Cara Screenshot di Laptop & PC yang Benar

Begini Cara Screenshot di Laptop & PC yang Benar – Mengetahui bagaimana cara screenshot di PC memang bukan skill penting, akan tetapi skill ini akan memudahkan pekerjaan kamu ketika membutuhkannya. Terutama di pekerjaan, skill ini akan sangat berguna, terlebih ketika kamu mengalami trouble, akan lebih mudah bagi kamu untuk menggunakan cara screenshot ini guna memberikan gambaran error.

Lalu bagaimana caranya melakukan screenshot ini? Ini dia beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memudahkan pekerjaan kamu.

Cara Melakukan Screenshot di Laptop

Cara Cepat Screenshot di Laptop & PC

Untuk kamu yang ingin melakukan screenshot di laptop, berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa kamu ikuti untuk memudahkan pekerjaan kamu.

Menggunakan Shortcut di Keyboard

Beberapa cara untuk screenshot di laptop bisa dilakukan dengan mengetahui kombinasi tombol untuk melakukan screenshot dengan mudah, dibawah ini merupakan kombinasi-kombinasi tombol yang tersedia di keyboard leptop yang kamu harus ketahui.

Shortcut Screenshot di Laptop & PC

  • Menggunakan tombol PrtScn

Cara paling mudah untuk melakukan screenshot di laptop adalah dengan menekan tombol PrtScn di laptop kamu. Tombol ini biasanya lokasinya ada di area kanan atas di keyword kamu. Cara ini adalah cara paling mudah dan paling cepat karena hanya akan membutuhkan 1 langkah saja. Dengan menggunakan tombol ini, kamu hanya perlu menekan tombol PrtScn lalu paste atau tempel di tempat screenshot yang kamu inginkan.

Akan tetapi jika kamu akan melakukan screenshot dengan menggunakan cara ini, pastikan kamu segera menempelkan screenshot ini di tempat yang kamu inginkan. Mengapa? Hal ini disebabkan karena gaya screenshot ini tidak menyimpan hasil screenshot kamu secara permanen. Akan tetapi cara ini hanya digunakan untuk menyimpan sementara. Ketika kamu mengopi file atau menekan tombol PrtScn lagi, maka gambar sebelumnya yang kamu tangkap akan hilang.

  • Menggunakan tombol alt + PrtScn

Cara kedua yang bisa kamu gunakan untuk melakukan screenshot adalah menggunakan tombol alt + PrtScn. Tidak seperti tombol PrtScn yang merekam semua halaman yang ada di depan kamu, kombinasi tombol ini digunakan jika kamu ingin melakukan screenshot pada Windows aktif saja. Misal, dalam 1 layar kamu membuka lebih dari 1 jendela aplikasi, jendela aplikasi yang kamu pilih saja yang akan direkam dengan menggunakan tombol ini.

Meski hasil screenshot dari tombol ini berbeda, akan tetapi sifat perekaman yang dimiliki oleh tombol ini mirip dengan sifat perekaman yang bisa kamu lakukan pada halaman PrtScn. Sifat perekamannya sementara dan hanya disalin di Windows clipboard. Jadi harus segera ditempel pada tempat yang kamu inginkan.

  • Menggunakan Windows + PrtScn 

Kombinasi tombol lain yang bisa digunakan untuk melakukan screenshot adalah tombol Windows + PrtScn. Tombol ini merupakan tombol yang bisa kamu gunakan untuk menyimpan semua halaman yang kamu buka di desktop kamu. Lalu apa yang membedakan penggunaan tombol ini dengan tombol PrtScn saja? Bedanya ada di sifat simpanannya.

Ketika kamu menggunakan tombol PrtScn saja untuk screenshot, maka gambar yang ditangkap hanya akan tersimpan di Windows clipboard. Selain itu, ketika kamu menggunakan tombol Windows + PrtScn, kamu bisa mendapatkan file gambar langsung.

Ya, sifat penyimpanan kombinasi tombol Windows + PrtScn ini bisa menyimpan gambar kamu pada lokasi default. Biasanya lokasi penyimpanan gambar hasil screenshot dengan kombinasi tombol ini ada di bagian pictures di sub folder screenshot.

  • Windows + Shift + S

Cara lain yang bisa kamu gunakan untuk menyimpan gambar di layar desktop kamu adalah Windows + Shift + S. Kombinasi tombol ini merupakan sebuah kombinasi tombol yang digunakan untuk membangkitkan aplikasi screenshot bawaan dari Windows.

