Ciri-ciri dan Cara Ganti VGA Laptop Yang Rusak

Cara Ganti VGA Laptop

Ciri-ciri dan Cara Ganti VGA Laptop Yang Rusak – VGA sering juga disebut sebagai kartu grafis. Hal ini dikarenakan VGA sendiri merupakan komponen grafis pada Laptop. Fungsi utama VGA adalah mengubah dan menerjemahkan kode dari laptop menjadi tampilan grafis pada monitor. VGA sendiri berperan penting di sebuah laptop, untuk itu kenali ciri-ciri serta cara ganti VGA laptop yang rusak.

Ciri-ciri VGA Laptop Rusak

Cara Ganti VGA Laptop

VGA pada laptop tidak boleh sembarang diupgrade atau diperbesar kapasitasnya secara internal. Dengan upgrade VGA dapat memperbagus kualitas grafis pada monitor. Tapi pada dasarnya VGA pada laptop menempel pada mainboard, sehingga terlalu beresiko untuk upgrade VGA internal laptop hanya demi memperbagus kualitas grafis.

Lain halnya dengan PC yang memiliki mempunyai slot VGA card tersendiri, sehingga mempermudah proses upgrade atau penggantian VGA. Pengantian VGA laptop sebaiknya dilakukan jika VGA mengalami kerusakan, karena kerusakan pada VGA laptop bisa menganggu aktivitas di laptop.

VGA sangat berperan penting di Laptop, karena dengan VGA layar laptop jadi bisa terlihat. Tapi jika VGA laptop mengalami kerusakan, maka layar laptop juga akan mengalami gangguan dan bisa menganggu kinerja laptop. Jika sudah terlanjur rusak, maka VGA laptop harus diganti. Untuk itu berikut ini ialah ciri-ciri VGA laptop rusak sebelum mengganti VGA laptop :

  • Gambar di layar laptop patah-patah
  • Muncul bercak warna pada layar laptop
  • Muncul garis atau gambar bertekstur
  • Display driver sering stopped working
  • Layar sering kedip-kedip
  • Laptop sering macet
  • Layar laptop sering mati sendiri
  • Warna layar laptop berubah jadi kurang cerah

Cara Mengganti VGA Laptop yang Rusak

Setelah mengenali ciri-ciri VGA laptop yang rusak, maka pelajari tentang cara ganti VGA laptop. VGA yang ada pada laptop berbeda dengan PC, maka penggantian VGA laptop tidak semudah penggantian VGA PC. Oleh karena itu, mengganti VGA tidak dianjurkan dilakukan oleh orang awam tanpa bantuan alat.

Solusi jika VGA laptop rusak adalah ganti VGA di tempat service laptop, karena tempat service sudah pasti lebih terpercaya untuk mengganti VGA laptop. Jika tetap nekad mencoba untuk mengganti VGA laptop sendiri, kemungkinan besar VGA yang dipasang tidak sesuai. Alhasil, justru bisa menambah kerusakan laptop itu sendiri.

Mengingat setiap laptop memiliki jenis VGA yang berbeda-beda, jadi harus dipastikan bahwa jenis VGA yang dipakai sudah sesuai. Untuk mencegah terjadi kerusakan lebih lanjut pada laptop, maka disarankan jika VGA laptop rusak segera dibawa ke tempat service laptop terdekat.

Cara Menambah VGA Laptop dengan VGA Eksternal

Jika VGA laptop masih berfungsi, tapi merasa VGA laptop kurang bagus dan merasa grafis laptop kurang maksimal, maka VGA eksternal bisa menjadi solusinya. Penggunaan VGA eksternal tidak akan menggangu VGA internal. Seperti yang diketahui mengganti dan membuka VGA internal bisa beresiko pada kinerja laptop. Jadi, jika hanya ingin menambah VGA lebih baik menggunakan VGA eksternal.

Ada berbagai macam VGA eksternal yang sudah diperjualbelikan. Salah satunya adalah ViDock Nano. Setelah mencoba VGA eksternal, maka tampilan grafis laptop akan semakin bagus. Jika bermain game, maka tampilan cahaya dan bayangan karakter pada game akan semakin realistis dan membuat permainan jadi semakin menyenangkan.

VGA eksternal ini sangat mudah digunakan, cukup colok VGA eksternal ke port laptop maka output VGA akan berubah. Sayangnya harga untuk VGA eksternal yang satu ini cukup mahal. VGA ViDock Nano dijual dengan harga sekitar 8,4 juta rupiah.  Jadi, perlu pertimbangan juga sebelum menggunakan VGA eksternal pada laptop.

Untuk seorang gamers, fungsi VGA sangatlah penting. Maka cara ganti VGA laptop sering dicari oleh banyak orang. Solusinya untuk mengganti VGA harus ke tempat service laptop atau gunakan VGA eksternal kalau VGA di laptop tidak memadai serta kurang bagus digunakan.

Bacac Juga : Cara Update Driver VGA Nvidia Agar Kualitas Grafis Semakin Prima

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *