dan Cara Mengatasi Iphone Hang

Walaupun Iphone memiliki IOS yang dikenal dengan kestabilan sistemnya, tetapi hang atau freeze bisa saja dialami smartphone manapun karena selain dari mesin smartphone, hang juga bisa diakibatkan oleh ketidaktahuan menggunakan smartphone. Solusi pertama ketika mengalami Iphone hang adalah jangan panik dan lakukan tips cara mengatasi Iphone hang di bawah ini beserta alasan penyebabnya.

1. Restart Aplikasi Atau Iphone

Freeze atau hang biasanya sulit diatasi dengan cara-cara sederhana seperti menekan tombol home atau sebagainya. Hang pada iPhone sering kali terjadi selama beberapa menit atau bahkan tidak kunjung normal. Karena itu, salah satu cara tercepat untuk mengatasinya adalah restart atau memulai ulang sistem IOS Anda.

Cara restart pada Iphone ada beberapa, langkah sederhana yang bisa Anda coba adalah menekan tombol power sampai muncul layar dengan toggle yang dapat digeser. Geser toggle tersebut untuk mematikan perangkat dan tunggu 30 detik sampai perangkat benar-benar mati. Setelah itu, hidupkan kembali Iphone Anda dengan menekan tombol power sampai muncul layar start-up.

Tidak hanya Iphone itu sendiri, Anda bisa saja mematikan atau merestart satu aplikasi saja karena hang sering kali disebabkan oleh aplikasi yang mengalami freeze akibat kegagalan operasi atau RAM yang penuh. Cara untuk mematikan aplikasinya cukup mudah, yaitu menekan dua kali tombol home di assistive touch pada layar perangkat Anda. Setelah itu, akan muncul tampilan beberapa tab aplikasi atau multitasking. Pilih aplikasi yang mengalami crash kemudian keluarkan dari daftar aplikasi berjalan. Setelah menutup aplikasi tersebut, kembali ke home dan buka kembali untuk melihat apakah terjadi hang lagi atau tidak.

2. Rutin Melakukan Update IOS

Sebuah aplikasi yang terinstall di smartphone Anda akan melakukan update otomatis di AppStore. Karena itu, sistem aplikasi tersebut sudah berbeda dan mungkin menggunakan coding yang lebih terbaru dari apa yang bisa ditangani oleh IOS yang Anda gunakan sekarang ini. Agar semuanya dapat berjalan sejajar dan tidak saling mengganggu, lebih baik untuk rutin melakukan update IOS agar sistem dapat berjalan dengan baik dan meminimalisir terjadinya hang.

Cara update IOS sangat mudah, Anda cukup mengakses menu settings kemudian pergi ke menu “Software Update”. Di sana, Anda akan melihat informasi tentang perbaruan IOS apabila versi IOS yang Anda gunakan bukan terbaru. Klik update untuk meningkatkan versi IOS untuk mendapatkan pengalaman menggunakan HP lebih baik.

3. Rutin Memperbarui Aplikasi

Aplikasi yang terinstall bisa menyebabkan hang secara tiba-tiba. Ada banyak alasan terkait dengan penyebabnya, salah satunya adalah ketidakcocokan versi aplikasi dengan versi IOS. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan update pada keduanya yaitu aplikasi dan IOS Anda. Tidak hanya itu, developer aplikasi pasti memberikan peningkatan untuk aplikasi yang dikembangnya. 

Dalam artian lain, versi terbaru selalu lebih cepat dan stabil daripada versi terdahulu. Melakukan update aplikasi juga membantu dalam memperbarui bug penyebab hang pada aplikasi. Untuk cara updatenya, Anda bisa pergi ke App Store kemudian cari menu “Update” yang berada di bawah kanan tab. Apabila Anda masih menemui ikon notifikasi warna merah, artinya masih terdapat aplikasi yang belum terupdate ke versi terbaru.

4. Laporkan Masalah Hang ke Developer

Jika masalah hang bukan diakibatkan oleh hardware dan telah mencoba langkah-langkah di atas, maka satu hal yang harus Anda lakukan yaitu melaporkan masalah hang ke developer IOS guna memberikan perbaikan di update IOS berikutnya.

Apabila hang yang Anda alami terjadi pada aplikasi, Anda juga bisa melaporkannya ke developer dengan menggunakan App Store. Di sana, Anda dapat memberikan masukan dan kritikan tentang masalah penggunaan aplikasi yang dialami.

5. Overheat

Overheat atau kepanasan merupakan kondisi di mana mesin smartphone mengalami panas berlebih akibat memproses aktivitas berat seperti bermain game atau streaming video. Untuk mengurangi panas, sistem secara otomatis akan menurunkan kinerja mesin sehingga smartphone menjadi lemot bahkan hang.

Karena itu, sangat penting untuk menjaga suhu Iphone Anda tetap normal. Beberapa cara yang bisa dicoba adalah menggunakan fan cooler ketika bermain game, bermain di ruangan sejuk, dan menggunakan hardcase yang terbuat dari aluminium yang dapat menyerap panas lebih baik.

6. Kurangi Penggunaan RAM

RAM merupakan salah satu hardware penting di Iphone. Fungsinya yaitu sebagai tempat penyimpanan sementara program yang sedang dijalankan. Semakin banyak RAM, semakin banyak aplikasi yang bisa dijalankan secara bersamaan. Dengan begitu, sistem tidak akan kesusahan dalam memproses aplikasi banyak sekaligus dan tidak membuat perangkat menjadi hang.

Untuk Anda yang memiliki RAM 6GB ke atas tentu tidak akan kesulitan, tetapi lain cerita dengan pengguna 4GB ke bawah. Beberapa cara untuk melegakan RAM yang dapat dicoba yaitu meng-uninstall aplikasi tidak penting, menonaktifkan aplikasi yang berjalan di latar belakang, serta rajin untuk menutup semua aplikasi tidak penting yang sedang terbuka di tab multitasking.

Intinya dalam jika kita ingin iPhone tidak mengalami hang, maka anda harus bisa memanajemen hp itu sendiri. Salah satu faktor utama yaitu terlalu banyak aplikasi yang tidak berguna atau jarang anda gunakan.

Baca Juga : 4 Cara Restart Iphone dengan Mudah Terbaru 2022

Kesimpulan : Hang bisa terjadi kepada semua smartphone, tergantung dari penggunaan Anda. Karena itu, untuk menyikapinya, Anda harus tahu penyebab dan cara mengatasi Iphone hang yang telah kami rangkum di atas sehingga freeze yang mengganggu tidak muncul kembali.

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: yasin badarudin