Ketika kamu menggunakan kombinasi tombol ini, aplikasi akan berjalan dan kamu bisa melakukan screenshot untuk bagian desktop yang kamu inginkan. Yup! Kamu bisa melakukan screenshot pada bagian mana pun yang kamu inginkan. Bentuk dari screenshot yang bisa kamu gunakan juga sangat beragam, bisa dalam bentuk persegi, dalam bentuk bebas, Windows snip dan masih banyak lagi yang lainnya.

  • Windows + G 

Cara lain yang bisa kamu gunakan untuk melakukan screenshot adalah dengan menggunakan kombinasi tombol Windows + G. Kombinasi tombol ini merupakan kombinasi yang bisa kamu gunakan untuk menggunakan aplikasi screenshot bawaan dari Xbox Game Bar.

Meski merupakan aplikasi bawaan dari Xbox Game Bar, tapi penggunaan aplikasi ini sangat luas. Kamu bisa menggunakan aplikasi ini screenshot untuk banyak aplikasi. Biasanya aplikasi ini merupakan aplikasi yang bisa digunakan untuk screenshot sekalian untuk menyimpan gambar ke disk kamu. Untuk lokasi penyimpanannya, biasanya kombinasi tombol ini akan menyimpan gambar di lokasi c : User > nama user kamu > Videos > Capture.

  • Kombinasi tombol Windows + Alt + PrtScn

Kombinasi tombol terakhir yang bisa kamu gunakan untuk menangkap gambar adalah kombinasi tombol Windows + Alt + PrtScn. Kombinasi tombol ini merupakan kombinasi tombol yang bisa digunakan untuk menangkap semua layar yang kamu munculkan pada desktop kamu. Setelah itu menyimpannya ke disk. Umumnya file yang disimpan dengan kombinasi tombol ini akan disimpan di folder yang sama dengan folder sebelumnya yaitu C : User > nama user kamu > Videos > Capture.

Menggunakan aplikasi paint 

Salah satu cara yang bisa kamu gunakan untuk melakukan screenshot adalah dengan menggunakan aplikasi paint. Ketika kamu akan menggunakan aplikasi paint ini, kamu juga akan membutuhkan tombol PrtScn. Untuk melakukan screenshot dengan menggunakan aplikasi paint ini, kamu bisa melakukan beberapa langkah berikut ini :

  • Tekan tombol PrtScn
  • Buka aplikasi paint
  • Paste di aplikasi paint

Nah tujuan dari penggunaan aplikasi ini adalah agar kamu bisa menyimpan layar yang kamu simpan dengan menggunakan PrtScn dalam bentuk file.

Menggunakan aplikasi snipping tools 

Cara terakhir yang akan kami berikan pada kamu untuk melakukan screenshot adalah dengan menggunakan aplikasi snipping tools. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang bisa digunakan untuk banyak keperluan screenshot. Kamu bisa :

  • Menyalin layar dan langsung paste ke lokasi yang kamu inginkan
  • Menyalin layar dan menyimpannya ke disk
  • Menyalin layar dengan bentuk sesuai dengan yang kamu inginkan
  • Dan masih banyak lagi yang lainnya.

Untuk kamu yang ingin menggunakan cara ini guna menyalin layar, kamu bisa melakukannya dengan langkah di bawah ini.

  • Cari snipping tools di alat pencari di desktop kamu
  • Klik dan buka aplikasi.
  • Ketika aplikasi ini muncul klik new untuk langsung menggunakan tool.
  • Kamu bisa mengklik are yang kamu ingin screenshot dengan menggunakan pointer dari snipping tools.
  • Jika aplikasi ini sudah mengcopy bagian layar yang kamu inginkan, kamu bisa copy atau save hasilnya.

Oh ya jika kamu menggunakan alat ini, kamu bisa menyimpan gambar sesuai dengan lokasi yang kamu kehendaki. Jadi tidak ada lokasi default untuk penyimpanan gambar hasil screenshot ini. Bagaimana sangat mudah bukan melakukan screenshot dengan menggunakan laptop kamu? Kini kamu tidak perlu bingung lagi jika ada teman yang bertanya kamus sedang apa atau sedang mengalami trouble apa bukan?

Cara Cepat Screenshot di Laptop

Begini Cara Screenshoot di Laptop & PC yang bisa diketahui

Diatas merupakan beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk screenshot dilaptop kamu dengan mudah dan nyaman. Kami harap dengan reverensi dari kami membantu kamu dalam menyelesaikan masalah yang kamu alami.

Screenshot ini juga bisa digunakan untuk menyelesaikan tugas-tugas yang kamu punya, jika kamu sedang jenuh dengan tugas-tugas yang dijalankan, kamu bisa bermain game terbaik di tahun 2021 ini, kami menyediakan beberapa Daftar Game Online Terpopuler Tahun 2021.

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *